Daftar isi
5 min read

Begini Cara Mudah Menggunakan ChatGPT di WhatsApp

Tayang 28 Mei 2023
Diperbarui 13 Desember 2023
Begini Cara Mudah Menggunakan ChatGPT di WhatsApp

Beberapa waktu terakhir, chatGPT menjadi topik hangat yang banyak dibicarakan. Hal ini lantaran kemampuan kecerdasan buatan AI tersebut menyelesaikan sejumlah tugas. Alhasil, banyak yang mulai mengadopsi teknologi tersebut. Salah satunya WhatsApp yang bisa diintegrasikan dengan chatGPT.

Sebagai aplikasi chatting terpopuler di dunia, integrasi WhatsApp dengan ChatGPT memberikan banyak keuntungan. Terutama untuk dunia bisnis yang menggunakan WhatsApp sebagai platform layanan pelanggan.

Integrasi ChatGPT dengan WhatsApp membantu bisnis merespon setiap pelanggan lebih cepat dan tepat. Teknologi AI akan memberikan beberapa opsi respon yang bisa dipilih agen CS untuk menjawab pertanyaan pelanggan. Hal ini akan meningkatkan produktivitas agen dan kualitas pelayanan pelanggan.

Pelajari selengkapnya cara integrasi ChatGPT dengan WhatsApp pada artikel berikut.

Baca juga: Mengenal Apa itu Chat GPT dan Cara Menggunakannya

Cara Integrasi ChatGPT dengan WhatsApp

Berikut cara integrasi chatGPT dengan WhatsApp adalah

Langkah 1. Masuk ke Website Open AI

Integrasi chat gpt dengan WhatsApp pertama adalah Masuk ke Website Open AI

Salah satu penyedia chatGPT gratis adalah Open AI. Perusahaan milik Elon Musk ini menyediakan Open AI versi beta yang memungkinkan integrasi AI dengan aplikasi lain.

Maka dari itu, tahapan pertama adalah Anda perlu membuat akun di website Open AI. Anda bisa registrasi menggunakan email. Kemudian lakukan verifikasi menggunakan nomor telepon atau email.

Langkah 2: Buat API Keys

Cara Intgrasi Chat GPT dengan WhatsApp kedua adalah buat API Keys

Setelah melakukan registrasi di website Open AI, kemudian Anda perlu membuat API keys. API key adalah kode unik yang berguna sebagai penghubung dari developer satu ke developer lainnya.

Misalnya kode API key ini digunakan saat proses autentikasi menghubungkan chatGPT dengan WhatsApp.

Langkah 3: Integrasi ChatGPT dengan WhatsApp

Langkah 3 adalah Integrasi Chat GPT dengan WhatsApp

Langkah ketiga adalah proses codding untuk menghubungkan ChatGPT ke WhatsApp. Banyak developer memilih bahasa pemprograman javascript untuk menghubungkan keduanya.

Namun, apabila Anda kesulitan dalam proses coding, Anda cukup mengikuti instruksi yang ada di dalam panduan ChatGPT untuk integrasi chatGPT dengan WhatsApp.

Langkah 4: Uji Coba

Cara Mudah Menggunakan Chat GPT di WhatsApp terakhir adalah uji coba

Terakhir, setelah terintegrasi sempurna, Anda bisa menggunakan chatGPT untuk membalas pesan WhatsApp. Cobalah mengirimkan pesan untuk mengetahui apakah chatGPT bisa memberikan jawaban seperti yang Anda harapkan.

Baca juga: 12 Contoh Penerapan Artical Intelligence (AI) dalam Kehidupan Sehari-hari

Rekomendasi ChatGPT yang bisa Digunakan di WA

1. Mekari Qontak

Mekari Qontak merupakan mitra resmi BSP WhatsApp API di Indonesia. WhatsApp API memiliki fitur chatbot AI yang mampu membalas pesan otomatis. Jawaban chatbot bisa Anda kustomisasi sesuai dengan kebutuhan. Jadi Anda tidak perlu repot lagi menjawab pesan WhatsApp manual.

