Mekari Qontak
Marketing Other Business

10 Cara Menjadi Marketing Handal

Pelajari 10 Cara Menjadi Seorang Marketing Handal

Sebagai seorang marketing, banyak sekali halangan yang dapat Anda temui. Mulai dari target market yang gagal dicapai hingga target penjualan yang tidak terpenuhi, hampir semua yang berhubungan dengan marketing melibatkan adanya target yang harus segera dipenuhi. Untuk bisa melaksanakan peran sebagai marketer yang baik dalam artian mencapai semua target, diperlukan efektivitas dalam melakukan peran Anda.

Menjadi seorang marketing dalam lingkungan pekerjaan yang kompetitif di zaman serba teknologi seperti sekarang ini bukanlah hal yang mudah. Satu-satunya jalan adalah beradaptasi dengan berupaya lebih efektif. Lalu, bagaimana cara menjadi marketing handal? simak di bawah ini!

Bagaimana Cara Menjadi Marketing Handal?

1. Menghindari Asumsi

Marketing Trailblazer

Sumber Gambar: thinkmarketingmagazine.com

Jangan terlalu cepat berasumsi mengenai apa yang market sedang inginkan dan apa yang dapat membantu mensolusikan masalah mereka. Menjadi seorang marketer yang efektif membutuhkan kesediaan untuk mengalokasikan waktu mencari tahu apa yang sebenarnya dibutuhkan di dalam sebuah market lewat pertanyaan, survey dan riset untuk mengetahui apa sebenarnya yang dicari oleh calon customer. Karena itu, mulailah membuka percakapan dan mencari tahu.

2. Jadilah Penyampai Kisah yang Baik

Make Business Booming

Sumber Gambar: richtopia.com

Orang menyukai cerita karena mereka menghubungkannya dengan diri mereka sendiri pada tingkat emosional. Marketer yang tahu bagaimana menceritakan kisah hebat dalam kampanye marketing akan mendapat hasil yang positif. Perbanyak membaca lebih lanjut dan kembangkan secara komprehensif. Ini akan membantu Anda menemukan ide-ide yang tidak biasa.

3. Bangun dan Utamakan Relasi

Seorang marketing handal tahu betapa pentingnya membangun relasi yang baik dengan calon pelanggan maupun pelanggannya sendiri. Salah satu cara membangun relasi ini adalah dengan masuk ke media sosial dan membangun hubungan dari sana. Anda juga dapat membangun relasi melalui strategi community marketing di mana Anda terjun ke dalam komunitas yang menggunakan produk Anda atau sesuai target marketing Anda.

4. Pahami Product Knowledge!

Narrowing Target Market

Sumber gambar: elegantthemes.com

Pengetahuan atas produk (product knowledge) adalah skill penting yang wajib marketer punya. Memahami fitur produk akan membuat Anda bisa menyajikan manfaat produk secara akurat dan persuasif. Marketer yang antusias dan bersemangat serta menguasai pengetahuan produk akan lebih mudah mendapatkan hati klien.

5. Fokus kepada niche market

Niche Market

Sumber gambar: magpiegemstones.com

Seorang marketing handal akan fokus pada satu niche dan bertahan untuk terus mengeksplorasi niche tersebut dengan berbagai tes dan rangkaian trial and error. Konten informasi yang disajikan oleh seorang marketing handal pun akan berada di seputar niche tersebut, berusaha memberi solusi atas masalah dan tidak hanya menyarankan berbagai cara pada pelanggan atau klien.

Dengan berfokus pada suatu niche, marketer dapat mengasah penguasaannya akan niche tersebut, menciptakan sistem atau teknik yang dapat membuat target customer lebih memahami betapa berharganya solusi yang disediakan oleh Anda.

6. Jangan Berhenti Belajar

Increasing Productivity

Sumber Gambar: minsavending.com

Hal terburuk yang dapat dilakukan marketer adalah berpikir bahwa dia tahu segalanya dan berhenti mengumpulkan informasi baru. Marketing akan terus berubah, dan pada saat yang sama, pendekatan dan strategi juga akan berubah. Kompetitor dapat mengubah perilaku dan beradaptasi dengan pelanggan. Jika Anda hanya berdiri di tempat yang sama, Anda akan kehilangan daya saing.

