Mekari Qontak
Sales

Aplikasi Sales Management: 10 Rekomendasi Terbaik

Aplikasi Sales Management Infusionsoft

Penggunaan aplikasi sales management seperti sales CRM dapat membantu bisnis dalam merampingkan proses penjualan, meningkatkan kinerja karyawan, serta mengatasi kesulitan/masalah yang umumnya terjadi pada bagian penjualan.

Tetapi sebelum itu, Anda harus mempelajari lebih dahulu tentang cara memilih sales management system terbaik untuk bisnis Anda, serta fitur apa saja yang wajib ada pada aplikasi sales management tersebut.

Untuk mengetahuinya, yuk simak pembahasan lengkap tentang aplikasi sales management berikut ini!

Inilah 10 Rekomendasi Aplikasi Sales Management Terbaik:

  1. Mekari Qontak
  2. Infusionsoft
  3. OnContact CRM
  4. Nutshell
  5. Netsuite CRM
  6. Maximizer CRM
  7. Salesforce Work
  8. Base
  9. Teamgate
  10. Nimble

Image CTA aplikasi CRM


Apa itu Manajemen Penjualan?

Manajemen penjualan adalah proses pengembangan tenaga penjualan atau sales, yang mencangkup proses perencanaan, perekrutan, pelatihan, pengelolaan, pengawasan, dan koordinasi tenaga penjualan.

Adapun tujuan dari manajemen penjualan ialah untuk menetapkan tujuan tim penjualan, mengelola salesman, merencanakan dan mengendalikan seluruh proses penjualan, serta memastikan realisasi visi dan tujuan penjualan.

Selain bertujuan untuk membantu mencapai tujuan penjualan, sales management juga dapat memungkinkan bisnis Anda untuk tetap mengikuti tren pasar dan pertumbuhanindustrik terkait.

Dengan demikian, bisnis Anda tetap dapat bertahan dan berkembang meskipun berada di pasar yang semakin kompetitif sekalipun.


Apa itu Proses Penjualan?

Proses penjualan adalah serangkaian aktivitas yang telah ditentukan sebelumnya untuk digunakan sebagai panduan dalam mengembangkan penjualan, termasuk mengubah calon pelanggan potensial menjadi pelanggan.

Dalam penerapannya, setiap bisnis dapat memiliki proses penjualan yang berbeda-beda tergantung dengan kebutuhan masing-masing.

Namun, perlu diketahui bahwasanya proses penjualan bukan hanya harus sama seperti customer journey, tetapi juga harus mudah dipahami, bahkan oleh karyawan atau sales baru sekalipun.

Sementara itu, proses penjualan sendiri dapat terdiri dari beberapa tahapan, antara lain:

  1. Riset atau persiapan – Pada tahap ini, manajer penjualan perlu melakukan beberapa persiapan penjualan, termasuk di antaranya riset dan analisis guna mengetahui strategi seperti apa yang akan digunakan untuk penjualan nantinya.
  2. Prospecting – Setelah membuat persiapan dan perencanaan, manajer penjualan dapat mulai melakukan prospecting terkait calon pelanggan potensial.
  3. Pendekatan – Tahap ini adalah tentang bagaimana tim penjualan akan melakukan pendekatan dengan menghubungi calon pelanggan.
  4. Presentasi – Langkah ini mencakup promosi awal tim penjualan. Di mana membuat slide yang menarik menjadi contoh inisiatif yang mendukung langkah proses penjualan ini.
  5. Menangani keberatan pelanggan – Kemudian, Anda perlu meneliti potensi keberatan pelanggan dan menyusun tanggapan umum tercakup dalam langkah ini.
  6. Closing deal Dalam tahap ini, Anda perlu memikirkan hal apa saja yang mungkin terlibat untuk menutup kemungkinan kesepakatan.
  7. Tindak lanjut – Proses penjualan tidak berakhir ketika Anda berhasil melakukan closing deal. Setelah itu, Anda tetap harus melakukan follow-up atau tindak lanjut untuk meningkatkan hubungan pelanggan dan mendorong mereka melakukan pembalian kembali, atau bahkan menjadi pelanggan yang loyal.

Bagaimana Cara untuk Mengembangkan Proses Penjualan yang Efektif?

Untuk mengembangkan proses penjualan yang efektif, Anda perlu memahami terlebih dahulu ketepatan proses penjualan pada bisnis Anda. Di mana Anda perlu memahami detail pemasaran, penjualan, hingga perjalanan pelanggan di seluruh saluran.

