Mekari Qontak
Customer Service Other Business

Cara Mendapatkan WhatsApp Business Banyak Admin

Panduan Lengkap Cara Mendapatkan WhatsApp Business Banyak Admin

WhatsApp Business Banyak Admin, Cara Cepat Melayani Pelanggan

Saat ini WhatsApp Business banyak admin (multiple admin) menjadi salah satu solusi yang wajib dimiliki oleh para pelaku bisnis. Terlebih di masa pandemi seperti sekarang ini, di mana banyak pelaku bisnis yang beralih untuk menjalankan bisnis mereka secara online, salah satunya melalui WhatsApp.

Dengan menggunakan WhatsApp Business multipe admin, Anda dan tim dapat mengakses akun WhatsApp bisnis Anda secara bersamaan. Sehingga tidak ada lagi pelanggan yang harus menunggu lama untuk dibalas pesannya. Namun, bagaimana cara mendapatkan WhatsApp bisnis banyak admin?

Untuk mengetahuinya, yuk simak pembahasan lengkap tentang WhatsApp Business banyak admin berikut ini!

Cara Mudah Mendapatkan WhatsApp Business Banyak Admin:

  1. Pastikan Anda telah memiliki akun WhatsApp Business API
  2. Pilih Nomor dan Display Name yang Akan Digunakan
  3. Menunggu Proses Approval WhatsApp
  4. WhatsApp Business Multiple Admin Anda Siap Digunakan!

Image CTA API WhatsApp


Apa itu WhatsApp Business Banyak Admin?

WhatsApp business banyak admin adalah penggunaan satu nomor WhatsApp untuk banyak orang (users). Artinya, nomor WhatsApp Anda dapat diakses oleh banyak admin CS dari berbagai device yang berbeda.

WhatsApp Business banyak admin merupakan salah satu fitur unggulan yang terdapat pada WhatsApp Business API. Fitur ini memungkinkan bisnis untuk dapat menggunakan satu nomor oleh beberapa admin sekaligus.

Biasanya fitur ini dicari oleh bisnis yang menangani banyak pelanggan sekalis, sehingga memerlukan lebih dari satu nomor WhatsApp agar dapat merespon lebih cepat. Tak hanya itu saja, fitur ini  juga sekaligus berfungsi sebagai helpdesk online bagi perusahaan.


Apa Perbedaan WhatsApp Business API dan WhatsApp Business Biasa?

Sebagian besar orang mungkin sudah mengetahui bahwa WhatsApp memiliki versi khusus untuk bisnis, yaitu WhatsApp for Business. Namun, masih banyak belum mengetahu

i bahwa terdapat dua versi dalam WhatsApp for Business, yaitu WhatsApp Business biasa dan WhatsApp Business API.

Kebanyakan yang diketahui orang banyak saat ini adalah WhatsApp Business biasa. Versi ini dapat diunduh gratis melalui AppStore atau PlayStore. Sementara itu, WhatsApp Business API mungkin masih belum diketahui banyak orang karena tidak tersedia di platform umum. WhatsApp API hanya dapat diperoleh melalui kerja sama dengan mitra resmi WhatsApp di Indonesia, seperti Mekari Qontak.

Lebih lanjut, kedua jenis WhatsApp bisnis ini memiliki fitur yang berbeda. Anda dapat memeroleh fitur yang ada pada WhatsApp Bisnis biasa di WhatsApp API, tapi tidak sebaliknya. Ini karena WhatsApp Business API memiliki fitur yang lebih luas dan canggih.

Selain itu, versi API lebih cocok digunakan untuk bisnis atau perusahaan dengan skala yang lebih besar, terutama bagi bisnis yang ingin meningkatkan customer service mereka.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah perbedaan fitur WhatsApp Official Business Edition (WhatsApp API) dan WhatsApp Business Biasa:

Simak video mengenai WhatsApp Business API di bawah ini: 


Bagaimana Cara Menggunakan WhatsApp Business Multi User?

WhatsApp Business memang memiliki banyak fitur menarik yang dapat digunakan, namun sayangnya akun WhatsApp versi ini hanya bisa diakses oleh satu pengguna dengan satu perangkat saja.

