Mekari Qontak
Other Business Sales

12 Tips Email Marketing Efektif Menarik Pelanggan

Effective Email Marketing

Begini Tips Membuat Email Marketing yang Sukses Menarik Pelanggan

Email marketing merupakan strategi pemasaran yang dapat Anda terapkan untuk menarik pelanggan. Selain menarik pelanggan, email marketing juga dapat meningkatkan return on investment (ROI) 4 kali lebih besar dibandingkan media sosial.

Sayangnya tidak semua bisnis bisa menerapkan email marketing efektif. Oleh karena itu, diperlukan  tips email marketing.

Beberapa perusahaan menerapkan tips email marketing berbeda sesuai kebutuhan. Namun pada umumnya setidaknya ada 12 tips yang biasa bisnis terapkan. Namun sebelum itu, Anda perlu memahami lebih jauh mengenai pengertian, manfaat, jenis-jenis email marketing. Semua itu diulas secara lengkap pada artikel dibawah ini.

12 tips email marketing yang efektif meningkatkan penjualan bisnis Anda, diantaranya:

  1. Pesan bersifat personal
  2. Tidak Harus Promosi
  3. Kelompokan penerima email
  4. Buatlah subjek yang efektif
  5. Manfaatkan header
  6. Gunakan call-to-action yang kuat
  7. Jangan spam
  8. A/B Testing
  9. Pertahankan kontak yang sudah ada
  10. Buatlah email yang singkat
  11. Fokus kepada kebutuhan pelanggan
  12. Pilih platform yang tepat

Image CTA Omnichannel


Apa itu Email Marketing?

Email marketing adalah pesan berisi kampanye atau informasi produk yang dikirimkan ke kontak pelanggan melalui email (surat elektronik). Pesan ini tujuannya untuk menginformasikan kepada pelanggan mengenai event atau penawaran terbaru dari bisnis Anda.

Email marketing bertujuan agar strategi pemasaran mendatangkan prospek, meningkatkan brand awareness, membangun relasi, dan menjaga loyalitas pelanggan. Metode pemasaran ini dinilai lebih efektif dibandingkan metode konvensional dan media sosial.


Apa Pentingnya Email Marketing Bagi Bisnis?

Meski saat ini banyak media digital yang bisa digunakan untuk pemasaran, peran email marketing masih tak tergantikan. Sebab metode pemasaran ini masih cukup berhasil menarik pelanggan. Berikut alasan penting lainnya menggunakan email marketing untuk bisnis adalah

  • Biaya yang dibutuhkan lebih hemat
  • Memiliki jangkauan pasar lebih luar yang tidak dibatasi lokasi
  • Peluang untuk dibaca pelanggan lebih cepat karena konsumen sering mengecek email
  • Lebih efektif dibandingkan media sosial
  • Bisa menjangkau pelanggan dengan perangkan yang berbeda

Jenis-Jenis Email Marketing

Mengingat pentingnya email marketing bagi bisnis, ada baiknya untuk mengetahui jenis-jenis email marketing sebelum mulai mengirimkan ke pelanggan. Hal ini agar email marketing yang akan Anda kirimkan fokus dan mudah dikenali pelanggan.

Berikut 3 jenis email marketing yang paling umum dikirimkan oleh bisnis:

– Innovation Email

Jenis Email marketing ini bertujuan menginformasikan pelanggan agar selalu update dengan event-event yang perusahaan Anda adakan. Misalnya agenda workshop atau pameran yang melibatkan pelanggan.

Biasanya email ini akan diterima pelanggan seminggu atau sehari sebelum acara berlangsung. Tujuannya agar pelanggan tertarik untuk menghadiri acara tersebut.

Email Follow-up

Mungkin email jenis ini yang paling dinantikan oleh banyak pelanggan. Sebab Email jenis ini bersifat mengingatkan calon pelanggan akan aktivitas yang sebelumnya pernah dilakukan tapi belum diselesaikan.

Dengan demikian, kesempatan transaksi yang sebelumnya terbuat dan sempat terlupakan akan kembali muncul sehingga usaha Anda untuk meyakinkan calon pelanggan Anda tidak sia-sia.

– Newsletter

Email marketing jenis ini mungkin yang paling sering dikirimkan oleh bisnis untuk menarik minat pelanggan. Dimana Newsletter biasanya dikirimkan secara berulang-ulang dan secara reguler, misalnya seminggu sekali atau sebulan sekali.

Biasanya Newsletter berisi berita bisnis atau promosi yang diadakan bisnis tersebut.


Apa Manfaat Email Marketing?