Sementara itu, terdapat dua proses penjualan yang umum dilakukan bisnis, antara lain:

– Proses Penjualan B2C

B2C merupakan proses penjualan business-to-consumen atau bisnis ke konsumen. Dalam penerapannya, proses ini melibatkan penjualan barang langsung ke konsumen individu untuk penggunaan pribadi.

Secara umum, proses penjualan B2C dilakukan dengan melewati pihak ketiga seperti retailer, dan mengirimkan barang pembelian mereka langsung ke konsumen akhir, baik melalui toko online atau pun offline.

Dalam hal ini, memahami proses penjualan B2C sangat penting karena dapat membantu bisnis menentukan upaya pemasaran yang paling efektif untuk konsumen pengguna akhir dan bagaimana bisnis akan meningkatkan perjalanan pelanggan mereka.

Biasanya bisnis B2C akan menggunakan pemasaran untuk menarik pelanggan, membangkitkan minat mereka, dan pada akhirnya mendorong terjadinya transaksi penjualan.

– Proses Penjualan B2B

B2B adalah proses penjualan business-to-business, di mana transaksi yang dilakukan umumnya antara satu bisnis dengan bisnis lainnya, seperti grosir dan pengecer.

Berbeda dengan proses B2C yang terlihat lebih sederhana, proses penjualan B2B memiliki lebih banyak tahapan yang perlu dilakukan. Namun, tahapan proses penjualan B2B antara satu bisnis dan bisnis lainnya bisa saja berbeda.

Untuk mengembangkan proses penjualan B2B, Anda perlu memahami terlebih dahulu seluruh tahapan proses penjualannya. Lalu, sesuaikan dengan kebutuhan dan startegi penjualan bisnis Anda.

Tahapan Proses Penjualan pada Sektor B2B

Berikut adalah beberapa tahapan yang ada pada proses penjualan B2B:

  1. Lead generation adalah proses untuk menemukan prospek penjualan yang memenuhi syarat atau kriteria target pasar bisnis Anda.
  2. Discovery merupakan momen ketika Anda menemukan prospek yang tepat untuk bisnis Anda. Namun, ini tidak hanya sampai pada bagian penemuan saja, Anda juga perlu memahami siapa prospek Anda dan apa yang akan Anda tawarkan kepada mereka.
  3. Qualificationpada tahap ini, Anda perlu fokus pada masalah klien dan tentukan apakah Anda dapat menyelesaikan masalah tersebut dengan solusi bisnis atau tidak.
  4. Pitch adalah proses di mana Anda melemparkan umpan untuk menarik minat klien Anda, misalnya seperti promosi penjualan. Dalam hal ini, kreativitas dan akuntabilitas sangatlah dibutuhkan.
  5. Objection handlingperlu diketahui bahwasanya tidak semua prospek akan melakukan transaksi penjualan setelah melihat promosi yang Anda berikan. Mereka mungkin malah akan mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang harus Anda jawab. Untuk itu, Anda perlu berusaha menjawab pertanyaan mereka dengan sebaik mungkin.
  6. Closing merupakan momen di mana Anda telah menunjukkan nilai produk Anda, menangani semua keberatan mereka, dan meyakinkan prospek bahwa solusi Anda adalah investasi yang tidak dapat dilewatkan. Hingga akhirnya mereka setuju untuk melakukan kesepkatan penjualan.
  7. Follow up – Setelah proses penjualan selesai, Anda tetap harus melakukan tindak lanjut seperti mengirimkan email atau pesan untuk meninggalkan kesan yang baik dan meningkatkan hubungan Anda dengan klien.
  8. Check in, akhirnya Anda sampai pada proses penjualan yang paling akhir, yaitu di mana prospek telah resmi menjadi klien. Pada tahap ini, Anda dapat meminta feedback dari klien dan bahkan meminta rujukan terkait prospek potensial untuk mengulang kembali seluruh proses penjualan sebelumnya.

CRM Sebagai Aplikasi Sales Management

Untuk mencapai tujuan penjualan yang berhasil dan sukses, Anda perlu memiliki manajemen penjualan yang tepat. Namun, banyaknya tahapan pada proses penjualan sering kali membuat produktivitas dan kinerja tim penjualan menjadi tidak efektif.

Untuk itu, Anda membutuhkan sales management system seperti CRM untuk dapat membantu Anda menyediakan saluran penjualan yang sistematis bagi semua jenis dan ukuran bisnis. Penggunaan CRM sebagai aplikasi sales management dapat memungkin Anda dan tim untuk memiliki kinerja penjualan yang lebih baik.

