Mekari Qontak
Other Business

31 Ide Bisnis Modal Kecil, Keuntungan Melimpah

Entrepreneur

Ingin Memulai Usaha? 31 Ide Bisnis Ini yang Bisa Anda Coba!

Di tengah persaingan bisnis ketat saat ini, ilmu bisnis kuat tidak cukup untuk menjalankan bisnis. Tapi juga dibutuhkan kreativitas untuk mengembangkan ide bisnis. Dengan Ide bisnis menarik diharapkan membedakan Anda dari kompetitor sehingga mampu menarik pelanggan bertransaksi.

31 ide bisnis kreatif yang bisa dijadikan inspirasi untuk Anda tiru, sebagai berikut:

  1. Ide Bisnis Berjualan Bakery
  2. Camilan/Snack
  3. Frozen Food
  4. Olahan Ayam
  5. Kopi Kekinian
  6. Aneka Sayur, Bumbu, dan Daging Segar
  7. Katering Makanan Sehat
  8. Minuman Kesehatan
  9. Ide Bisnis menjadi Desainer Pakaian
  10. Membuka Clothing Line
  11. Produk Daur Ulang
  12. Florist
  13. Jasa Titip (Jastip)
  14. Beautypreneur
  15. Kerajinan Rotan
  16. Ide Bisnis Berjualan Barang Antik
  17. Buka toko E-Commerce
  18. Membuka Kursus Online
  19. Menjadi Translator
  20. Ide Bisnis menjadi Desain Grafis
  21. Memulai Ide Bisnis Dropship
  22. Menjadi Reseller
  23. Menjadi Freelance Sales Independen
  24. Jasa Konsultasi Bisnis
  25. Ide Bisnis Jasa Mendengarkan Curhatan
  26. Menyediakan jasa konseling online
  27. Ide Bisnis Menjadi Analis Data
  28. Menjadi Asisten Virtual
  29. Jasa Pengelola Akun Medsos Perusahaan
  30. Influencer Media Sosial
  31. Menjadi Pengurus Pembukuan Online

Apa itu Ide Bisnis?

Ide bisnis adalah buah pikir atau kreatifitas dari seorang atau kelompok pada suatu masalah atau untuk memenuhi kebutuhan pasar. Ide ini dibutuhkan untuk memperluas peluang usaha dalam menjalankan bisnisnya.

Peluang atau ide usaha perlu dipersiapkan secara matang. Pasalnya diperlukan analisa situasi lapangan secara langsung terkait dengan bisnis yang akan dijalankan. Dengan begitu bisnis yang ingin dirintis bisa berjalan sesuai jalurnya sehingga keuntungan dapat dicapai.


31 Ide Bisnis Online yang Bisa Anda Coba!

1. Ide Bisnis Berjualan Bakery

Ide Bisnis Bekery Shop

Meski banyak yang berjualan kue atau bakery di pasaran, ide usaha rumahan satu ini tidak ada salahnya untuk dicoba. Dengan sedikit kreativitas, Anda bisa menawarkan pilihan baru buat pecinta kue. Peminat atau pelanggan bakery juga banyak dipasar, kenali dan pahami kebutuhan dan keinginan mereka. Buatlah bakery sesuai dengan kebutuhan mereka dengan tampilan berbeda dan menarik.

2. Camilan/Snack

Makanan ringan atau snack menjadi produk favorit yang paling diminati masyarakat pada umumnya. Usaha cemilan bisa menjadi pilihan yang Anda geluti. Kelebihan usaha ini tidak perlu memiliki modal besar, tapi jualan dijamin untung banyak. Jika tak mau repot memproduksi sendiri, Anda bisa mengemas ulang cemilan kiloan yang dijual di pasaran untuk dijual.