Apabila Anda ingin menggunakan WhatsApp Business di perangkat yang berbeda, maka Anda dapat menghubungkan telepon Anda ke WhatsApp Web, Dekstop, dan perangkat lainnya dengan jumlah maksimal empat perangkat dan satu telepon pada waktu yang bersamaan. Fitur ini dikenal juga dengan WhatsApp multidevice.

Meskipun akun WhatsApp Anda terhubung ke perangkat yang berbeda, namun pesan pribadi, media, dan panggilan Anda tetap terenkripsi secara end-to-end. Sehingga tingkat priviasi dan keamanan informasi Anda akan tetap terjaga.

Lalu, bagaimana cara menghubungkan WhatsApp ke perangkat lainnya?

Sebelum mulai menghubungkan WhatsApp, Anda perlu membuka WhatsApp Web atau Desktop pada perangkat yang ingin Anda tautkan terlebih dahulu. Jika sudah, maka Anda dapat melanjutkan dengan mengikuti cara menghubungkan WhatsApp berikut ini.

Untuk pengguna Android:

  1. Buka aplikasi WhatsApp pada telepon Anda.
  2. Ketuk Opsi lainnya > pilih Perangkat tertaut (Linked devices).
  3. Ketuk TAUTKAN PERANGKAT (LINK A DEVICE).
  4. Kemudian buka kunci telepon Anda. Jika perangkat Anda memiliki fitur autentikasi biometrik, ikuti petunjuk yang ditampilkan di layar.
    Apabila autentikasi biometrik tidak diaktifkan, maka Anda akan diminta untuk memasukkan PIN yang digunakan untuk membuka kunci telepon.
  5. Arahkan kamera telepon Anda ke layar perangkat yang ingin ditautkan untuk memindai kode QR yang tersedia.

WhatsApp Business Multi User Multidevice Android

Untuk pengguna iPhone:

  1. Buka aplikasi WhatsApp pada telepon Anda.
  2. Buka Pengaturan WhatsApp.
  3. Ketuk Perangkat Tertaut (Linked Devices).
  4. Ketuk Tautkan Perangkat (Link a Device).
  5. Lalu, buka kunci telepon jika Anda pengguna iOS 14 atau lebih. Gunakan Touch ID atau Face ID untuk membuka kunci. Jika autentikasi biometrik tidak diaktifkan, maka Anda akan diminta untuk memasukkan PIN yang digunakan untuk membuka kunci telepon Anda.
  6. Kemudian arahkan kamera telepon Anda ke layar perangkat yang ingin ditautkan untuk memindai kode QR.

WhatsApp Business Multi User Multidevice Iphone

Bagaimana Cara Kerja WhatsApp Business Multiple Admin?

Berikut adalah alur pesan masuk pada WhatsApp Business dengan banyak admin:

  • Pesan dari berbagai pelanggan akan masuk ke satu nomor WhatsApp dan disalurkan ke multi-channel chat panel. Selanjutnya, pesan akan diterima oleh agen customer service. Pengaturan alokasi agen ini dapat dilakukan secara manual maupun otomatis melalui round robin.
  • Terjadi percakapan antara agen customer service yang ditugaskan dengan pelanggan.
  • Lalu, database profile pelanggan dan riwayat percakapan akan tersimpan secara otomatis dalam sistem CRM untuk memudahkan pelacakan dan manajemen data.

Bagaimana Cara Mendapatkan WhatsApp Business Banyak Admin?

Cara Mendapatkan WhatsApp Business Banyak Admin

Berikut adalah cara mendapatkan WhatsApp Business Multiple Admin dengan WhatsApp API:

1. Pastikan Anda telah memiliki akun WhatsApp Business API

WhatsApp API Mekari Qontak

Langkah pertama yang harus diperhatikan untuk mendapatkan WhatsApp Business multiple admin ialah memiliki akun WhatsApp API. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bahwa fitur banyak admin hanya dapat diakses melalui WhatsApp Business API.

Oleh karena itu, Anda perlu memiliki akun WA API terlebih dahulu. Apabila Anda belum memiliki akun WhatsApp API, Anda dapat mendaftarkan akun bisnis Anda ke Business Solution Provider (BSP) atau Official Business Partner of WhatsApp API di Indonesia seperti Mekari Qontak.

