Daftar isi
6 min read

Mengenal Apa itu Infomersial dan Pebedaannya dengan Komersial

Tayang 22 Desember 2023
Diperbarui 06 Februari 2024
Panduan Iklan infomersial
Mengenal Apa itu Infomersial dan Pebedaannya dengan Komersial

Media promosi yang paling efektif melalui iklan. Sementara itu, salah satu jenis iklan yang cukup populer adalah infomersial.

Meskipun banyak orang lebih akrab dengan istilah iklan komersial, secara fungsi iklan imfomersial serupa dengan komersial.

Berbedaan iklan infomersial dan komersial yang hanya pada durasi penayanagannya. Iklan infomersial relatif lebih lama karena mendemostrasikan produk secara mendetail. Sementara durasi iklan komersial cukup 30-60 detik saja.

Simak perbedaan iklan infomersial vs komersial, serta tips menarik konsumen melalui iklan infomerial pada artikel berikut.

Apa itu Infomersial?

Infomersial adalah strategi promosi dalam bentuk video atau iklan televisi dengan durasi relatif panjang. Maka dari itu, iklan infomercial biasanya menjadi program tersendiri di stasiun televisi.

Selama penayangan iklan infomersial biasanya diisi dengan menjelaskan fitur, kelebihan produk hingga demo cara penggunaan produk yang benar. Hal tersebut dikombinasikan dengan epik agar bisa menarik audiens untuk berbelanja.

Sementara pada akhir segmen iklan akan disisipkan call to action yang kuat, seperti “segera hubungi,” serta menyatakan bahwa “operator sedang menunggu” untuk apa yang dijelaskan sebagai “penawaran terbatas waktu.”

Kalimat ajakan tersebut mendorong audiens untuk menghubungi call center atau mengunjungi website bisnis segera agar audiens tidak ketinggalan promo.

Baca juga: Pengertian Advertising, Jenis dan Strateginya

Mengapa Infomersial Penting Bagi Bisnis?

Seperti strategi promosi pada umumnya, iklan infomersial memiliki peran penting untuk meyakinkan konsumen bertransaksi. Selain itu, bisnis perlu menjalankan iklan infomercial karena alasan berikut:

  • Membangun Brand Awareness

Iklan infomernsial membantu membangun kesadaran konsumen terhadap brand. Melalui iklan tersebut, brand bisa mengenalkan jenis atau layanan yang mereka tawarkan ke konsumen. Semakin sering brand menjalankan iklan, maka lebih mudah pula konsumen mengingat brand tersebut.

  • Mendatangkan Calon Konsumen

Selain brand awareness, infomercial juga bisa menghasilkan calon konsumen. Pasalnya setiap akhir iklan biasanya disisipkan CTA yang mengajak orang untuk berbelanja. Terlebih selama iklan juga menjelaskan detail produk yang deskriptif agar orang menjadi tertarik.

  • Meningkatkan Penjualan

Selanjutnya, infomercial juga bisa membantu meningkatkan penjualan bisnis. Iklan yang disajikan mendorong orang untuk melakukan pembelian langsung lewat telepon atau website bisnis.

Baca juga: Panduan Mobile Advertising

Apa Perbedaan Infomersial vs Komersial?

Selain infomersial, mungkin Anda lebih akrab dengan istilah komersial. Kedua jenis iklan ini memiliki tujuan sama, yaitu mempromosikan produk atau layanan.

Namun pada pelaksanaannya, antara infomersial dan komersial berbeda seperti penjelasan berikut:

  • Durasi Waktu

Iklan komersial umumnya berlangsung singkat antara 15-60 detik di jeda program TV. Berbeda dengan tayangan infomercial berlangsung panjang selama 30-60 menit, biasanya disiarkan secara langsung melalui TV.

  • Produk

Iklan komersial umumnya menawarkan berbagai jenis produk dan layanan. Sementara infomercial biasanya mempromosikan produk-produk kesehatan/kebugaran, kecantikan, dan produk rumah lengkap dengan demo penggunaannya.

  • Target Pasar

Komersial memiliki target pasar berdasarkan demografi yang tergantung pada jenis dan bentuk iklannya. Berbeda dengan infomercial yang memiliki target pasar yang lebih ketat, seperti konsumen yang begadang di malam hari.

  • Waktu Pembelian

Iklan komersial mengajak konsumen untuk membeli produk fleksibel karena penempatan iklan cenderung di tempat yang tidak memungkinkan untuk langsung membeli seperti poster di stasiun kereta.

Berbeda dengan infomercial yang memberikan batasan waktu untuk mendorong konsumen untuk segera membeli. Misalnya jangka waktu pembelian untuk mendapatkan promo hanya berlaku saat iklan TV berlangsung.

  • Dari Siapa Membeli

Iklan komersial dapat mengiklankan produk yang tidak eksklusif. Artinya konsumen memiliki kebebasan untuk membeli produk yang diiklankan dari mana saja. Sedangkan infomersial hanya memberikan pilihan konsumen untuk membeli produk dari pengiklan langsung.

