Daftar isi
4 min read

Strategi Menyusun Komunikasi Korporat dan Fungsinya

Tayang 27 Desember 2023
Diperbarui 28 Desember 2023
Strategi Menyusun Komunikasi Korporat
Strategi Menyusun Komunikasi Korporat dan Fungsinya

Di era digital saat ini, membuat strategi komunikasi korporat menjadi tantangan tersendiri. Banyaknya pilihan teknologi komunikasi bukan jaminan kalau perusahaan besar memiliki strategi corporate communication yang baik.

Padahal strategi tersebut sangatlah penting, mengingat ada sedikit saja miskomunikasi bisa berdampak buruk bagi perusahaan. Seperti menurunya tingkat kepercayaan pelanggan atau investor.

Oleh karena itu, dibutuhkan strategi komunikasi korporat yang tepat yang menjadi pondasi kokoh keberlangsungan perusahaan. Pelajari selengkapnya cara strategi communication corporate pada artikel berikut ini.

Apa itu Strategi Komunikasi Korporat?

Strategi komunikasi korporat adalah strategi yang berisi visi, misi hingga metode untuk mencapai tujuan perusahaan. Oleh karena itu, strategi ini memiliki peran krusial dalam menciptakan ‘budaya di perusahaan’.

Saat komunikasi berjalan baik, maka reputasi perusahaan juga baik. Sebab komunikasi membantu manajemen untuk menangani segala hal berkaitan membangun dan mempertahankan citra positif pada perusahaan melalui komunikasi yang efektif.

Komunikasi yang dimaksud baik secara internal (antara manajemen dengan karyawan) maupun eksternal (antara perusahaan dengan pihak luar seperti pelanggan, investor, media atau Pemerintah).

Baca juga: Apa Itu Komunikasi Pemasaran? Pengertian, Manfaat, dan Contohnya

Komponen Penting dalam Menyusun Strategi Komunikasi Korporat

Seperti dijelaskan sebelumnya, komunikasi korporat membantu membangun brand image perusahaan. Oleh karena itu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menyusun strategi komunikasi korporat seperti berikut:

  • Menumbuhkan rasa saling percaya melalui komunikasi
  • Memberikan feedback saat berkomunikasi
  • Mengatur arus informasi yang sistematis, ringkas, dan memiliki bobot kepentingan yang cukup.
  • Mengulang kembali informasi untuk memastikan pesan tersampaikan.
  • Menggunakan bahasa sederhana yang mudah dimengerti.
  • Memilih waktu yang tepat untuk menyusun strategi komunikasi korporat yang baik.

Bagaimana Tahapan Menyusun Strategi Komunikasi Korporat?

Setelah mengetahui pentingnya komunikasi koporat, maka bisnis perlu berhati-hati dalam menyusun strategi komunikasi korporat. Dengan begitu, tidak ada kesalahan yang dapat merugikan bisnis di masa mendatang.

Berikut beberapa tahapan dalam menyusun strategi komunikasi korporat:

1. Lakukan Riset

Tahapan pertama adalah melakukan riset guna mengetahui strategi yang ada selama ini berjalan baik atau tidak. Ada tiga faktor penilaian yang bisa diukur.

Pertama adalah dengan mendiagnosa dari masalah yang terjadi. Maka dari itu, perlu melakukan pemeriksaan bagaimana jalannya komunikasi korporat selama ini.

Kedua, strategi yang baik memiliki panduan atau pendekatan dalam menghadapi masalah. Terakhir, strategi tersebut harus memiliki rincian tindakan langkah apa saja yang perlu dilakukan saat menghadapi masalah atau manajemen masalah.

2. Tentukan Posisi Strategi Komunikasi Korporat

Masukkan strategi komunikasi korporat ke dalam strategi fungsional sebuah perusahaan. Artinya komunikasi korporat juga berperan memberikan banyak insight dan masukan untuk perusahaan.

Insight tersebut bisa berkaitan apa saja yang terjadi di dunia luar. Termasuk bagaimana hal tersebut dapat mempengaruhi strategi bisnis dan perusahaan.

3. Menentukan Prioritas

Terakhir, menentukan prioritas dalam menjalankan strategi komunikasi korporat. Kemudian, beri skala masalah yang sedang serta kemungkinan akan hadapi.

Buat analisis SWOT dari permasalahan tersebut. Dengan demikian, akan terlihat prioritas apa saja yang harus diselesaikan untuk membangun komunikasi korporat.

Setelah semua selesai, tentukan tujuan yang ingin Anda capai. Kemudian, buat indikator kesuksesan dari strategi dengan membuat key performance indicator (KPI). Tentukan pula siapa saja yang bisa berkomunikasi dalam strategi ini, dan kepada siapa dia harus berkomunikasi.

Bagaimana Integrasi CRM Menyukseskan Strategi Komunikasi Korporat?

Menurut studi penelitian Gartner sekitar 50% dari semua sistem CRM berhasil memperbaiki perusahaan yang memiliki kinerja buruk. Keberhasilan tersebut tentu tidak lepas dari fitur-fitur yang membantu dalam membangun komunikasi korporat seperti berikut:

  • Mempersonalisasikan interaksi pelanggan
  • Memberikan pandangan pelanggan 360 derajat melalui database yang dapat diandalkan untuk memfasilitasi komunikasi korporat.
  • Membangun kepercayaan jangka panjang.
  • Mengelola komunikasi antara perusahaan dan berbagai demografi pelanggan.
  • Integrasi semua saluran komunikasi korporat.

Bangun Strategi Komunikasi Korporat dengan Integrasi CRM Sekarang

Aplikasi CRM memiliki kemampuan untuk mengelola semua interaksi perusahaan dengan pelanggan. Hal ini memudahkan dalam identifikasi dan penargetan pelanggan potensial, tetapi juga merupakan strategi komunikasi tersendiri.

Selain itu, manajemen data CRM memberikan Anda basis pengetahuan yang kaya tentang pelanggan Anda. Hal ini mudah untuk menangani keluhan, memusatkan komunikasi, dan memperkuat hubungan pelanggan di setiap interaksi.

Mekari Qontak menyediakan aplikasi CRM terbaik di Indonesia. Aplikasi CRM Mekari Qontak memiliki fitur lengkap yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan, terutama dalam membangun strategi komunikasi korpoarat.

Mekari Qontak dipercaya lebih dari 3500+ perusahaan di Indonesia. Mekari Qontak juga telah tersertifikasi ISO 27001 untuk memastikan keamanan informasi data pelanggan.

Coba Gratis Aplikasi CRM terbaik dari Mekari Qontak atau Konsultasikan Kebutuhan bisnis Anda Gratis dengan tim ahli dari Mekari Qontak Sekarang.

Kategori : Bisnis
WhatsApp WhatsApp Sales