Daftar isi
4 min read

Teknologi Cloud: 5 Manfaatnya untuk Bisnis

Tayang 20 Juli 2016
Diperbarui 11 Desember 2023
Cloud
Teknologi Cloud: 5 Manfaatnya untuk Bisnis

Pernahkah Anda berandai bagaimana bila bisa menyimpan data di internet tanpa ada batasan memori? Tentunya jika bisa menyimpan data dimana saja dan kapan saja pastinya sangat mudah dan hemat biaya. Penggunaan teknologi informasi (TI) bagi bisnis sudah menjadi kewajiban karena dapat menghemat biaya, salah satunya adalah cloud computing.

Apakah Anda familiar dengan teknologi cloud ini? Penyimpanan data secara online yang dinilai lebih hemat serta lebih aman ini seringkali belum diikutsertakan dalam kegiatan sales bisnis yang tengah dijalankan. Namun apa saja manfaatnya? Simak artikel ini untuk mengetahuinya.

Apa itu Teknologi Cloud Computing?

Teknologi cloud adalah ketersediaan sumber daya sistem komputer on-demand, terutama berfungsi sebagai penyimpanan data dan daya komputasi, tanpa pengelolaan aktif langsung oleh pengguna. Istilah ini umumnya digunakan untuk menggambarkan pusat data yang tersedia untuk banyak pengguna melalui internet.

Sederhananya cloud computing adalah metode penyampaian berbagai layanan melalui internet, contohnya seperti penyimpanan data, server, databasenetwork dan perangkat lunak. Penyimpanan cloud memungkinkan Anda menarik atau menympan data dimanapun dan kapanpun selama memiliki akses internet.

Cara kerja teknologi cloud ini adalah dengan menjadikan internet sebagai pusat server dalam mengelola data. Anda tidak perlu repot menginstall pada aplikasi, penyimpanan terjadi secara virtual sehingga tidak terbebani dengan penggunaan memori di komputer. Perintah tadi akan digunakan oleh pengguna akan dilanjutkan ke server aplikasi.

Setelah diterima oleh server, data akan diproses menjadi halaman yang telah diperbaharui sesuai dengan perintah pengguna contohnya seperti Yahoo, PDF, Gmail dan Google Drive.

Bagi Anda yang baru akan memulai mengadaptasi teknologi ini bagi penjualan bisnis Anda, berikut 5 cara Anda dapat mengadaptasinya secara lebih maksimal bagi kesuksesan penjualan bisnis Anda.


5 Cara Teknologi Cloud Membantu Penjualan Bisnis Kecil

1. Sebagai manajemen hubungan pelanggan atau customer relationship management

Penyimpanan cloud dapat menjadi tools penting bagi tim sales Anda jika Anda ingin tim sales Anda sanggup mengakses data customer yang up-to-date dan terpercaya secara lebih cepat. Penyimpanan cloud dapat membantu akses yang lebih cepat dari mana saja dan kapan saja dengan device apapun.

2. Penyimpanan cloud sebagai sarana meningkatkan produktivitas

Memberikan akses bagi tim sales Anda di penyimpanan data online membuat flow pekerjaan otomatis menjadi lebih efisien. Platform penyimpanan online dapat meningkatkan fungsi setiap tim sales dengan fitur-fiturnya semacam clicktodial, automatic dialing, screenpop, automatic call logging, dan centralized call reporting. Semua tools dalam penyimpanan cloud ini sanggup membantu tim Anda menjadi lebih produktif dalam kebiasaan bekerjanya, tanpa dibatasi ruang dan waktu.

teknologi Cloud

3. Sebagai sarana memotivasi tim sales agar lebih kompetitif

Platform online ini membuat semua orang dapat mengakses apa saja data yang dikumpulkan oleh rekan setimnya. Mereka pun bisa melihat progress setiap orang dalam tim karena transparansinya. Hal ini secara positif dapat membuat setiap anggota tim Anda semakin terpacu untuk memberikan yang terbaik dan mengukur performa mereka masing-masing.

4. Penyimpanan cloud untuk membentuk manajemen yang lebih efektif

Para manajer tim sales Anda akan dengan mudah memperoleh informasi yang dibutuhkan. Memperbaiki manajemen dalam tim pun dapat berjalan secara lebih efektif. Para manajer dapat mengecek semua performa anggota tim dan muatan pekerjaan yang didelegasikan. Sehingga akhirnya sanggup membantu pendistribusian tugas dan tanggung jawab yang lebih merata.

teknologi Cloud

5. Teknologi cloud untuk membantu pelaporan yang lebih cerdas

Teknologi cloud merupakan tools yang amat dibutuhkan oleh bisnis berskala kecil. Ini karena dapat membantu tersusunnya pelaporan secara lebih efisien dan real-time. Dari pada menyusun satu demi satu laporan sales bulanan yang tidak sederhana, data yang tersimpan secara online dapat dengan mudah terekam dan bisa diakses siapapun secara lebih fleksibel dan proaktif. Dengan demikian, dapat segera diidentifikasi area mana saja yang membutuhkan perbaikan dan harus segera mendapatkan penanganan.

Sudah siapkah Anda berpindah ke penyimpanan data secara online?


Teknologi Cloud Seperti Apa yang Perlu Dicoba Terlebih Dahulu?

teknologi cloud

Aplikasi CRM (Customer Relationship Management) adalah teknologi cloud yang dapat Anda coba gunakan terlebih dahulu karena memiliki banyak fungsi, seperti: merekam, melacak, dan mengelola penjualan, sales kanvas, KPI, dan sebagainya. Lalu, tahukah Anda bahwa aplikasi CRM juga dapat digunakan sekaligus sebagai aplikasi untuk sales, distribusi, customer service, dan marketing?

Qontak.com menawarkan sebuah aplikasi CRM yang memiliki berbagai fitur wajib dalam satu sistem, yaitu:

  • Software yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan proses bisnis Anda.
  • Aplikasi mobile dan GPS offline. Anda dapat melacak lokasi GPS sales lapangan Anda walaupun tanpa koneksi internet dengan.
  • Dashboard laporan yang berisi analisis dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda, misalnya diatur per tenaga sales atau untuk periode tertentu.
  • Software KPI dan manajemen tugas untuk melacak kinerja tim dengan metrik yang dapat disesuaikan sehingga meningkatkan sales dan operasional bisnis.
  • Otomatisasi dokumen yang memudahkan mengunggah template Spreadsheet dan Word secara instan agar menghemat waktu dan biaya.
  • Integrasi dengan WhatsApp, chat panel, dan Call Center untuk dapat merekam percakapan dengan pelanggan secara instan.
  • Sales pipeline yang jelas sehingga mudah dipahami agar setiap tahapan prospek dapat diketahui dengan baik.

Selain memiliki fitur yang lengkap, penggunaannya juga mudah dan semua dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Kategori : BisnisSales
WhatsApp WhatsApp Sales