Kelebihan menggunakan WhatsApp API Mekari Qontak adalah

  • Chatbot AI yang membalas pesan dalam hitungan detik.
  • Blast WhatsApp mengirimkan pesan massal ke ribuan kontak sekaligus.
  • Multi device yang memungkinkan akun WhatsApp diakses agen tak terbatas di berbagai device sekaligus.
  • Routing agen mendistribusikan pesan ke agen-agen secara otomatis.
  • Dasbor report yang menampilkan laporan analisa seluruh intraksi di WhatsApp.
  • Open API yang memungkinkan integrasi WhatsApp dengan aplikasi populer lainnya.

2. BuddyGPT

BuddyGPT menyediakan bot AI berbasis ChatGPT yang memungkinkan Anda melakukan percakapan teks dan gambar. Aplikasi ini mengoperasikan API OpenAI untuk menjawab permintaan di WhatsApp

Proses menyiapkan BuddyGPTmudah cukup dengan mengunjungi situs web resmi BuddyGPT. Kemudian BuddyGPT akan mulai mengajarkan perintah untuk penggunaannya. Setelah itu, Anda bisa improvisasi sesuai kebutuhan.

3. Shmooz AI

Shmooz AI adalah sebuah situs web yang mengintegrasikan langsung GPT-3 ke bot mereka. Meskipun tidak memberikan akses langsung ke API mereka, Anda dapat dengan mudah mengatur Shmooz melalui situs resmi mereka, termasuk integrasi ChatGPT dengan WA.

Setelah berhasil, Anda dapat berkomunikasi dengan Shmooz AI melalui WhatsApp seperti yang Anda lakukan dengan ChatGPT, dan bot akan merespons dengan cepat. Sayangnya Shmooz berbayar mulai dari $2,99 per bulan dan hanya menyediakan 5 pesan gratis.

4. WizAI

WizAI adalah solusi ChatGPT yang dapat digunakan di WhatsApp. Seperti ChatGPT sebelumnya,WizAI mampu menghasilkan berbagai jenis konten, dan Anda dapat berinteraksi dengannya seperti berbicara dengan seorang teman melalui WhatsApp.

Kelebihan lainnya, Anda tidak perlu mendaftar atau memberikan rincian tambahan untuk menggunakan layanan ini. Namun untuk menggunakan WizAI secara default, Anda hanya mendapatkan 5 pesan gratis. Setelah itu, Anda harus membayar $2,00 per bulan.

5. Chatsonic

Chatsonic adalah salah satu alternatif ChatGPT yang memiliki kemampuan mengeluarkan jawaban dari hasil pencarian internet. Selain itum aplikasi ini juga bisa menghilangkan tidak informasi yang benar, sehingga informasi yang diberikan tidak terlalu rentan kesalahan.

Selain teks, Chatsonic juga bisa menghasilkan gambar sesuai ddengan petunjuk yang Anda berikan. Sayangnya aplikasi ini tidak gratis, untuk menggunakan Chatsonic Anda perlu membayar biaya berlangganan mulai dari $12,67 per bulan.

Integrasikan Chat GPT dengan WhatsApp dan Tingkatkan Layanan Pelanggan

Integrasi chat GPT dengan Chatpanel (Airene) seperti WhatsApp membantu bisnis melayani pelanggan. Sebab, teknologi AI membantu memberikan opsi jawaban yang dipersonalisasi untuk pelanggan secara otomatis. Sehingga pelanggan merasa lebih puas dan percaya terhadap bisnis.

Mekari Qontak menyediakan chatbot AI yang mampu merespon pelanggan secara otomatis. Chatbot WA Qontak juga mudah dikustomisasi sesuai kebutuhan.

Selain itu, Mekari Qontak juga mitra resmi WhatsApp API terbaik di Indonesia. Fitur lengkap WhatsApp API Qontak memudahkan bisnis dalam melayani pelanggan, meningkatkan penjualan dan produktivitas.

Lebih dari 3500+ perusahaan menggunakan Mekari Qontak untuk membantu mengelola pemasaran, penjualan, serta hubungan pelanggan. Tidak hanya itu, Mekari Qontak juga telah tersertifikasi ISO 27001 untuk memastikan keamanan informasi data pelanggan.

Jadi tunggu apa lagi? Dapatkan Chatbot AI GRATIS dari Mekari Qontak selama 14 hari sekarang juga!

Kategori : ChatbotWhatsApp
WhatsApp WhatsApp Sales