Mekari Qontak
Marketing

8 Cara Email Blast dengan Mudah dan Efektif

Panduan Lengkap Cara Email Blast

Panduan Lengkap Cara Email Blast yang Perlu Anda Ketahui!

Saat ini banyak orang menganggap email blast merupakan cara marketing yang ketinggalan zaman. Padahal itu tidak sepenuhnya benar, dengan catatan Anda mengetahui cara email blast yang efektif untuk bisnis Anda. Lalu bagaimana caranya?

Untuk mengetahui informasi lebih jelasnya, yuk simak pembahasan tentang cara email blast yang tepat dan efektif berikut ini!

Aplikasi Omnichannel Mekari Qontak


Apa Itu Email Blast?

Email blast adalah istilah yang mengacu pada kegiatan mengirim satu email ke banyak penerima pada saat yang bersamaan. Dalam hal ini, Anda dapat mengirim email ke sebagian besar atau semua kontak di milis (mailing list) Anda.

Umumnya bisnis atau perusahaan akan menggunakan email blast untuk mengirim konten promosi dan buletin untuk prospek dan pelanggan mereka. Sehingga mereka dapat meningkatkan konversi dan penjualan.

Namun demikian, banyak orang menganggap bahwa email blast telah menjadi strategi pemasaran yang ketinggalan zaman. Mengingat email yang diterima sering kali dianggap spam oleh penerimanya.

Ini karena email blast sering kali dikirim tanpa adanya segmentasi pasar. Padahal setiap prospek atau pelanggan memiliki pilihan, prioritas, dan kebutuhan yang berbeda-beda.

Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui bagaimana cara email blast yang tepat dan efektif, agar dapat menjangkau prospek dan pelanggan dengan benar.

Baca Juga: 10 Aplikasi Email Blast Terbaik untuk Meningkatkan Penjualan


Bagaimana Cara Email Blast yang Efektif?

Seperti yang sudah disebutkan di atas, bahwasanya untuk menjangkau prospek dan pelanggan, Anda perlu mengetahui cara email blast yang tepat.

Untuk itu, Anda perlu menyimak cara email blast yang mudah dan efektif berikut ini!

1. Pilih Layanan Email Blast Terbaik

Layanan-Email-Blast-Terbaik-Qontak-by-Mekari

Sebelum mulai mempelajari cara menggunakan email blast yang efektif, pertama-tama Anda perlu memilih layanan email blast yang terbaik terlebih dahulu. Mengapa demikian?

Ini karena layanan email blast yang bagus dapat membantu Anda untuk membuat milis, mengelompokkan daftar, dan mengirim email blast dengan mudah.

Salah satu penyedia layanan email blast terbaik di Indonesia adalah Mekari Qontak. Mekari Qontak memiliki solusi all-in one untuk mengotomatiskan bisnis Anda, termasuk di antaranya adalah pesan blast dan broadcast.

Harga email blast yang ditawarkan juga cukup terjangkau, Anda bisa mendapatkan fitur pesan blast dalam aplikasi omnichannel CRM terbaik mulai dari Rp200.000 per bulan, dengan uji coba gratis selama 14 hari.

Saya Mau Coba Gratis Qontak Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak Sekarang!

2. Buat Daftar Email Anda

Cara Email Blast_Buat-Daftar-Email-Anda

Cara membuat email blast yang kedua adalah dengan membuat daftar email Anda. Daftar ini berisikan alamat email yang dapat Anda kirimi email terkait pesan promosi atau buletin merek bisnis Anda.

Dalam hal ini, Anda perlu memastikan bahwa alamat email yang Anda masukan ke dalam milis sudah benar. Sehingga email Anda dapat diterima oleh prospek atau pelanggan Anda.

3. Segmentasikan Daftar Email Anda

Segmentasikan Daftar Email Anda

Apakah Anda sudah selesai membuat daftar email? Jika iya, ini saatnya untuk Anda mengelompokkan daftar email tersebut.

Segmentasi daftar email merupakan hal penting yang tidak boleh Anda lewatkan. Dalam hal ini, Anda perlu membagi pelanggan email Anda menjadi grup atau segmen yang lebih kecil guna mengirim email yang bertarget.

Anda dapat mengelompokkan prospek atau pelanggan Anda berdasarkan jenis kelamin, usia, minat, riwayat pembelian, lokasi geografis, aktivitas kontak, dan lain sebagainya.

Dengan melakukan segmentasi daftar email, Anda dapat mengirimkan email bertarget yang tepat sasaran. Sehingga Anda dapat memeroleh konversi dan penjualan yang lebih tinggi.

4. Buat Email Campaign yang Bertarget

Buat-Email-Campaign-yang-Bertarget

Setelah melakukan segmentasi daftar email, Anda perlu membuat email campaign yang bertarget. Anda dapat menyesuaikan email campaign dengan kebutuhan pemasaran Anda.

