Mekari Qontak
Other Business

22 Cara Manajemen Waktu yang Efektif untuk Pelaku Bisnis

Image CTA for Cara Manajemen Waktu

Beberapa orang mungkin bahwa mereka tidak memiliki waktu untuk hal tertentu. Namun, sebenarnya semua hal dapat dilakukan asalkan memiliki manajemen waktu yang tepat. Begitu juga dengan bisnis, di mana cara manajemen waktu yang efektif dibutuhkan untuk kelangsungan bisnis.

Lalu, bagaimana cara mengatur waktu yang efektif untuk bisnis? Untuk mengetahuinya, yuk simak tips manajemen waktu berikut ini!

Image CTA Cara Manajemen Waktu


Bagaimana Cara Manajemen Waktu yang Efektif?

Bagaimana Cara Manajemen Waktu

Berikut adalah kumpulan tips manajemen waktu yang dapat pelaku bisnis coba:

1. Membuat jadwal harian

Membuat jadwal harian yang terstruktur dapat membantu Anda untuk merinci hal apa saja yang Anda perlu lakukan pada hari itu. Dengan demikian, Anda dapat membagi waktu dengan porsi yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan tugas atau pekerjaan Anda.

2. Membagi tugas/ pekerjaan berdasarkan jenis atau proyek

Strategi manajemen waktu yang efektif berikutnya adalah dengan membagi pekerjaan berdasarkan jenis atau proyeknya.

Pembagian ini akan membantu Anda untuk mengatur kegiatan serupa atau terkait bersama dalam satu hari yang sama. Sehingga, Anda tidak perlu melompat dari satu hal ke hal lain, dan tetap dapat fokus pada tujuan spesifik yang perlu Anda capai.

3. Membuat tenggat waktu

Salah satu kesalahan pada manajemen waktu adalah tidak membuat tenggat waktu atau deadline pada tugas yang dikerjakan. Padahal membuat tenggat waktu sangat lah penting untuk membantu Anda mengetahui kapan harus menyelesaikannya dan tidak menunda-nundanya lagi.

4. Hilangkan gangguan

Gangguan menjadi salah satu hal yang dapat membuang-buang waktu Anda. Untuk itu, Anda harus mengenali apa gangguan Anda dan bagaimana cara untuk menghilangkannya.

Hal ini dapat membantu Anda untuk lebih fokus pada pekerjaan dan menyelesaikan tugas dengan segera.

5. Pertahankan prioritas dengan daftar tugas

Anda mungkin tentang pekerjaan mana yang menjadi prioritas bisnis Anda. Namun, Anda tidak perlu khawatir, karena Anda dapat memanfaatkan daftar tugas untuk mengetahui pekerjaan mana saja yang menjadi prioritas Anda.

6. Pisahkan perencanaan harian dan mingguan

Cara manajemen waktu berikutnya adalah membuat jadwal atau perencanaan terpisah. Memisahkan perencanaan harian dan mingguan bisa menjadi kebiasaan yang baik untuk memulai manajemen waktu yang efektif.

Jadwal harian akan mencakup tujuan bisnis secara umum, seperti membalas email, menjawab telepon, dan menghadiri pertemuan. Sementara jadwal mingguan akan membantu Anda untuk memiliki pandangan yang lebih luas tentang bisnis Anda dan hal apa saja yang perlu Anda kelola.

7. Luangkan waktu untuk beristirahat

Banyaknya hal yang harus dilakukan mungkin membuat Anda bertanya-tanya tentang kapan Anda harus beristirahat.

Bahkan Anda mungkin akan melewatkan waktu untuk beristirahat karena merasa waktu yang Anda miliki masih tidak cukup untuk menyelesaikan segala urusan bisnis.

Namun, beristirahat sangatlah penting, karena dengan beristirahat, Anda dapat memiliki tenaga yang cukup dan pikiran yang lebih fresh. Sehingga, nantinya Anda dapat menjadi lebih produktif secara efektif dan efisien dalam menyelesaikan pekerjaan Anda.

