Mekari Qontak
Marketing Other Business

9 Cara Ampuh Mengatasi Masalah Marketing Pada Bisnis

Inovasi-Terbaik-masalah marketing

Setiap bisnis pasti pernah menemui masalah saat menjanlankan usahannya, tak terkecuali dalam menerapkan taktik pemasaran. Sebagian besar masalah marketing ditandai dengan strategi pemasaran yang tidak mencapai target atau laba atas investasi (ROI). Lalu, bagaimana cara mengatasinya?

Salah satu cara mengatasi masalah pemasaran adalah dengan mengidentifikasi sumber masalah tersebut. Kemudian Anda bisa mulai merancang solusi untuk memecahkan masalah tersebut seperti membuat strategi baru dengan melakukan inovasi.

Pada artikel ini akan dibahas secara lengkap bagaimana cara mengidentifikasi masalah marketing, apa saja masalah pemasaran yang sering terjadi pada bisnis, dan bagaimana cara mengatasi masalah pemasaran. Tanpa berlama lagi, yuk mulai!

mau coba omnichannel terbaik_Masalah Marketing


Bagaimana Cara Mengidentifikasi Masalah Marketing?

Langkah pertama untuk mengidentifikasi masalah marketing dimulai dengan saluran penjualan. Sebab dari saluran penjualan, Anda bisa memahami detail setiap tahapan pada penjualan, sehingga Anda mengetahui perjalanan pelanggan Anda.

Selanjutnya, Anda bisa memahami di mana atau apa yang salah dari perjalan pelanggan tersebut.

Misalnya sebuah proses industri linier dimana ada empat langkah untuk sampai ke produk terjual. Langkah-langkahnya meliputi: kesadaran akan masalah, pertimbangan solusi, pencarian solusi dan pembelian.

Oleh karena itu, jika di bagian atas saluran penjualan, Anda mengumpulkan jumlah prospek yang ekspresif. Meski pada akhirnya, Anda tidak bisa mengubahnya menjadi pelanggan. Hal ini kemungkian ada masalah dalam prosesnya. Oleh karena itu, Anda perlu mengidentifikasi hambatan di saluran penjualan tersebut.

Setelah itu, Anda perlu untuk menganalisis data penjualan Anda. Penting juga bagi Anda untuk memahami tingkat konversi pasar digital. Dengan demikian, Anda dapat mengoptimalkan pemasaran perusahaan Anda.

Singkatnya, jika Anda tidak dapat menjual produk, artinya ada sesuatu dalam proses Anda sehingga tidak dapat bekerja dengan baik. Untuk mengidentifikasinya, cobalah untuk mengukur hasil yang Anda capai, baik dari segi  kuantitatif maupun kualitatif.

Untuk membantu Anda dengan analisis ini, disarankan untuk membuat daftar masalah yang paling umum dan bagaimana cara mengatai masalah pemasaran di bawah ini.


Apa saja Masalah Marketing yang Sering Terjadi?

Sebelum membahas cara mengatasi masalah pemasaran, Anda harus tahu masalah apa saja yang sering terjadi pada marketing. Dengan begitu Anda bisa melakukan pendekatan yang lebih tepat untuk menjangkau pelanggan.

Berikut ini adalah beberapa masalah yang sering dihadapi oleh marketer:

– Fokus pada audiens yang salah

Masalah paling umum dalam pemasaran adalah salah menargetkan audiens. Hal ini membuat pesan yang Anda sampaikan tidak sampai ke mereka. Selain itu, Anda juga akan kesulitan dalam membangun persona buyer atau gagal dalam memahami kebutuhan pelanggan.

– Keselahan pemilihan waktu

Pemilihan waktu sangat penting menentukan keberhasilan pemasaran. Gunakan customer data untuk menentukan waktu kapan yang tepat membagikan konten marketing. Jika tidak akan sia-sia usaha Anda melakukan kampanye pemasaran. Misalnya Anda menjual produk saat pelanggan sedang tidak minat membeli produk.