Selain itu, penggunaan aplikasi CRM sebagai sales management system juga dapat membantu Anda untuk mencatat setiap informasi yang masuk dan keluar, sehingga tidak akan ada lagi informasi penting yang akan terlewat saat berinteraksi dengan pelanggan.

Saya Mau Coba Gratis CRM Mekari Qontak Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Mekari Qontak Sekarang!

Selengkapnya mengenai aplikasi sales management dapat Anda pelajari di video berikut ini:

Fitur CRM Sebagai Aplikasi Sales Management

Berikut adalah fitur-fitur canggih CRM yang dapat digunakan untuk kebutuhan sales management:

1. Lead Management / Manajemen Prospek

Fitur ini dapat membantu Anda untuk memprioritaskan manajemen prospek, seperti melacak prospek potensial dari sumbernya, memberi peringatan, menindaklanjuti prospek hingga mencapai close deal melacak kesepakatan.

2. Dashboard Canggih

Fitur dashboard laporan yang canggih dapat dikustomisasi sesuai dengan kebutuhan bisnis atau perusahaan. Selain itu, dasbor ini juga dapat menampilkan berbagai tampilan informasi penting terkait produk, pelanggan, dan transaksi penjualan.

Sehingga dapat memudahkan sales untuk melakukan proses penjualan.

3. Manajemen Pipeline dan Proses

Fitur manajemen pipeline dan proses dalam CRM sales management system dapat memungkinkan perusahaan untuk memvisualisasikan dan membuat pipeline yang dapat disesuaikan, untuk mengelola penjualan, proyek, deals, dan proses apapun.

Selain itu, fitur ini juga dapat memberikan ringkasan metrik dalam interface yang intuitif dan mudah dipahami. Tidak hanya itu saja, pengguna juga dapat beralih dari tampilan papan ke tampilan daftar untuk membangun fleksibelitas.

3. Tugas dan Notifikasi Otomatis

Anda dapat mengatur otomatisasi di CRM untuk mengingatkan anggota tim Anda tentang kegiatan atau agenda tertentu. Di sisi lain, Anda juga dapat membuat tugas secara otomatis berdasarkan otomatisasi berbasis pemicu secara instan.

Lebih lanjut, notifikasi dapat dipicu atau diatur secara manual melalui penyebutan @ rekan satu tim untuk tindakan tertentu. Anda juga dapat menautkan notifikasi ke aplikasi CRM seluler dan web.

4. Live-chat dan Web-chat

Anda dapat mengintegrasikan CRM sales management system dengan fitur live-chat dan web-chat  untuk membantu memudahkan prospek atau pelanggan dalam mengajukan pertanyaan dan meminta saran terkait produk serta layanan Anda.

5. GPS Live Tracking

Fitur GPS live tracking adalah fitur pelacakan lokasi yang dapat dilakukan secara offline dan pada waktu yang sebenarnya walaupun tanpa koneksi internet sekalipun.

6. Laporan dan Analisis

Fitur laporan dan analisis memungkinkan Anda untuk memiliki wawasan dan perspektif terkiat pelanggan, penjualan, dan bisnis secara keseluruhan. Di mana dalam prosesnya, semua hal tersebut dilakukan secara otomatis.

Dengan demikian, Anda dapat dengan mudah untuk lebih memahami pelanggan dan membuat keputusan serta strategi bisnis yang lebih tepat.

8. Integrasi

Aplikasi CRM dapat Anda integrasikan dengan berbagai sistem pendukung bisnis lainnya, seperti omnichannel ataupun WhatsApp API untuk kemudahan bisnis yang lebih optimal.

Dengan demikian, Anda tidak hanya dapat melakukan aktivitas penjualan, tetapi juga pemasaran dan layanan pelanggan dalam satu platform terpadu.

8. Akses Mobile

Secara umum, sales lapangan memiliki mobilitas yang tinggi untuk melakukan berbagai aktivitas penjualan, seperti meeting dengan banyak klien di berbagai lokasi yang berbeda.

Dengan demikian, fitur mobile sangat dibutuhkan tim penjualan untuk mendukung pekerjaan mereka dan memastikan tetap produktif selama berada di luar kantor.

Baca Juga: Strategi Sales Funnel: Definisi dan Cara Menerapkan


Apa Saja Manfaat CRM Sebagai Aplikasi Sales Management?

– Memberikan Wawasan Terkait Prospek dan Bisnis

Penggunaan aplikasi CRM sebagai sales management system dapat membantu Anda untuk memeroleh wawasan atau insight terkait prospek, pelanggan, dan bisnis Anda secara keseluruhan.

