Mekari Qontak
Featured Articles Marketing

7 Strategi Instagram Marketing Efektif untuk Bisnis

7 Strategi Instagram Marketing Efektif

Inilah Strategi Instagram Marketing yang Bisa Anda Terapkan!

Penggunaan media sosial media seperti instagram marketing sudah tidak asing lagi. Hal ini seiring popularitas Instagram yang terus meningkat beberapa tahun terakhir. Maka dari itu, banyak bisnis yang fokus menerapkan strategi instagram marketing terbaik.

Terlebih instagram juga mendukung bisnis untuk memasarkan produknya melalui platform mereka. Hal ini terlihat dengan fitur terbaru mereka seperti instagram Shop, API, ads, dan banyak lagi. Namun, sudahkah Anda mempromosikan produk di Instagram dengan tepat? Oleh karena itu, kami membagikan tips strategi instagram marketing efektif meningkatkan penjualan Anda pada artikel di bawah ini.

8 Strategi Instagram Marketing yang Efektif Menghasilkan Penjualan adalah

  1. Mulai dengan mengadakan kontes
  2. Lengkapi postingan foto dengan caption
  3. Selingi dengan mengupload quotes atau kalimat inspiratif
  4. Upload testimoni dari customer Anda
  5. Rutin mengunggah foto produk yang Anda tawarkan
  6. Tampilkan foto-foto kegiatan di ‘belakang layar’ bisnis Anda
  7. Gunakan Instagram API

Apa Itu Instagram Marketing?

Instagram marketing adalah upaya bisnis dalam memasarkan produknya melalui platform Instagram. Tujuan marketing ini sebagai brand awareness dan meningkatkan penjualan produk usaha dan bisnis Anda.

Alasan bisnis mempromosikan produk di Instagram karena sekitar 90% pengguna IG mengikuti akun business dan sekitar 50% tertarik pada brand setelah melihat iklan di Instagram . Hal ini dinilai oleh bisnis sebagai peluang besar untuk meningkatkan penjualan produk.


Bagaimana strategi Instagram agar pemasaran menjadi optimal?

Tujuan setiap pengguna Instagram tentu berbeda-beda, dan inilah tantangan untuk menarik perhatian mereka pada produk Anda. Maka dari itu diperlukan strategi instagram marketing yang tepat seperti berikut:

1. Mulai dengan mengadakan kontes

Jika Anda sudah memiliki cukup followers, minta para followers Anda yang mungkin jumlahnya baru ratusan ini untuk me-likes gambar yang ada pos-kan dan melakukan share di akun pribadi mereka sambil melakukan tag pada tiga teman dengan imbalan hadiah. Untuk melaksanakan kontes ini, lengkapi pula dengan hashtag untuk menciptakan kampanye kecil-kecilan sebagai cara membuat postingan ini lebih mudah ditemukan.

2. Lengkapi postingan foto dengan caption

Tanyakan pertanyaan pada followers Anda, atau mintalah feedback pada followers Anda. Dengan kata-kata yang tepat, followers Anda akan terpancing dan menjadi ingin berkomentar untuk sekedar menjawab atau men-tag orang yang mereka kenal. Lengkapi juga postingan Anda dengan hashtag yang relevan dan mudah diingat.

3. Selingi dengan mengupload quotes atau kalimat inspiratif

Dengan visual yang menarik dan kata-kata yang mungkin dapat ‘berbicara’ langsung ke followers Anda, mereka akan terdorong untuk menekan likes, membuat postingan Anda dapat dilihat oleh followers dari followers Anda.

4. Upload testimoni dari customer Anda

Dengan demikian, Anda memberikan testimonial mengenai kredibilitas bisnis Anda serta membuat customer yang fotonya Anda pos merasa lebih dihargai dan diingat. Hal ini dapat meningkatkan kredibilitas bisnis di mata calon pelanggan Anda.

5. Rutin mengunggah foto produk yang Anda tawarkan

Produk dan jasa Anda harus dipahami oleh followers yang merupakan calon customer. Foto-foto yang menggambarkan mengenai brand Anda dengan desain dan tone warna yang seragam dapat membuat akun Anda menarik bagi target market yang tepat dan memang ingin Anda tuju.

6. Tampilkan foto-foto kegiatan di ‘belakang layar’ bisnis Anda

Menampilkan foto-foto dokumentasi bisnis Anda seperti siapa saja karyawan yang bekerja di balik layar atau bagaimana jalannya proses produksi membantu ‘memanusiakan’ bisnis Anda, membuat para followers mendapatkan informasi yang mungkin tidak didapatkannya dari akun lain. Hal ini menjadi poin plus bagi akun Instagram bisnis Anda.

7. Gunakan Instagram API

Instagram API adalah fitur terbaru IG yang mendorong interaksi antara pelanggan dan perusahaan atau bisnis lebih efisien. API Instagram juga didukung fitur canggih seperti automation instagram yang akan membantu menyukseskan strategi pemasaran Anda. IG API hanya bisa didapatkan dari official partner seperti Qontak.com.