– Metode promosi yang kurang tepat

Saat ini banyak sekali jenis metode marketing yang digunakan bisnis untuk memasarkan produknya. Misalnya dengan menerapkan bundling product, giveaway, pemberian voucer,  diskon, dan lainnya. Sayangnya tidak semua metode promosi tersebut berhasil menarik pelanggan.

– Hanya Mengandalkan Satu Media untuk Beriklan

Di era digital saat ini, banyak media yang bisa bisnis gunakan untuk memasarkan produk. Sayangnya tidak sedikit bisnis yang belum menyadari hal ini. Mereka masih fokus melakukan pemasaran secara konvensional dengan menggandalkan satu media saja.

– Tidak Mengukur Efektivitas Promosi

Kebiasaan lainnya yang sering dilakukan bisnis adalah melakukan promosi tanpa mengukur keefektivitasannya. Akibanya kesalahan dalam marketing terjadi berulang. Padahal dengan mengukurnya, Anda dapat mengidentifikasi sumber permasalahan marketing dan memperbaikinya.

– Kurang berinteraksi dengan pelanggan

Perilaku pelanggan saat ini lebih meyukai untuk terlibat langsung dengan sebuah bisnis. Mereka berharap dapat berkomunikasi langsung dengan bisnis. Sayangnya sebagian bisnis masih membatasi interaksi dengan pelanggan. Misalnya tidak menyediakan live chat atau tidak membalas pesan dari pelanggan.

Baca juga: 10 Tips Marketing yang Wajib Bisnis Terapkan


9 Cara Efektif Mengatasi Masalah Marketing

Untuk bisa menghindari masalah marketing, ada berbagai cara mengatasi masalah pemasaran yang bisa dilakukan baik lewat internal dan external. Contohnya adalah penyusunan strategi pemasaran yang mengikuti tren populer.

Namun itu saja tidak cukup, diperlukan penyusunan berkala dan strategi untuk melakukan marketing.

Berikut 9 Cara mengatasi masalah pemasaran yang efektif adalah

1. Lakukan Inovasi

Cara Mengatasi Masalah Marketing yang pertama adalah dengan melakukan inovasi.

Hal pertama untuk mengatasi masalah pemasaran adalah Anda perlu melakukan inovasi. Dimana inovasi ini bisa dimulai dengan produk Anda. Misalnya dengan memberikan sesuatu yang unik untuk menjadi ciri khas baru produk Anda

2. Tawarkan Harga yang Lebih Terjangkau

Cara mengatasi masalah marketing yang kedua dengan menawarkan harga yang lebih terjangkau.

Cara mengatasi masalah pemasaran keuda adalah dengan menurunkan harga. Bisa saja harga yang Anda tawarkan terlalu mahal, sehingga pelanggan yang berminat tidak mampu membelinya.

Buatlah harga baru yang ideal sesuai dengan kemampuan target pasar Anda. Tapi jangan sampai harga tersebut di bawah biaya produksi.

3. Carilah Target yang Lebih Sesuai dengan Produk

Cara mengatasi masalah pemasaran yang ketiga dengan memilih pasar yang sesuai.

Bisa saja target pasar Anda tidak tepat. Oleh karena itu, cara mengatasi masalah pemasaran ketiga ini Anda bisa melakukan riset target baru. Buatlah segmentasi pasar baru sesuai dengan produk Anda untuk menemukan target baru yang tepat.

Manfaatkan database customer yang Anda miliki untuk mempermudah menemukan target pelanggan baru.

Baca juga: 13 Cara Menentukan Target Pasar dan Contoh Penerapannya

4. Buatlah Strategi Baru

Cara mengatasi masalah pemasaran yang keempat adalah membuat Strategi Baru

Tidak ada salahnya untuk membuat strategi pemasaran yang baru. Siapa tahu dengan memodifikasi strategi pemasaran yang Anda akan membuahkan hasil yang memuaskan.

Tapi, Anda perlu mengidentifikasi masalah marketing pada strategi sebelumnya, kemudian memperbaikinya di strategi baru.

5. Uji Coba Strategi Baru

Cara yang kelima adalah menguji coba strategi baru.

Setelah Anda membuat strategi baru, langkah selanjutnya yang paling tepat adalah dengan mengujinya. Coba jalankan tes A/B untuk melihat mana yang berkinerja lebih baik. Jangan ragu untuk mengujinya diberbagai media pemasaran sekaligus untuk mendapatkan hasil lebih spesifik.

