Daftar isi
4 min read

8 KPI Penjualan yang Wajib Anda Ukur untuk Perusahaan!

Tayang 19 September 2019
Diperbarui 11 Desember 2023
kpi-penjualan
8 KPI Penjualan yang Wajib Anda Ukur untuk Perusahaan!

KPI penjualan untuk mengukur performa dan pencapaian target penjualan dan tugas yang diberikan oleh Supervisor atau Manager. Key performance indicator (KPI) menjadi indikator dalam mengukur performa karyawan terutama pada tim penjualan.

Pemberian KPI penjualan akan mendorong kompetisi yang sehat antar tim penjualan sehingga secara tidak langsung akan berpengaruh pada akselerasi capaian target penjualan yang sudah ditentukan. KPI penjualan yang dibuat pun harus didukung dengan alat atau aplikasi untuk memantau proses kerja di lapangan. Dari mulai pembagian tugas, tracking penyelesaian task, hingga capaian nilai target. Akan lebih efisien dan efektif jika Anda bisa mendapatkan data pendukung KPI secara cepat dan juga akurat.

KPI Penjualan Apa Saja yang Harus Anda Ukur?

Dalam proses penjualan, terdapat banyak indikator KPI yang dapat Anda ukur. Anda harus memilih apa yang ingin Anda lacak berdasakan apa yang ingin Anda ukur. Memilih KPI penjualan bisa menjadi sesuatu hal yang sulit, karena hasilnya sangatlah berfungsi untuk dapat memungkinkan Anda untuk melihat 10 langkah lebih jauh kedepannya.

Pencatatan KPI penjualan dapat membantu Anda memperhitungkan peristiwa hanya setelah terjadi. Sebaliknya, Anda mengukur KPI utama secara real time.

Pemimpin harus mengidentifikasi indikator yang akan membantu mereka mencapai target penjualan mereka. Berikut adalah KPI penjualan yang perlu Anda ikuti untuk memprediksi kesuksesan bisnis Anda:

1. Kegiatan Penjualan

KPI penjualan ini membantu Anda menentukan apakah Anda melakukan jumlah kegiatan penjualan yang tepat untuk memberi makan pipa Anda. Pada gilirannya, mereka membantu Anda mengelola secara real-time untuk dengan cepat mengatasi situasi yang dapat mencegah Anda mencapai target penjualan Anda.

  • Jumlah Rapat Pertama

Jumlah pertemuan awal sangat penting ketika Anda ingin menambah jumlah klien baru. Pertemuan pertama sering kali merupakan langkah pertama dalam meningkatkan kemungkinan penutupan penjualan.

  • Menghubungi Klien Baru

Indikator ini mengukur semua kegiatan yang diperlukan untuk menjangkau klien potensial (mis., Email, telepon, jaringan, acara, media sosial). Lacak indikator ini untuk mengukur apakah ada cukup banyak kegiatan yang dilakukan untuk mendaratkan pertemuan pertama yang diperlukan. Mencoba menghubungi seorang pemimpin tidak sama dengan bertemu seorang pemimpin, Anda harus mengetahui volume yang diperlukan untuk mencapai target rapat Anda.

2. Perilaku Penjualan

Antara Indikator Aktivitas yang membantu mengumpankan pipa dan Indikator Hasil yang mengukur hasil, Anda memerlukan metrik perantara.

  • Nilai Total Peluang di Setiap Langkah Pipa

Dengan ukuran ini, Anda dapat mengetahui kapan saja jika Anda memiliki peluang yang cukup dalam pipa untuk mencapai target penjualan yang Anda inginkan. Biasanya, nilai total dari setiap langkah akan berkurang saat Anda maju melalui berbagai tahap pipa.

Jika ini bukan masalahnya, saluran pipa Anda tidak memiliki bentuk corong klasik, yang berarti Anda memiliki masalah.

  • Durasi Rata-Rata dari Setiap Langkah dalam Proses Penjualan

Gunakan proses penjualan dengan durasi yang ditentukan terdiri dari langkah-langkah dengan kerangka waktu yang sama-sama spesifik. Menentukan durasi setiap langkah memungkinkan Anda untuk menyingkirkan peluang yang masih ada. Semakin lama mereka tinggal di dalam pipa melebihi panjang optimal, semakin sedikit kesempatan mereka untuk menutup.

3. Hasil Penjualan

Anda dapat mengikuti indikator penjualan ini pada interval yang lebih lama, terutama jika siklus penjualan Anda berlangsung beberapa bulan. Saya menyarankan Anda untuk berkonsultasi setiap bulan, tetapi Anda bisa menunggu lebih lama jika Anda lebih suka analisis triwulanan.

  • Pendapatan dan Keuntungan Penjualan

Kedua indikator ini sangat penting dalam bisnis apa pun. Yang pertama mengukur volume penjualan dalam dolar, sedangkan yang kedua mengukur laba atas penjualan.

  • Tingkat Konversi

Ini mewakili persentase peluang penjualan yang membuatnya dari satu langkah proses penjualan ke langkah berikutnya. Anda harus melacak antara 3 dan 5 – Metodologi Penjualan Dasar, misalnya, memiliki 3. Meskipun tingkat konversi adalah indikator hasil, Anda dapat menggunakan angka setelahnya untuk menentukan jumlah kegiatan penjualan yang diperlukan untuk mencapai tujuan Anda.

  • Penjualan Baseline

Tingkat konversi seperti yang diilustrasikan oleh metode Penjualan Dasar-Foto kredit: Prima Ressource

  • Nilai Penjualan Rata-rata

Indikator ini berguna saat menghitung nilai rata-rata penjualan pertama. Ukuran ini membantu perwakilan mengetahui sekilas jika akun baru berada dalam kisaran nilai rata-rata dan juga dapat digunakan untuk menghitung persyaratan pipa secara memadai.

Bagaimana Cara Agar KPI Penjualan ini Terekam Secara Otomatis?

kpi penjualan qontak aplikasi crm

CRM (Customer Relationship Management) Anda harus menghitung indikator-indikator ini untuk Anda, memungkinkan Anda untuk melacaknya secara visual, dan mengingatkan Anda untuk setiap penyimpangan target. Mengelola penjualan bukan tentang melihat ke belakang, tetapi tentang melihat ke depan, itulah sebabnya sangat penting untuk fokus pada kegiatan dan perilaku. Untuk mencoba uji coba gratis dan konsultasi secara mendalam, hubungi tim Qontak.com di link disini dan kami akan melayani Anda.

Dapatkan Coba Gratis Sekarang!

Kategori : BisnisSales
WhatsApp WhatsApp Sales