Manfaat utama email marketing adalah membantu bisnis menyebarkan promosi ke pelanggan.  Dengan begitu, Anda bisa meningkatkan brand awareness. Selain itu, manfaat bisnis menggunakan email marketing adalah sebagai berikut:

Meningkatkan Brand Awareness

Memiliki alamat email pelanggan atau calon pelanggan berarti satu hal: mereka menunjukkan tingkat ketertarikan pada bisnis Anda. Email marketing memberi Anda kemampuan untuk meningkatkan brand awareness.

Anda tidak perlu mengirim email setiap hari (kecuali Anda ingin dibenci) melainkan Anda mencoba mengirimkan email dimana bisnis Anda terlibat pada suatu kegiatan komunitas atau bersifat soft-selling.

Apabila Anda terlalu sering melakukan hard-selling dan mengabaikan brand awareness sebagai objektif, bukan tidak mungkin justru pelanggan Akan unsubsribe email bahkan meninggalkan bisnis Anda.

– Mendapatkan Customer secara Real-Time

Menurut Litmus, 54% dari semua email dibuka melalui perangkat seluler. Seiring berjalan waktu, pelanggan juga banyak menggunakan perangkat seluler dimana tidak hanya membuka email, namun termasuk media lainnya.

– Dapat menaikkan Traffic pada Website

Bayangkan Anda telah mengembangkan daftar email Anda menjadi 100.000 kontak, memasukkan website Anda sebagai tujuan di email, dan memiliki rasio klik-tayang atau click through rate dengan rata-rata 5%.

Sekarang juga bayangkan Anda menerbitkan artikel yang mengumumkan peluncuran produk terbaru dan Anda membagikannya dengan daftar email Anda.

Bahkan jika 5% dari penerima mengklik dan mengunjungi artikel Anda, Anda akan memiliki 5000 orang yang langsung datang ke website dan tahu tentang produk baru Anda. Semua hampir tanpa biaya!

– Dapat Mengirim Pesan sesuai Target Audiens

Salah satu keuntungan memasukkan email marketing yakni Anda dapat mengirim pesan sesuai target audiens.

Gagasan utama di sini adalah bahwa calon pelanggan Anda kemungkinan berada pada tahap yang berbeda dalam siklus pembelian.

Beberapa mungkin dalam tahap consideration, sementara yang lain mungkin berada pada tahap research dan compare, dan bahkan yang lain dalam tahap siap membeli (ready-to-purchase). Membuat buyer persona dapat membantu Anda menentukan jenis konten yang akan dibuat pada setiap email yang dibuat.

Menyegmentasikan pelanggan ini ke dalam daftar target audiens email yang sesuai dapat membantu bisnis menargetkan audiens secara lebih efektif. Pelanggan membutuhkan informasi untuk memindahkan mereka ke tahap siklus pembelian berikutnya.

Pada akhirnya, kembali kepada sales funnel dimana sebagai marketer memindahkan journey pelanggan kepada tahap purchase tidak secepat mungkin, tetapi seefisien mungkin.

– Mudah diukur

Sebagian besar tools email marketing menawarkan kemampuan untuk melacak apa yang terjadi setelah Anda mengirimkan kampanye email. Anda dapat melacak metrik berikut:

  • Delivery rates
  • Unsubsribe rates
  • Click thourgh rates
  • Open rates

Dari metrik di atas dapat memberikan Anda pemahaman yang lebih baik tentang cara kerja kampanye email. Metrik ini tidak boleh diabaikan karena merupakan bagian penting dari campaign marketing Anda secara keseluruhan.

Meskipun ada berbagai penelitian dan survei yang menyajikan angka “ideal” sebuah KPI, semuanya tergantung kepada industri dan target audiens Anda.

Jika pelanggan Anda tidak hanya ingin melainkan berharap dapat email secara harian, Anda sebaiknya dapat menyediakannya.

Namun perlu diketahui bahwa mengirim terlalu banyak email ke pelanggan yang tidak menginginkan lebih dari satu email dalam seminggu akan membuat tingkat unsubscribe Anda meningkat. Karena inti dari email marketing adalah tentang bagaimana kita memahami pelanggan serta menyediakan konten yang berharga.

– Membantu Kampanye di Media Sosial

Pada dasarnya media sosial dan email saling membantu satu sama lain. Sebab Anda dapat menautkan beberapa posting terbaik di media sosial Anda ke email pelanggan Anda.

Sehingga pelanggan Anda pun tak ketinggalan kabar terkini yang Anda posting di media sosial. Sebab bagaimanapun, mengirimkan email marketing kepada pelanggan tak akan sesering posting di media sosial.