Infomarsi lebih jelas bisa melihat infografis di bawah ini

Perbedaan infomersial vs komersial

Komponen Utama dalam Pemasaran Infomersial

Setelah mengetahui perbedaannya, sekarang saatnya untuk memahami komponen yang bisa membuat iklan infomercial berjalan baik. Komponen-komponen tersebut adalah

1. Solusi yang Ditawarkan

Komponen penting pertama adalah Anda harus bisa memahami masalah yang umum konsumen hadapi. Kemudian Anda bisa mendekati konsumen dari masalah mereka lewat iklan infomernsial.

Setelah itu, Anda bisa menjelaskan bahwa produk yang Anda tawarkan dapat menyelesaikan permasalahan tersebut. Cara ini lebih efektif untuk menarik perhatian konsumen.

Contohnya iklan OxiClean yang bekerjasama dengan Billy Mays beberapa tahun lalu. Pada iklan informecial yang mereka tayangkan, sebagian besar menjelaskan beberapa masalah/solusi ditampilkan dengan demonstrasi produk yang kuat.

2. Fitur atau Manfaat

Komponen penting lainnya dari infomersial adalah fitur atau manfaat yang produk Anda tawarkan. Fitur atau manfaat menjadi kunci penting dalam kampanye untuk menarik perhatian pelanggan.

Oleh karena itu, komponen infomercial ini perlu ditonjolkan dalam tayangan video atau iklan seperti yang dilakukan oleh Boogie Board’s Scribble N’ Play Creativity Kit.

Dalam iklan, Boogie Board’s Scribble N’ Play Creativity Kit lebih banyak menyoroti fitur dan manfaat produk mereka dengan cara yang menyenangkan dan menarik untuk menghibur anak-anak.

3. Kredibilitas

Komponen infomercial berikutnya adalah kredibilitas atau kepercayaan. Konsumen saat ini lebih suka membeli produk yang dapat mereka percayai.

Salah satu cara terbaik dalam membangun kepercayaan konsumen melalui testimonial dan ulasan dari mulut ke mulut.

Dalam kontek infomercial, membangun kredibilitas bisa menggunakan video testimoni dari pelanggan atau influencer sebagai “user generated content (UGC)”. Video tersebut menggambarkan seberapa terkesan mereka pada produk Anda.

4. Call to Action (CTA) yang Kuat

Komponen terakhir infomersial adalah CTA (Call to Action). Tujuan akhir dari kampanye infomercial adalah mengonversi audiens menjadi konsumen. Oleh karena itu, perlu didukung oleh CTA yang kuat, sehingga mendorong audien untuk segera berbelanja.

Strategi Promosi Infomersial yang Menarik Perhatian Calon Konsumen

Keberhasilan kampanye infomercial bergantung pada bagaimana Anda menggunakan strategi respons langsung untuk menekankan manfaat produk Anda agar penjualan menjadi kuat.

Berikut adalah strategi yang dapat digunakan untuk memaksimalkan engagement terhadap infomercial Anda:

  1. Pilih produk yang mudah didemonstrasikan sehingga pelanggan dapat melihat secara langsung seberapa menariknya produk tersebut
  2. Edukasi pelanggan dengan memberikan informasi yang substansial tentang pelanggan selama 30 menit
  3. Sajikan informasi terpercaya dan mudah dipahami seperti menggabungkan antara saran ahli, verifikasi dan testimoni pelanggan yang puas
  4. Dorong audiens untuk segera membeli dengan menawarkan bonus atau diskon dalam waktu terbatas
  5. Tonjolkan keunggulan produk Anda dengan visual kuat melalui grafis yang mencolok, efek video, rekaman dokumenter stok, foto still, dan rekreasi dramatis
  6. Memilih Saluran Distribusi yang sesuai dengan target audiens dan anggaran pemasaran
  7. Pertimbangkan untuk membuat serangkaian iklan berdurasi 3-5 menit yang tajam untuk meningkatkan penjualan
  8. Tekankan informasi pemesanan yang penting dengan menampilkan URL, nomor call center, dan informasi pemesanan penting lainnya di layar sepanjang segmen iklan atau pada waktu-waktu tertentu
  9. Buatlah ringkasan hangat dan panggilan tindakan yang kuat pada akhir infomercial

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan singkat mengenai infomersial yang masih cukup efektif menarik konsumen jika diterapkan dengan benar. Namun perlu dicatat terdapat empat komponen penting yang perlu Anda pertimbangkan saat membuat iklan infomersial.

Salah satu komponen tersebut adalah menyisipkan call to action yang mengarahkan audiens menghubungi layanan call center, website atau saluran komunikasi lainnya. Namun permasalahan lain bisa muncul jika Anda tidak siap melayani konsumen saat pesanan membludak.

Mekari Qontak menawarkan aplikasi omnichannel terbaik di Indonesia. Omnichannel Mekari Qontak memungkinkan Anda untuk menghubungkan beberapa saluran komunikasi dalam satu platform.

Selain itu, Mekari Qontak juga menyediakan chatbot yang dapat mersepon otomatis. Hal tersebut memungkinkan Anda untuk merespon konsumen yang datang dari iklan infomersial lebih cepat.

Jadi tunggu apalagi?

Coba Gratis omnichannel terbaik dari Mekari Qontak atau konsultasikan kebutuhan bisnis Anda lainnya dengan tim ahli dari Mekari Qontak

Referensi

Kategori : Marketing
WhatsApp WhatsApp Sales