3. Frozen Food

Ide Bisnis Frozen Food

Berjualan makan beku menjadi ide bisnis rumahan yang bisa Anda coba. Banyak pilihan makan beku seperti nugget, bakso, cireng, dimsum dan lainnya, sangat mudah dibuat dalam rumah. Modal yang dibutuhkan juga tidak banyak, tapi pasar yang tersedia cukup besar. Sebab makanan satu ini cukup diminati berbagai kalangan masyarakat.

4. Olahan Ayam

Ayam selalu menjadi makanan favorit orang Indonesia. Hal ini terlihat dari banyaknya jenis olahan ayam yang dijual dipasaran seperti ayam krispi, ayam geprek, ayam gulai, ayam kecap, ayam aneka bumbu lainnya. Selain banyak diminati, mengolah ayam juga terbilang mudah. Bahkan, Anda tidak perlu takut rugi karena kamu bisa menyimpan ayam ke dalam freezer agar lebih tahan lama.

5. Kopi Kekinian

Kopi Kekinian menjadi ide usaha makanan yang menjanjikan saat ini. Dimana konsumen tidak hanya dari pecinta kopi saja, namun yang tidak bisa minum kopi juga bisa menikmati karena rasa yang ditawarkan cenderung manis. Anda bisa menjual kopi kekinian dengan menonjolkan kemasan dan variasi pilihan seperti yang kini tengah banyak dipesan orang.

6. Aneka Sayur, Bumbu, dan Daging Segar

Ide Bisnis Aneka Sayur, Bumbu, dan Daging Segar

Berjualan aneka sayur, lauk-pauk, dan daging segar selalu banyak diminati orang. Anda bisa mengembangkan ide bisnis online ini dengan menawarkan layanan pengantar langsung, atau melalui aplikasi penjemput makanan sudah siap membantu melancarkan bisnis Anda.

7. Katering Makanan Sehat

Katering makanan sehat menjadi pilihan orang-orang yang sadar kebutuhan tubuh. Meski dijual cukup mahal, makanan sehat sangat diminati. Hal ini bisa Anda manfaatkan dengan membuka katering makanan sehat dan memasak sesuai pesanan. Usaha ini tidak memerlukan banyak modal dan bisa dipasarkan melalui online shop.

8. Minuman Kesehatan

Selain makanan, usaha minuman kesehatan juga cukup diminati. Beberapa minuman kaya manfaat seperti jamu, ramuan penurun berat badan, peningkat imunitas dan lainnya cukup diminati banyak pembeli. Anda hanya cukup mengemas minuman tersebut dalam botol dan pasarkan melalui online untuk lebih banyak menarik pembeli.

9. Ide Bisnis menjadi Desainer Pakaian

Ide Bisnis Desainer Pakaian

Apabila Anda kreatif dalam mendesain atau menggambar pakaian. Manfaatkan kemampuan Anda tersebut. Saat ini ada banyak situs freelancer yang membutuhkan jasa desainer. Selain itu, Anda juga bisa mengembangkan ide usaha online ini dengan menjual hasil karya Anda di berbagai website.

10. Membuka Clothing Line

Berjualan baju tidak selamanya hasil karya Anda sendiri. Anda tetap bisa membuka clothing line dengan menjual produk orang lain menjadi clothing line orisinil seperti pemilik brand Pulchragallery. Coba kenalkan clothing line Anda ke saudara atau kenalan yang menjual produk-produk orang lain. Cara ini efektif bagi pelaku usaha pakaian yang baru memulai.

11. Produk Daur Ulang

Ide bisnis online dengan modal kecil adalah menjual produk daur ulang seperti kerajinan tangan. Misalnya yang dilakukan oleh yang dilakukan warga di Tangerang berhasil mengubah sampah menjadi produk yang menghasilkan keuntungan miliaran rupiah seperti dikutip dari TribunNews.com. Anda bisa mengikuti menera dengan melakukan daur ulang barang bekas.

12. Florist

Mungkin Anda pernah melihat orang berjualan bouquet bunga di e-commerce atau media sosial? Meski tak banyak yang melakukannya, ide bisnis online yang satu ini bisa kamu coba juga. Terlebih, banyak orang biasanya membutuhkan bouquet bunga saat momen penting seperti valentine, wisuda, hari ibu, atau perayaan lainnya.

