Mekari Qontak
Marketing

Strategi Digital Marketing: Perlukah Email Marketing?

strategi digital marketing

Masih Perlukah Menjalankan Email Marketing dalam Strategi Digital Marketing?

Sebelum digital marketing kian berkembang dan masif seperti saat ini, banyak perusahaan yang fokus menjalankan email marketing sebagai strategi pemasaran. Namun, tidak bisa dipungkiri bahwa posisi email marketing mulai digeser oleh media sosial. Sebab nyatanya banyak perusahaan yang lebih fokus mengembangkan strategi digital marketing di media sosial dengan berbagai konten dan melupakan email marketing.

Padahal, masa-masa email marketing belum habis. Sederhananya, untuk membuat berbagai akun media sosial atau member sebuah website diperlukan aktivasi email. Karena itulah, selama strategi email marketing yang dilakukan sudah tepat, maka tak ada alasan bagi Anda untuk tidak memasukkan email marketing ke dalam strategi digital marketing perusahaan Anda.

Lengkapnya, inilah alasan-alasan tepat mengapa Anda masih perlu menjalankan email marketing dalam strategi digital marketing.

6 Alasan untuk Menjalankan Email Marketing dalam Strategi Digital Marketing:

1. Semua Orang Masih Aktif Memeriksa Email

Email merupakan salah satu alat komunikasi berbasis internet tertua. Dan alat itu masih sering digunakan oleh para profesional dalam berkomunikasi, entah kepada klien atau rekan kerja. Itu sudah menandakan bahwa setiap orang sudah pasti masih aktif memeriksa email mereka.

2. Sudah Terjaring Target Market yang Terukur

Salah satu keuntungan memasukkan email marketing ke dalam strategi digital marketing, yakni sudah terjaringnya target market Anda yang terukur. Inilah alasan kenapa dibutuhkan email untuk dapat mengakses atau mendaftar akun media sosial atau member website. Email marketing bahkan masih terus dimainkan oleh perusahaan e-commerce seperti halnya Amazon dalam menawarkan promo.

strategi digital marketing

3. Hemat Biaya

Menyiapkan budget untuk memasang iklan di beranda pencarian Google, atau beriklan di media sosial memang pilihan bijak. Namun bisa Anda hitung persentase kompetitor dan pesaing yang melakukan tindak serupa? Persaingan jelas sangat ketat dan belum tentu tepat sasaran.

Tapi dengan email semua hal itu agaknya tak berlaku. Tak perlu biaya iklan yang besar untuk dapat mengirimkan penawaran menarik atau info promo ke email pelanggan Anda. Lebih lagi, penawaran dan info promo Anda sudah pasti tepat sasaran. Dan selama judul email ditulis menggugah, pastinya pelanggan Anda sudi membuka email dan membacanya. Tak seperti media sosial yang iklannya terkesan mudah dicampakkan.

4. Menguatkan Kampanye di Media Sosial

Pada dasarnya media sosial dan email saling menguatkan satu sama lain. Sebab Anda dapat menautkan beberapa posting terbaik di media sosial Anda ke email pelanggan Anda. Sehingga pelanggan Anda pun tak ketinggalan kabar terkini yang Anda posting di media sosial. Sebab bagaimanapun, mengirimkan email marketing kepada pelanggan tak akan sesering posting di media sosial.

Inilah kekuatan digital marketing yang dapat bersinergi dan tentunya dapat menambah peluang keberhasilan strategi digital marketing semakin tinggi.

strategi digital marketing

5. Menjangkau Pelanggan Pasif

Ingatlah bahwa pelanggan potensial Anda bukan hanya yang aktif berinteraksi atau memberi respon media sosial Anda. Anda pun harus menjangkau pelanggan pasif Anda bila tak ingin kalah dalam persaingan. Sebab pelanggan pasif tetap saja berpotensi mendatangkan keuntungan bagi perusahaan Anda.

Bila media sosial cocok bagi pelanggan aktif Anda, maka email lebih cocok bagi pelanggan pasif Anda. Dan sudah pasti pelanggan pasif Anda tak akan ketinggalan info promo atau penawaran dari Anda sebab apa yang Anda kirimkan akan muncul di kolom inbox email mereka. Kapan saja mereka membuka email maka saat itulah mereka masih bisa melihat pesan Anda.

Dengan begitu, Anda selalu berada dalam jangkauan para pelanggan. Tentu hal tersebut membuka peluang bagi perusahaan Anda untuk melakukan penjualan.

6. Berpotensi Mendapatkan Penjualan Hanya Lewat Sekali Klik

Memiliki daftar email pelanggan merupakan awal dari kemampuan Anda dalam menghasilkan pendapatan yang melonjak dalam sekali klik. Apalagi penjualan yang Anda lakukan lewat email lebih dapat dikonversi daripada yang Anda lakukan lewat media sosial. Selain itu Anda pun lebih dapat melihat jumlah pasti keefektifan penjualan Anda melalui email dibandingkan media sosial.

Sebab seperti alasan yang diungkap pada poin 5, pelanggan Anda tidak akan ketinggalan info terkini atau penawaran yang Anda tawarkan melalui email. Berbeda dengan penawaran di media sosial yang mudah saja terlewatkan oleh pelanggan Anda. Itulah kenapa media sosial perlu memikirkan waktu tepat dalam setiap posting, sedangkan email tak perlu. Sekalipun Anda mengirimkan penawaran saat tengah malam, maka pelanggan masih dapat membuka dan membacanya saat mengecek email di pagi hari.

Selama Anda melakukan strategi email marketing dengan benar dan tak membuat pelanggan merasa terganggu, maka tingkat keberhasilan pemasaran yang Anda lakukan lewat email akan jauh lebih tinggi dibandingkan strategi digital marketing lainnya. Penjualan dapat datang hanya dari sekali klik dan konversi penjualan pun dapat lebih jelas terlihat.

Otomatisasi Strategi Digital Marketing Anda!

Terlepas dari teknik atau strategi email marketing yang Anda lakukan, lebih baik jika Anda bisa mengotomasi setiap strategi digital marketing Anda dengan bantuan sebuah aplikasi atau software yang tepat. Marketing automation telah berkembang dan menjadi sangat populer dengan berbagai manfaatnya. Dengan mengotomasi kegiatan marketing, Anda dapat menghasilkan calon pelanggan, melakukan kampanye untuk menjaga pelanggan, dan juga melakukan marketing berbasis akun.

Penggunaan aplikasi marketing berfokus untuk meningkatkan penjualan pada bisnis Anda. Pastikan aplikasi marketing yang dipilih mudah digunakan, sesuai dengan kebutuhan bisnis, dan sesuai dengan budget. Anda dapat memulai dengan metode CRM marketing. Aplikasi CRM Qontak.com dapat membantu Anda melakukan marketing automation dengan email campaigns. Kampanye email ini dapat difilter berdasarkan jabatan, departemen, industri, ukuran perusahaan, dan lainnya.

Konsultasikan strategi digital marketing Anda kepada tim Qontak.com atau coba GRATIS aplikasi CRM Marketing sekarang juga!

Related Articles

WhatsApp WhatsApp Sales