– Menjangkau Pelanggan Pasif

Ingatlah bahwa pelanggan potensial Anda bukan hanya yang aktif berinteraksi atau memberi respon media sosial Anda. Anda pun harus menjangkau pelanggan pasif Anda bila tak ingin kalah dalam persaingan. Sebab pelanggan pasif tetap saja berpotensi mendatangkan keuntungan bagi perusahaan Anda.

Bila media sosial cocok bagi pelanggan aktif Anda, maka email lebih cocok bagi pelanggan pasif Anda. Dan sudah pasti pelanggan pasif Anda tak akan ketinggalan info promo atau penawaran dari Anda sebab apa yang Anda kirimkan akan muncul di kolom inbox email mereka.

Kapan saja mereka membuka email maka saat itulah mereka masih bisa melihat pesan Anda.

Dengan begitu, Anda selalu berada dalam jangkauan para pelanggan. Tentu hal tersebut membuka peluang bagi perusahaan Anda untuk melakukan penjualan.

– Berpotensi Mendapatkan Penjualan Hanya Lewat Sekali Klik

Setiap email pasti berisi “call to action“. Anda meminta seseorang untuk “tahu” akan brand Anda dengan mendaftar, mempelajari, mengunjungi situs web Anda, melakukan pembelian, dan sebagainya.

Kelebihan email adalah cara yang bagus untuk menginspirasi tindakan (action). Anda dapat dengan mudah menyematkan tombol call-to-action di email Anda.

Saya Mau Coba Gratis Qontak Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak Sekarang!


Bagaimana Tips Membuat Email Marketing yang Efektif?

Tips sukses email marketing adalah konten pesan harus bisa menarik perhatian pelanggan. Sebab peluang email untuk dibuka oleh pelanggan lebih sering dibandingkan media lainnya. Berikut ini adalah tips email marketing efektif untuk menarik pelanggan:

Tips 1. Pesan bersifat personal

Personalisasi-Tips-Email-Marketing

Meski email marketing yang Anda buat ditunjukan oleh banyak kontak sekaligus, tetap harus bersifat personal. Maksud personal dalam email marketing bukan berarti menyapa pelanggan dengan nama saja.

Tapi buatlah konten email marketing yang relevan dan dibutuhkan oleh pelanggan. Oleh karena itu, Anda perlu mengumpulkan data atau informasi pelanggan yang ditargetkan. Posisikan diri Anda sebagai calon pelanggan yang akan menerima email tersebut.

Tips 2. Tidak Harus Promosi

tips-marketing-email-no-promotion

Email marketing yang dikirimkan ke pelanggan tidak selamanya berisi promosi. Tapi kirimkan email juga untuk menjaga hubungan yang dengan pelanggan. Tujuannya untuk mempertahankan loyalitas mereka terhadap brand Anda.

Meski begitu, email marketing yang Anda kirimkan tetap harus relevan dan memberikan value pada pelanggannya, kalau tidak sebaiknya tidak perlu dikirim.

Tips 3. Kelompokan penerima email

Katagori-tips-email-marketing

Kelompokan prospek atau pelanggan yang memiliki kesamaan tertentu misal usia, gender atau lainnya. Hal ini juga memudahkan Anda membuat konten yang relevan untuk dikirim pelanggan.

Metode ini lebih efektif untuk targeting, dibandingkan mengirimkan email ke semua list pelanggan.

Tips 4. Buatlah subjek yang efektif

Supject-line-tips-email-marketing
Hal pertama yang dibaca dari sebuah email adalah subjek atau judul email. Jika judulnya saja sudah gagal merebut perhatian orang yang menerimanya, jangan harap mereka akan sampai pada bagian call-to-action dan menjadi pelanggan Anda.

Subjek yang bisa menarik pelanggan untuk membaca isi email biasanya subjek yang:

  • Menawarkan reward atau hadiah menarik
  • Keuntungan yang pasti diperoleh penerima email
  • Subjek yang tidak menipu dan langsung pada intinya
  • Sanggup membuat orang merasa rugi jika sampai kelewatan
  • Subjek email yang memancing emosi dalam bahasa yang unik dan membangkitkan rasa penasaran

Tips 5. Manfaatkan header

Header-Tips-email-marketing
Header merupakan kalimat pertama dalam body email yang Anda kirimkan ke pelanggan. Buatlah kalimat header yang membuat penasaran. Dengan begitu, pelanggan akan tertarik untuk membuka email dari Anda.

