Daftar isi
5 min read

Kenali Pentingnya Teknologi Pendukung CRM dalam Bisnis

Tayang 03 Agustus 2023
Diperbarui 13 Desember 2023
Teknologi Pendukung CRM
Kenali Pentingnya Teknologi Pendukung CRM dalam Bisnis

Di era digital saat ini, penggunaan teknologi CRM membantu operasional bisnis lebih efisien. Teknologi CRM bisa diintegrasikan dengan aplikasi pendukung komunikasi bisnis untuk meningkatkan pengalaman pelanggan.

Integrasi CRM dengan aplikasi bisnis memberikan wawasan berharga terkait dengan prospek dan pelanggan. Berdasarkan wawasan tersebut, bisnis bisa memahami kebutuhan pelanggan sehingga bisa memperbaiki kualitas pelayanan pelanggan.

Baca juga: Mengenal Apa itu CRM , Tujuan, dan Fungsinya

Yuk, pelajari selengkapnya terkait teknologi CRM dan pendukungnya untuk efisiensi operasional perusahaan pada artikel berikut.


Bagaimana Teknologi CRM Mendukung Operasional Perusahaan?

Teknologi CRM berperan dalam meningkatan penjualan, analitik terperinci, laporan penjualan otomatis, dan retensi pelanggan yang lebih baik.

Hal tesebut berkat kemampuan teknologi CRM yang membantu Anda memahami kebutuhan setiap prospek dan pelanggan dari data yang terkumpul di sistem.

Selain itu, teknologi CRM juga bisa terhubung dengan aplikasi bisnis lainnya yang memberikan keuntungan lainnya seperti berikut:

– Memahami Kebutuhan Pelanggan

Teknologi CRM berfungsi untuk mengumpulkan dan mengelola data dari berbagai saluran komunikasi yang bisnis gunakan. Informasi tersebut dikumpulkan dalam satu database. Hal ini memudahkan bisnis untuk mengidentifikasi kebutuhan pelanggan saat berinteraksi dengan mereka.

Pelajari: Jenis-Jenis CRM pada Bisnis

– Mengetahui Trend yang Sedang Berlangsung

Penggunaan teknologi dalam komunikasi merupakan cara tercepat untuk mengetahui trend terbaru. Pasalnya saat ini sebagian besar interaksi bisnis dengan prospek dan pelanggan melalui platform komunikasi seperti media sosial, email, apilaksi chatting dan lainnya.

Integrasi platform komunikasi dengan teknologi CRM memberikan informasi terkait apa yang sedang menjadi tren. Hal ini membantu bisnis menjadi lebih kreatif dalam mencari celah agar dapat unggul dari kompetitor dan memenangkan persaingan di pasar.

– Meningkatkan Produktivitas Bisnis

Integrasi teknologi pendukung dengan aplikasi CRM dapat menjadikan bisnis yang lebih produktif. Sebab bisnis tidak perlu mengelola data secara manual, semua data terpusat dalam satu database. Hal ini tentunya akan berdampak pada meningkatnya penjualan dan memperoleh keuntungan bagi perusahaan.

Baca selengkapnya: 13 Manfaat CRM (Customer Relationship Management) Bagi Perusahaan


Apa saja Teknologi Pendukung CRM?

Teknologi berbasis internet memiliki dampak yang luar biasa bagi sistem CRM atau manajemen hubungan pelanggan. Dalam banyak hal, teknologi pendukung tersebut membantu menyederhanakan proses CRM, sehingga mendapatkan hasil optimal.

Berikut ini adalah beberapa teknologi pendukung yang bisa bisnis integrasikan dengan aplikasi CRM mereka:

1. Email

Email adalah salah satu teknologi pendukung yang biasa untuk pelayanan pelanggan. Penggunaan email dalam bisnis sudah menjadi kebutuhan komunikasi untuk marketing atau sales. Oleh karena itu, integrasi email dengan CRM dapat meningkatkan hubungan pelanggan.

Selain itu, peran Email sebagai teknologi pendukung CRM bisa untuk mengotomatisasi pemberian informasi kepada pelanggan terkait status transaksi, baik informasi pengiriman maupun klaim asuransi. Teknologi ini membantu pelanggan untuk tetap update terhadap tiap hal yang sedang berlangsung.