Di mana Anda dapat melihat histori atau riwayat transaksi penjualan Anda dan mengetahui hal apa saja yang perlu diperbaiki atau dipertahankan.

Misalnya seperti menargetkan prospek yang lebih tepat, bagian mana dari sales funnel yang harus diperbaiki, atau siapa saja pelanggan yang memiliki repeat-order tinggi.

Semua informasi tersebut dapat Anda manfaat sebagai informasi untuk persiapan penjualan Anda ke depannya dan membuat keputusan serta strategi bisnis yang lebih akurat dan tepat.

– Mengotomatiskan Proses Penjualan

Manfaat CRM sales management system berikutnya adalah salah satu yang paling menarik dan berkesan, yaitu mengotomatiskan proses penjualan. Anda tidak perlu lagi repot-repot untuk melakukan semua tahapan pada proses penjualan secara manual.

Dengan demikian, Anda dapat berfokus pada klien dan strategi penjualan Anda guna meningkatkan peluang penutupan deal yang lebih besar.

– Melacak Aktivitas Penjualan

Banyaknya tugas, proses, dan klien yang harus dihadapi mungkin saja membuat Anda jadi melewatkan peluang kesepakatan yang sangat menguntungkan.

Namun, Anda tidak perlu khawatir lagi. Karena aplikasi CRM memiliki fitur pipeline management dan pengingat otomatis yang dapat membantu Anda untuk menyelesaikan seluruh close deal dengan efektif dan tepat waktu.

– Meningkatkan Penjualan

Kemudahan yang diberikan oleh CRM sales management system tidak hanya dapat membantu Anda untuk lebih memahami pelanggan dan memantau proses penjualan, tetapi juga dapat membantu Anda untuk meningkatkan penjualan dan pendapatan bisnis.

Hal ini berkaitan dengan poin pertama, di mana informasi yang Anda peroleh terkait pelanggan dapat membantu Anda untuk mengambil keputusan yang lebih baik, dan pada akhirnya meningkatkan peluang penjualan dan pendapatan bisnis Anda.

– Meningkatkan Komunikasi dan Kolaborasi Tim

Dalam menghasilkan penjualan, tim marketing dan sales harus berkoordinasi dan berkolaborasi dengan baik. Apabila terdapat kesenjangan di antara keduanya, maka akan sulit bagi bisnis untuk meningkatkan penjualan mereka.

Di sinilah aplikasi sales management memainkan peranan penting untuk menjembatani kesenjangan dan menciptakan koneksi yang menghasilkan operasi yang lebih kohesif antara karyawan di perusahaan Anda.

– Menciptakan Pengalaman Pelanggan yang Menyenangkan

Aplikasi CRM sales management dapat membantu Anda untuk memiliki perspektif holistik tentang pelanggan dan bisnis, mengotomatiskan dan merampingkan proses penjualan, dan meningkatkan produktivitas tim di setiap tahapan penjualan.

Akibatnya, operasional penjualan pun berjalan dengan lancar, produktivitas meningkat, kinerja bisnis menjadi maksimal, dan yang paling penting adalah terciptanya pengalaman pelanggan yang menyenangkan.

Apabila hal tersebut terjadi, maka bukan tidak mungkin bagi mereka untuk melakukan pembelian kembali atau bahkan menjadi salah satu pelanggan loyal bisnis Anda.

– Mengevaluasi Kinerja Tim dan Penjualan

CRM sales management system memiliki fitur analisis dan laporan yang dapat membantu Anda untuk mendapatkan informasi dan analisis terkait penjualan secara mudah dan real-time. Selain itu, Anda juga dapat melihat KPI yang telah ditetapkan dan mengetahui apakah target sudah tercapai atau belum.

Dengan demikian, Anda dapat mengetahui produktivitas tim serta penjualan Anda, dan mengevaluasi kinerja mereka untuk meningkatkan performa penjualan yang lebih baik.


Apa Saja 10 Rekomendasi Aplikasi Sales Management?

Rekomendasi Aplikasi Sales Management Terbaik

Saat ini terdapat begitu banyak penyedia sales management apps yang dapat Anda temui di pasaran. Masing-masing dari sales management system tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Oleh karena itu, kami merekomendasikan dan mengulas 10 aplikasi sales management terbaik yang dapat Anda pilih, yaitu:

1. Mekari Qontak

aplikasi-sales-management-qontak-1

Mekari Qontak merupakan perusahaan penyedia aplikasi sales CRM terbaik yang dapat berfungsi sebagai aplikasi sales management. Karena dijalankan menggunakan sistem CRM Omnichannel, maka sales management system Mekari Qontak mencakup semua fitur utama dari CRM yang dimilikinya, yaitu:

Saya Mau Coba Gratis CRM Mekari Qontak Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Mekari Qontak Sekarang!

