Mekari Qontak
Sales

Sistem Sales: 4 Cara Membangunnya dengan Efektif

sistem Sales

Temukan Inovasi dan Cara Baru untuk Membuat Tim Sales Berkembang.

Seringkali, untuk menciptakan inovasi, para manajer dan pemimpin beralih dan memilih mengadakan training atau pelatihan berdasarkan tren terkini. Berbagai training ini memang diperlukan, terutama pada saat menyambut dan mengorientasi staff baru, adanya transisi besar dalam perusahaan, atau adanya penambahan atau penggunaan tool baru. Daripada terus-menerus melakukan repetisi kapanpun ada sedikit pergeseran atau perubahan, Anda perlu menetapkan sistem sales yang sudah pasti dan akan terus dipraktekkan selanjutnya.

Yang dimaksud dengan sistem sales bukanlah sekedar tools otomasi, bukan pula software list building atau template email. Sistem sales yang dimaksudkan disini adalah langkah-langkah interaksi yang bisa menjadi patokan untuk para anggota tim mempraktekkannya dan menciptakan koneksi yang dibutuhkan.

Pendek kata, sistem sales adalah prosedur yang dapat diikuti oleh seluruh anggota tim penjualan dan menciptakan proses yang bisa dipraktekkan berulang kali. Sistem penjualan yang sudah terbentuk ke depannya dapat dikombinasikan dengan manajemen proyek yang disepakati. Dengan demikian, sistem bisa menjadi bahan pertimbangan evaluasi untuk perbaikan ke depannya.

Saya Mau Coba Gratis Qontak.com Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak.com Sekarang!

4 Cara Membangun Sistem Sales dengan Efektif

Mengapa sistem sales lebih efektif dibandingkan dengan training sales?

Menurut penelitian yang tergambar dalam kurva Ebbinghaus, manusia kebanyakan akan melupakan sekitar 42% dari apa yang dipelajari dalam 20 menit. Lalu, dalam waktu 31 hari, 79% dari apa yang dipelajari sudah terlupakan. Karenanya, menggantikan sales training dengan sistem sales merupakan solusi yang tepat dan lebih efektif dan efisien dari segi biaya. Manfaat dari adanya sistem penjualan bagi bisnis dan tim sales Anda antara lain:

1. Adanya bantuan untuk mengidentifikasi dan mengukur apa yang menjadi target tim sales dan apa yang harus dicapai.

Dalam melakukan pembangunan sistem sales, pastikan Anda menyertakan key performance metrics atau apa saja yang menjadi indikator performansi tim sales. Selain itu juga bagaimana Anda akan melakukan pengukuran terhadap hal tersebut.

2. Mengidentifikasi apa yang bekerja dan apa yang tidak sehingga harus dihentikan.

Adanya sistem sales yang jelas memungkinkan bisnis Anda untuk berfokus pada aktivitas dan strategi sales yang memang mendatangkan keuntungan dan jelas memberikan kemajuan bagi bisnis Anda. Anda juga dapat lebih berfokus pada rencana menutup adanya rongga strategi yang belum kunjung terjembatani.

sistem Sales

3. Anda dapat memanfaatkan berbagai keahlian dalam anggota tim Anda secara lebih maksimal.

Ketika Anda membangun tim yang memahami dan mempercayai sistem sales yang sudah disepakati bersama, mereka pun dapat bekerja secara lebih efektif sesuai dengan kemampuan dan kekuatan masing-masing untuk dapat melakukan closing sales.

4. Sistem yang sudah terbangun membuat aktivitas lain yang vital seperti sales leadership dapat secara leluasa dilakukan.

Sadar selama ini tim Anda jarang sekali diberikan fasilitas pelatihan yang bermanfaat? Sekarang, dengan adanya sistem penjualan yang memampukan segalanya berjalan secara lebih sistematis, hal tersebut dapat diadakan demi membangun tim Anda.

sistem Sales

Untuk membangun sistem penjualan yang bermanfaat dan terpercaya bagi tim, Anda dapat mengawalinya dengan sistem yang sudah lebih dahulu ada. Tentukan tujuan dibangunnya sistem penjualan dan carilah sistem dengan desain yang membantu tim Anda bekerja secara lebih efektif. Seiring dengan berjalannya waktu, saat Anda sudah mulai mengenali kecenderungan tim sales Anda dalam beraktivitas, Anda dapat melakukan penyesuaian. Selanjutnya, temukan sistem penjualan yang paling tepat untuk tim Anda.

Ingat selalu, sistem sales yang baik adalah sistem yang membantu untuk manajemen bisnis, membantu tim penjualan Anda, dan memberikan nilai personal bagi semua anggota tim dengan adanya reliabilitas.

Gunakan Aplikasi Sales Qontak untuk Sistem Sales yang Lebih Baik!sistem sales

Saya Mau Coba Gratis Qontak Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak Sekarang!

Pebisnis manapun pasti ingin meningkatkan penjualan dan bisnisnya dengan praktis dan biaya yang lebih ringan. Hal tersebut dapat dicapai dengan bantuan aplikasi sales yang akan sangat bermanfaat bagi strategi penjualan dan sistem sales bisnis tersebut

Untuk membantu melacak proses sales dengan benar, Anda harus memiliki sebuah sistem yang dilengkapi dengan fitur tertentu. Beberapa fitur penting yang harus diperhatikan yaitu:

  1. Software yang mudah disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan proses bisnis agar dapat mengelola bisnis dengan mudah.
  2. Aplikasi mobile dan GPS offline. Dengan fitur ini, Anda dapat menggunakan aplikasi mobile untuk mengelola bisnis dan melacak lokasi GPS tim sales di lapangan walaupun tanpa akses internet.
  3. Dashboard pelaporan dengan analisis yang dapat disesuaikan, misalnya disaring berdasarkan per tenaga sales, tim, atau periode waktu tertentu
  4. Software KPI dan manajemen tugas untuk melacak kinerja tim dengan metrik yang dapat disesuaikan sehingga dapat meningkatkan sales dan operasional bisnis
  5. Otomatisasi dokumen. Fitur ini memudahkan dalam mengunggah template Spreadsheet dan Word untuk mengotomatisasi seluruh dokumen secara instan sehingga dapat menghemat waktu dan biaya
  6. Integrasi dengan WhatsApp, Chat, dan Call Center untuk dapat merekam percakapan secara instan
  7. Sales pipeline yang jelas. Sales pipeline harus dapat mudah dipahami untuk mengetahui apa yang terjadi pada tiap tahapan prospek.

Qontak.com menawarkan implementasi gratis, pengaturan gratis, dan uji coba gratis selama 14 hari tanpa risiko apa pun. Klik disini untuk mencoba penawaran kami hari ini. Atau dengan mengisi form di bawah ini:

[ninja_form id=2]

Related Articles

WhatsApp WhatsApp Sales