Daftar isi
5 min read

Brand Extension: Pengertian, Manfaat, dan Contoh Penerapannya

Tayang 31 Juli 2023
Diperbarui 12 Desember 2023
Brand Extension: Pengertian, Manfaat, dan Contoh Penerapannya

Saat ini, cukup mudah menemukan sebuah brand yang mengembangkan berbagai produk. Teknik tersebut dikenal sebagai salah satu bagian dari strategi brand extension .

Perusahaan asal Amerika Serikat, Apple menggunakan strategi brand extension untuk memperluas pasar mereka. Berawal dari komputer Mac yang populer, perusahaan dengan logo buah apel tersebut menjual berbagai produk baru, mulai dari iPod, iPad, hingga iPhone. Produk tersebut pun laku di pasar global.

Tertarik untuk melakukan hal serupa? Yuk, pelajari lebih lanjut mengenai brand extension pada artikel berikut.

Apa itu Brand Extension?

Brand extension adalah strategi yang brand kembangkan untuk menjangkau pelanggan dengan demografi berbeda. Cara yang paling menonjol dari strategi ini adalah dengan menciptakan beragam produk sesuai dengan kebutuhan pelanggan di target demografi tersebut.

Sementara itu, Investopedia mengungkapkan bahwa brand extension yang sukses akan membantu perusahaan mencapai demografi baru, memperluas basis pelanggannya, meningkatkan penjualan, dan meningkatkan margin keuntungan bisnis secara keseluruhan.

Pada dasarnya strategi brand extension ini fokus mengembangkan berbagai jenis produk dengan tujuan menjangkau target pasar lebih luas. Dengan begitu, diharapkan dapat menghasilkan penjualan dan keuntungan besar.

Bagaimana Strategi Brand Extension dalam Bisnis?

Ada berbagai strategi brand extension yang bisnis terapan. Penerapannya tentu perlu disesuaikan dengan kebutuhan setiap perusahaan.

Namun, ada beberapa poin penting yang perlu bisnis perhatikan dalam menerapkan strategi brand extension seperti berikut:

  • Pertama, mengukur ekuitas brand. Hal ini dilakukan untuk memprediksi dampak yang mungkin muncul dari aktivitas perluasan merek di masa depan.
  • Kedua, mitigasi risiko atau potensi yang muncul saat brand stretching.
  • Memaksimalkan kompetensi bisnis dengan membangun diferensiasi pasar.
  • Terakhir, melakukan riset pasar mulai dari analisis potensi, peluang, hingga kebutuhan pasar.

Baca juga: 11 Cara Memperbaiki Reputasi Buruk Brand

Apa saja Jenis Brand Extension?

Mengutip dari Wix bahwa penerapan strategi brand extension yang tepat dapat memperluas jangkauan dan mengembangkan bisnis. Namun sebelum itu, Anda perlu mengetahui jenis perluasan merek untuk menentukan yang tepat bagi perusahaan Anda.

Berikut beberapa jenis brand extension yang dapat bisnis Anda kembangkan:

1. Product Extension

Product extension memperluas jangkauan produk ke pasar baru. Salah satu caranya dengan menambahkan fitur baru sehingga meningkatkan product value. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan pendapatan bisnis.

Beberapa contoh perluasan produknya bisa dengan:

  • Merilis fitur baru pada produk
  • Menambah varian produk dari segi warna atau design
  • Menambah produk pelengkap untuk produk yang sudah ada. Misalnya brand shampo Pantene yang juga mengeluarkan conditioner.

Baca juga: Panduan Lengkap Brand Value beserta Fungsi dan Manfaatnya

2. Line Extension

Line extension mengembangkan produk baru ke lini produk yang sudah ada. Misalnya suatu perusahaan merilis varian rasa baru dari produk yang sudah Anda. Hal ini memberikan memberikan opsi pelanggan untuk memilih produk sesuai perspektif mereka.

Selain itu, jenis brand extension ini juga membuka kesempatan untuk menjangkau segmen pasar yang berbeda. Dengan begitu, margin keuntungan perusahaan tetap dapat meningkat secara signifikan.

