Mekari Qontak
Business Product

WA Blast: 4 Langkah Mudah Mengirim Pesan Massal!

kelola-whatsapp-sendiri-01

Panduan Lengkap Cara Mengirimkan Pesan Blast WA ke Ribuan Kontak Sekaligus!

WA Blast adalah fitur WhatsApp Business API yang mampu mengirimkan pesan massal ke banyak kontak tanpa harus menyimpan nomor pengguna. Fitur ini memungkinkan Anda untuk melakukan aktivitas pemasaran yang lebih efektif dan efisien.

Meski pesan massal, Anda tetap bisa mempersonalisasi pesan sesuai dengan kontak yang dituju. Misalnya dengan menyebutkan nama, menyisipkan emoji, bahkan file grafik. Hal ini meninggalkan kesan akrab untuk mendorong interaksi target pelanggan Anda.

Lalu bagaimana cara menggunakan WA blast? mudah, Anda hanya perlu mengupgrade akun WA bisnis Anda menjadi API WhatsApp. Pelajari selengkapnya cara menggunakan dan mengirimkan WA blast pada artikel di bawah ini.

Cara Mengirim Pesan Blast WA:

  1. Pastikan Akun Anda Telah Terverifikasi WhatsApp API
  2. Susun Daftar Kontak yang Akan Dikirimkan Pesan Blast
  3. Buat Template Pesan Blast
  4. Kirimkan Pesan Blast WA

WA Blast CTA Banner


Keuntungan Menggunakan WA Blast

Seperti telah disinggung sebelumnya, WA blast memiliki banyak keuntungan untuk bisnis, salah satunya mengirimkan pesan massal ke banyak kontak sekaligus.

Selain itu, masih banyak keuntungan yang akan Anda dapatkan dengan menggunakan fitur WA blast adalah

1. Melakukan penetrasi bisnis tanpa batas

Fitur blast tidak membatasi jumlah penerima pesan massal Anda. Artinya Anda dapat mengirimkan pesan blast ke banyak kontak sekaligus. Hal ini memungkinkan Anda melakukan penetrasi yang lebih cepat dibandingkan bisnis lainnya.

2. Personalisasi pesan

Fitur blast memungkinkan Anda untuk mengirimkan pesan massal ke ribuan pelanggan dalam waktu bersamaan. Meski isi pesan yang dikirimkan sama, Anda tetap bisa personalisasi pesan dengan kreatif Anda mulai dari variasi teks, emoji, dan file grafik.

3. Menjangkau target pasar baru

Keunggulan dari fitur WA blast adalah Anda bisa mengirimkan pesan tanpa perlu menyimpan kontak dahulu. Pesan blast juga tetap bisa diterima, meski kontak tujuan tidak menyimpan nomor Anda. Terlebih peluang pesan WhatsApp lebih besar dibaca atau sekitar 90% pengguna. Hal ini memungkinkan Anda menjangkau target pasar baru.

4. Mengumpulkan umpan balik (feedback)

Keuntungan WA blast selanjutnya adalah Anda bisa mengumpulkan umpan balik (feedback) langsung dari pelanggan. Hal ini sangat penting untuk menambah wawasan bisnis, guna memahami kebutuhan pelanggan. Dari wawasan tersebut, bisnis bisa meningkatkan kualitas produk dan layanan yang ditawarkan. Dengan demikia, diharapkan dapat meningkatkan penjualan dan pendapatan bisnis.

5. Media pemasaran yang efektif

Menggunakan pemasaran konvensional akan membatasi Anda dalam menyebarkan kampanye Anda kepada pelanggan. Berbeda halnya apabila Anda menggunakan fitur WA blast. Fitur ini memungkinkan Anda mengirimkan promosi langsung ke ponsel pelanggan. Oleh karena itu, pesan promosi yang dikirim melalui WhatsApp lebih sering dibaca dibandingkan media komunikasi lainnya.

