Mekari Qontak
Marketing

Prediksi Tren Digital Marketing 2018, Seperti Apa?

Digital Marketing Trend 2018

Tren marketing setiap tahun cenderung berubah-ubah dan mengalami budaya baru. Ada banyak faktor yang membuat hal itu terjadi, mulai dari kemajuan teknologi, masuknya budaya baru, persaingan antarmerek hingga perubahan budaya konsumen itu sendiri.

Tapi, bagaimana pun perubahan dalam dunia bisnis udah menjadi dinamika yang biasa terjadi dan tak bisa dihindari. Termasuk dalam tren digital marketing yang hampir dalam satu dekade ini kian masif dan terus berkembang. Dan agar tak tertinggal, memang sudah seharusnya kita mengikuti perkembangan demi perkembangan itu dari tahun ke tahun.

Pada 2017 ini, tentunya Anda sudah harus mengetahui seperti apa tren digital marketing yang berlangsung. Tujuannya agar Anda dapat memprediksi tren apa yang akan terjadi di tahun mendatang sehingga Anda dapat menentukan langkah-langkah yang diambil nantinya. Bila Anda belum tahu tren di 2017 ini, maka Anda bisa mencari tahu Tren Konsumen Digital Indonesia 2017 lebih dulu.

Tapi bila ternyata Anda sendiri masih bingung dalam memprediksi tren digital marketing 2018 nanti, Anda cukup membaca ulasan di bawah ini yang dihimpun dari berbagai sumber dan referensi.

1. Konten yang Sesuai Dengan Minat Pelanggan

Pelanggan selalu bisa menentukan arah dan pergerakan digital marketing. Untuk itu, di tahun 2018 akan menjadi momen di mana kegiatan marketing sebuah merek dapat berintegrasi dengan kebiasaan pelanggan. Sebab akan banyak industri yang menhadapi persaingan besar untuk dapat lebih menarik di mata pelanggan. Khususnya dalam hal marketing.

Untuk diketahui, saat ini saja jurus digital marketing yang ampuh untuk bisa menyentuh pelanggan seperti konten yang pendek, unik dan menarik, bersifat lebih personal, terutama konten berupa infografis dan video lebih diminati.

Permintaan iklan video sendiri tumbuh besar. Hampir setiap perusahaan bahkan sudah menggunakannya saat ini. Tentu saja pada 2018 nanti konten video akan sangat berguna bagi sebuah merek yang ingin memasarkan produknya. Dan yang pasti harus sesuai dengan yang disukai oleh para pelanggan.

2. Saluran Pemasaran Konten yang Berkaitan

Melihat semakin banyaknya media pemasaran konten yang tersedia saat ini, sudah pasti memilih saluran pemasaran konten di tahun depan menjadi hal penting yang harus diperhatikan. Baik untuk model bisnis B2B maupun B2C.

Pemilihan saluran pemasaran yang saling berkaitan antara frekuensi publikasi dengan jumlah interaksi pelanggan masuk akan menjadi tren digital marketing di 2018 nanti.

Digital Marketing Trend 2018

Sumber Gambar: usertesting.com

3. Personalisasi yang Ditingkatkan

Personalisasi Massal sepertinya sudah tidak lagi ada, tapi personalisasi massa masih akan terus ada. Menawarkan pengalaman online yang telah dipersonalisasi akan menjadi penting di tahun 2018 mendatang. Apalagi ada banyak konsumen yang ingin menghindari ‘kebisingan’ virtual untuk membeli produk yang diinginkan.

Dalam beberapa tahun terakhir memang ada banyak merek yang sudah memanfaatkan personalisasi dalam strategi digital marketingnya. Mulai dari email marketing hingga otomasi marketing dengan menentukan kriteria konsumen yang ditargetkan. Tapi di tahun 2018 nanti hal seperti itu perlu ditingkatkan lagi.

4. Digital Marketing Berbasis Data

Sejak internet marketing menjadi prioritas dalam strategi marketing sebuah perusahaan, keberadaa data sudah menjelma menjadi jantung bagi strategi pemasaran. Tentunya data tersebut bisa muncul setelah melalui analisa lebih dulu.

Dengan mengandalkan data, sebuah merek bisa menentukan langkah-langkah dan strategi digital marketing yang lebih efektif. Karena itu, bila Anda belum memiliki banyak data di tahun ini, maka segeralah kumpulkan data lebih banyak di tahun 2018. Apalagi pada 2018 mendatang akan banyak perusahaan yang menggerakkan digital marketing berbasis data.

5. Blogging untuk Prospek

Blog masih akan menjadi tren digital marketing di 2018 nanti. Pasalnya, blog yang masih sering tak terlalu dianggap ini nyatanya mempunyai efek dalam pemasaran. Di antaranya mengoptimalkan pencarian organik, membentuk komunitas yang dapat menjadi konsumen, membentuk dialog, menjadi media prospek dan dukungan strategi marketing inbound.

Di 2018 nanti akan banyak perusahaan yang menyadari hal ini. Apalagi blog dapat mengarahkan calon pelanggan pada situs web sehingga dapat meningkatkan traffic website. Ditambah lagi, hampir 70% calon pelanggan memilih mempelajari tentang sebuah merek atau perusahaan melalui berbagai konten blog di website-nya.

Digital Marketing Trend 2018

Sumber Gambar: chatbotnewsdaily.com

6. Chatbots

Chatbots akan menjadi salah satu faktor utama kesuksesan bagi digital marketing B2B di tahun 2018. Pasalnya, Chatbots akan sangat membantu sebuah bisnis tanpa perlu tenaga tambahan. Chatbots dapat bergerak intuitif dan sangat mudah diakses, seperti yang diharapkan dan diinginkan oleh banyak pelanggan.

Sebuah merek fesyen kenamaan dunia, H&M bahkan telah memanfaatkan fungsi Chatbot dengan baik. Mereka telah meluncurkan platform Chatbot dengan nama Kik yang dapat bertindak sebagai fashion stylist pribadi bagi pelanggan dan dapat memberikan rekomendasi pakaian setelah memindai foto pelanggan.

Di tahun 2018 segala bentuk persaingan bisnis akan semakin ketat. Inovasi-inovasi baru pun akan banyak bermunculan di berbagai sektor industri. Juga termasuk pada persaingan meramu strategi digital marketing agar dapat menarik banyak pelanggan. Untuk itu, dalam hal ini Anda sangat memerlukan persiapan. Paling tidak, dengan gambaran prediksi tren digital marketing di 2018 ini Anda akan lebih siap menyongsong tahun yang baru.

Related Articles

WhatsApp WhatsApp Sales