Fitur:

  • Manajemen database dengan tampilan 360 Derajat yang mudah.
  • Memiliki pengaturan akses hierarki database.
  • Menyimpan semua catatan, komunikasi, tugas, dan file secara lengkap.
  • Laporan penjualan, layanan pelanggan, serta ticket yang dapat disesuaikan.
  • Laporan garis tren dan aktivitas yang memuat laporan mingguan/bulanan serta analisis bisnis yang rinci.
  • Visualisasi penjualan, ticket, dan project pipeline.
  • Fitur drag and drop, pop ups, dan filter yang kuat dengan multiple pipelines.
  • Menangani kesepakatan yang telah berakhir serta mengelola pipeline yang saling terhubung.
  • Dokumen yang dapat disesuaikan dari Word atau Spreadsheet.

Harga: Rp 200.000/bulan untuk setiap pengguna

Kelebihan Mekari Qontak (Pros): Kekurangan Mekari Qontak (Cons):
  • Menyediakan uji coba secara gratis untuk pelaku bisnis yang berminat sebelum memutuskan untuk berlangganan.
  • Memberikan dukungan penuh terhadap pelanggan.
  • Tampilannya yang dinamis dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna.
  • Aplikasinya mudah untuk dipelajari dan dipahami sehingga memudahkan penggunanya.
  • Tidak hanya menyediakan CRM saja, namun juga sebagai BSP dari WhatsApp yang dapat membantu Anda memperoleh centang hijau pada WhatsApp Business API yang dapat mendukung tim sales pada bisnis Anda.
  • Untuk fitur yang demikian lengkap, sayangnya Mekari Qontak saat ini masih berfokus untuk market lokal saja.

2. Infusionsoft

Aplikasi-Sales-Management-Infusionsoft

Sebuah perusahaan yang telah memiliki pengalaman selama 16 tahun dalam mendukung penjualan pada bisnis dengan skala kecil. Infusionsoft membantu menganalisis prospek bisnis dengan mengoptimalkan keterlibatan Anda dengan audiens Anda, meningkatkan rasio konversi bisnis Anda untuk melayani pelanggan secara langsung, dan memaksimalkan waktu Anda untuk dapat fokus pada tugas-tugas lain yang penting untuk bisnis Anda.

Fitur:

  • CRM
  • Web forms
  • Memantau pesanan, jumlah penjualan, dan sebagainya
  • Pemasaran melalui email dan kampanye secara otomatis
  • Laporan dan analisis
  • Program manajemen referral
  • Drag and drop untuk mengatur desain serta landing page
  • Lead scoring dan distribusi

Harga: Terdapat beberapa paket harga yang ditawarkan. Mulai dari $199/bulan untuk setiap pengguna, sampai $599/bulan untuk setiap pengguna.

Kelebihan Infusionsoft (Pros): Kekurangan Infusionsoft (Cons):
  • Aplikasi dapat digunakan baik pada perangkat seluler maupun desktop.
  • Mendukung semua jenis e-commerce.
  • Proses pembayaran yang mudah.
  • Harga yang ditawarkan sangat mahal untuk sebuah sales management apps.
  • Bahasa yang disediakan terbatas.
  • Hanya menggunakan cloud sebagai basisnya.

3. OnContact CRM

Aplikasi-Sales-Management-OnContact-CRM

Merupakan sebuah solusi CRM untuk bisnis skala menengah yang memiliki fitur lengkap, fleksibel, serta kuat. Aplikasi ini ditawarkan sebagai cloud yang menampilkan otomatisasi penjualan lengkap, otomatisasi pemasaran, layanan pelanggan, dan fungsionalitas pusat kontak.

Fitur:

  • Kustomisasi pada Platform
  • Otomatisasi Sales Force
  • Otomatisasi Pemasaran
  • Dukungan Pelanggan
  • Integrasi Data
  • Laporan dan Analisis

Harga: $60/bulan untuk setiap pengguna (cloud system) dan $995/bulan untuk setiap pengguna (on-premise system)

Kelebihan OnContact (Pros): Kekurangan OnContact (Cons):
  • Aplikasi ini cukup responsif saat digunakan baik pada desktop maupun perangkat seluler.
  • Dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna, sehingga program dapat menyesuaikan dengan alur kerja masing-masing bisnis.
  • Menyediakan basis on-premise dan cloud.
  • Harga yang ditawarkan sangat tinggi terutama untuk paket on-premise.
  • Pengguna banyak mengalami kendala dalam menjalankan sistem pelaporan pada aplikasi.
  • Pelatihan yang diberikan kepada pengguna perlu diperbaiki karena pengguna masih merasa kesulitan dalam hal kustomisasi.