13. Jasa Titip (Jastip)

Ide bisnis online ini muncul seiring masifnya penggunaan media sosial. Bisnis ini cocok untuk Anda yang suka traveling terutama ke luar negeri. Anda bisa menawarkan ke teman Anda di media sosial untuk jasa titip barang seperti cemilan khas negara tersebut atau bahkan barang yang hanya bisa didapatkan di negara tersebut.

14. Beautypreneur

Bisnis kreatif ini menawarkan produk make up dan perawatan tubuh dengan penggemar yang didominasi wanita. Anda bisa mengembangkan bisnis kreatif bidang kecantikan dengan menjual berbagai peralatan make up seperti brush, cairan dan alat pembersihnya, bahkan rak akrilik tempat menyusun alat rias.

15. Kerajinan Rotan

Bisnis kerajinan rotan tidak pernah mengenal musim. Selalu saja ada penggemar yang membeli kerajinan rotan. Anda dapat merintis usaha kerajinan rotan dengan berinovasi menciptakan barang-barang yang belum pernah dibuat dengan rotan.

16. Ide Bisnis Berjualan Barang Antik

Meski terkesan kuno, Anda masih bisa menemukan banyak komunitas barang tempo dulu. Oleh karena itu, bisnis jual beli barang antik saat ini masih relevan. Contoh benda antik yang sering dicari adalah otomotif, perabot, kamera analog, televisi, radio, telepon dan lainnya.

17. Buka toko E-Commerce

Saat ini, hampir semua orang pasti pernah atau bahkan sering berbelanja secara online. Untuk membuat toko online, Anda hanya perlu menyiapkan daftar barang dan platform toko online. Kunci keberhasilan bisnis e-Commerce adalah efisiensi. Jadi, Anda mungkin harus terlibat dalam desain produk, layanan pelanggan, pemasaran online, dan lainnya. Salah satu cara terbaik adalah dengan memanfaatkan aplikasi Omnichannel dari Qontak.com untuk megelola semua saluran toko E-commerce Anda pada satu platform.

Saya Mau Coba Gratis Qontak.com Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak.com Sekarang!

18. Membuka Kursus Online

Bekerja sebagai pengajar kursus secara online juga bisa menjadi salah satu usaha rumahan yang menjanjikan. Anda tidak perlu menyediakan tempat atau berkunjung dari rumah ke rumah. Untuk memulai ide bisnis rumahan ini, Anda bisa bergabung di situs seperti Chegg atau Skooli yang sudah memiliki banyak pengguna sehingga Anda bisa lebih cepat mencari murid.

19. Menjadi Translator

Apabila menguasai bahasa asing, layanan penerjemahan bisa menjadi ide bisnis online yang menjanjikan. Anda bisa menerjemahkan berbagai jenis konten, seperti subtitle, konten web, buku, atau lainnya. Platform seperti ProZ dan Translated adalah tempat para penerjemah lepas berkumpul untuk mencari pekerjaan.

20. Ide Bisnis menjadi Desain Grafis

Orang-orang yang bekerja di bidang desain grafis umumnya memang memiliki latar belakang desain komunikasi visual. Akan tetapi, tidak sedikit juga yang memulainya dari belajar secara otodidak. Gunakan software-software yang biasanya digunakan untuk desain grafis seperti Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, dan Corel Draw. Buatlah sebuah portofolio dalam bentuk website. Hal ini penting dimiliki untuk meningkatkan daya jual jasa Anda.

21. Memulai Ide Bisnis Dropship

Ide usaha ini menjual produk secara online tanpa harus membuatnya sendiri. Model bisnis dropship ini mengharuskan Anda bekerja sama dengan pemasok grosir. Kemudian, Anda bisa meminta mereka untuk memasarkan produk atas nama Anda, yang dikenal dengan istilah white labeling.

