Daftar isi
5 min read

11 Aplikasi yang Dibutuhkan Online Shop untuk Cuan

Tayang 27 Januari 2021
Diperbarui 12 Desember 2023
Aplikasi yang Dibutuhkan Online Shop
11 Aplikasi yang Dibutuhkan Online Shop untuk Cuan

Pesatnya penambahan jumlah online shop juga berpengaruh pada munculnya aplikasi yang khusus diciptakan untuk bisnis online. Aplikasi tersebut dibutuhkan oleh online shop untuk mengelola penjualan di berbagai platform mulai dari website hingga media sosial.

Aplikasi online shop ini menawarkan fitur yang berbeda-beda sehingga agak sulit untuk menentukan pilihan. Di antara banyaknya jenis aplikasi yang dibutuhkan online shop, aplikasi CRM termasuk dalam aplikasi untuk dalam bisnis online.

Berikut ini merupakan beberapa aplikasi yang dibutuhkan online shop yang kami klasifikasikan berdasarkan fungsinya:

1. Aplikasi Catatan

aplikasi untuk online shop

Aplikasi catatan seperti KeepNotes berfungsi untuk mencatat hal-hal penting secara digital. KeepNotes merupakan salah satu produk Google dengan penyimpanan cloud sehingga tidak perlu khawatir ketika gadget Anda rusak. Sebab aplikasi ini terintegrasi dengan seluruh akun Google.

KeepNotes memiliki fitur lainnya seperti voice, image, dan drawing memo. Selain itu, ada fitur checklist, pengelompokan notes melalui label, serta terdapat berbagai pilihan tema.

2. Aplikasi To-Do List

Terdapat salah satu produk buatan Microsoft yaitu Microsoft To Do. Microsoft To Do mempunyai fungsi untuk merencanakan tugas harian, menyusun daftar belanja, dan hal lain yang berkaitan dengan To-Do List.

Keunggulan Microsoft To Do adalah memiliki tampilan yang sederhana sehingga mudah dipahami serta terintegrasi dengan Office365.

3. Aplikasi Manajemen Proyek

Selain Microsoft To Do, Anda juga dapat mencoba Trello yang merupakan aplikasi yang dibutuhkan online shop gratis untuk mengatur beberapa proyek dalam satu tempat, jadi sangat cocok digunakan dalam kolaborasi tim karena sistem kerjanya yang sederhana.

Progress tugas setiap divisi dapat dipantau melalui fitur board serta terdapat notifikasi yang dapat diatur sesuai kebutuhan. Data atau tugas dapat diunggah dengan mudah baik melalui komputer atau cloud.

4. Aplikasi Desain

aplikasi desain untuk online shop

Canva merupakan salah satu aplikasi yang dibutuhkan online shop. Aplikasi ini banyak digemari sebagai aplikasi pembuat desain karena memiliki berbagai macam jenis dan ukuran template serta elemen gratis yang dapat dipilih.

Selain itu, aplikasi ini dapat di akses baik melalui mobile maupun desktop. Dengan tampilan profil bisnis online yang bagus, Anda dapat menarik minat prospek ke bisnis Anda.

5. Aplikasi Marketing Digital

Selain memiliki desain yang menarik, bisnis online juga harus menerapkan promosi yang jitu agar dapat berkembang dengan baik. Salah satu media yang banyak digunakan dalam berpromosi secara daring melali website dan medsos. Sayangnya, terkadang kita tidak mampu menangani semua media sosial sekaligus karena keterbatasan waktu dan tenaga.

6. Aplikasi Mobile Banking

Aplikasi Mobile Banking

Mungkin ada di antara Anda yang dulu mengalami kesulitan dalam mengecek dana yang masuk ke rekening Anda, jalan yang sering Anda pakai mungkin adalah minta bukti transfer dari pelanggan Anda. Sangat merepotkan jika harus bolak-balik ATM untuk mengeceknya sendiri.

Namun saat ini semuanya serba canggih, pebisnis online tidak perlu repot-repot lagi karena telah ada Aplikasi Mobile Banking yang hampir dimiliki oleh semua bank. Penjual online dapat memilih bank yang paling banyak digunakan oleh masyarakat sebagai tujuan transfer.

7. Aplikasi Ongkos Kirim

Bisnis online tentu tak lepas dari ongkir atau ongkos kirim. Saat ini jasa pengiriman barang di Indonesia pun bermunculan, mereka menawarkan fitur dan harga yang kompetitif. Akan sangat melelahkan jika Anda harus mengecek ongkos kirim tiap ekspedisi melalui situs ekspedisi masing-masing secara manual.

