Daftar isi
5 min read

Memahami Peran Penting Share of Voice dan Cara Mengukurnya

Tayang 26 Desember 2023
Diperbarui 30 Januari 2024
Panduan share of voice
Memahami Peran Penting Share of Voice dan Cara Mengukurnya

Setiap bisnis pasti ingin mencapai kesuksesan dengan menguasai pasar. Oleh karena itu, bisnis perlu melacak share of voice.

Share of voice memberikan pandangan mendalam terkait seberapa besar popularitas bisnis dibandingkan kompetitor. Hal ini penting untuk menyusun strategi pemasaran yang efektif menghasilkan pelanggan.

Pada artikel berikut, kami merangkum mengnai share of voice, cara menghitung hingga strategi meningkatkannya.

Apa yang Dimaksud dengan Share Of Voice?

Share of voice (SOV) adalah matriks pemasaran untuk mengukur seberapa jauh brand dikenal dibandingkan kompetitor. Pada pengukurannya, biasanya dilihat dari iklan, tingkat popularitas di media sosial hingga jumlah traffic website dibandingkan kompetitor.

Dengan mengetahui SOV, brand memiliki pemahaman yang lebih baik tentang tantangan dan posisi mereka di pasar. Hal ini memberikan wawasan lebih banyak tentang cara mencapai pertumbuhan dan menarik perhatian pengguna.

Semakin besar tingkat share of voice menunjukan tingginya popularitas brand, maka semakin besar pula pangsa pasar serta otoritas brand di kalangan pengguna dan calon pelanggan dibandingkan kompetitor.

Baca juga: Pengertian brand position dan Strategi Penerapannya

Mengapa Mengukur Share of Voice Penting Bagi Bisnis?

Seperti dijelaskan sebelumnya bahwa share of voice memberikan wawasan terkait posisi brand di pasar dibandingkan kompetitor. Hal ini penting untuk mengetahui visibilitas brand tersebut. Konsumen akan membeli produk saat visibilitas brand baik.

Informasi tersebut berguna saat brand menyusun strategi marketing. Brand bisa mengidentifikasi keunggulan yang mereka miliki dan membandingkannya dari kompetitor. Hal tersebut bisa menjadi kekuatan dalam strategi pemasaran yang brand kembangkan.

Berikut keuntungan lain yang bisa bisnis dapatkan dengan mengukur share of voice adalah

  • Memiliki gambaran tentang tingkat persaingan pasar, sehingga memudahkan dalam analisis kompetitif untuk mendominasi pasar tersebut.
  • Memudahkan dalam pengelompokan target pasar untuk mengidentifikasi lebih lanjut tentang kekuatan serta kelemahan yang brand miliki
  • Mengukur tingkat keberhasilan atau efektivitas kampanye pemasaran yang dijalankan
    Membantu menyusun kampanye pemasaran di masa depan berdasarkan laporan analisis yang akurat

Baca juga: Pengertian Branding, Jenis, Fungsi dan Cara Membangunnya

Bagaimana Cara Mengukur Share of Voice?

Setelah mengetahui pentingnya share of voice, maka wajib untuk mengukurnya. Terlebih jika brand ingin bisnisnya berkembang dan memenangkan pasar.

Dalam mengukur SOV, brand perlu spesifik menentukan saluran pemasaran mana yang digunakan. Berikut beberapa saluran yang populer digunakan untuk mengukur SoV:

  • Social Media

Share of voice yang paling banyak diukur adalah media sosial. Tujuan untuk mengetahui tingkat popularitas atau kesadaran merek di media sosial. Hal ini bisa diketahui dengan membagikan jumlah sebutan (mention) brand dengan kompetitor.

Agar lebih jelasnya, silahkan lihat rumus share of voice untuk media sosial berikut:

Social Media SoV = (jumlah mention brand ÷ total jumlah mention kompetitor) x 100

*catatan: jika Anda ingin mengukur tingkat engagement di sosmed, Anda bisa mengganti jumlah mention dengan total jumlah suka, komentar, dan berbagi.

  • SEO

Matriks SOV yang diukur selanjutnya adalah SEO atau organik. Tujuannya untuk mengukur seberapa sering Anda muncul dalam pencarian organik.