Jadi, saat konsumen membuat pesanan, Anda harus menghubungi pemasok untuk menjualkan produk kepada konsumen tersebut. Tugas Anda hanya perlu mencari pelanggan. Sementara produksi, penyimpanan item, dan pengiriman akan dilakukan oleh pemasok.

22. Menjadi Reseller

Ide usaha ini menjualkan produk yang tidak Anda produksi. Menjadi reseller merupakan salah satu usaha rumahan yang menjanjikan dengan modal kecil dan potensi laba yang hampir tak terbatas.

23. Ide Bisnis Freelance Sales Independen

Sebagian bisnis kecil kini menghemat anggaran rekrutmen tim internal dengan menggunakan jasa tenaga independen. Mereka bertugas memasarkan produk atau jasa suatu perusahaan kepada calon pelanggan. Seperti pemasaran afiliasi, Anda akan dibayar setiap kali seseorang melakukan pembelian. Untuk membantu pekerjaan Anda, bisnis biasanya melengkapi dengan tool CRM, pipeline penjualan, kursus pelatihan, dan banyak lagi.

24. Jasa Konsultasi Bisnis

Setiap bisnis pasti memerlukan strategi bisnis yang tepat untuk bisa berkembang. Oleh karena itu, tidak jarang mereka menggunakan jasa konsultasi bisnis. Inilah alasan mengapa pekerjaan sebagai konsultan perusahaan diincar oleh banyak orang.

Di sisi lain, kualitas seorang konsultan tidak lepas dari pengalaman — baik dalam berbisnis maupun sebagai penasihat. Sebagai individu berpengalaman, Anda dapat menawarkan beberapa keunggulan. Bagi Anda yang tertarik untuk menggeluti usaha konsultasi bisnis, diperlukan kompetensi-kompetensi tertentu didapatkan terlebih dahulu sebelum memulainya. Misalnya bergelar ekonomi, memiliki pengalaman relevan, dilengkapi portofolio dan lainnya.

25. Ide Bisnis Jasa Mendengarkan Curhatan

Ide bisnis online satu ini mungkin terdengar konyol. Namun bisnis ini nyata patut Anda coba. Anda bisa menargetkan pada pelanggan yang sedang dalam masalah namun tak memiliki teman untuk berbagi rasa. Bisnis ini sangat mudah Anda lakukan, Anda hanya perlu menjadi pendengar yang baik dan pemberi saran yang baik jika diperlukan.

26. Menyediakan jasa konseling online

Jasa konseling membutuhkan modal kecil, hanya memerlukan website, akses internet, dan keinginan untuk membantu orang lain. Bisnis ini membantu orang-orang meraih target pribadi dan profesionalnya. Sebaiknya Anda memiliki pengalaman di bidang konseling atau pekerjaan sosial. Jangan lupa untuk mempromosikan jasa Anda melalui iklan digital, media sosial dan juga sediakan juga layanan live chat yang dapat dihubungi 24 jam saat pelanggan membutuhkan Anda, seperti yang dilakukan oleh ALODOKTER.

27. Ide Bisnis Menjadi Analis Data

Sebagian perusahaan menjalankan bisnisnya didasari oleh data, oleh karena itu mereka membutuhkan analis data profesional untuk meningkatkan penjualan dan membuat keputusan yang lebih baik.untuk menjadi analis data, Anda perlu skill komunikasi yang baik untuk mengubah data menjadi insight bisnis yang berguna bagi klien Anda. Mulailah dengan mengambil beberapa proyek untuk menyusun resume online.

28. Ide Bisnis Asisten Virtual

Apabila memiliki kemampuan manajemen waktu dan organisasi yang baik, ide bisnis rumahan ini akan sangat tepat untuk Anda. Sebagai asisten virtual, Anda bertugas untuk membantu bisnis untuk membalas email, menjadwalkan janji temu, belanja pribadi, mengelola website, akun media sosial, relasi dengan pelanggan, dan banyak lagi. Untuk memperingan tugas, Anda bisa memanfaatkan WhatsApp API dari Qontak.com. dimana API WhatsApp didukung Chatbot yang akan membalas otomatis pesan dari pelanggan selama 24 jam. Selain itu juga Qontak.com terhubung dengan sistem Omnichannel CRM.