Tim Qontak nantinya akan membantu Anda untuk memeroleh akun WhatsApp API dan fitur multiple admin yang dapat Anda gunakan untuk melayani pelanggan secara maksimal.

Anda juga tidak perlu khawatir dengan proses yang membingungkan, karena semua proses sepenuhnya akan dibantu oleh tim Qontak, termasuk proses verifikasi Facebook Business Manager.

2. Pilih Nomor dan Display Name yang Akan Digunakan

Pilih Nomor dan Display Name yang Akan Digunakan

Langkah yang kedua adalah dengan menentukan nama yang akan digunakan sebagai display name dan nomor telepon yang digunakan pada akun bisnis Anda. Namun, perlu diingat bahwasanya nama bisnis harus disesuaikan dengan kebijakan Perdagangan dan Bisnis yang telah ditentukan oleh pihak WhatsApp.

Sebagai informasi, nama dan nomor telepon yang telah dipilih nantinya tidak dapat diganti kembali. Oleh karena itu Anda harus yakin saat menentukan nama yang akan digunakan.

Sementara itu, pengajuan display name akan membutuhkan waktu selama satu hari kerja.

3. Menunggu Proses Approval WhatsApp

Menunggu Proses Approval WhatsApp

Apakah Anda sudah melakukan langkah-langkah di atas? Jika sudah, maka Anda telah sampai pada proses approval akun WhatsApp bisnis. Proses ini umumnya akan membutuhkan waktu selama satu hari kerja.

Namun, apabila ada kendala tidak menutup kemungkinan akan melebihi waktu yang telah ditetapkan. Akan tetapi Anda tidak perlu khawatir, karena tim Qontak akan memantau dan turut membantu seluruh tahapan proses hingga akun WhatsApp bisnis Anda di approve oleh pihak WhatsApp.

4. WhatsApp Business Multiple Admin Anda Siap Digunakan!

Whatsapp-business-banyak-admin-qontak

Apabila akun WhatsApp Business API Anda telah di approve oleh pihak WhatsApp, maka WhatsApp Business multiple admin Anda siap untuk digunakan!

Sekarang Anda dan tim customer service Anda dapat membalas setiap pesan pelanggan yang masuk dengan sesegara mungkin. Sehingga tidak ada lagi pengalaman pelanggan yang tidak menyenangkan. Anda juga dapat meningkatkan perjalanan dan kepuasan pelanggan Anda!


Dapatkan WhatsApp Business Banyak Admin Sekarang!

Logo Mekari Qontak

Bagaimana, cara mendapatkan WhatsApp Business banyak admin ternyata sangat mudah bukan? Dengan menggunakan WhatsApp Business multiple admin, Anda dan tim dapat memberikan pengalaman pelanggan yang menyenangkan. Karena pelanggan tidak perlu lagi lama-lama menunggu untuk memeroleh balasan Anda.

Selain itu, WhatsApp Business API juga masih memiliki banyak fitur canggih yang dapat Anda gunakan untuk memaksimalkan kinerja bisnis Anda lho. Misalnya seperti WhatsApp Blast, WhatsApp Automation, WhatsApp CRM, dan WhatsApp Chatbot.

Namun perlu diingat, semua fitur tersebut hanya bisa Anda dapatkan melalui akun WhatsApp Business API yang diperoleh dari BSP resmi, salah satu yang terbaik dan terpercaya di Indonesia adalah Mekari Qontak. Mekari Qontak meyediakan solusi end-to-end WhatsApp API yang dapat diintegrasikan dengan omncihannel dan CRM. Sehingga dapat meningkatkan bisnis Anda secara keseluruhan.

Sementara itu, Mekari Qontak telah dipercaya lebih dari 3000+ perusahaan untuk menangani layanan dan hubungan pelanggan mereka. Mekari Qontak juga telah tersertifikasi ISO 27001 untuk memastikan keamanan informasi data pelanggan.

Jadi tunggu apa lagi? Yuk, coba demo gratis WhatsApp API Mekari Qontak dan dapatkan FREE TRIAL selama 14 hari!

Hubungi Mekari Qontak sekarang!

 

Related Articles

WhatsApp WhatsApp Sales