Daftar isi
7 min read

Marketing 101: Panduan Lengkap Pemasaran untuk Semua Bisnis

Tayang 24 Agustus 2023
Diperbarui 13 Maret 2024
Panduan lengkap Marketing adalah
Marketing 101: Panduan Lengkap Pemasaran untuk Semua Bisnis

Salah satu elemen utama dalam bisnis adalah marketing. Melalui marketing, bisnis dapat membangun reputasi brand serta meningkat omset perusahaan.

Namun, hal tersebut bisa terwujud saat bisnis menerapkan strategi pemasaran yang tepat. Oleh karena itu, akan lebih bagi bisnis untuk memahami marketing secara mendalam.

Artikel di bawah ini membahas pengertian marketing, tipe, cara kerja hingga strateginya secara lengkap. Yuk, pelajari di bawah ini.

Apa itu Marketing?

Marketing adalah upaya perusahaan untuk mempromosikan pembelian atau penjualan produk serta layanan. Sementara kegiatan pemasaran melibatkan berbagai aspek promosi melalui iklan, penjualan, serta distribusi produk kepada konsumen atau bisnis lainnya.

Melalui kegiatan pemasaran tersebut, bisnis berupaya untuk menarik perhatian calon pelanggan potensial. Oleh karena itu, biasanya kegiatan promosi menargetkan segmen tertentu dari audiens. Bahkan terkadang melibatkan dukungan dari tokoh terkenal atau influencer.

Selain itu, aktivitas pemasaran juga menggunakan frasa atau slogan yang menarik pada kampanye mereka. Tak jarang juga, bisnis merancang kemasan atau elemen desain grafis yang mudah diingat, dan disebarluaskan melalui berbagai media.

Baca juga: Micromarketing: Pengertian, Kelebihan dan Strategi Pemasaran Khusus

Kenapa Marketing Penting untuk Bisnis?

Ada beberapa alasan pentingnya marketing bagi bisnis seperti berikut:

  • Meningkatkan keterlibatan pelanggan dengan konten pemasaran yang berkualitas mengenai produk dan layanan yang Anda tawarkan.
  • Membangun reputasi bisnis dengan memenuhi ekspektasi pelanggan lewat kampanye pemasaran.
  • Pemasaran didasarkan pada faktor demografi, psikografi, dan perilaku konsumen, yang memberikan wawasan mengenai kebutuhan pelanggan. Hal ini berguna membangun ikatan baik dengan pelanggan.
  • Pemasaran membantu meningkatkan potensi penjualan.
  • Marketing mendukung bisnis agar tetap relevan di mata pelanggan dan di dalam industri.

Apa saja Jenis-Jenis Marketing?

Jenis-jenis marketing

Di bawah ini adalah beberapa jenis pemasaran yang relevan pada saat ini, bahkan beberapa di antaranya telah terbukti seiring berjalannya waktu:

  • Internet marketing: memanfaatkan jaringan internet untuk melakukan pemasaran.
  • Search engine optimization (SEO): optimalisasi konten di website agar muncul dalam hasil pencarian mesin pencari, sehingga bisa menarik orang yang sedang mencari informasi tentang industri tertentu.
  • Blog marketing: mengelola blog untuk keperluan brand awareness dan pemasaran, sehingga dapat menarik minat calon pelanggan yang mencari informasi online.
  • Social media marketing: menggunakan platform seperti Facebook, Instagram, Twitter, LinkedIn, dan platform sosial media lainnya untuk menarik audiens mereka dari waktu ke waktu.
  • Print marketing: kampanye pemasaran yang dipublikasi lewat media cetak, berupa artikel, gambar, dan konten serupa dalam surat kabar dan majalah.
  • Search engine marketing: bisnis membayar mesin pencari untuk menampilkan halaman mereka di awal hasil pencarian yang mendapat banyak target audiens mereka cari. Metode ini dikenal juga sebagai “pay-per-click“.
  • Video marketing: mempublikasikan berbagai jenis video yang menghibur dan memberikan pengetahuan kepada target audiens mereka.

Baca juga: Penjelasan Lengkap Inbound Marketing

Bagaimana Cara Kerja Marketing?

