Daftar isi
3 min read

Begini Cara Kirim WhatsApp Tanpa Paket Internet

Tayang 10 Januari 2023
Diperbarui 09 Desember 2023
How to Add Privacy in WhatsApp
Begini Cara Kirim WhatsApp Tanpa Paket Internet

Popularitas WhatsApp sebagai aplikasi pesan dengan jutaan pengguna tidak diragukan lagi. Hal ini lantaran beragamnya fitur yang ditawarkan memudahkan penggunanya untuk saling berinteraksi.

Bahkan guna mendukung kebutuhan penggunanya, aplikasi pesan instan itu meluncurkan fitur terbaru WhatsApp tanpa paket internet. Fitur ini memungkinkan penggunanya untuk mengirimkan pesan tanpa sinyal internet.

Pelajari selengkapnya pada artikel dibawah ini.

Apa itu WhatsApp Tanpa Paket Internet?

WhatsApp tanpa paket internet adalah fitur terbaru WhatsApp yang memberikan dukungan proxy bagi seluruh pengguna di seluruh dunia. Fitur ini diinisiasi oleh WhatsApp karena adanya keterbatasan pengguna untuk berinteraksi dengan orang lain yang disebabkan oleh penutupan jaringan internet.

Fitur WhatsApp tanpa internet ini memungkinkan penggunanya untuk tetap bisa mengakses WA meskipun koneksi mereka terblokir atau terganggu. Dengan bantuan proksi, mereka masih bisa terhubung ke WhatsApp melalui server yang disiapkan oleh relawan dan organisasi di seluruh dunia yang berdedikasi untuk membantu orang-orang berkomunikasi dengan bebas.

Apakah WhatsApp Tanpa Paket Internet Aman?

Meskipun terhubung melalui proksi, fitur WhatsApp tanpa internet mempertahankan tingkat privasi dan keamanan tinggi yang disediakan WhatsApp. Artinya pesan pengguna akan tetap terlindungi sistem enkripsi end-to-end yang memastikan pesan tersebut hanya bisa dilihat oleh orang yang berinteraksi. Baik pengguna lain, pemilik server proksi, pihak WhatsApp atau Meta tidak bisa melihat pesan tersebut.

Selain itu, WhatsApp juga berharap penutupan jaringan internet oleh pemerintah seperti di Iran selama berbulan-bulan tidak akan menjadi hambatan. Fitur ini bisa menjadi solusi bagi mereka yang terdampak penutupan jaringan internet tetap bisa berkomunikasi melalui WhatsApp.

Bagaimana Cara Menggunakan WhatsApp Tanpa Internet?

Saat ini penggunaan fitur WA terbaru ini tidak dapat terhubung ke WhatsApp secara langsung, sebagai gantinya perlu melalui server proxy yang disediakan oleh sukarelawan dan organisasi khusus yang bertugas untuk membantu pengguna berinteraksi.

1. Cara Menghubungkan WhatsApp ke proxy di Android

  • Gunakan aplikasi WhatsApp terbaru
  • Klik ikon titik tiga yang berada di pojok kanan atas pada menu chat WhatsApp
  • Pilih menu “Setelan”
  • Tekan opsi “Penyimpanan dan Data”
  • Lalu scroll ke bawah pilih menu “Proxy”
  • Klik gunakan “Proxy”, dan masukkan alamat proxy.
  • Tekan tombol simpan
  • Tanda centang hijau akan muncul setelah koneksi berhasil
  • Apabila pengguna tidak bisa mengirim atau menerima pesan, kemungkinan proxy tersebut telah diblokir. Maka pengguna perlu menekan lama alamat proxy untuk menghapusnya dan memasukkan alamat proxy yang baru.

2. Cara Menghubungkan WhatsApp ke Proxy di iPhone

  • Buka aplikasi WhatsApp versi terbaru
  • Masuk menu “Setelan”
  • Pilih opsi “Penyimpanan dan Data”
  • Lalu klik “Proxy”
  • Masukkan alamat proxy, untuk menghubungkannya, tekan “Simpan
  • Setelah koneksi berhasil, tanda centang hijau akan muncul
  • Apabila koneksi gagal, coba gunakan alamat proxy lainnya.

**Catatan: Saat Anda menggunakan proxy pihak ketiga, alamat IP Anda akan dibagikan dengan penyedia proxy. Proxy pihak ketiga tidak disediakan oleh WhatsApp.

Dapatkan Lebih Banyak Fitur Menarik dari WhatsApp Sekarang!

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, pengguna WhatsApp tidak perlu khawatir lagi saat paket internet mereka habis. Pasalnya dengan adanya fitur WhatsApp tanpa paket internet, pengguna tetap bisa menerima atau mengirimkan pesan tanpa koneksi internet. Hal ini tentu tidak akan membatasi interaksi pengguna.

Selain fitur terbaru ini, WhatsApp juga menawarkan berbagai fitur canggih lainnya. Misalnya seperti fitur WhatsApp blast, chatbot, multi device, centang hijau WA, dan masih banyak lagi.

Namun, semua fitur itu hanya dapat Anda peroleh melalui versi upgrade WhatsApp bisnis, yaitu WhatsApp Business API.

Anda bisa memperoleh WhatsApp API melalui Official Business Solution Provider seperti Mekari Qontak.

Lebih dari 3500 perusahaan telah menggunakan solusi Mekari Qontak untuk memaksimalkan pemasaran, penjualan, dan layanan pelanggannya. Jadi tunggu apa lagi?

Kategori : BisnisWhatsApp
WhatsApp WhatsApp Sales