Mekari Qontak
Marketing

Panduan Lengkap Integrated Marketing Communication untuk Bisnis!

Image CTA Integrated Marketing Communication

Setiap bisnis pasti memiliki perencanaan pemasaran. Karena pasti bisnis ingin produknya terjual, bukan? Namun tahukah Anda apa itu komunikasi pemasaran terpadu (integrated marketing communication)?

Karena melakukan pemasaran butuh konsistensi dan pada artikel ini, kami akan menjelaskan apa itu integrated marketing communication, manfaat, alat, dan bagaimana cara menerapkannya. Yuk, langsung saja!

Image CTA Integrated Marketing Communication


Apa itu Integrated Marketing Communication?

Pengertian Integrated Marketing Communication proses menggabungkan elemen marketing communication menjadi suatu identitas merek (brand identity) yang konsisten lintas saluran.

Tujuan integrated marketing communication adalah menyelaraskan pesan dan layanan antar saluran sehingga bisnis dapat memberikan pengalaman pelanggan yang maksimal. Dengan pengalaman pelanggan yang maksimal, bisnis juga akan mendapat kepercayaan dari stakeholder atau klien.


Manfaat Integrated Marketing Communication?

Komunikasi pemasaran terpadu memiliki banyak manfaat dan keuntungan untuk bisnis. Berikut manfaat ICM:

1. Meningkatkan Efisiensi

Mengadopsi strategi IMC akan meningkatkan efisiensi dengan menyediakan proses antar saluran yang konsisten.

IMC tidak hanya bertujuan untuk konsumen Anda, namun juga bermanfaat untuk komunikasi internal yang efektif dengan tim Anda. Kolaborasi internal di seluruh bisnis termasuk layanan pelanggan harus menggunakan “tone” suara yang sama, gaya dan menyampaikan pesan yang konsisten.

2. Membuka Peluang Jangkau Audiens yang Lebih Luas

Dengan menggunakan berbagai macam saluran komunikasi memungkinkan Anda dapat menjangkau audiens yang lebih luas dan menarik mereka apabila strategi pemasaran Anda tepat. Namun perlu Anda perhatikan bahwa target audiens tidak melulu menargetkan pelanggan baru, namun butuh konsistensi pelayanan terhadap pelanggan yang sudah ada.

3. Hemat Biaya

Sederhana..

Mendistribusikan konten ke berbagai saluran bisa menjadi proses yang mahal. Dengan mengadopsi strategi IMC tentu menghilangkan kebutuhan untuk mengulang konten, menghemat waktu dan uang Anda dengan mengadopsi gambar yang sama di situs web Anda dan beberapa profil media sosial.

4. Membangun Kepercayaan

Dengan menerapkan strategi komunikasi pemasaran terpadu, Anda membangun kepercayaan pelanggan dan membuka peluang brand recall karena pesan Anda yang konsisten dan terintegrasi pada setiap saluran. Seorang pelanggan akan mulai dekat dengan suatu merek ketika tiga kriteria ini terpenuhi:

  • Mencapai target audiens yang dituju
  • Pesan yang konsisten
  • Anda tersedia di berbagai saluran

Jika pesan utama tidak dikomunikasikan secara konsisten di seluruh saluran, pelanggan akan menerima pengalaman merek yang terputus-putus dan kecil kemungkinan akan membangun kepercayaan pelanggan.

Saya Mau Coba Gratis Qontak Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak Sekarang!


Apa Saja Alat Integrated Marketing Communication?

Setidaknya ada 8 elemen komunikasi pemasaran terpadu, antara lain:

– Periklanan (Advertising)

Periklanan merupakan bentuk komunikasi non personal dan biasanya bersifat berbayar. Meski demikian, periklanan menjadi salah satu strategi komunikasi paling efektif sehingga menyukseskan kampanye pemasaran. Dengan periklanan, bisnis bisa menjangkau audiens secara luas.

Perlu Anda pahami bahwa periklanan memiliki dua keuntungan untuk bisnis – menciptakan kesadaran produk (brand awareness) dan penjualan. Kunci dari periklanan adalah pesan yang relevan, ringkas, compelling ke pelanggan yang tepat!

Saluran periklanan bisa melalui internet (Google Ads, Media Sosial: FB/Instagram), radio, baliho, hingga televisi.

Baca juga: Pengertian Brand Awareness

– Personal Selling

Personal selling biasanya terkait hubungan tatap muka antara penjual dan pembeli, di mana penjual akan promosikan produk serta meyakinkan pembeli untuk melakukan transaksi.