Baca juga: 8 Cara Promosi Tepat Sasaran Lewat WhatsApp Marketing!


Cara Mudah Mengirim Pesan Blast WA

Setelah Anda mengetahui keuntungan dari mengirim pesan blast WA, pasti Anda penasaran bagaimana cara menggunakannya? Berikut cara mengirim pesan WA blast dengan mengikuti langkah di bawah ini:

Step #1: Pastikan akun Anda telah terverifikasi WhatsApp API

Langkah pertama untuk menggunakan WA blast, Anda harus memiliki akun WhatsApp API. Dimana WhatsApp API hanya bisa dimiliki melalui Business Solution Provider (BSP) seperti Mekari Qontak. Anda bisa mendapatkan free account WA API Mekari Qontak dengan mengklik gambar di bawah ini.

Selanjutnya, Mekari Qontak akan mengajukan verifikasi akun WhatsApp Anda ke pihak Facebook. Tahapan ini sangat penting untuk memastikan apakah akun Anda layak mendapatkan tanda centang hijau. Tanda ini menunjukan bahwa akun WhatsApp Anda telah terverifikasi atau terbukti memiliki bisnis legal.

Step #2: Susun Daftar Kontak yang Akan Dikirimkan Pesan Blast

Setelah bisnis Anda terdaftar sebagai WhatsApp API, buatlah daftar kontak. Pilih nomor-nomor yang yang akan dikirimi pesan blast dan masukkan ke dalam daftar kontak.

Apabila Anda telah menyimpan nomor-nomor tersebut pada excel atau csv, Anda bisa langsung mengunggahnya ke sistem Mekari Qontak. Namun jika belum, Anda bisa memasukkannya secara manual.

Daftar Kontak untuk WA Blast

Step #3:  Buat Template Pesan Blast

Tahapan selanjutnya, Anda bisa membuat template pesan blast. Pesan tersebut bisa berisi promosi atau informasi penting lainnya dalam bentuk tulisan, gambar, video, atau dokumen.

Namun sebagai catatan isi pesan tersebut tidak boleh mengandung kalimat hard-selling seperti kata diskon, promo, atau buy 1 get 1.

Selain itu, Anda harus membuat template ini minimal 1×24 jam sebelum pesan dikirimkan. Alasanya template tersebut akan di-review oleh WhatsApp untuk memastikan tidak ada peraturan yang dilanggar.

Template Pesan untuk Blast WA

Step #4: Kirimkan Pesan Blast WA

Setelah template yang Anda ajukan disetujui oleh WhatsApp, Anda bisa mengirimkan pesan blast tersebut ke daftar kontak yang telah dibuat sebelumnya. Tunggu beberapa menit. Sistem akan bekerja dengan mengirimkannya secara otomatis pesan Anda di waktu yg sama.

Pesan Blast Siap Anda Kirim

Baca juga: Cek Harga WhatsApp Business API Di Sini!


Dapatkan WA Blast dengan Mudah dan Aman Di Sini!

WhatsApp API Mekari Qontak

Setelah membaca di atas, pada intinya WA blast adalah fitur API WhatsApp Business yang sangat memudahkan bisnis mengirimkan pesan massal tanpa batas. Kemampuan fitur ini memberikan banyak keuntungan buat bisnis seperti menjangkau pasar baru dan media pemasaran yang efektif.

Namun, sebelum itu, Anda harus memastikan akun Anda sudah WhatsApp API. Jika belum, Anda bisa mendapatkan free account WA API terbaik dari Mekari Qontak.

Selain itu, Mekari Qontak telah dipercaya lebih dari 3000+ perusahaan di Indonesia untuk meningkatkan bisnis lebih baik. Qontak juga telah telah tersertifikasi ISO 27001 yang memastikan keamanan informasi data pelanggan Anda. Tunggu apa lagi? coba GRATIS sekarang juga!

Hubungi Qontak.com sekarang!

 

Related Articles

WhatsApp WhatsApp Sales