Chartered institute of marketing mengungkapkan bahwa marketing berpusat pada langkah-langkah esensial yang perlu dijalankan oleh setiap perusahaan.

Pada prosesnya bisnis perlu mengenali pelanggan, mengidentifikasi keinginan serta preferensi mereka, menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian, dan mempengaruhi mereka untuk memilih produk dan layanan dari Anda daripada dari pesaing.

Tugas awal marketing adalah merencanakan strategi pemasaran. Semakin baik perencanaan pemasaran atau rencana pemasaran disusun, semakin sehat pula kinerja perusahaan yang tercermin dalam pertumbuhan pendapatan dan profitabilitas.

Langkah berikutnya adalah melakukan analisis pasar bisnis untuk merumuskan rencana pemasaran yang solid. Proses ini harus didukung oleh identifikasi segmen pasar dan target pembeli yang akan menjadi sasaran.

Penting bagi seorang pemasar untuk memanfaatkan data yang akurat dan dapat dipercaya dalam proses ini. Hal ini akan membantu dalam membangun citra merek yang kuat serta mendapatkan posisi merek di hati konsumen dan masyarakat.

Metode pemasaran juga melibatkan estimasi permintaan, yang memungkinkan perusahaan mempersiapkan jumlah produk yang tepat untuk dijual. Siklus hidup produk dan dinamika pasar juga menjadi tanggung jawab pemasaran dalam memberikan produk dan jasa terbaik.

Setelah langkah-langkah tersebut dengan baik, tanggung jawab diambil alih oleh tim penjualan. Mereka yang bertugas untuk menjual produk yang marketing tawarkan.

Apa Fungsi Marketing dalam Bisnis?

Penerapan strategi pemasaran yang terstruktur mampu memberikan manfaat yang beragam bagi perusahaan. Meskipun mengembangkan rencana pemasaran yang tepat atau menjalankannya bisa menjadi tantangan, ketika dijalankan dengan efektif, pemasaran memiliki peran sebagai berikut:

– Menciptakan Target Audiens

Sebagian pelanggan mungkin menyadari kebutuhan mereka, namun sebagian lainnya dari pelanggan mungkin belum menyadari hal tersebut.

Disinilah peran pemasaran untuk menghubungkan bisnis dengan sekelompok orang baik yang sudah sadar atau belum. Marketing menargetkan audiens yang cocok dengan karakteristik demografis perusahaab, sehingga membuka peluang penjualan.

– Mengumpulkan Informasi

Pemasaran berperan dalam mengumpulkan data yang bisa diolah di dalam perusahaan untuk mencapai kesuksesan. Misalnya, hasil riset pasar menemukan bahwa produk tertentu banyak dibeli oleh wanita berusia 18-34 tahun.

Dengan informasi tersebut, perusahaan bisa memahami cara memenuhi kelompok demografi yang bisa merangsang penjualan, dan memanfaatkan sumber daya dengan lebih efisien.

– Edukasi Eksternal

Pemasaran juga digunakan untuk mengkomunikasikan kepada dunia tentang produk, jasa, dan kontribusi perusahaan Anda. Kampanye pemasaran dapat memberikan edukasi, memberi tahu masyarakat mengapa produk Anda dibutuhkan.

Selain itu, melalui kampanye pemasaran, perusahaan dapat memperkenalkan dirinya, sejarahnya, orang di baliknya, dan filosofinya yang telah membentuknya.

– Pembentukan Brand Identity

Pemasaran memungkinkan perusahaan untuk secara aktif menciptakan identitas merek (brand identity). Cara ini lebih baik daripada membiarkan konsumen membentuk persepsi mereka melalui interaksi dengan perusahaan.

Dengan pemasaran, perusahaan dapat lebih awal melibatkan konsumen dengan konten atau media khusus untuk merangsang emosi atau tanggapan tertentu. Hal ini dapat membangun identitas merek sesuai yang perusahaan inginkan.