Saya Mau Coba Gratis Qontak Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak Sekarang!

Kelebihan menggunakan Instagram API diantaranya:

  • Menjawab setiap DM (Direct Messenger) pelanggan secara otomatis selama 24 jam non stop dengan Bot Instagram.
  • Memiliki sistem keamanan end-to-end encryption yang artinya seluruh percakapan hanya bisa diakses oleh bisnis dan pelanggan yang berinteraksi.
  • Personalisasi pesan pelanggan yang dapat digunakan menjadi insight untuk lebih memahami pelanggan.
    Integrasi dengan sistem CRM sehingga otomatis menyimpan database dan history percakapan DM dengan pelanggan.
  • Hemat biaya dibandingkan harus mempekerjakan banyak tim untuk melakukan laporan dan analisis penjualan di Instagram shop dan percakapan.
  • Mudahkan pelanggan berbelanja langsung dari platform Instagram shop.

Baca juga: Cara Jualan di Instagram Shop untuk Bisnis Online


Apa saja Tools yang Digunakan Mendukung Instagram Marketing?

Seperti yang diketahui, Instagram marketing sangat penting untuk mengembangkan bisnis di era digital saat ini. Namun untuk sukses melakukan marketing di Instagram, dibutuhkan tools Instagram pendukung. Berikut tools Instagram marketing yang mendukung aktivitas pemasaran bisnis Anda, diantaranya:

– Qontak.com

Qontak.com_Instagram Marketing

Qontak.com adalah penyedia Instagram API yang membantu Anda mengelola DM Instagram atau pesan langsung dari pelanggan. Tools  Qontak.com memberikan akses bisnis dengan banyak admin di banyak device/perangkat dengan satu akun Instagram. Selain itu, Qontak.com terintegrasi dengan aplikasi WhatsApp, Instagram, Facebook Messenger, Twitter, Telegram, Line, email dan lainnya dalam satu dashboard.

Saya Mau Coba Gratis Qontak Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak Sekarang!

– VSCO

VSCO_Instagram Marketing

VSCO merupakan aplikasi untuk mengedit foto konten marketing lebih menarik. Melalui VSCO, Anda bisa mengembangkan wawasan marketing melalui forum komunitas, pendidikan dan koneksi yang tergabung dalam VSCO. Terdapat juga galeri web yang bisa dijadikan contoh untuk membuat konten Instagram marketing Anda.

– Tools Instagram Marketing Boomerang

boomerang-instagram marketing

Boomerang membantu Anda membuat video mini untuk konten instagram Anda. Video tersebut dapat mempesonakan yang berulang ke depan dan belakang. Cukup klik sekali, boomerang akan melakukan selebihnya seperti menangkap 10 letusan foto dan jadikannya video mini yang menarik untuk dibagikan ke Instagram.

– Adobe Premiere Rush

Adobe Premiere Rush

Adobe Premiere Rush adalah aplikasi pengeditan video seluler dan desktop gratis untuk konten Instagram Anda. Aplikasi ini mampu merekam, mengedit, dan berbagi video berkualitas tinggi. Menyenangkan, intuitif, dan secepat media sosial, ini adalah cara termudah untuk menarik pengikut media sosial toko online Anda.

– Tools Instagram Marketing SocialRank

SocialRank

SocialRank akan menganalisis segala aktivitas followers Anda secara detail dan rinci. Tools Instagram marketing ini juga mendeteksi demografi followers untuk memahami target pasar Anda. Selain itu, SocialRank secara otomatis akan mengevaluasi engagement followers terhadap brand Anda dan merekomendasikan pilihan followers yang serupa.


Tingkatkan Instagram Marketing Anda dengan Qontak.com Sekarang!

Tingkatkan Instagram Marketing Anda dengan Qontak.com Sekarang!

Instagram marketing banyak dilirik bisnis seiring popularitasnya terus meningkat. Namun untuk melakukan promosi di Instagram tidak mudah. Diperlukan strategi instagram marketing yang didukung dengan tools untuk menghasilkan banyak penjualan melalui toko Instagram. Salah satunya adalah API Instagram yang membantu Anda menjalin komunikasi yang lebih cepat dengan pelanggan.

Qontak.com telah memudahkan lebih dari 1000+ bisnis untuk memperoleh manfaat di atas. Dengan mendapatkan Instagram API melalui Qontak.com, Anda dapat berkomunikasi dengan pelanggan lebih mulus dan memberikan pelayanan yang lebih baik. Selain itu, Instagram API Qontak.com terintegrasi dengan WhatsApp yang lebih disukai banyak pelanggan untuk berkomunikasi.

Hubungi Qontak.com sekarang atau dengan mengisi form coba gratis dibawah ini:

[ninja_form id=2]

Related Articles

WhatsApp WhatsApp Sales