Baca juga: Fitur Unggulan CRM untuk Mendorong Pertumbuhan Bisnis

2. Aplikasi Chatting

Aplikasi chatting banyak digunakan untuk meningkatkan interaksi dengan pelanggan. Teknologi ini dapat bisa di download aplikasi tersebut secara gratis dan bermodalkan internet.

Salah satu aplikasi pesan yang paling banyak digunakan sebagai teknologi pendukung CRM adalah WhatsApp. Bahkan, saat ini muncul istilah WhatsApp CRM. Hal ini tidak mengherankan mengingat integrasi WhatsApp dengan CRM yang sangat membantu bisnis dalam banyak hal.

Beberapa provider software sistem CRM Indonesia telah mengintegrasikan teknologi sistem CRM nya dengan WhatsApp, salah satunya Mekari Qontak. Mekari Qontak merupakan mitra resmi Meta yang menyediakan WhatsApp Business API di Indonesia.

3. Call center

Sistem CRM juga banyak diintegrasikan dengan teknologi contact center VoIP. Teknologi VoIP (Voice over Internet Protocol) berguna untuk melakukan panggilan suara melalui internet mirip dengan fungsi dari call center.

Dengan teknologi ini, penanganan keluhan pelanggan oleh call center menjadi lebih mudah. Teknologi VoIP memungkinkan panggilan telepon dilakukan ke call center di mana pun lokasinya tanpa khawatir soal biaya.

Mekari Qontak merupakan salah satu software CRM di Indonesia yang terintegrasi dengan aplikasi call center. Integrasi Mekari Qontak dengan sistem PBX dapat digunakan untuk melakukan panggilan keluar dan menerima panggilan masuk. Sistem ini akan menyimpan percakapan secara otomatis di dalam direktori CRM.

Dengan demikian, jika suatu saat rekaman percakapan tersebut dibutuhkan, sistem call center yang terintegrasi dengan CRM memudahkan mencari data di sistem. Hal ini juga mempermudah perusahaan dalam melacak KPI agen customer service dalam menangani panggilan pelanggan.

4. Media Sosial

Media sosial sudah menjadi kebutuhan untuk pengguna internet saling berinteraksi, tak terkecuali bisnis. Integrasi platform media sosial dengan CRM memberikan bisnis kekuasaan untuk mengelola hubungan dengan pelanggan. Sebab mereka jadi memiliki informasi untuh terkait prospek dan pelanggan.

Mekari Qontak menawarkan aplikasi CRM yang terintegrasi dengan media sosial seperti Facebook, Instagram, Telegram dan lainnya. Integrasi ini memudahkan bisnis untuk berinteraksi dengan pelanggan dari saluran mana pun. Dengan demikian, pengalaman pelanggan juga meningkat.

Rekomendasi: 19 Pilihan Aplikasi CRM Terbaik 2023 untuk Bisnis Indonesia


Dapatkan Teknologi Pendukung CRM untuk Bisnis Anda

Penggunaan teknologi memberikan dampak positif dalam mengembangkan bisnis. Interaksi perusahaan dengan pelanggan menjadi lebih mudah.

Adanya integrasi dengan teknologi pendukung CRM membuat operasional menjadi lebih efektif dan berfungsi lebih maksimal. Hal ini dapat menjadi strategi untuk mempertahankan pelanggan.

Mekari Qontak menyediakan solusi end-to-end yang mampu menghubungkan teknologi CRM dengan aplikasi komunikasi. Teknologi CRM Qontak juga membantu bisnis mendorong pertumbuhan pendapatan, memperbaiki produktivitas, serta meningkatkan pelayanan kepada pelanggan.

Jika Anda masih belum menerapkan software CRM untuk bisnis Anda, Coba Gratis Aplikasi CRM terbaik dari Mekari Qontak atau Konsultasi dengan tim Mekari Qontak  untuk mengembangkan dan mengotomatisasi bisnis Anda.

Kategori : BisnisCRM
WhatsApp WhatsApp Sales