Daftar isi
6 min read

Sales Advisor: Tugas, Tanggung Jawab, dan Skill yang Dibutuhkan

Tayang 25 September 2023
Diperbarui 13 Desember 2023
Panduan sales advisor
Sales Advisor: Tugas, Tanggung Jawab, dan Skill yang Dibutuhkan

Sebagian besar perusahaan kini menyediakan sales advisor untuk membantu pelanggan mengambil keputusan dan memberikan pengalaman berbelanja yang menyenangkan bagi pelanggan. Dengan begitu, pelanggan akan merasa puas dan penjualan ikut meningkat.

Pelajari selengkapnya terkait tugas dan peran sales advisor dalam perusahaan, dan skill apa saja yang dibutuhkan untuk menjadi sales advisor pada artikel berikut.

Apa itu Sales Advisor?

Sales advisor adalah jasa konsultasi yang mempermudah proses penjualan. Mereka membantu merekomendasikan produk kepada pelanggan yang membutuhkan.

Saat merekomendasikan produk, konsultan penjualan akan menjelaskan secara rinci terkait karakteristik dan keunggulan produk. Informasi tersebut memudahkan pelanggan dalam pengambilan keputusan dalam membelanjakan uangnya.

Tidak berhenti disitu, tugas seorang sales advisor berlanjut saat pelanggan memutuskan untuk membeli. Konsltan penjualan akan membantu proses pembayaran hingga produk berhasil dipesan.

Baca juga: Sales: Pengertian, Fungsi, Tugas dan Skill yang Dibutuhkan

Mengapa Peran Sales Advisor Penting dalam Perusahaan?

Sales advisor memiliki peran penting dalam bisnis. Mereka berperan membujuk pelanggan untuk menyelesaikan transaksi penjualan melalui rekomendasi-rekomendasi produk yang kemungkinan pelanggan butuhkan.

Oleh karena itu, seorang konsultan penjualan yang baik harus memiliki pemahaman mendalam tentang produk perusahaan, termasuk keunggulan produk dibanding pesaing, dan penawaran spesial yang sedang bisnis jalankan.

Dengan pengetahuan tersebut, sales advisor bisa memberikan informasi yang relevan kepada pelanggan. Hal tersebut diharapkan dapat mendorong pelanggan untuk melakukan pembelian.

Apa saja Tugas dan Tanggung Jawab Sales Advisor?

Tugas sales advisor

Sumber: canva

Tugas utama seorang sales advisor menurut indeed meliputi:

  • Mengelola inventori produk.
  • Memahami produk knowledge secara mendalam.
  • Membantu pelanggan menemukan produk sesuai kebutuhan mereka.
  • Mencatat dan memproses pesanan pelanggan.
  • Menawarkan solusi atas permasalahan yang pelanggan hadapi.
  • Melacak dan memantau pesanan pelanggan.
  • Mengidentifikasi tren penjualan dan menerapkan strategi baru yang relevan.
  • Menyelesaikan masalah atau hambatan dalam proses penjualan.
  • Berkolaborasi dengan departemen pemasaran untuk mengintegrasikan informasi untuk keperluan melayani pelanggan lebih baik.
  • Bekerjasama dengan anggota tim lainnya untuk menetapkan dan memantau target penjualan.
  • Menghadiri konferensi dan seminar penjualan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan penjualan.
  • Memantau persaingan di pasar untuk mengukur dan meningkatkan strategi penjualan.
  • Mengidentifikasi peluang untuk melakukan up selling dan cross-selling.
  • Menangani panggilan masuk untuk melayani pelanggan dan melakukan panggilan keluar untuk mencari calon pelanggan.

Baca juga:Sales Force: Definisi, Fungsi, Tugas, dan Manfaatnya

Apa saja Skill yang Sales Advisor Wajib Miliki?

Berikut beberapa kemampuan yang wajib seorang sales advisor miliki:

  • Komunikasi

Kunci sukses seorang sales advisor adalah mampu berkomunikasi dengan pelanggan. Sebab mereka memiliki peran penting menyampaikan informasi yang pelanggan butuhkan.

Selain pelanggan, konsultan penjualan juga perlu berkomunikasi dengan manajer dan rekan-rekan kerja. Dengan begitu, tidak ada kesalahan dalam menjalankan usaha.

Tingkatkan kemampuan komunikasi dengan meminta umpan balik dari rekan kerja atau pelanggan. Misalnya bagaimana kemampuan Anda dalam mendengarkan pelanggan atau saat memberikan rekomendasi ke pelanggan.

  • Pengalaman Menggunakan Teknologi

Saat ini, hampir semua perusahaan menggunakan teknologi dalam operasionalnya, termasuk penjualan. Misalnya aplikasi CRM (Customer Relationship Management) yang membantu mengelola kontak dan transaksi penjualan.

Sebagai seorang yang bertugas melakukan penjualan, sales advisor harus bisa menggunakan teknologi seperti aplikasi CRM. Dengan begitu, Anda bisa bekerja lebih optimal dalam menghasilkan penjualan.

Baca juga:Mengenal Apa itu CRM: Tujuan, Manfaat dan Fungsinya

  • Melayani Pelanggan

Setiap bisnis selalu berusaha memecahkan masalah pelanggan. Maka dari itu, konsultan penjualan harus memiliki pola pikir yang berfokus pada pelanggan dan berusaha membantu menemukan solusi terbaik untuk masalah pelanggan.

Cobalah untuk berkomunikasi secara teratur dengan pelanggan dan meminta umpan balik dari mereka. Hal ini bisa menjadi panduan dalam membuat keputusan yang terbaik saat melayani pelanggan.