Banyak pakar marketing handal yang membuat tulisan di blog. Anda bisa mendapatkan informasi baru dari sana dan mempraktikkannya. Perhatikan bahwa ilmu marketing yang diajarkan di lembaga pendidikan berbeda secara signifikan dari praktik. Karena itu, selalu hadiri acara tematik, pantau blog teratas, dan jangan ketinggalan tren digital marketing.

7. Perhatikan Time Management

Cara Membuat Busget Jangka Panjang dan Pendek

Seorang marketing handal yang baik mampu merencanakan project dengan benar dan membuat jadwal penyelesaian pekerjaan. Dengan begitu, mereka akan menyelesaikan tugas tepat waktu. Marketer yang handal tahu bagaimana mengalokasikan sumber daya dengan benar dan memastikan tanggal peluncuran yang ditentukan, dan melakukan segalanya untuk memastikan bahwa semuanya dilakukan tepat waktu.

8. Mampu Membuat Copy yang Menarik

Copywriting Rules

Sumber gambar: bornthinking.com

Terkadang kita sering meremehkan pentingnya menulis teks yang baik. Apalagi, hampir setiap kampanye pemasaran membutuhkan copywriting. Efektivitas kegiatan pemasaran akan sangat tergantung pada seberapa bagus copy yang Anda tulis dengan mempertimbangkan karakteristik sasaran audiens.

Copy yang baik dapat membantu bangun komunikasi efektif di dalam perusahaan. Oleh karena itu, kami menyarankan Anda untuk mulai menguasai keterampilan ini. Menulis lah setiap hari, setidaknya beberapa halaman. Jika Anda seorang mahasiswa, maka Anda bisa berlatih menulis karya ilmiah. Periksa tata bahasa dengan bantuan layanan khusus seperti Grammarly atau berikan proofreading. Dengan sering menulis, maka Anda akan meningkatkan skill dan jam terbang untuk membuat kalimat yang menarik.

9. Memberikan Customer Experience Positif

karakteristik crm

Mampu membangkitkan emosi positif klien adalah skill yang akan membantu Anda menjadi seorang marketing yang sangat handal. Kemunculan internet membuat peluang interaksi dengan pelanggan semakin besar. Marketer yang handal hanya membangun komunikasi yang kompeten dan efektif.

Customer experience yang positif dapat diraih dari kualitas produk atau layanan yang Anda berikan, bagaimana perusahaan Anda memiliki value yang selanjutnya dibagikan kepada pelanggan, dan terakhir yang paling penting bagaimana layanan pelanggan yang solutif.

10. Melek Data

Analisis data-segmentasi pasar

Pelajari cara menggunakan data untuk tujuan Anda sendiri. Kuasai alat analitik Anda, tingkatkan pengetahuan Excel Anda. Dalam beberapa dekade mendatang, pebisnis akan mencari spesialis yang dapat bekerja dengan big data dan menggunakannya untuk mengembangkan bisnis mereka dan mencapai kinerja keuangan yang sehat.

Saya Mau Coba Gratis Qontak Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak Sekarang!

Jadilah Seorang Marketing Handal dan Kembangkan Bisnis Anda Sekarang!

b2b marketing crm

Setelah Anda memahami bagaimana cara menjadi marketing handal, coba terapkan secara perlahan dan lihat dampaknya dalam beberapa waktu kedepan.

Sejalan dengan kampanye social media marketing Anda, Qontak.com dapat memberikan solusi untuk meningkatkan penjualan dan otomatisasi layanan pelanggan melalui Instagram API, Omnichannel Facebook Messenger, dan WhatsApp Business API. Semua layanan pelanggan pada social media Anda dapat dijalankan dalam 1 platform. Terlebih, Qontak.com telah dipercaya lebih dari 1000 bisnis untuk meningkatkan usahanya. Coba gratis penawaran kami hari ini. Atau dengan mengisi form di bawah ini:

Hubungi Qontak.com sekarang atau dengan mengisi form COBA GRATIS di bawah!

[ninja_form id=2]

Related Articles

WhatsApp WhatsApp Sales