Tips 6. Gunakan call-to-action yang kuat

CTA-Tips-Email-Markteing-1
Anda tidak bisa hanya bercerita mengenai hal menarik, tapi juga akan meningkatkan jumlah trafik lewat click through. Anda harus memasukkan call-to-action untuk mendorong orang yang sudah membaca email Anda mengambil tindakan.

Call-to-action  haruslah jelas, entah itu untuk mengajak orang yang menerima email melakukan download, merespon penawaran Anda atau untuk melakukan pendaftaran pada suatu hal yang diadakan bisnis Anda.

Tuliskan call-to-action tanpa basa-basi, dengan jelas dan lengkap, agar customer Anda tahu apa yang harus dilakukan.

Saya Mau Coba Gratis Qontak Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak Sekarang!

Tips 7. Jangan spam

Spam-Tips-Email-Marketing

Kemungkinan pelanggan akan merasa kesal apabila menerima email marketing Anda terlalu sering. Gunakan fitur frequency capping untuk membatasi jumlah email yang akan diterima pelanggan selama waktu tertentu. Anda bisa mengatur jumlah yang diinginkan agar tidak mengirimkan email secara berlebihan.

Tips 8. A/B Testing

testing-AB-tips-email-marketing

Setelah menyebarkan email marketing ke banyak pelanggan, hal yang tak boleh terlupakan adalah A/B testing. Tujuannya untuk menguji dan mengukur hasil champaign. Matriks yang perlu Anda ukur antara lain pengirim, subjek email, preview teks, isi email, CTA.

Tips 9. Pertahankan kontak yang sudah adapertahankan-kontak-yang-sudah-ada-tips-email-marketing

Sebagian bisnis terlalu fokus untuk mengejar prospek baru. Tapi melupakan kontak prospek atau pelanggan yang lama. Padahal keduanya sangat penting untuk menjaga hubungan dengan pelanggan.

Tips 10. Buatlah email yang singkatSingkat-Tips-email-marketing

Jangan pernah sekali-kali membuat email yang meminta perhatian pembacanya dalam waktu yang terlalu lama. Meski apa yang Anda sampaikan memang penting dan pasti dibutuhkan oleh para pembaca Anda, sebisa mungkin buat email Anda sesingkat mungkin.

Tips 11. Fokus kepada kebutuhan pelanggan

Customer-needs

Pastikan email marketing yang Anda kirimkan sesuai dengan kebutuhan atau apa yang ingin dicari pelanggan. Jangan buat email hanya berdasarkan apa yang Anda inginkan saja. Tujuannya agar email Anda memberikan value bagi pelanggan.

Tips 12. Pilih platform yang tepat

Logo Mekari Qontak

Anda tidak bisa menggunakan platform biasa seperti Gmail atau Yahoo untuk mengirimkan email marketing. Sebab, email yang akan Anda kirimkan dalam jumlah yang sangat banyak sekaligus. Gunakan tools email marketing yang telah banyak berpengalaman seperti aplikasi CRM Mekari Qontak.

Saya Mau Coba Gratis Mekari Qontak Sekarang!

Baca juga:15 Aplikasi Digital Marketing Terbaik untuk Bisnis Online


Ayo Terapkan Tips Email Marketing untuk Penjualan Produk Lebih Baik!

Setelah mempelajari 12 tips email marketing diatas, mungkin Anda tertarik untuk menerapkan pada bisnis. Terlebih melihat manfaat yang akan bisnis Anda dapatkan dengan mengirimkan email marketing ke pelanggan.

Aktifitas mengirimkan email marketing akan lebih mudah dengan bantuan aplikasi email blast. Dimana dengan aplikasi ini Anda dapat mengirimkan ke banyak kontak pelanggan hanya dengan sekali klik. Kelebihan aplikasi email blast dapat diintegrasi dengan aplikasi CRM. Dengan integrasi ini memudahkan Anda untuk memantau efektifitas email marketing Anda.

Gunakan aplikasi CRM terbaik dari Mekari Qontak untuk yang dilengkapi dengan email blast. Fitur Qontak ini memungkinkan Anda mengirimkan email marketing dalam tak terbatas secara otomatis kepada prospek dan pelanggan Anda  dengan personalisasi nama maupun data-data yang tersedia di database pelanggan Anda.

Tak hanya itu saja, Qontak juga telah dipercaya lebih dari 3000 perusahaan dan Qontak tersertifikasi ISO 27001 untuk memastikan keamanan informasi data pelanggan.

Hubungi Mekari Qontak Sekarang!

Related Articles

WhatsApp WhatsApp Sales