  • Pemahaman Mendalam tentang Produk

Konsultan penjualan seringkali dihadapkan pada tugas menjawab pertanyaan dan memecahkan masalah pelanggan. Oleh karena itu, mereka harus memiliki pengetahuan yang kuat tentang produk agar bisa merespon dengan tepat.

Luangkan waktu untuk memahami produk perusahaan Anda dengan baik, termasuk fitur-fitur utamanya dan bagaimana pelanggan dapat mengambil manfaat darinya.

Selain itu, Anda bisa melakukan wawancara dengan tim produk di perusahaan Anda, kemudian menganalisa pesaing untuk memahami perbedaan penawaran perusahaan Anda, atau mencoba produk sendiri untuk mendapatkan pengalaman langsung.

  • Kemampuan Memecahkan Masalah

Konsultan penjualan seringkali diminta untuk cepat dan tepat dalam memecahkan masalah. Terutama saat pelanggan menghadapi masalah, Anda harus mempersiapkan solusi yang tepat.

Kemampuan Anda dalam membantu pelanggan memecahkan masalah dapat memberikan pengalaman yang lebih baik bagi pelanggan. Hal ini akan menciptakan kesan positif terhadap perusahaan Anda secara keseluruhan.

  • Sikap Empati

Setiap bisnis bertujuan untuk membantu pelanggan. Sebagai seorang sales advisor, Anda berperan sebagai garda terdepan dalam membantu pelanggan. Untuk melakukannya dengan baik, empati sangat diperlukan.

Dengan memiliki menunjukan empati, Anda dapat lebih baik memahami masalah yang dihadapi calon pelanggan.

Anda dapat melatih empati dengan mencoba menempatkan diri pada posisi pelanggan yang sedang bermasalah. Pikirkan tentang jenis dukungan atau bantuan yang ingin Anda terima jika Anda berada dalam situasi tersebut.

  • Responsif Terhadap Situasi Tak Terduga

Sebagai konsultan penjualan, Anda akan menghadapi berbagai tugas dengan tenggat waktu yang ketat. Dalam hal ini kemampuan untuk beradaptasi dengan berbagai situasi sangatlah penting.

Anda perlu menunjukkan kemampuan beradaptasi dengan merespons situasi yang tak terduga dengan tenang. Berpikir terbuka untuk mencoba ide-ide baru, dan bersiap untuk mengambil peran atau tanggung jawab tambahan saat diperlukan.

  • Manajemen Waktu yang Baik

Dalam dunia penjualan, tugas-tugas selalu bersaing untuk mendapatkan perhatian seorang rekanan penjualan. Inilah sebabnya mengapa keterampilan manajemen waktu sangat penting.

Manajemen waktu diperlukan untuk memprioritaskan berbagai tugas sambil membagi waktu dengan baik untuk setiap prospek. Selain itu, Anda perlu tahu kapan saatnya untuk menghentikan usaha jika kesepakatan tidak terwujud.

Baca juga: Mengenal Program Sales Training yang Tepat untuk Perusahaan

Apa saja Kualifikasi untuk Menjadi Sales Advisor?

Mengingat peran sales advisor cukup sentral dalam perusahan, banyak orang yang tertarik menekuni pekerjaan tersebut. Terlebih jika dilihat dari segi upah yang diberikan juga seimbang dengan pekerjaannya.

Mengutip dari laman marketeers.com, rata-rata gaji pokok bagi sales advisor di Indonesia bervariasi, mulai dari sekitar Rp2,5 juta hingga Rp6 juta per bulan, tergantung pada berbagai faktor termasuk pengalaman dan kesepakatan kerja dengan perusahaan.

Sementara untuk menjadi sales advisor, pada umumnya perusahaan mencari orang dengan kualifikasi seperti berikut:

  • Memiliki gelar sarjana, meski terkadang latar belakang pendidikan bukan syarat mutlak.
  • Berpengalaman dan memiliki pengetahuan di bidang sales, marketing, retail dan sejenisnya.
  • Mampu menggunakan teknologi seperti mengoperasikan sistem komputer untuk mengelola data.
  • Mampu menjaga keseimbangan antara melayani pelanggan dengan baik dan mencapai hasil penjualan yang diinginkan.
  • Kemampuan beradaptasi dengan perubahan dan bekerja di lingkungan yang dinamis.
  • Kemampuan untuk memberikan nasihat dan berkomunikasi dengan pelanggan dengan efektif adalah keterampilan yang krusial.
  • Memiliki pemahaman tentang dasar-dasar pelayanan pelanggan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.

Tingkatkan Kinerja Sales Advisor dengan Mekari Qontak

Sales advisor memiliki peran penting dalam meningkatkan penjualan bisnis. Mereka memberikan konsultasi penjualan untuk meyakinkan pelanggan agar mau berbelanja.

Namun sebelum itu, sales advisor perlu memiliki wawasan mendalam terkait produk dan kebutuhan pelanggan. Hal ini bisa didapatkan dengan bantuan aplikasi CRM.

Mekari Qontak menawarkan aplikasi sales CRM terbaik yang mampu mengelola hubungan pelanggan dengan efektif. Aplikasi ini memiliki fitur unggulan yang membantu sales advisor memberikan konsultasi penjualan untuk pelanggan.

Jadi tunggu apalagi? Coba Gratis aplikasi CRM terbaik dari Mekari Qontak atau konsultasi gratis dengan tim Mekari Qontak.

Kategori : Sales
WhatsApp WhatsApp Sales