– Menyumbang Keuntungan

Akhir tujuan dari pemasaran adalah mendorong penjualan. Pasalnya, meskipun produk serupa, pemasaran bisa menciptakan diferensiasi yang mengapa konsumen memilih Anda dibandingkan pesaing lainnya.

Baca juga: Apa itu Flywheel Marketing?

Bagaimana Strategi Marketing dalam Bisnis?

Strategi marketing mix 4P

Sumber: Canva

E.J. McCarthy merumuskan strategi marketing dalam konsep 4P seperti berikut:

1. Produk

Kehadiran produk baru mungkin tidak akan berhasil jika Anda hanya meluncurkannya tanpa persiapan yang matang.

Saat peluncuran produk baru, tim pemasaran perlu melakukan riset pasar dan menjawab beberapa pertanyaan penting seperti:

  • Siapa target audiens produk ini?
  • Apakah ada permintaan yang tepat untuk produk ini di pasar?
  • Pesan apa yang dapat memperkuat penjualan produk, dan melalui platform mana?
  • Bagaimana pengembang produk dapat memodifikasi produk untuk meningkatkan peluang keberhasilan?
  • Apa pandangan kelompok fokus tentang produk, serta pertanyaan atau keraguan yang mereka miliki?

Jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini membantu pemasar memahami permintaan produk dan meningkatkan kualitasnya dengan memperhatikan masukan dari kelompok fokus atau hasil survei.

2. Harga

Tim pemasaran akan mengevaluasi harga produk pesaing atau memperkirakan sejauh mana konsumen potensial bersedia membayar. Sebab, harga yang terlalu tinggi bisa mengakibatkan kehilangan pangsa pasar yang stabil, sedangkan harga terlalu rendah dapat merugikan bisnis lebih dari yang dihasilkan.

3. Tempat

Sangatlah penting untuk tim pemasaran mengaplikasikan pemahaman dan analisis mereka tentang konsumen, sehingga mereka bisa memberikan saran mengenai cara dan lokasi penjualan produk.

Tim marketing mungkin berpendapat bahwa platform e-commerce lebih efektif daripada toko fisik, atau sebaliknya. Atau, mereka mungkin bisa memberikan wawasan tentang lokasi yang paling cocok untuk penjualan produk, baik di tingkat nasional maupun internasional.

4. Promosi

Elemen “Promosi” melibatkan penggunaan iklan, acara, atau diskon online atau cetak yang diciptakan oleh tim pemasaran untuk meningkatkan kesadaran dan minat terhadap produk, dan pada akhirnya, menghasilkan lebih banyak penjualan.

Pada tahap ini, mungkin akan melibatkan strategi seperti kampanye PR, iklan, atau promosi melalui media sosial.

Baca selengkapnya: Strategi Pemasaran 4P dan Contoh Penerapannya

Tingkatkan Keberhasilan Marketing Anda dengan Mekari Qontak

Berdasarkan penjelasan di atas, diketahui bahwa marketing sangat penting untuk keberlangsungan bisnis. Tanpa, pemasaran bisnis akan kesulitan untuk mengenalkan produk dan menjangkau pelanggan baru.

Salah satu cara efektif untuk melakukan pemasaran adalah menggunakan aplikasi CRM. Aplikasi ini mampu mengelola hubungan pelanggan lebih efisien. Hal ini memberikan Anda wawasan mendalam terkait pelanggan yang memudahkan dalam menyusun strategi pemasaran efektif

Mekari Qontak menawarkan aplikasi CRM terbaik di Indonesia. Aplikasi Mekari Qontak memiliki fitur lengkap end-to-end yang mendukung aktivitas pemasaran Anda lebih efektif. Aplikasi CRM Mekari Qontak terintegrasi dengan Omnichennel yang menghubungkan berbagai saluran komunikasi.

Mekari Qontak telah dipercaya lebih dari 3500 perusahaan dan tersertifikasi ISO 27001 untuk memastikan keamanan informasi data pelanggan.

Dapatkan FREE TRIAL  Aplikasi CRM dari Mekari Qontak selama 14 hari atau Konsultasi Gratis dengan tim Mekari Qontak Sekarang.

Kategori : BisnisMarketing
WhatsApp WhatsApp Sales