Daftar isi
8 min read

21 Contoh Peluang Usaha yang Belum Banyak Pesaing untuk Cari Cuan

Tayang 23 Mei 2022
Diperbarui 13 Desember 2023
Pengertian Sales Pitch, Contoh dan Cara Membuatnya
21 Contoh Peluang Usaha yang Belum Banyak Pesaing untuk Cari Cuan

Sebagian orang yang ingin memulai usaha ragu karena takut kalah bersaing dengan kompetitor. Padahal hal tersebut tidak perlu dikhawatirkan, apabila mereka bisa membaca peluang usaha yang ada. Coba memulai bisnis dengan mencari peluang usaha yang belum banyak pesaing.

Kemudian, perkuat bisnis tersebut dengan melakukan pemasaran digital. Digital marketing yang paling mudah adalah melalui media sosial. Survei menunjukkan bahwa 55% pelanggan mengunjungi platform media sosial untuk mencari lebih banyak informasi tentang brand baru.

Pada artikel ini di bahas terkait contoh bisnis memiliki peluang usaha yang belum banyak pesaing. Yuk, simak penjelasan peluang usaha yang belum banyak pesaing selengkapnya di bawah ini.

1. Makanan Sehat Cepat Saji

Tren gaya hidup mulai beralih seiring semakin banyak kesadaran orang dengan kesehatan. Namun sibuknya aktivitas, membuat mereka sulit untuk memasak makanan sehat.

Trend ini bisa Anda manfaatkan dengan membagun usaha makan cepat saji. Anda bisa menirukan sistem mereka dengan pilihan paket menu sehat. Selain enak, Anda juga harus memperhatikan kandungan gizi sesuai dengan standar. Mungkin Anda bisa melengkapinya dengan menambahkan minuman.

Peluang usaha yang belum banyak pesaing - Jualan Makanan Cepat Saji

Sumber: Canva

2. Makanan Ringan

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar masyarakat Indonesia suka ngemil. Sayangnya, belum banyak bisnis yang mengetahui hal ini. Sehingga kesempatan Anda untuk merebut segmen pasar ini terbuka lebar.

Pilihlah makanan ringan yang banyak disukai masyarakat pada umumnya seperti makaroni kering, basreng, keripik singkong, kerupuk kulit, dan lainnya. Meski beberapa produk telah dikembangkan perusahaan besar, tapi yakinlah bahwa buatan rumahan juga banyak digemari.

3. Minuman Kesehatan

Selain makanan, hal yang tak kalah penting untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan nutrisi tubuh adalah minuman. Cobalah untuk membuka usaha dengan memproduksi minuman kesehatan seperti jamu, jus dan lainnyam

Terlebih usaha dibidang ini membutuhkan modal relatif kecil. Namun hasil yang didapatkan bisa mencapai dua kali lipat. Jadi sangat cocok untuk Anda yang baru merintis usaha.

4. Usaha Cloud Kitchen

Seiring kemajuan teknologi, kesempatan Anda untuk membuka usaha lebih Anda. Salah satunya adalah melalui cloud kitchen. Istilah ini mungkin masih asing bagi sebagian orang. Wajar mengingat baru sedikit orang yang mengembangkannya.

Cloud kitchen merupakan jenis usaha yang menawarkan sebuah dapur untuk membuat serta menyajikan makanan apapun untuk dijual. Artinya Anda hanya perlu modal kecil. Sementara untuk pemasarannya, cloud kitchen biasanya bekerja sama dengan berbagai jasa pengantaran makanan.

5. Jualan Barang Antik

Meski terkesan kuno, nyatanya barang antik memiliki penggemarnya sendiri. Jadi tak perlu ragu untuk menjadikan sebuah usaha yang menguntungkan.

Jika Anda bisa menjual barang antik ke tangan yang tepat seperti kolektor, mereka tidak ragu untuk mengeluarkan uang. Apabila Anda penyuka barang antik, maka Anda akan menikmatinya, terlebih karena setiap barang antik punya nilai sejarahnya sendiri.

6. Dropship

Dropship adalah jenis usaha yang tidak membutuhkan modal. Sebab anda hanya perlu menjualkan produk milik orang lain tanpa perlu menyediakan stok. Mudah bukan?

Namun,nyatanya tidak semudah itu. Sebab Anda harus bisa membaca trend dan demand dalam masyarakat. Dengan begitu, produk yang Anda tetap laku di pasaran.

Peluang usaha yang belum banyak pesaing - Dropship

Sumber: Canva

7. Daur Ulang Kreatif

Kepedulian masyarakat akan lingkungan mulai dicerminkan dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini juga membuat produk daur ulang cukup diminati, bahkan untuk pasar internasional. Sedikitnya usaha yang menggeluti bidang ini, membuat harga yang ditawarkan produsen relatif tinggi.