Oleh karena itu, brand dapat memulai dengan membagi jumlah traffic yang masuk ke website dalam sebulan dibagi dengan keseluruhan traffic di pasar. Data tersebut dapat diketahui dengan bantuan Google Analytics.

Rumusnya adalah sebagai berikut.

Share of voice: (Brand Traffic / Total Market Traffic) x 100%

  • PPC

Selanjutnya menghitung share of voice dari iklan online juga penting. Dalam hal ini, matriks yang digunakan adalah PPC (pembayaran per klik).

Sebagai contoh, Anda dapat memulai dengan melihat jumlah iklan yang ditampilkan kepada pengguna atau juga dikenal sebagai impresi. Kemudian bagikan jumlah impresi iklan Anda dengan total jumlah impresi industri dan kalikan dengan 100.

Rumusnya adalah sebagai berikut.

PPC SoV = (Jumlah impresi brand ÷ Total jumlah impresi industri) x 100

Selain impresi iklan, Anda dapat mengukur metrik seperti jumlah klik, lalu lintas website Anda, pendapatan Anda, dll.

Strategi untuk Meningkatkan Share of Voice

Setelah mengkur share of voice, saat untuk meningkatkannya agar brand lebih kuat di pasar. Berikut strategi meningkatkan SOV:

1. Buat Konten Marketing Relevan

Pertama, penting bagi Anda untuk membuat content marketing yang menjawab kebutuhan intens. Konten tersebut bisa berupa postingan gambar, GIF hingga video.

Konten-konten tersebut cenderung lebih mudah dibagikan dan disukai oleh audiens. Namun pastikan, konten yang Anda hasilkan harus sesuaikan nada/nilai dari target audiens Anda.

Baca juga: Content Marketing: Pengertian, Jenis dan Tipsnya

2. Aktif di Media Sosial

Selanjutnya Anda harus menunjukkan kehadiran brand di media sosial. Caranya dengan secara teratur memposting konten di berbagai saluran sosial media dan merespon pertanyaan audiens.

Tips yang bisa Anda laukukan adalah dengan membuat kalender konten yang berisi jadwal mulai dari menyiapkan konten hingga mempublikasikannya pada tanggal-tanggal penting. Melalui postingan tersebut, Anda dapat memperluas jangkauan.

Baca juga: Mengenal Engagement di Media Sosial dan Cara Meningkatkannya

3. Mendorong Diskusi

Selain memosting konten edukasi melalu sosial media, Anda juga bisa mengembangkan diskusi untuk memulai interaksi dengan audiens. Salah satunya dengan melontarkan pertanyaan yang relevan dengan isu-isu viral.

Selain itu, Anda juga bisa meminta umpan balik dari audiens mengenai pengalaman mereka menggunakan produk Anda. Cara tersebut bisa menjadi efekti untuk meningkatkan keterlibatan audiens.

4. Respon Cepat

Setelah mendorong agar audiens mau berdiskusi, pastikan Anda memiliki tim yang bisa merespon cepat. Respon tersebut dapat dipostingan konten marketing yang Anda bagikan, membalas komentar audines hingga pertanyaan di DM.

Respon cepat membantu Anda untuk membangun hubungan dan meningkatkan loyalitas merek. Empati dan sentuhan kemanusiaan juga dibutuhkan membantu membangun citra positif untuk merek Anda.

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan singkat mengenai share of voice. Pada dasarnya, mengukur SOV sangat dibutuhkan untuk mengukur popularitas brand dibandingkan dengan kompetitor.

Salah satu teknik untuk meningkatkan share of voice adalah aktif di sosial media. Namun untuk mengelola banyaknya saluran sosmed cukup merepotkan. Akibatnya respon brand menjadi lambat dan banyak audiens yang diabaikan.

Mekari Qontak menawarkan aplikasi omnichannel yang menghubungkan berbagai sosial media dalam satu platform. Hal ini memudahkan mengelola seluruh media sosial media.

Selain itu, Mekari Qontak juga memiliki fitur chatbot yang mampu membalas pesan otomatis. Jadi tidak ada lagi audiens yang terabaikan.

Coba Gratis omnichannel terbaik dari Mekari Qontak atau konsultasikan kebutuhan bisnis Anda lainnya dengan tim ahli dari Mekari Qontak

Referensi

Kategori : Marketing
WhatsApp WhatsApp Sales