29. Jasa Pengelola Akun Medsos Perusahaan

Saat ini, ada banyak sekali bisnis yang membutuhkan jasa para freelancer untuk melakukan tugas tertentu, termasuk pemasaran di media sosial. Memanfaatkan peluang ini untuk menawarkan jasa sebagai social media manager. Agar berhasil menjalankan ide bisnis rumahan ini, Anda harus memiliki keterampilan komunikasi yang baik, serta mampu memahami target pemasaran klien dan menggunakan brand voice mereka. Gunakan Instagram API dan WhatsApp API untuk memperlancar komunikasi dengan pelanggan.

30. Influencer Media Sosial

Influencer media sosial merupakan mereka yang memiliki jumlah pengikut berlimpah di platform medsos. Hal pertama yang diperlukan adalah membuat citra diri yang unik dan solid. Dekatkan diri Anda kepada komunitas-komunitas yang terkait dengannya untuk membangun relasi dengan pegiat lainnya. Akan lebih baik lagi apabila Anda bisa mengikutsertakan pengikut dalam posting-posting yang Ada dengan memberikan pertanyaan terbuka di akhir sebuah post.

31. Menjadi Pengurus Pembukuan Online

Ide Bisnis Keuangan

Ide bisnis menawarkan jasa sebagai pengurus pembukuan online bisa Anda coba. Sebagian besar pemilik bisnis saat ini membutuhkan bantuan untuk mengelola keuangan perusahaannya. Sebagai pengurus pembukuan, Anda bertugas mengelola laporan keuangan mereka, pembayaran masuk dan keluar, pajak, dan sebagainya. Selain komputer dan aplikasi spreadsheet, software nota penjualan dari Qontak.com bisa menjadi investasi jangka panjang. Software ini bisa membantu menyederhanakan dan mengotomatiskan alur kerja sehingga Anda bisa bekerja secara lebih efisien.

Saya Mau Coba Gratis Qontak.com Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak.com Sekarang!


Bagaimana Cara Membangun Ide Bisnis untuk Pemula?

Melakukan bootstrap atau pendanaan sendiri untuk ide yang ada di kepala membuat Anda memiliki kualifikasi menjadi seorang pengusaha atau entrepreneur, tapi bermodalkan dana saja tidak cukup. Entrepreneurship atau kewirausahaan selalu berakar dari passion, dan dengan hal-hal di bawah ini, Anda dapat melihat apakah Anda memang seorang entrepreneurship sejati atau hanya ikut-ikutan tren saja.

– Seorang entrepreneur harus memiliki keuangan yang stabil untuk menjadi jaring pengaman ketika usaha yang dibangun menemui kegagalan

Kegagalan yang dimaksud tentu saja merupakan jenis kegagalan yang merugikan dan menghabiskan banyak biaya. 9 dari 10 startup mengalami kegagalan, menurut penelitian yang dikeluarkan oleh majalah Forbes. Pastikan Anda memiliki simpanan yang cukup jika usaha yang sudah memakan banyak biaya dari kocek Anda sendiri gagal. Jika Anda tidak memiliki simpanan, jangan coba-coba.

– Memiliki strategi mengenai cara ‘mencetak’ atau menghasilkan keuntungan yang tercepat

Saat usaha Anda mulai membuahkan hasil, bukan berarti hasil tersebut datang dalam jumlah uang yang besar. Dibutuhkan bertahun-tahun, bahkan puluhan tahun, sebelum sebuah usaha mulai meraup keuntungan. Kesabaran dan strategi untuk tetap menghasilkan uang adalah dua hal yang harus, mutlak dimiliki oleh seorang entrepreneur.