Untuk memeroleh hasil maksimal dari email blast yang akan dilakukan, Anda perlu memastikan bahwa Anda memilih email campaign yang tepat.

Dalam hal ini, Anda juga perlu memerhatikan nama dan alamat pengirim, subjek email, teks pendahuluan atau cuplikan email, dan yang tak kalah penting adalah isi email itu sendiri.

Pastikan Anda telah membuat email campaign yang semenarik mungkin dan sesuai dengan target audiens Anda.

5. Lakukan Tes Spam dan Pengiriman

Lakukan Tes Spam dan Pengiriman

Sebelum mengirim email blast, Anda perlu melakukan tes terkait spam dan pengiriman. Tes spam dapat membantu Anda untuk mengidentifikasi apakah konten Anda berisikan spam atau tidak.

Sementara tes pengiriman dapat memastikan bahwa email blast yang Anda kirimkan ditampilkan dengan benar saat diterima oleh penerima.

6. Jadwalkan Pengiriman Email

Cara Email Blast_Jadwalkan Pengiriman Email

Kemudian Anda perlu menjadwalkan kapan Anda akan mengirimkan email blast kepada prospek dan pelanggan Anda.

Dalam hal ini, Anda perlu memastikan bahwa jadwal yang Anda pilih tidak berlebihan dan dikirim pada waktu yang tepat.

Jangan sampai email Anda dianggap sebagai spam karena terlalu sering dikirim atau tidak terlihat oleh penerima karena tidak dikirim pada waktu yang tepat.

Contoh email blast yang dikirim waktu yang tepat adalah ketika menjelang event tertentu, misalnya seperti black friday, momen sebelum lebaran atau natalan, dan lain sebagainya.

7. Review dan Kirimkan Email Anda

Cara Email Blast_Review dan Kirimkan Email Anda

Apakah Anda sudah melakukan seluruh cara di atas? Jika sudah, maka Anda jangan langsung mengirimkan email blast, tetapi lakukan review terlebih dahulu.

Pastikan bahwa email yang akan Anda kirimkan sudah memiliki konten yang sesuai, tidak ada kesalahan, dan telah memiliki jadwal yang tepat.

Apabila Anda sudah memastikan semua hal tersebut, maka Anda siap untuk mengirimkan email blast kepada daftar penerima email Anda!

8. Evaluasi Hasil dan Kinerja Email Blast Anda

Evaluasi Hasil dan Kinerja Email Blast Anda

Email blast Anda mungkin sudah terkirim kepada prospek dan pelanggan, namun ini tidak berarti akhir dari panduan cara mengirim email blast yang tepat dan efektif.

Anda masih memiliki satu langkah terakhir yang harus dilakukan, yaitu evaluasi hasil dan kinerja email blast Anda.

Dalam hal ini, Anda perlu melihat dan menganalisis statistik kampanye email Anda. Apakah itu memiliki hasil yang sesuai atau tidak? Jika tidak apa yang menjadi kendala? Anda perlu mengevaluasi dan memperbaikinya.

Apabila email blast Anda memiliki hasil yang memuaskan, maka selamat!

Namun ini tidak berarti tugas Anda selesai sampai di situ saja, Anda perlu memikirkan bagaimana cara untuk mempertahankan hasil dan kinerja yang memuaskan tersebut.

Dengan demikian, Anda dapat mempertahankan hubungan dengan pelanggan dan meningkatkan konversi serta penjualan bisnis Anda.

Baca Juga: WhatsApp Blast: Cara Mudah Kirim WA Blast


Pelajari Cara Email Blast dan Tingkatkan Konversi Bisnis Anda Sekarang!

Logo Mekari Qontak

Dari penjelasan di atas dapat dipahami bahwa memahami cara email blast yang efektif sangatlah penting untuk bisnis. Ini karena cara email blast yang tepat dapat membantu Anda untuk mengirimkan email campaign yang bertarget dan menghasilkan konversi yang lebih tinggi.

Selain perlu memahami cara email blast yang efektif, Anda juga perlu memilih layanan email blast yang tepat untuk bisnis Anda. Mekari Qontak menyediakan aplikasi Omnichannel yang dapat Anda gunakan sebagai solusi all-in one bisnis Anda.

Qontak by Mekari telah dipercaya lebih dari 3000+ perusahaan terkemuka untuk membantu mengelola bisnis secara efisien dan efektif. Jadi tunggu apa lagi?

Coba gratis aplikasi omnichannel CRM Qontak selama 14 hari atau konsultasikan kebutuhan bisnis Anda bersama tim support Qontak by Mekari.

Hubungi Mekari Qontak sekarang!

 

Related Articles

WhatsApp WhatsApp Sales