6. Maksimalkan Penggunaan Media Sosial

Cara keenam dengan memaksimalkan media soisal

Konten yang baik tidak hanya untuk dibawa ke dunia sosial media dan diinformasikan begitu saja kepada para target customer, namun konten yang baik di dalam media sosial haruslah dapat menimbulkan interaksi dengan orang-orang di media sosial.

Sebagai tips marketing, maka lakukan banyak share informasi bermanfaat dan berkomunikasilah secara responsif dengan orang-orang yang sudah menyukai page atau mem-follow Anda.

Untuk mengatasi kesulitan ini, Anda harus menemukan media sosial tempat di mana target customer Anda banyak berkumpul dan lakukan interaksi sesering mungkin dengan mengeposkan sesuatu. Tetaplah aktif agar tidak kehilangan kesempatan menemui customer baru.

Baca juga: 13 Tips Social Media Marketing yang Efektif Meraih Banyak Pelanggan!

7. Tentukan Rate of Return (ROI)

Cara ketujuh adalah menentukan ROI

Tips marketing yang satu ini adalah atasi kesulitan ini dengan mengecek kembali status data analitik marketing yang sudah Anda lakukan. Anda dapat mengecek mana strategi yang bekerja lewat data yang akurat dan memfokuskan budget marketing Anda ke strategi tersebut.

Jangan hanya memperhatikan berapa jumlah trafik yang diterima situs Anda, namun perhatikan trafik mana yang mendatangkan penjualan, customer baru dan memberikan kesempatan untuk terjadinya interaksi.

Baca Juga: Pengertian Return on Investment (ROI) dan Cara Menghitungnya

8. Berikan lebih banyak waktu

Cara mengatasi masalah marketing selanjutnya dengan memberikan lebih banyak waktu

Jangan cepat mengambil kesimpulan bahwa pemasaran yang Anda jalankan gagal. Padahal setiap metode pemasaran membutuhkan waktu untuk mencapai keberhasilan. Tentukan tenggang waktu yang tepat agar bisa dievaluasi, jangan terlalu lama.

9. Libatkan pelanggan

Memberikan pengalaman yang konsisten di lintas saluran

Meski ini masalah bisnis Anda, tapi jangan ragu untuk meminta feedback dari pelanggan Anda. Misalnya terkait keluhan yang mereka rasakan saat menggunakan produk atau jasa Anda.

Jangan lupa untuk meminta saran dari mereka untuk sebagai bahan pertimbangan untuk melakukan perbaikan strategi pemasaran Anda.

Dengan begitu, Anda akan memiliki strategi pemasaran sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Selain itu, pelanggan juga merasa dihargai karena saran mereka bermanfaat.

Baca Juga: 80+ Istilah Penting dalam Dunia Marketing (Digital dan Konvensional)


Atasi Masalah Marketing Anda Sekarang!

Logo Mekari Qontak

Dari uraian diatas, Anda dapat mengetahui  bahwasanya tidak sedikit masalah marketing yang dihadapi oleh bisnis. Di mana masalah tersebut mengakibatkan bisnis gagal untuk mendapatkan pelanggan.

Oleh karena itu, Anda bisa menerapkan 9 cara mengatasi masalah pemasaran. Namun hal tersebut tidak mudah tanpa bantuan aplikasi marketing.

Mekari Qontak menyediakan solusi end-to-end melalui aplikasi marketing yang dapat terhubung aplikasi lainnya melalui sistem omnichannel. Dengan menggunakan aplikasi marketing Qontak, Anda dapat memaksimalkan pemasaran Anda dan menghindari masalah pemasaran yang mungkin terjadi.

Lebih dari 3000 perusahaan dari berbagai industri sudah membuktikannya bersama dengan Mekari Qontak. Tak hanya itu saja, Mekari Qontak telah tersertifikasi ISO 27001 untuk memastikan keamanan informasi data pelanggan Anda.

Hubungi Mekari Qontak Sekarang!

Related Articles

WhatsApp WhatsApp Sales