Mekari Qontak
Marketing Other Business

Cara Memanfaatkan Influencer untuk Mendatangkan Traffic

Influencer

Di dunia digital, audiens serta fans yang loyal membantu membuat identitas brand lebih solid dan mendatangkan trafik yang konsisten. Anda tidak bisa berusaha mengumpulkan likes atau followers dari koneksi yang Anda miliki, dan Anda perlu mulai mengumpulkan pengikut baru yang memang secara sadar membutuhkan informasi dari brand Anda dan berpotensi menjadi pelanggan tetap Anda. Hal ini dapat Anda peroleh dengan memanfaatkan influencer.

Apa itu influencer? Influencer merupakan persona di internet yang sudah memiliki fanbase dan memiliki pengaruh yang cukup kuat di mata para fanbasenya. Orang-orang seperti ini tidak selalu datang dari kalangan selebritis, dan pemanfaatan salah satu platform media sosial yang mereka pilih secara maksimal dapat membuat mereka sangat populer. Dengan memanfaatkan jasa dari influencer, mereka bisa mengarahkan fans mereka untuk turut menjadi fans brand dan bisnis Anda. Berikut ini berbagai hal yang bisa Anda manfaatkan dalam hal kolaborasi dengan para influencers.

  1. Lewat blog

Mintalah bloggers yang sudah memiliki banyak subscribers untuk melakukan review pada produk Anda. Temukan bloggers aktif yang menulis tentang hal-hal yang relevan dengan bisnis Anda, dan sediakan bloggers-bloggers ini dengan produk atau endorsement jasa dari brand Anda sehingga mereka dapat menyebut brand Anda dan meminta fans mereka untuk ambil bagian atau menjadi fans aktif Anda. Jika Anda bisa secara serentak meminta beberapa bloggers dengan fanbase yang besar memberikan review positif mengenai produk Anda, subscriber dan followers Anda dapat bertambah secara efektif dengan prospek yang benar-benar ingin memakai bisnis Anda.

Influencer

Sumber gambar: noupe.com

  1. Lewat Instagram

Melalui platform yang berkekuatan visual ini, Anda dapat melakukan penempatan produk yang tertarget. Anda dapat memulai dari fokus mempromosikan salah satu jasa atau produk unggulan yang ditawarkan oleh brand Anda dan kumpulkan para influencer yang rajin melakukan postingan sesuai dengan industri brand Anda, terutama para pemilik followers yang aktif berinteraksi dengan mereka. Kemudian, mintalah para Instagrammers ini mengambil foto yang menampilkan produk atau jasa Anda secara serentak dan menggunakan hashtag yang relevan, untuk membuat produk Anda mendapatkan exposure yang maksimal.

  1. Lewat Pinterest

Pinterest di Indonesia mungkin tidak sepopuler di negara-negara lain, namun Anda dapat menjangkau market yang benar-benar spesifik lewat Pinterest. Carilah pemilik Pinterest dengan followers yang banyak, dan luncurkan koleksi dari brand Anda yang memakai nama pemilik akun tersebut sebagai kolaborator. Berikan hak eksklusif untuk pemilik akun Pinterest ini untuk mendesain atas namanya, dan luncurkan secara eksklusif di akun Pinterest brand Anda.

Influencer

Sumber gambar: webpresence.tv

  1. Lewat YouTube

Dengan semakin menjamurnya promosi via online video dan bermunculannya media-media sosial yang dibuat seru dengan video amatir, YouTube dan influencernya merupakan platform yang tidak boleh dilewatkan. Anda dapat mengambil risiko dengan mengajak influencer dengan topik bahasan yang sesuai dengan brand Anda sebagai kolaborator brand Anda dan menciptakan koleksi atau menjelaskan tutorial yang kemudian akan membuat penontonnya tertarik mencoba sendiri dengan masuk ke situs Anda. Cara ini dapat menambah nilai pengetahuan serta membuat fans berat dari influencer yang Anda pilih mau berpartisipasi.

Dengan cara dan perlakuan yang tepat, influencer dapat menjadi jembatan Anda untuk mencetak sales secara konsisten.

Related Articles

WhatsApp WhatsApp Sales