Sementara itu, untuk memproduksi barang daur ulang relatif kecil. Yang dibutuhkan adalah kreativitas tinggi. Artinya peluang Anda untuk mendapatkan keuntungan lebih besar dari berjualan produk daur ulang.

8. Affiliate Marketing

Affiliate marketing adalah sebuah strategi pemasaran yang melibatkan pihak ketiga. Dimana penyedia produk atau jasa tidak berhubungan langsung dengan pelanggan, melainkan melalui pihak ketiga. Sebagai balasan, pihak ketiga tersebut akan mendapatkan komisi lumayan besar.

9. Kursus Online

Kemajuan teknologi sekarang mempermudah aktivitas manusia, tak terkecuali dalam mendapatkan ilmu. Dengan teknologi aktivitas pembelajaran seperti kursus bisa dilakukan secara daring. Dimana Anda hanya perlu mendengarkan guru atau tutor mengajar melalui layar smartphone atau laptop.

Jika Anda merasa menguasai atau memiliki keterampilan tertentu, tidak ada salahnya untuk membuka kursus online sendiri. Hal ini bisa menjadi pendapatan yang lumayan menjanjikan.

10. Bisnis Jasa Online

Selain kursus online, Anda juga bisa menawarkan keahlian Anda secara daring. Misalnya Anda memiliki kemampuan dalam menulis, mengembangkan aplikasi, desainer atau lainnya, Anda bisa menawarkan keahlian tersebut secara online. Dari situ, Anda akan menemukan orang yang membutuhkan jasa Anda.

11. Menjual Kemasan Produk

Semakin berkembangnya online shop makanan dan minuman, kebutuhan akan kemasan juga meningkat. Memanfaatkan momen ini untuk menjual kemasan produk. Untuk meningkatkan nilai jual, Anda harus pandai berinovasi dalam membuat kemasan tersebut sekreatif mungkin.

12. Sewa Mainan anak

Mungkin usaha ini terdengar asing bagi Anda. Namun ide bisnis ini patut Anda coba karena belum banyak yang menggunakannya. Ide bisnis ini timbul mengingat kebiasaan anak-anak yang mudah bosan terhadap mainan mereka. Jadi daripada sayang dibuang atau beli yang baru lagi, coba tawarkan untuk menambah pendapatan.

Peluang usaha yang belum banyak pesaing - Jasa Sewa Mainan Anak

13. Lilin Aroma terapi

Scented candle atau lilin aroma terapi menjadi pembicaraan hangat belakangan ini. Kaum millennial menggunakan lilin ini sebagai pelengkap dekorasi ruangan yang estetik.

Cobalah manfaatkan tren ini dengan menjual lilin aroma terapi. Terlebih, masih belum banyak pebisnis yang membuka usaha ini. Itulah mengapa menjual lilin aroma terapi dapat Anda pertimbangkan sebagai peluang usaha yang belum banyak pesaing.

14. Content Creator Digital

Content creator menjadi profesi yang cukup diminati akhir-akhir ini. Gimana tidak, mereka bisa mendapatkan komisi cukup besar dari brand besar sebagai sponsor.

Syaratnya Anda harus memiliki kemampuan bicara dengan baik di depan kamera. Selain itu, Anda juga harus menguasai topik tertentu untuk menjadi content creator handal seperti vlogger, youtuber, influencer, atau streamer.

15. Konsultan Pemasaran Digital

Di era digital ini, tentunya pemasaran daring adalah yang terbaik. Pemasaran digital memiliki jangkauan yang tak terbatas dan membantu pasar berkembang dengan cepat. Anda banyak bisnis bahkan pengusaha yang mengandalkan spesialis untuk membantu mereka di bidang-bidang seperti media sosial, SEO, atau media online lainnya.

Untuk membuka bisnis konsultasi, pastikan Anda memiliki pengalaman dan tahu cara menganalisis data guna mengembangkan solusi kreatif. Inilah yang akhirnya akan meningkatkan kualitas layanan Anda dan menyenangkan pelanggan Anda.

Rekomendasi: 25 Ide Bisnis Digital yang Menguntungkan di Tahun 2023

16. Influencer Marketing

Influencer marketing individu memiliki kemampuan untuk mempengaruhi pendapat, perilaku, dan keputusan pembelian pengikut mereka di media sosial. Mereka memiliki jumlah pengikut yang besar dan sering kali memiliki keahlian atau minat khusus dalam suatu bidang tertentu, seperti kecantikan, fashion, makanan, perjalanan, atau fitness.