Sebagai sales, tentu pendekatan ini adalah salah satu elemen terpenting.  Dengan melakukan personal selling, pembeli tidak hanya mendapat informasi mengenai produk, namun ada hubungan antar penjual dan pembeli sebagai nilai tambah.

Penjual bisa mendapat hati pembeli apabila datang tidak hanya untuk jual jual jual, tetapi juga memberikan jaminan layanan setelah transaksi (after sales) yang baik.

Direct Marketing

Metode direct marketing sebenarnya adalah salah satu metode komunikasi konvensional, yang mana sudah lama dipraktikan dari dulu. Metode ini sesimpel bisnis mendekati pelanggan melalui email, telepon, fax, sms, brosur, atau katalog.

Di zaman yang serba digital ini, tentu pendekatan di atas bisa diintegrasikan dengan elemen elemen IMC lain sehingga dapat memaksimalkan kampanye pemasaran bisnis Anda.

Mobile Marketing

Selain direct marketing di atas, pendekatan tradisional dalam pemasaran yang menjadi elemen IMC adalah mobile marketing. Dengan menjangkau pelanggan melalui pengiriman pesan, sebenarnya ini masih sangat dibutuhkan karena di samping langsung ke ponsel pelanggan, biayanya juga tergolong murah.

Contohnya seperti penggunaan WhatsApp blast yang memungkinkan bisnis untuk mengirimkan pesan pemasaran kepada banyak pengguna secara langsung ke aplikasi WhatsApp prospek atau pelanggan.

Selengkapnya: Cara Mudah Mengirim WhatsApp Blast

Social Media Marketing

Salah satu elemen penting pada dunia pemasaran saat ini tak lain adalah pemasaran media sosial (social media marketing). Selain berbiaya cukup murah, namun strategi ini dapat menjangkau banyak pelanggan apabila kampanye dilakukan dengan benar.

Pemasaran media sosial dapat berhasil apabila Anda dapat memahami audiens Anda. Dengan memahami audiens dan membuat konten yang mereka butuhkan, tentu akan meningkatkan engagement yang mana membuka peluang menambah jumlah pengikut (followers). Tingginya jumlah pengikut tentu akan diikuti dengan peluang konversi penjualan.

– Hubungan Masyarakat (Public Relations)

Humas pada dasarnya adalah bagaimana bisnis membangun hubungan dengan masyarakat secara umum (bukan hanya media sosial). Salah satu bentuk humas oleh bisnis terhadap masyarakat dapat melalui press release, membangun citra melalui berita, atau bahkan sponsor event.

– Sales Promotion

Diskon!

Kode Promo! FREE ONGKIR!

Pasti Anda sebagai pebisnis sering menemukan ini bukan? Bahkan sekalipun Anda seorang pebisnis, Anda juga adalah pelanggan di mata pebisnis lain.

Ya, insentif jangka pendek untuk meningkatkan penjualan ini tetap menjadi salah satu elemen integrated marketing communication yang sangat penting.

– Sponsorship

Sebelumnya pada elemen hubungan masyarakat kami telah bilang bahwa sponsor salah satu bentuk humas yang bisa dijalankan bisnis. Namun sejatinya, sponsorship sebagai elemen IMC ini merupakan gabungan sales promotion dan hubungan masyarakat.

Mengapa sales promotion juga termasuk? Karena ketika kita melakukan sponsorship, pasti di dalamnya terdapat aktivitas yang melibatkan promo untuk menjangkau dan menarik pelanggan. Dengan sponsorhip, bisnis dapat meningkatkan loyalitas pelanggan dan diferensiasi dengan kompetitor.

Diferensiasi kompetitor? Gimana gimana?

Contoh sederhananya Adidas sebagai sponsor perlengkapan olahraga klub sepak bola Arsenal. Tidak mungkin kompetitor Adidas seperti Nike juga akan ikutan menjadi sponsor klub Arsenal sehingga Nike memilih rival Chelsea sebagai sponsor. Di sini lah diferensiasi yang dimaksud.


Bagaimana Strategi Membangun Integrated Marketing Communication?

Di sini kami akan membuat rekomendasi strategi sederhana dalam membangun komunikasi pemasaran terpadu.

1. Pahami Audiens dan Target Pasar Anda

Ya, pahami audiens Anda secara mendalam. Apakah Anda sudah pernah membuat buyer persona? Sudah melihat laporan pemasaran sebelumnya? Bagaimana data penjualan periode sebelumnya?

Data data tersebut penting sebagai benchmark atau tolak ukur kesukesan ketika Anda menjalankan kampanye. Bahkan data tersebut juga menjadi acuan strategi apa yang akan bisnis Anda eksekusi. Coba jawab beberapa pertanyaan sederhana di bawah sebagai acuan ya:

-Siapa yang ingin Anda jangkau di pasar?