4. Nutshell

Aplikasi-Sales-Management-Nutshell

Nutshell adalah CRM yang mudah digunakan untuk mengoptimalkan upaya tim dan mendorong adanya kolaborasi antar tim. Sales management system ini dapat disesuaikan dengan otomatisasi penjualan dan kemampuan pengurutan email, yang terintegrasi dengan sangat baik dengan Gmail, Outlook, dan banyak lagi.

Fitur:

  • Otomatisasi Penjualan
  • Manajemen Pipeline
  • Laporan
  • Manajemen Kontak
  • Email
  • Kolaborasi Tim
  • Pemasaran

Harga: Tersedia dalam 2 paket, yaitu Paket Pemula seharga $19/bulan untuk setiap pengguna, dan Paket Pro seharga $35/bulan untuk setiap pengguna.

Kelebihan Nutshell (Pros): Kekurangan Nutshell (Cons):
  • Menampilkan empat tampilan manajemen pipeline, termasuk halaman prospek yang menggunakan drag and drop.
  • Cukup fleksibel untuk digunakan oleh tim sales.
  • Menawarkan dukungan pelanggan secara langsung dan gratis.
  • Tidak tersedia kalender dalam aplikasinya.
  • Grafik yang tersedia dalam dashboard perlu ditingkatkan.
  • Perlu penyesuaian lebih untuk dapat menggunakan aplikasinya dengan lancar.

5. Netsuite CRM

Aplikasi-Sales-Management-Netsuite-CRM

NetSuite CRM adalah salah satu solusi cloud yang memberikan tampilan 360 derajat secara real-time dari pelanggan Anda. Termasuk dalam rangkaian aplikasi NetSuite, NetSuite CRM menyediakan informasi lengkap di seluruh proses bisnis, mulai dari prospek hingga peluang, pesanan, penjualan, pembaruan, penjualan ulang, penjualan silang, dan dukungan pelanggan.

Fitur:

  • Manajemen Pelanggan
  • Pelacakan Waktu, Pesanan, Penjualan
  • Manajemen Kampanye
  • Pemasaran melalui email
  • Manajemen Peluang
  • Kompensasi Insentif
  • Lead Management

Harga: Lisensi dasarnya dibanderol sebesar $999/bulan dengan biaya akses sebesar $99/bulan untuk setiap pengguna.

Kelebihan Netsuite CRM (Pros): Kekurangan Netsuite CRM (Cons):
  • Mengakomodasi kebutuhan berbagai ukuran bisnis dan industri.
  • Membantu pengguna aplikasinya untuk mengumpulkan dan menganalisis prospek hingga menjadi pelanggan.
  • Dapat diintegrasi dengan berbagai e-commerce.
  • User interface tidak diupdate secara berkala sehingga menghasilkan pengalaman yang kurang intuitif bagi pengguna.
  • Terdapat kendala terkait dukungan pelanggan yang terbilang lamban.
  • Sulit untuk melakukan kustomisasi tanpa kemampuan html yang cukup.

6. Maximizer CRM

Aplikasi-Sales-Management-Maximizer-CRM

Merupakan aplikasi CRM yang membantu bisnis untuk berkembang. Sales management system ini memaksimalkan perolehan prospek, mengelola jalur pipa untuk mempersingkat siklus penjualan, membantu penggunanya untuk menghasilkan lebih banyak kesepakatan untuk meningkatkan pendapatan, dan memungkinkan Anda memberikan layanan pelanggan yang luar biasa.

Fitur:

  • Otomatisasi pada Sales Force
  • Otomatisasi Pemasaran
  • Dukungan Pelanggan
  • Dukungan untuk Mobile dan Social
  • Laporan dan Analisis

Harga: Terdapat 3 paket harga, yaitu: $29/bulan untuk setiap pengguna (Small Office), $49/bulan untuk setiap pengguna (Business Plus), dan $89/bulan untuk setiap pengguna (Insight).

Kelebihan Maximizer (Pros): Kekurangan Maximizer (Cons):
  • Memberikan dukungan pelanggan dengan sangat baik dan ramah.
  • Tidak ada tambahan biaya lagi untuk fungsi tambahan, dan harga yang ditawarkan dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan budget pengguna.
  • Menggunakan penyimpanan pada cloud sehingga tidak memerlukan media penyimpanan yang besar.
  • Dukungan untuk perangkat seluler tidak maksimal.
  • Integrasi tanpa OutLook tidak berjalan sebagaimana mestinya.
  • Konfigurasi sulit untuk dilakukan.