Influencer akan membantu bisnis menghasilkan lebih banyak penjualan dan peningkatan ROI. Data statistik smartinsight mengungkapkan rata-rata setiap dolar yang diinvestasikan oleh bisnis dalam influencer marketing menghasilkan pengembalian sebesar $6,50.

Peluang usaha yang belum banyak pesaing - Influencer Marketing

Sumber: Canva

17. Food Truck

Bisnis food truck adalah jenis usaha yang berfokus pada penjualan makanan dan minuman yang dioperasikan melalui kendaraan. Food truck sering kali berpindah-pindah lokasi untuk menjangkau pelanggan di berbagai tempat, seperti pasar, acara khusus, kawasan perkantoran, atau area wisata.

Bisnis ini memiliki keunggulan seperti biaya sewa yang lebih rendah, fleksibilitas dalam memilih lokasi, dan memiliki daya tarik visual. Namun, bisnis food truck juga menghadapi beberapa tantangan, seperti perizinan yang diperlukan, persaingan yang ketat, perawatan kendaraan, dan upaya pemasaran yang efektif.

18.  Jual Makanan Vegan

Bisnis ini menawarkan pilihan makanan yang ramah lingkungan, sehat, dan sesuai dengan pola makan vegan atau vegetarian. Dalam menjual makanan vegan, bisnismenawarkan berbagai macam hidangan seperti sayuran, buah-buahan, biji-bijian, kacang-kacangan, tahu, tempe, makanan olahan nabati, serta alternatif nabati untuk daging, susu, atau telur.

Bisnis jenis ini mulai populer seiring banyak pelanggan yang mengadopsi pola makan vegan atau vegetarian, serta meningkatnya kesadaran akan kesehatan, kelestarian lingkungan, dan kesejahteraan hewan. Bisnis ini juga dapat menarik pelanggan yang memiliki alergi atau intoleransi terhadap produk hewani.

19. Bisnis Hadiah atau Hampers

Bisnis hempers adalah bisnis yang berfokus pada produksi dan penjualan dibuat dengan desain yang kreatif dan beragam, sesuai dengan preferensi dan gaya hidup pelanggan. Usaha jenis ini memiliki potensi yang menjanjikan setiap ada momen spesial seperti hari raya, kado pernikahan, kelahiran dan banyak lagi.

Dalam mengelola bisnis hempers, penting untuk memahami pasar target, mengembangkan strategi pemasaran yang efektif, menjaga kualitas produk, serta membangun hubungan yang baik dengan pelanggan untuk mempertahankan basis pelanggan setia.

20. Jasa Edit Video

Jasa pengeditan video adalah layanan yang menawarkan kemampuan untuk mengedit dan memproduksi video dengan kualitas profesional. Layanan ini melibatkan proses menggabungkan, memotong, memperbaiki, dan meningkatkan kualitas video sesuai dengan kebutuhan dan preferensi pelanggan.

21.  Toko Florist

Bisnis florist adalah usaha yang berfokus pada penjualan dan pengaturan bunga segar serta rangkaian bunga. Bisnis ini menawarkan berbagai macam produk bunga, seperti rangkaian bunga potong, buket, karangan bunga, dan dekorasi bunga untuk berbagai acara dan perayaan.

Demikian 21 peluang usaha yang belum banyak pesaing yang bisa Anda ikuti untuk mendapatkan cuan. Di mana dengam memanfaatkan peluang tersebut, bisnis Anda berpotensi lebih unggul. Sebab semakin sedikit kompetitor, persaingan untuk merebut pelanggan lebih besar.

Setelah Anda membuka usaha, hal yang tak kalah penting adalah memasarkan produk. Bisnis saat ini banyak yang memanfaatkan media sosial untuk pemasaran dan penjualan. Dimana untuk mempermudah dalam mengelolanya, sebagian besar dari mereka memanfaatkan Omnichannel CRM dari Mekari Qontak.

Omnichannel mampu menghubungkan berbagai saluran pemasaran bisnis dalam satu platform terpadu. Semua interaksi pelanggan dari berbagai saluran akan ditampilkan dalam satu dasbor Mekari Qontak. Selain itu, masih banyak fitur-fitur unggulan yang ditawarkan oleh Mekari Qontak untuk mempermudah aktivitas bisnis digital Anda.

Tidak hanya itu saja, Mekari Qontak juga telah tersertifikasi ISO 27001 untuk memastikan keamanan informasi data pelanggan Anda. Lebih dari 3000++ perusahan telah bekerjasama dengan Mekari untuk mengembangkan usahanya.

Jadi tunggu apa lagi? YukDapatkan FREE TRIAL Omnichannel Mekari Qontak selama 14 hari atau Konsultasi Gratis dengan tim Mekari Qontak!

Kategori : Bisnis
WhatsApp WhatsApp Sales