-Bagaimana demografi dari target buyer persona Anda?

-Masalah apa yang kerap terjadi dan belum ada solusi di antara target audiens Anda?

-Apa media yang biasa target audiens Anda gunakan?

-Bagaimana cara terbaik dan efisien untuk komunikasi dengan target audiens Anda?

-Berapa umur target audiens Anda? Apa gender target audiens Anda?

2. Perencanaan Keuangan (Budget)

Segala rencana pemasaran akan percuma apabila bisnis tidak memiliki tim finance. Untuk menyukseskan integrated marketing communication, tentu harus diiringi dengan budget yang sesuai. Pastikan kampanye Anda tidak over budget, rasio hutang tetap sehat dan tidak gali lubang tutup lubang.

3. Apa Unique Selling Proposition Anda?

Strategi pemasaran di era persaingan yang cukup ketat membutuhkan sesuatu yang menjadi pembeda. Ibarat pada elemen sponsorship kami pernah katakan untuk menciptakan diferensiasi produk, di sini juga sama pentingnya.

Dengan mengimplementasi unique selling proposition diiringi strategi IMC yang matang, tentu bisnis Anda akan membuka peluang mendapat calon pelanggan yang tertarik, meningkatkan peluang conversion rate, dan menjadi salah satu pesaing kuat di pasar. Pastikan bisnis Anda lahir karena masyarakat butuh, bukan karena promo.

4. Tentukan Metode Komunikasi Pemasaran Anda

Dalam metode ini, coba Anda pahami beberapa pertanyaan di bawah ini:

-Apa saja platform yang ingin Anda gunakan?

-Bagaimana brand voice pada copy Anda?

-Seberapa sering frekuensi Anda menjangkau pelanggan?

-Apa saja saluran untuk media promosi Anda?

5. Mulai Susun OKR/KPI yang Anda Butuhkan

Kesuksesan kampanye pemasaran tidak luput dari target dan objketif yang tepat sasaran. Banyak metrik yang dapat menentukan seberapa baik komunikasi pemasaran terpadu Anda. Mari kita kembali ke beberapa pertanyaan dasar untuk menentukan seberapa baik kampanye Anda:

-Berapa mention yang media sosial Anda dapatkan dari pelanggan Anda?

-Berapa jumlah pelanggan yang daftar newsletter blog Anda?

-Ada berapa jumlah kunjungan situs web dari media sosial Anda?

-Bagaimana churn rate dari kampanye email Anda?

-Berapa conversion rate Anda?

Baca juga: Cara Efektif Meningkatkan Conversion Rate

6. Eksekusi, Evaluasi, Improvisasi

Setelah semua rencana pemasaran telah Anda eksekusi, tentu jangan lupa untuk evaluasi. Dari evaluasi tersebut akan lahir improvisasi, dan inilah yang akan jadi pembeda untuk rencana kedepan. Karena Anda tentu akan mempelajari apa yang harus dipertahankan dan mana strategi yang harus diganti.

Saya Mau Coba Gratis Qontak Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak Sekarang!

Eksekusi Strategi Integrated Marketing Communication Anda dengan Aplikasi Omnichannel Terbaik!

Aplikasi-Helpdesk-Online-Sistem-Omnichannel

Bayangkan strategi integrated marketing communication Anda dipermudah dengan aplikasi omnichannel dan CRM yang mana menghubungkan seluruh saluran media sosial untuk layanan pelanggan serta penjualan dalam satu platform. Sederhana, bukan?

Mekari Qontak menyediakan aplikasi omnichannel CRM terbaik di Indonesia yang dapat Anda gunakan untuk mengotomatiskan bisnis dan merampingkan tugas tim marketing Anda. Selain itu, omnichannel CRM Mekari Qontak juga dilengkapi dengan solusi end-to-end dan berbagai fitur canggih yang dapat memberikan banyak manfaat menguntungkan bagi bisnis.

Sementara itu, Mekari Qontak telah dipercaya lebih dari 3000+ perusahaan untuk membantu mengelola pemasaran, penjualan, dan layanan pelanggan mereka. Tidak hanya itu saja, MekariQontak juga telah tersertifikasi ISO 27001 untuk memastikan keamanan informasi data pelanggan.

Jadi tunggu apa lagi? Yuk, coba demo gratis aplikasi Omnichannel CRM Mekari Qontak dan dapatkan FREE TRIAL selama 14 hari!

Hubungi Qontak Sekarang!

 

Related Articles

WhatsApp WhatsApp Sales