3. Brand Distinction

Brand distinction memperluas marek dengan menciptakan produk berbeda namun masih mempertahankan ciri khas brand. Tujuannya untuk membedakan brand dengan kompetitor baik dari segi harga, kualitas, desain atau lainnya.

Contoh paling mudah ditemui adalah brand Apple yang memproduksi smartphone, laptop dan dekstop. Namun, Apple memperluas jangkaun pasarnya dengan meluncurkan Apple Watch dan Apple Music. Teknik yang dinamakan brand distinction.

4. Company Expertise

Company expertise extension merupakan upaya memperluas keahlian perusahaan. Tujuannya untuk meningkatkan keunggulan perusahaan sehingga bisa meraih target pasar yang lebih besar dan luas.

Contoh company expertise bisa Anda temui pada BCA yang memiliki pengalaman panjang di industri perbankan. Hal ini membuat BCA menjadi salah satu persuhaan perbankan terpercaya di Indonesia.

Dengan reputasi tersebut, BCA berhasil membangun kepercayaan pelanggan dan meluncurkan produk layanan investasi dan asuransi, seperti BCA Life, BCA AIA, dan BCA Sekuritas.

5. Leveraging of Lifestyle

Sesuai namanya, leveraging of lifestyle extension memperluas merek sesuai aspek gaya hidup pelanggan.

Contoh mudah adalah brand olahraga Nike yang selalui mengikuti perkembangan gaya hidup. Nike memanfaatkan citranya dengan gaya hidup sehat dengan membuat koleksi pakaian kasual, peralatan musik, dan aksesoris untuk memperluas jangkauan mereknya.

6. Transfer of Component

Tekahir, transfer of component fokus menciptakan produk baru dengan elemen berbeda seperti rasa, aroma, wangi, bahan, dan lain sebagainya. Elemen tersebut sengaja dibuat dengan menonjol untuk memikat pelanggan.

Baca juga: Kenali Karakteristik, Manfaat, Hingga Contoh Brand Essence

Contoh Perusahaan yang Berhasil Menerapkan Strategi Brand Extension

Berikut beberapa contoh perusahaan yang menerapkan brand extension adalah

– Samsung Galaxy

Samsung juga mengeluarkan berbagai macam produk baru untuk memperluas pasar mereka. Misalnya tablet, smartwatch, dan earphone nirkabel. Produk tersebut menggunakan brand Galaxy yang telah dikenal dahulu oleh pelanggan Samsung.

– Nike Air Jordan

Brand Nike menggandeng pebasket terkenal Michael Jordan meluncurkan seri sepatu Nike Air Jordan. Strategi ini berhasil menarik pelanggan yang juga menyukai gaya dan kualitas sepatu Nike.

– Aunt Jemima’s Pancake & Waffle Syrup

Awalnya, Aunt Jemima’s terkenal karena mengeluarkan produk sirup untuk pancake. Seiring berjalannya waktu, brand ini mengembangkan pancake mix untuk melengkapi sirupnya.

– Lego Movies

Perusahaan mainan Lego berusaha memperluas target pasarnya dengan merilis film animasi. Beberapa film besutan Lego berhasil tampil di bioskop berbagai negara. Film tersebut memberikan hiburan untuk anak-anak dan keluarga.

Tingkatkan Penjualan Anda dengan Brand Extension yang Tepat

Brand extension membantu perusahaan untuk memperluas jangkauan target pasar dengan produk baru. Hal ini dapat menarik pelanggan untuk mengeluarkan uang lebih.

Sebagian perusahaan menggunakan aplikasi omnichannel untuk memperluas pasar Anda. Aplikasi omnchannel mampu menggabungkan berbagai platform populer seperti sosial media, aplikasi chatting, email dan lainnya. Hal ini memudahkan dalam memantau aktifitas pemasaran.

Mekari Qontak menawarkan aplikasi omnichannel terbaik di Indonesia. Aplikasi omnichannel Mekari Qontak memiliki fitur lengkap yang mempermudah dalam mengelola pemasaran, penjualan dan customer service.

Kategori : BisnisMarketing
WhatsApp WhatsApp Sales