Baca Juga: Panduan Lengkap Cara Membuat Business Plan dengan Baik

8. Tetapkan tujuan dan reward

Agar waktu Anda teralokasikan dengan baik, Anda perlu menerapkan cara manajemen waktu yang tepat. Salah satunya dengan memiliki tujuan yang realistis atau dicapai.

Di sisi lain, Anda juga dapat menetapkan reward atau hadiah yang dapat menambah semangat Anda untuk menyelesaikan pekerjaan Anda.

9. Gunakan alat untuk mengatur tugas

Banyaknya tugas, pekerjaan, dan pertemuan pasti akan membuat Anda kerepotan dalam menyelesaikan semuanya. Terlebih ketika waktu yang ditetapkan berdekatan satu sama lain.

Dalam hal ini, Anda dapat menggunakan alat atau aplikasi bantuan seperti CRM. Penggunaan aplikasi CRM dapat membantu Anda untuk memiliki notifikasi pengingat otomatis terkait tugas, deals, atau proyek yang harus Anda selesaikan.

Selain itu, CRM juga dapat membantu Anda untuk mengingat janji temu dengan klien penting yang harus Anda temui dengan segera.

10. Luangkan lebih banyak waktu pada kegiatan yang terkait tujuan

Pastikan Anda meluangkan lebih banyak waktu pada kegiatan atau aktivitas yang terkait dengan tujuan bisnis Anda. Sehingga Anda dapat mencapai tujuan dengan segera, dan tidak membuang waktu secara percuma dengan cara manajemen waktu yang tepat.

11. Hindari proyek yang tidak membantu mencapai tujuan

Bukan tidak mungkin jika Anda mendapatkan proyek yang tidak membantu mencapai tujuan, namun Anda harus menghindarinya. Karena mengerjakan proyek yang tidak terkait dengan tujuan akan menyita banyak waktu Anda, tetapi tidak membantu mencapai tujuan bisnis Anda.

12. Selesaikan tugas penting terlebih dahulu

Apakah Anda memiliki setumpuk tugas yang harus diselesaikan? Jika iya, maka Anda dapat membuat list atau daftar tentang tugas mana saja yang harus diselesaikan terlebih dahulu.

Dalam hal ini, Anda perlu memprioritaskan tugas penting untuk segera Anda kerjakan.

13. Mengatur ruang kerja

Ruang kerja yang berantakan bisa membuat Anda merasa frustasi dan bingung tentang tugas mana saja yang harus diselesaikan. Oleh karena itu, Anda perlu mengatur ruang kerja Anda sebaik mungkin. Sehingga Anda juga dapat bekerja secara efektif dan efisien.

14. Gunakan prinsip Pareto

Cara manajemen waktu berikutnya adalah dengan menggunakan prinsip Pareto. Prinsip Pareto dikenal dengan hukum 80% 20% nya, di mana 20% usaha akan menghasilkan 80% hasil.

Anda dapat memanfaatkan prinsip Pareto untuk mengefektifkan manajemen waktu Anda. Sehingga, Anda tidak hanya membutuhkan sedikit waktu untuk hasil yang besar.

Baca Juga: 15 Cara Ampuh Memenangkan Negosiasi dalam Bisnis!

15. Membuat jurnal kerja

Membuat jurnal kerja adalah tips mengatur waktu yang efektif berikutnya.

Dengan membuat jurnal kerja, Anda dapat mengetahui hal apa saja yang telah Anda lakukan sebelumnya dan apa yang perlu Anda lakukan di masa mendatang.

16. Hindari multitasking dan fokus pada satu hal

Multitasking mungkin terlihat seperti cara cerdas untuk menghemat waktu, karena dapat menyelesaikan beberapa pekerjaan dalam satu waktu yang sama.

Namun, sebenarnya cara ini malah dinilai tidak efektif dan bisa membuat Anda menjadi kewalahan serta kelelahan. Oleh karena itu, sebaiknya Anda hanya fokus pada satu hal saja, agar dapat bekerja dengan lebih produktif dan maksimal.

17. Jangan takut untuk mendelegasikan tugas

Cara manajemen waktu berikutnya adalah dengan mendelegasikan tugas. Menyimpan semua tugas untuk diri sendiri bisa membuat Anda kewalahan untuk menyelesaikannya.