Namun masalah tersebut dapat diatasi dengan menggunakan aplikasi Raja Ongkir. Anda dapat membandingkan ongkos kirim dari banyak ekspedisi serta melakukan tracking pengiriman barang dalam satu aplikasi. Semuanya menjadi praktis karena dapat diakses baik melalui desktop atau mobile.

8. Aplikasi Chatting

Aplikasi yang dibutuhkan online shop- Aplikasi Chatting

Chatting Software telah lama digunakan tidak hanya dalam berbisnis online, namun untuk keperluan pribadi juga. Saat ini ada banyak aplikasi chatting yang dapat Anda pilih, seperti: WhatsApp, LINE, Telegram, Facebook Messenger, dan sebagainya.

Di Indonesia sendiri, pengguna WhatsApp untuk online shop sudah cukup populer, terutama WhatsApp Business. Namun ada aplikasi lebih canggih yang dibutuhkan online shop, yaitu WhatsApp Business API. Pelajari lebih lanjut mengenai panduan WhatsApp Business API.

Walaupun masih memiliki kelebihan dan kelemahan, namun WA API ini dapat disebut sebagai aplikasi chatting terbaik yang dibutuhkan online shop. Anda dapat memiliki WhatsApp Business API melalui Qontak.com sebagai salah satu Official Business Partner untuk WhatsApp Business API di Indonesia.

Baca juga: Chatbot WhatsApp untuk Optimalkan Bisnis Online

9. Media Sosial

Survei We Are Social mengungkapkan bahwa penggunaan media sosial mencapai angka 167 juta atau setara 60,4% masyarakat main Facebook, Instagram, TikTok, dan lainnya.

Angka besar untuk bisnis mengembangkan pasar. Terlebih pemasaran media sosial tidak terbatas geografis. Artinya bisnis Anda yang melakukan pemasaran media sosial, audience atau target pasarnya tidak dibatasi lokasi tertentu.

Hootsuite hadir sebagai solusi tools untuk mengatur semua media sosial yang Anda gunakan. Hootsuite menyediakan data analisis yang dapat digunakan untuk memantau keyword populer. Selain itu, penggunanya dapat menjadwalkan postingan ke berbagai media sosial serta dapat membentuk tim untuk melakukan kolaborasi.

10. Aplikasi Marketplace

Dapat dikatakan bahwa pasar merupakan tempat terbaik untuk berjualan atau berdagang, karena di sana lah tempat berkumpulnya para pembeli. Aplikasi pasar online atau yang dikenal dengan marketplace juga telah bermunculan jenisnya.

Produk Anda akan lebih mudah ditemukan di marketplace seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak, Lazada, dan sebagainya. Selain bisa memilih penjual sendiri, banyak orang yang merasa lebih aman jika melakukan transaksi jual beli di marketplace.

11. Aplikasi CRM

Aplikasi CRM memiliki beberapa fitur yang dapat memberikan segudang manfaat bagi perkembangan sebuah bisnis online. CRM (Customer Relationship Management) memiliki sebuah sistem yang mampu menyimpan semua data yang masuk secara terpusat dalam satu tempat sehingga Anda tidak akan kehilangan data apapun selama menggunakannya.

Selain itu, Aplikasi CRM mengubah data tersebut menjadi sebuah wawasan yang dipakai untuk menentukan strategi bisnis selanjutnya. Anda akan lebih memahami langkah apa yang harus Anda lakukan dan atau pertahankan untuk memperbaiki dan meningkatkan bisnis online Anda.

Tentu saja tidak ada bisnis yang tidak memiliki masalah. Namun dengan adanya berbagai aplikasi yang dibutuhkan online shop, diharapkan beberapa masalah dalam bisnis online dapat diatasi dengan baik. Dari uraian di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa Aplikasi CRM memberikan banyak manfaat dan keuntungan bagi pertumbuhan bisnis online.

Mekari Qontak menyediakan Aplikasi CRM terbaik di Indonesia. Aplikasi Qontak mudah diintegrasikan dengan beberapa aplikasi seperti Instagram, LinkedIn, Facebook, Twitter, WhatsApp, email dan lainnya. Sehingga mempermudah Anda mengelola pemasaran lebih efisien dan efektif.

Selain itu, Qontak juga telah dipercaya lebih dari 3500 perusahaan dan Qontak tersertifikasi ISO 27001 untuk memastikan keamanan informasi data pelanggan.

Kategori : BisnisBisnis Tools
WhatsApp WhatsApp Sales