Mekari Qontak
Other Business

6 Tools Marketing Terbaik yang Wajib Dimiliki Bisnis

Business Tools

Inilah Rekomendasi Tools Marketing yang Harus Digunakan Bisnis Anda!

Tools marketing dibutuhkan bisnis untuk menyukseskan strategi pemasaran di era digital saat ini. Sebab, tools ini mampu membantu bisnis mengatur dan mengelola pemasaran bisnis lebih efisien. Hal ini mendorong peningkatan penjualan dan pendapatan.

Meski begitu, tools marketing tidak selamanya berkaitan langsung dengan promosi atau iklan. Di pasar, Anda bisa menemukan berbagai jenis tools marketing. Lalu, apa saja tools bisnis yang Anda butuhkan? Yuk, pelajari penjelasan 6 rekomendasi tools terbaik untuk bisnis pada artikel ini.


Apa itu Tools Marketing?

Tools marketing adalah perangkat digital yang digunakan bisnis untuk membantu aktivitas pemasaran mereka. Tools ini mampu mengotomatiskan, mengatur serta memantau program promosi yang tengah bisnis jalani.

Sebagian bisnis menggunakan berbagai tools pemasaran bersamaan. Beberapa diantaranya difungsikan untuk mengumpulkan dan mengelola data pelanggan. Sisanya digunakan untuk aktivitas promosi seperti menyebar pamflet, katalog atau iklan. Kedua fungsi tersebut pada akhirnya memiliki tujuan yang sama, yakni meningkatkan penjualan dan brand awareness.


Apa Keuntungan Bisnis Menggunakan Tools Marketing?

Tools marketing mempermudah bisnis mengelola aktivitas pemasaran mereka. Tools ini juga membuat aktivitas promosi bisnis berjalan lebih efektif dan efisien. Selain itu, masih banyak keuntungan yang akan didapatkan bisnis online setelah menggunakan tools pemasaran diantaranya sebagai berikut:

  • Menarik lebih banyak prospek atau calon pelanggan
  • Mengumpulkan data atau informasi prospek dan pelanggan secara otomatis
  • Meningkatkan penjualan dan pendapatan
  • Efisiensi biaya promosi
  • Mendorong loyalitas pelanggan lebih baik
  • Membangun brand awareness dan kepercayaan pelanggan
  • Memudahkan dalam memantau aktivitas promosi dan kinerja tim marketing

6 Tools Marketing Terbaik untuk Bisnis Anda

Dari banyaknya pilihan tools pemasaran di pasar, mungkin Anda bingung mana yang sebenarnya bisnis Anda butuhkan. Kami telah merangkum 6 tools marketing terbaik untuk Anda, seperti berikut:

1. Tools Customer Relationship Management (CRM)

Tools Marketing Customer Relationship Management (CRM)

Tools CRM akan membantu Anda melakukan perekaman dan tracking terhadap setiap interaksi pelanggan dengan Anda. Maka dari itu, CRM dianggap sebagai salah satu tools bisnis utama karena kepentingannya dalam membantu mengorganisir kontak dan database pelanggan. Hal ini memudahkan tim marketing dalam menyusun strategi yang tepat untuk kegiatan promosi selanjutnya.

2. Tools kolaborasi tim secara online

Tools Marketing kolaborasi tim secara online

Jika Anda merupakan pemilik bisnis, Anda perlu memikirkan cara termudah agar semua tim dapat berkolaborasi bersama. Sebab pada pelaksanaanya tim akan perlu berkomunikasi untuk mencapai target. Misalnya saja tim marketing dan sales yang perlu bertukar data pelanggan.

Qontak.com menyediakan tools yang memudahkan tim untuk berkolaborasi. Cukup dengan @mention anggota tim lain untuk memberikan tugas. Anda juga bisa berbagi dokumen ke tim lain pada platform yang sama.

3. Tools Blast Email Marketing

Tools Marketing Blast Email Marketing

Meski terkesan kuno, email marketing cukup efektif menarik pelanggan. Email marketing memiliki peran penting dalam pemasaran untuk memperoleh prospek, brand awareness, membangun relasi dan menjaga loyalitas pelanggan melalui berbagai pesan email yang dikirimkan.

Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda bisa mengirimkan email marketing ke banyak prospek dan pelanggan secara bersamaan. Jadi Anda tidak perlu melakukannya secara manual.

Selain melakukan blast email marketing, Anda juga dapat melakukan blast di WhatsApp untuk mengirimkan pesan massal ke banyak kontak sekaligus secara mudah.

4. Sosial mediaTools marketing Sosial media

Sosial media memiliki peran penting sebagai media promosi saat ini. Hal ini tak lepas dari popularitas sosial media seperti Facebook, Instagram, Twitter, Telegram dan banyak lainnya. Bahkan survei Instagram mengatakan 90% pengguna IG mengikuti akun bisnis dan 72% pengguna membeli produk yang mereka lihat dari Instagram. Hal ini menunjukan peran besar sosial media seperti Instagram sebagai media marketing.

5. Google AnalyticsGoogle-Analytics-Program Sales

Bagi Anda yang menjalankan digital marketing, tools Google Analytics sangatlah penting untuk menganalisis strategi pemasaran Anda. Tools ini akan memberikan overview dari mana pengunjung Anda berasal. Google Analytics juga menampilkan informasi berkaitan tipe pengunjung, konten yang paling banyak disukai pengunjung dan lainnya. Dari informasi tersebut, Anda dapat menyusun strategi pemasaran yang lebih baik untuk meningkatkan konversi.

6. Monitoring ToolsOmnichannel-Strategi pemasaran media sosial

Tools monitoring ini memudahkan Anda untuk memantau aktivitas pemasaran bisnis di berbagai saluran. Namun, sebelum itu Anda harus pastikan bahwa semua saluran bisnis Anda saling terintegrasi. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan sistem Omnichannel.

Omnichannel otomatis menyimpan semua data interaksi pelanggan dari seluruh saluran bisnis dalam satu platform. Hal ini tentu memudahkan Anda untuk memantau aktivitas tersebut tanpa berpindah aplikasi. Selain itu, memastikan bahwa tidak ada pelanggan yang terabaikan.

Rekomendasi: 12 Marketing & Sales Tools Terbaik Tahun 2021 dan 8 Aplikasi Pendukung Sales dan Marketing Bisnis


Sukseskan Pemasaran Anda dengan Tools Marketing Terbaik Sekarang!

omnichannel-crm-qontak

Di era digital saat ini, bisnis membutuhkan tools marketing untuk membangun brand awareness dan meningkatkan penjualan. Dimana tools tersebut mampu membuat aktivitas pemasaran lebih efektif dan efisien.

Qontak.com menawarkan solusi all-in-one tools marketing terbaik di Indonesia. Aplikasi CRM Qontak.com terintegrasi dengan Omnichannel yang akan mengelola hubungan pelanggan Anda lebih baik dari semua saluran bisnis Anda. Qontak.com telah dipercaya lebih dari 1000+ bisnis untuk mengelola marketing, sales dan customer service mereka.

Jadi tunggu apalagi, dapatkan tools marketing terbaik dari Qontak.com sekarang!

Hubungi Qontak.com sekarang atau dengan mengisi form COBA GRATIS di bawah ini:

[ninja_form id=2]

Related Articles

WhatsApp WhatsApp Sales