7. Salesforce Work

Aplikasi-Sales-Management-Salesforce-Work

Salesforce Work menjamin layanan bisnis yang efisien, dan pemasaran yang efektif. Untuk membantu penggunanya lebih jauh dalam aktivitas bisnis sehari-hari, Salesforce memberi pengguna aplikasinya kesempatan untuk bekerjasama dengan spesialis dan konsultan mereka sebagai penasihat di perusahaan Anda.

Fitur:

  • Otomatisasi Sales Force
  • Otomatisasi Pemasaran
  • Dukungan Pelanggan
  • Laporan dan Analisis

Harga: Terdapat 4 paket harga yang berbeda sesuai kebutuhan penggunanya. Paket Sales Essential Edition $25/bulan per pengguna, Paket Professional Edition $75/bulan per pengguna, Paket Enterprise Edition $150/bulan per pengguna, dan Paket Unlimited Edition $300/bulan per pengguna.

Kelebihan Salesforce Work (Pros): Kekurangan Salesforce Work (Cons):
  • Dapat diintegrasi dengan aplikasi dan saluran bisnis penting lainnya.
  • Mudah untuk menambahkan dokumen penting, dan hanya butuh waktu singkat untuk melakukannya.
  • Memiliki user interface yang ramah untuk pengguna aplikasinya.
  • Terkadang proses kustomisasi membutuhkan waktu yang lebih lama dari biasanya.
  • Harga yang ditawarkan cukup tinggi, tambahan kustomisasi yang ditawarkan juga dibanderol dengan harga yang tinggi.

8. Base

Aplikasi-Sales-Management-Base

Base menyediakan navigasi yang disederhanakan melalui antarmukanya. Aplikasi ini bekerja secara efisien di perangkat apa pun yang diinstal (misalnya, laptop atau smartphone yang beroperasi di Android atau iOS).

Base menjamin implementasi data 6 kali lebih cepat, pelacakan aktivitas tim Anda tanpa hambatan, sinkronisasi data dalam waktu nyata, dan memberi Anda wawasan berdasarkan data yang dikumpulkannya.

Fitur:

  • Sales Pipeline yang dapat dikustomisasi
  • CRM yang dapat digunakan pada perangkat seluler dengan fitur yang lengkap
  • Otomatisasi Penugasan
  • Penilaian untuk Lead dan Deal

Harga: Terdapat 3 paket harga yang dapat dipilih, yaitu: Paket Starter Plan seharga $45/bulan untuk setiap pengguna dan penagihan dilakukan per tahun, Paket Professional Plan seharga $95/bulan untuk setiap pengguna dan penagihan juga dilakukan per tahun, dan yang terakhir Paket Enterprise Plan seharga $145/bulan untuk setiap pengguna dan penagihan juga dilakukan untuk setiap tahun.

Kelebihan Base (Pros): Kekurangan Base (Cons):
  • Sangat cocok digunakan pada perangkat seluler.
  • Dapat diintegrasi dengan berbagai marketplace.
  • Mendukung penuh komunikasi antar tim penjualan.
  • Harga yang ditawarkan terbilang tinggi untuk fitur yang ditawarkan.
  • Penagihan dilakukan per tahun sehingga budget yang harus disediakan di awal cukup besar.
  • Harus benar-benar yakin untuk berlangganan, karena pengguna harus berlangganan tahunan.

9. Teamgate

Aplikasi-Sales-Management-Teamgate

Teamgate adalah salah satu CRM yang berperingkat tinggi dan mudah digunakan. Aplikasi ini dapat dengan mudah diintegrasikan dengan aplikasi lainnya. Teamgate dirancang untuk membantu meningkatkan komunikasi di seluruh tim penjualan.

Aplikasi ini memberikan wawasan berdasarkan data dan melacak proses penjualan yang sedang berlangsung sehingga Anda akan selalu memperoleh informasi yang terbaru.

Fitur:

  • Manajemen Kontak
  • Email
  • Penyimpanan Dokumen
  • Contact database import
  • Sales Pipeline yang dapat dikustomisasi
  • Field dan Tag Kustom untuk Database Pelanggan

Harga: Terdapat 3 paket yang dapat Anda pilih, yaitu: Starter seharga $9/bulan untuk setiap pengguna, Professional seharga $26/bulan untuk setiap pengguna, dan Enterprise seharga $65/bulan untuk setiap pengguna.