Untuk itu, jangan takut untuk mendelegasikan tugas pada rekan tim atau bawahan Anda. Jika Anda merasa tidak yakin, maka Anda dapat memberikan pekerjaan pada orang yang Anda percayai.

18. Tetap berpegang pada apa yang cocok dengan Anda

Tips mengatur waktu yang berikutnya adalah tetap berpegang pada hal apa yang sudah cocok dengan Anda. Ini akan membantu Anda untuk menghemat waktu.

19. Gunakan matriks manajemen waktu Covey

Matriks manajemen waktu Covey yang dibuat oleh Steven Covey menjadi salah satu model manajemen waktu yang banyak digunakan.

Matriks ini dibangun atas empat bagian sederhana, yaitu:

  1. Tugas yang mendesak dan penting
  2. Tidak mendesak tapi tugas penting
  3. Tugas yang mendesak tapi tidak penting
  4. Tugas yang tidak mendesak dan tidak penting

Urutkan semua tugas Anda berdasarkan empat bagian di atas. Kemudian, selesaikan tugas yang berada ada bagian pertama, lalu lanjutkan dengan kedua dan seterusnya.

20. Hindari mengejar produk atau barang trendi

Produk atau barang trendi memang akan terlihat menarik dalam beberapa waktu, namun itu tidak akan berlangsung selamanya. Mengingat hal tersebut mengikuti tren yang sedang berlangsung saja.

Mengejar produk atau barang trendi mungkin bisa Anda coba jika tren yang ada sesuai dengan produk atau merek bisnis Anda. Namun, jika tidak, maka sebaiknya Anda menghindarinya.

Karena hal tersebut akan membuat Anda kewalahan untuk menggunakan banyak tenaga tetapi hanya bertahan sementara.

21. Jangan mencoba menjadi sempurna

Sempurna memang konsep yang indah, namun tidak berarti Anda harus menjadi sempurna. Karena fokus pada kesempurnaan hanya akan membuat Anda menghabiskan banyak waktu pada detail kecil yang mungkin tidak terlalu berarti bagi bisnis Anda.

22. Mengalih dayakan area yang kurang tampil

Cara manajemen waktu berikutnya adalah dengan mengalihkan tugas sesuai dengan keterampilan Anda.

Apabila Anda merasa tidak yakin dengan kapasitas Anda pada suatu hal, maka Anda dapat mengalihkan hal tersebut pada orang yang lebih terampil atau memang berspesialisasi pada bidangnya.

Ini akan membantu Anda untuk menghemat waktu dan bahkan biaya operasional yang mungkin Anda perlu keluarkan.

Baca Juga: 10 Cara Membuat Sales Plan Dengan Mudah


Terapkan Cara Manajemen Waktu yang Efektif Sekarang!

Omnichannel CRM Qontak by Mekari

Itu dia beberapa tips atau cara manajemen waktu yang dapat digunakan oleh pelaku bisnis dalam mengatur waktunya. Pelaku bisnis juga dapat mengefektifkan waktu yang dimiliki dengan menggunakan alat otomatisasi bisnis seperti CRM dari Mekari Qontak.

Dengan menggunakan aplikasi CRM Mekari Qontak yang terintegrasi dengan Omnichannel, Anda dapat mengelola bisnis dengan mudah, cepat, dan efektif dalam satu platform terpadu secara otomatis. Sehingga Anda dan tim dan fokus pada aktivitas penting lainnya.

Selain itu, Omnichannel CRM Mekari Qontak juga dilengkapi dengan berbagai fitur canggih yang dapat menghemat waktu Anda, seperti notifikasi dan dashboard canggih.

Mekari Qontak telah dipercaya lebih 3000+ perusahaan untuk membantu mereka meningkatkan tahapan bisnis secara keseluruhan. Tidak hanya itu saja, Mekari Qontak juga telah tersertifikasi ISO 27001 untuk memastikan keamanan informasi data pelanggan.

Jadi tunggu apa lagi?Yuk, coba demo Aplikasi CRM Mekari Qontak dan dapatkan FREE TRIAL selama 14 hari sekarang!

Hubungi Mekari Qontak sekarang!

 

Related Articles

WhatsApp WhatsApp Sales