– Memahami pentingnya marketing

Bisnis atau usaha tanpa adanya marketing yang relevan dengan target market hanya akan membawa bisnis tersebut pada kegagalan. Biaya untuk melakukan marketing sendiri tidak murah dan kebanyakan Anda yang membangun usaha mengawalinya dengan ketiadaan budget marketing sehingga tidak mau mengeluarkan biaya untuk marketing agar menghemat biaya. Pentingnya marketing tidak dapat ditukar dengan biaya yang dipangkas habis, Anda tetap harus mengutamakan marketing. Milikilah strategi marketing yang beragam dengan tujuannya masing-masing, mulai dari tujuan penetrasi nama bisnis yang menghasilkan brand awareness, hingga tujuan terjadinya konversi.

– Realistis, bukan idealistik

Dalam melakukan bisnis, terutama usaha yang Anda bangun sendiri, bekerja keras saja tidak cukup. Jangan memaksakan kehendak Anda dan jadilah orang yang mampu beradaptasi dengan iklim bisnis dari niche atau jenis market yang Anda geluti. Pahami posisi Anda di antara kompetitor dan lakukan sesuatu yang membuahkan hasil, tidak hanya bersifat mempertahankan ide awal.

– Siap menghadapi konfrontasi

Situasi sosial yang tidak nyaman, seperti harus bertindak tegas pada orang yang bekerja sama dengan Anda atau saat harus melobi investor, akan banyak dihadapi oleh Anda yang ingin beralih menjadi entrepreneur. Jika Anda tidak menyukai melakukan berbagai hal ini, maka jangan menjadi entrepreneur.

– Berkemauan untuk mengasah kemampuan berkomunikasinya

Menghadapi konfrontasi mungkin adalah hal yang biasa Anda lakukan, namun melakukan komunikasi yang efektif dimana pesan tersampaikan lewat penjelasan yang mudah dipahami tentang bisnis Anda bukanlah kemampuan semua orang. Jika Anda sulit berkomunikasi dan Anda tidak ingin untuk mengubah hal tersebut, Anda tidak akan dapat meyakinkan orang lain untuk percaya pada potensi bisnis Anda.

– Tahan banting dan memiliki ketahanan yang kuat melawan stres

Jika membangun bisnis adalah hal yang dapat diprediksi, maka semua orang akan membangun bisnisnya sendiri. Pada kenyataannya, bisnis adalah hal yang tidak dapat ditebak, bahkan jika Anda sendiri yang menciptakannya. Ada saat-saat di mana bisnis Anda super sibuk, dan ada saat dimana sepertinya bisnis akan segera mati karena tidak ada aktivitas yang mendatangkan penghasilan. Kondisi ini dapat dengan mudah membuat orang yang menjalaninya mengalami stres. Pastikan fisik Anda kuat untuk kondisi mental dan emosional yang naik turun seperti ini.

Bagaimana dengan Anda? Siapkah membangun bisnis Anda sendiri? Pastikan Anda memiliki motivasi, passion dan tenaga untuk melakukannya, ya!


Bagun Ide Bisnis Anda Bersama Qontak.com Sekarang!

Qontak.com menawarkan solusi end-to-end untuk bisnis Anda. Dimana Qontak.com menawarkan aplikasi CRM yang membantu Anda mengelola penjualan serta customer service. Selain mengelola, aplikasi Qontak.com terintegrasi dengan WhatsApp Business API juga Instagram API yang mendorong ide bisnis online Anda terwujud. Qontak.com juga didukung aplikasi Omnichannel yang menghubungkan semua saluran bisnis Anda dalam satu platform.

Jadi tunggu apalagi untuk mewujudkan ide bisnis Anda bersama Qontak.com, konsultasikan gratis masalah branding Anda kepada kami.

Hubungi Qontak.com sekarang atau dengan mengisi form COBA GRATIS di bawah ini:

[ninja_form id=2]

Related Articles

WhatsApp WhatsApp Sales