Kelebihan Teamgate (Pros): Kekurangan Teamgate (Cons):
  • Mendukung kerjasama tim yang baik, misalnya dalam berbagi dokumen antar atau sesama anggota tim.
  • Harga yang ditawarkan untuk paket terendah cukup terjangkau, sesuai dengan fitur dasar yang ditawarkan.
  • Beberapa pengguna mengalami kendala error saat menggunakan aplikasinya.
  • Tidak terdapat opsi untuk melakukan tindakan secara otomatis sesuai instruksi yang diberikan.

10. Nimble

Aplikasi-Sales-Management-Nimble

Nimble merupakan sales management apps yang mengintegrasikan banyak alat yang berbeda. Sistem intuitif ini menyimpan aplikasi Anda di satu tempat dan memudahkan pengelolaan pelanggan dan penjualan Anda. Anda dapat mengintegrasikan email dan kalender Anda dari Google dan Outlook dengan platform ini.

Fitur:

  • Otomatisasi Sales Force
  • Otomatisasi Pemasaran
  • Dukungan Pelanggan
  • Mobile & Social
  • Laporan dan Analisis Data
  • Ketersediaan Data Kontak
  • Akurasi Data

Harga: Penggunanya dapat memilih pembayaran bulanan atau tahunan. Untuk pembayaran bulanan, harga yang ditetapkan adalah $25/bulan untuk setiap pengguna. Namun jika pengguna ingin melakukan pembayaran tahunan, harga yang ditawarkan adalah $19/bulan untuk setiap pengguna.

Kelebihan Nimble (Pros): Kekurangan Nimble (Cons):
  • Terdapat uji coba aplikasi secara gratis selama 14 hari sehingga pengguna dapat yakin untuk menggunakannya sebelum berlangganan.
  • Dilengkapi dengan laporan penjualan yang dapat dipantau pada hari tertentu, sehingga tidak membingungkan bagi penggunanya saat ingin mengetahui laporan harian.
  • Terdapat batasan dalam kustomisasi pada dashboard yang dimiliki.
  • Tidak terdapat notifikasi terkait dengan pesan atau email yang dikirimkan pengguna kepada pelanggan mereka.

Baca Juga: 15 Aplikasi Pendukung Sales dan Marketing Bisnis


Bagaimana Cara Memilih Aplikasi Sales Management Terbaik?

Cara memilih aplikasi sales management adalah sebagai berikut:

  • Menganalisa fitur apa saja yang dibutuhkan oleh bisnis Anda.
  • Memastikan apakah sales management apps tersebut dapat diintegrasi dengan aplikasi atau saluran bisnis lain.
  • Melakukan uji coba sales management system pada bisnis Anda terlebih dahulu agar Anda tahu aplikasi tersebut cocok atau tidak dengan kebutuhan bisnis Anda.
  • Memilih penyedia yang telah melayani perusahaan/bisnis di industri yang serupa dengan bisnis Anda, serta memilih penyedia yang berpengalaman melayani pelanggan lokal.
  • Periksa apakah kustomisasi dan pelatihan tersedia bagi Anda.
  • Perhatikan pengalaman pengguna lainnya (cari tahu testimoni pengguna aplikasi tersebut).

Bagaimana Cara Mendapatkan Aplikasi Sales Management Terbaik?

Aplikasi Sales CRM Mekari Qontak

Aplikasi sales management terbaik dapat dengan mudah Anda peroleh melalui Mekari Qontak. Sales management system Mekari Qontak memiliki fitur wajib yang lengkap serta dijalankan dengan sistem CRM Omnichannel sehingga dapat diintegrasikan dengan berbagai aplikasi dan saluran bisnis penting lainnya.

Selain itu, sales management system dari Mekari Qontak mudah untuk disesuaikan dengan kebutuhan bisnis penggunanya. Tampilan yang dimiliki juga mudah untuk dipahami sehingga dapat digunakan oleh pengguna pemula sekalipun.

Lebih lanjut, Mekari Qontak telah dipercaya lebih 3000+ perusahaan untuk menangani penjualan mereka. Tak hanya itu saja, Qontak juga telah tersertifikasi ISO 27001 untuk memastikan keamanan informasi data pelanggan.

Yuk, coba demo aplikasi CRM Mekari Qontak dan dapatkan FREE TRIAL selama 14 hari sekarang!

Hubungi Mekari Qontak sekarang!

 

Related Articles

WhatsApp WhatsApp Sales