Mekari Qontak
Sales

12 Tips Sales Motoris yang Efektif dan Sukses

Pelajari Semua Tentang Tips Sales Motoris!

Panduan Lengkap Tips Sales Motoris yang Perlu Anda Ketahui!

Sebagai seorang sales manager, Anda perlu meninjau dan menganalisis kinerja setiap sales yang ada di bawah tim Anda, termasuk di antaranya adalah sales motoris. Sales motoris merupakan salah satu pekerja sales yang ada di paling dasar dan berhubungan langsung dengan bisnis-bisnis ritel kecil di suatu wilayah tertentu.

Oleh sebab itu, kinerja sales motoris perlu diperhatikan karena berperan penting dalam peningkatkan penjualan. Untuk informasi selengkapnya, simak pembahasan tentang apa itu sales motoris dan tips sales motoris yang efektif serta sukses berikut ini!

Aplikasi CRM Mekari Qontak


Apa Itu Sales Motoris?

Sales motoris adalah sebuah profesi atau pekerjaan yang bertugas untuk menawarkan dan menjual produk ke bisnis-bisnis ritel kecil. Profesi ini juga sering kali disebut dengan istilah salesman. Meskipun sering disebut sebagai salesman, namun sebenarnya kedua profesi ini memiliki sedikit perbedaan dalam penerapannya.

Berbeda dengan salesman pada umumnya, sales motoris menggunakan sepeda motor untuk menjalankan tugasnya. Motoris sendiri memiliki arti ‘orang yang menjalankan motor’. Sehingga, tidak heran apabila profesi ini disebut dengan istilah sales motoris.

Lebih lanjut, tugas utama seorang sales motoris tidak hanya menawarkan dan menjual produk saja, namun mereka juga memiliki tujuan untuk melakukan pemerataan produk dan memaksimalkan saluran distribusi produk di wilayah tertentu.

Oleh karena itu, motor dipilih sebagai alat transportasi yang tepat untuk memudahkan para sales motoris menggapai toko-toko kecil yang mungkin sulit diakses oleh canvasser atau sales canvas pada umumnya.


Apa Saja Tips Sales Motoris yang Efektif dan Sukses?

Sales motoris umumnya adalah profesi yang ditujukan untuk para pemula di bidang sales. Dengan demikian, tidak heran apabila beberapa sales motoris belum bisa memberikan hasil penjualan yang maksimal atau diharapkan oleh perusahaan.

Namun Anda tidak perlu khawatir, karena Anda dapat meningkatkan kemampuan sales motoris dengan beberapa tips sales motoris yang sukses dan efektif berikut ini!

1. Menggunakan sepeda motor yang layak

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwasanya motor merupakan alat transportasi utama dan penting bagi seorang sales motoris. Oleh karena itu, keadaan sepeda motor yang prima dan layak menjadi salah satu hal penting yang perlu diperhatikan.

Apabila motor yang digunakan dalam keadaan prima dan layak, maka sales motoris dapat menjalankan tugasnya dengan lebih lancar. Namun, apabila motor yang digunakan bermasalah, maka ini akan berdampak pada tingkat penjualan dan menghambat pekerjaan sales motoris.

2. Menentukan rute yang tepat

Tips yang berikutnya adalah menentukan rute yang tepat. Namun, sebelum menentukan rute yang tepat, seorang sales motoris harus mengetahui terlebih dahulu rute apa saja yang ada di wilayahnya.

Setelah mengetahui berbagai rute yang ada, sales motoris dapat memilih rute yang tepat guna meningkatkan efektivitas perjalanan, waktu, dan pekerjaan sales motoris itu sendiri.

3. Menguasai product knowledge

Sebagai seorang sales yang bertugas untuk menawarkan dan menjual produk, tentu harus mengetahui product knowledge atau informasi produk yang dijual.

Jangan sampai sales motoris tidak mengetahui apa produk yang dijualnya, seperti apa latar belakangnya, kegunaan, dan lain sebagainya, karena ini dapat berakibat fatal.

Oleh karena itu, sangat penting bagi seorang sales motoris untuk memiliki informasi dan pengetahuan terkait produk yang ditawarkannya.

4. Memiliki kemampuan komunikasi yang baik

Selain menguasai product knowledge, seorang sales motoris yang sukses juga perlu memiliki kemampuan komunikasi yang baik, mengingat kemampuan berkomunikasi merupakan salah satu skill dasar bagi seorang sales.

Kemampuan dan teknik komunikasi yang baik dapat membantu sales untuk memikat pelanggannya, meningkatkan penjualan, dan meraih target penjualan.

5. Menawarkan produk secara aktif

Seorang sales motoris harus dapat menawarkan produk secara aktif kepada calon pelanggan dan pelanggannya.

Dalam hal ini, sales motoris harus bersikap percaya diri dan memberitahukan keunggulan produk yang ditawarkannya.

6. Tidak memaksakan kehendak

Perlu diingat, saat menawarkan atau menjual produk, seorang sales motoris tidak boleh memaksakan kehendaknya. Hal ini dapat membuat calon pelanggan atau pelanggan merasa tidak nyaman dan menjadi enggan untuk membeli produk yang ditawarkan.

Saat menawarkan produk, seorang sales motoris harus selalu bersikap sopan dan memberikan kesan yang baik bagi calon pelanggan dan pelanggannya.

7. Memiliki hubungan yang baik dengan pelanggan

Pelanggan akan merasa lebih nyaman dan senang dengan sales yang baik, ramah, dan enak untuk diajak berkomunikasi. Hal ini juga akan membantu sales untuk membangun hubungan yang baik dengan pelanggan.

Kemudian hubungan yang baik tersebut juga dapat membantu sales untuk mendapatkan loyalitas pelanggan dan meningkatkan penjualannya.

8. Menentukan jadwal kunjungan secara rutin

Perlu diketahui bahwa sales motoris tidak hanya berasal dari perusahaan Anda saja. Akan ada banyak sales motoris perusahaan lainnya yang juga akan melakukan penawaran kepada target toko ritel yang Anda kunjungi.

Oleh karena itu, Anda perlu menentukan hari atau jadwal kunjungan yang tepat, guna menghindari pertemuan dengan sales motoris lainnya. Mengingat hal ini dapat membuat pemilik toko menolak penawaran Anda karena telah menerima penawaran dari sales motoris lainnya.

Selain itu, Anda juga perlu menentukan jadwal kunjungan secara rutin untuk pelanggan Anda. Lakukan kunjungan tersebut dengan konsisten.

9. Tidak memilih-milih outlet

Sebagai seorang sales motoris, Anda mungkin menemukan beberapa toko yang selalu membeli produk Anda dengan jumlah yang sedikit, dan membuat Anda malas untuk mengunjunginya lagi.

Namun, perlu Anda ketahui bahwa meskipun jumlah pembelian yang dilakukan oleh toko tersebut kecil, tetapi ini tetap dapat membantu Anda mencapai target penjualan. Oleh karena itu, Anda tidak boleh memilih-milih outlet hanya karena perasaan malas.

Sebaliknya, Anda seharusnya berusaha untuk meningkatkan penjualan di toko tersebut dengan komunikasi dan teknik penawaran yang lebih menarik lagi.

10. Mengeliminasi outlet yang tidak aktif

Sebagai seorang sales motoris, Anda memang tidak boleh memilih-milih outlet. Namun ada baiknya Anda tetap bersikap selektif dan mengeliminasi outlet yang tidak aktif.

Dalam hal ini, outlet yang tidak aktif adalah outlet yang tidak melakukan pembelian atau transaksi setelah empat kali kunjungan. Apabila Anda mempertahankan outlet yang tidak aktif, maka ini hanya akan membuang-buang waktu saja.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda mengeliminasi outlet yang tidak efektif dan fokus pada outlet yang dapat membantu Anda mencapai dan meningkatkan angka target penjualan Anda.

11. Menjalin hubungan baik dengan sales lain

Sales motoris lain mungkin bisa menjadi pesaing Anda, namun tidak ada salahnya untuk berhubungan baik dengan mereka.

Ini karena Anda dapat mendapatkan informasi atau pengetahuan baru yang mungkin tidak Anda miliki sebelumnya dari mereka. Misalnya seperti informasi tentang rute yang efektif, cara berkomunikasi, dan lain sebagainya.

12. Mampu bernegosiasi

Untuk menawarkan suatu produk kepada pelanggan, tentunya seorang sales motoris perlu memiliki kemampuan bernegosiasi, mengingat calon pelanggan akan sangat mungkin untuk melakukan penawaran harga.


Terapkan Tips Sales Motoris dan Tingkatkan Penjualan Anda!

Aplikasi CRM Mekari Qontak

Sales motoris merupakan sales yang bertugas untuk menawarkan atau menjual produk ke toko-toko kecil dengan menggunakan sepeda motor. Selain itu, sales motoris juga bertujuan untuk melakukan pemerataan produk dan memaksimalkan saluran distribusi produk di wilayah tertentu.

Dengan demikian, tidak heran apabila sales motoris perlu menggunakan sepeda motor untuk memudahkan akses mereka dalam melakukan pemerataan dan pendistribusian produk di suatu wilayah tertentu.

Lebih lanjut, Anda dapat meningkatkan kemampuan sales motoris yang andal dengan 12 tips sales motoris yang sukses dan efektif yang sudah dijelaskan di atas. Dengan meningkatkan kemampuan sales motoris, Anda dapat meningkatkan penjualan merek bisnis Anda.

Selain itu, Anda juga dapat meningkatkan penjualan merek bisnis Anda dengan menggunakan aplikasi sales terbaik. Aplikasi sales CRM dapat membantu Anda mengatur penjualan dan pemasaran dengan mudah melalui satu platform terpadu.

Mekari Qontak menyediakan aplikasi sales CRM terbaik dengan fitur-fitur canggih yang juga disukai banyak bisnis karena mampu meningkatkan performance dan pendapatan bisnis Anda.

Selain itu, Mekari Qontak juga memiliki tim bisnis yang selalu siap membantu Anda melalui solusi CRM tingkat lanjut & terlokalisasi yang sepenuhnya melayani semua kategori industri.

Jadi tunggu apa lagi? Coba gratis aplikasi sales CRM gratis selama 14 hari dari Mekari Qontak, atau konsultasikan kebutuhan bisnis Anda bersama tim support Qontak.

Hubungi Mekari Qontak sekarang!

 

Related Articles

WhatsApp WhatsApp Sales