Mekari Qontak
Other Business

Growth Hacking: Definisi & Strategi Kembangkan Bisnis

Growth Hacks

Panduan Lengkap Mengenai Growth Hacking!

Growth Hacking adalah strategi pemasaran yang cukup populer saat ini. Pasalnya strategi marketing ini mampu meningkatkan pertumbuhan bisnis online sangat cepat. Bahkan penerapan strategi ini tidak membutuhkan modal terlalu besar, tapi menunjukkan tren perkembangan yang positif dengan cepat.

Layaknya strategi marketing lainnya, menerapkan growth hacking tidak selamanya mudah. Dibutuhkan kreativitas dan analisis data yang baik sehingga akan mendapatkan hasil optimal. Lalu apa itu growth hacking? Bagaimana cara tepat menerapkan strategi marketing ini? Temukan jawabannya di bawah ini:


Apa itu Growth Hacking?

Growth hacking adalah sebuah strategi yang memadukan antara marketing, data dan teknologi.  Dimana tujuan kombinasi tersebut adalah untuk meningkatkan brand awareness dan penjualan.

Penerapan strategi growth hacking diperlukan uji coba trial and error, sebelum terbukti mampu meningkatkan jumlah pelanggan. Pasalnya, strategi ini sangat mengandalkan data untuk menyusun strategi pertumbuhan perusahaan berkelanjutan.


Apa saja Tahapan Pada Growth Hacking?

Penerapan growth hacking terdiri beberapa tahapan yang perlu dijalankan. Tahapan tersebut sering disingkat sebagai AARRR, yaitu:

– Acquisition

Pada tahapan ini, Anda perlu mengetahui apakah pengunjung website Anda mendatangkan engage atau tidak. Apabila bounce rate Anda terlalu tinggi, hal ini menandakan tidak bagus untuk bisnis Anda. Manfaatkan program heatmap untuk melihat pola kebiasaan pengunjung website. Setelah itu kembangkan strategi untuk mendapatkan pengunjung untuk lebih engage di website Anda. Misalnya dengan berlangganan blog, memulai trial, atau follow akun social media Anda.

– Activation

Apabila Anda berada di tahap ini, artinya orang-orang sudah mulai menggunakan produk atau layanan Anda. Terlihat dari bertambahnya jumlah subscribers dan followers. Tantangan tahap ini adalah mengubah subscribers atau followers menjadi pelanggan. Mulailah dengan mengirimkan email marketing yang memperlihatkan value dari produk dan layanan Anda. Tujuannya agar mereka mau mencoba produk atau layanan Anda.

– Retention

Setelah berhasil mengubah followers menjadi pelanggan, Anda harus berusaha membujuk mereka menjadi regular customer. Oleh karena itu, Anda harus memastikan produk atau layanan dapat memuaskan pelanggan. Dengan begitu, mereka tak akan segan untuk kembali menggunakan produk Anda.

– Referral

Tahapan ini akan membantu meningkatkan pertumbuhan organik website Anda. Mintalah feedback dari pelanggan setia Anda untuk membantu “memasarkan” produk Anda. Sebab sebagian orang akan lebih percaya dengan keluarga atau rekan mereka yang telah menggunakan produk atau layanan Anda sebelumnya. Maka dari itu, banyak bisnis yang menawarkan diskon untuk pelanggan yang membagikan produk mereka di sosial media. Cara ini efektif untuk meningkatkan traffic website Anda serta jumlah prospek Anda.

– Revenue

Setelah berhasil mendapatkan pelanggan, Anda bisa menghitung revenue yang diperoleh dari penjualan produk. Jangan lupa untuk menganalisa hasil tersebut. Tujuannya untuk meningkatkan dan menggunakan kembali strategi-strategi serta cara-cara yang memiliki hasil terbaik.

Saya Mau Coba Gratis Qontak.com Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak.com Sekarang!


5 Strategi Growth Hacking untuk Mengembangkan Bisnis

1. Keberanian dalam mengambil risiko saat menerapkan Growth Hacking

Berani Mengambil Resiko-Growth Hacking

Tidak semua orang memiliki hal ini, dan biasanya kemauan seseorang untuk mengambil risiko adalah awal dari kesuksesan yang lebih dipercepat. Jika usia Anda masih tergolong muda, maka inilah saat yang tepat untuk menghabiskan waktu Anda membangun bisnis yang akan membuat Anda fokus hanya pada pekerjaan Anda, sebelum Anda memulai keluarga sendiri atau bertambah usia. Ingin cepat sukses, lakukanlah sekarang.

2. Temukan pelanggan Anda

Mendatangkan Pelanggan-Growth Hacking

Bisnis yang ingin Anda bangun haruslah didasarkan pada ada tidaknya pelanggan yang akan menikmati produk maupun jasa yang Anda bangun, adakah customer dan market bagi hal yang Anda rintis. Bangunlah pelanggan Anda terlebih dahulu, temukan orang-orang yang pasti akan menggunakan produk Anda, dan ciptakan produk yang mereka butuhkan. Hubungkan dengan media sosial serta temukan orang-orang yang tepat lewat email. Ambil jalan yang berbeda dari orang kebanyakan yang menjual dan menjual sampai menemukan customernya, dan temukan terlebih dahulu market Anda. Edukasi market Anda, baru mulailah berjualan.

3. Lakukan postingan tamu

Guest Bloging-Growth Hacking

Membangun kredibilitas bisnis Anda sebagai ahli dan pusat dari hal-hal yang ternyata dibutuhkan oleh customer Anda merupakan trik yang memang memakan waktu cukup lama namun akan bertahan lama jika Anda melakukannya secara konsisten. Buat konten di blog-blog lainnya, bangun kehadiran bisnis Anda di dunia digital agar semakin dikenal.

4. Bangunlah pengikut yang besar di media sosial

Sosial Media-Growth Hacking

Sediakan konten yang bagus dan mudah menarik customer untuk menekan pilihan share, dan lakukan semuanya secara konsisten sehingga lama-kelamaan sebuah pola yang mudah dikenali akan terbentuk dan diasosiasikan dengan bisnis Anda. Dengan demikian, pengikut atau tribe yang sudah antusias dengan bisnis Anda akan tercipta, dan penjualan akan terjadi secara lebih murah.

5. Konten dan konten

Membangun keberadaan dan kredibilitas bisnis di dunia digital haruslah dilakukan dengan membuat konten marketing dengan topik bahasan terkait bisnis Anda yang benar-benar akan memberikan manfaat yang diperlukan oleh calon customer Anda. Trafik akan datang dengan sendirinya, dan penjualan pun akan terjadi ketika konten Anda dinilai berkualitas. Konten dapat berupa gambar, video, dan tulisan, bahkan suara dalam bentuk podcast, selama konten tersebut bermanfaat dengan topik bahasan yang relevan.


Percepat pertumbuhan bisnis Anda dengan Growth Hacking Sekarang!

Sebagai pelaku bisnis, tentu Anda ingin mendapatkan pelanggan sebanyak mungkin. Sayangnya hal tersebut tidak mudah, salah satunya Anda perlu menerapkan growth hacking yang tepat.

Cara yang paling mudah untuk mengelola growth hacking adalah dengan aplikasi CRM terbaik dari Qontak.com. Teknologi CRM mampu mengelola alur penjualan, marketing dan customer service secara terpadu. Terlebih Qontak.com telah dipercaya lebih dari + 1000 perusahaan untuk mengembangkan bisnisnya.

Hubungi Qontak.com sekarang atau dengan mengisi form COBA GRATIS di bawah ini:

[ninja_form id=2]

Related Articles

WhatsApp WhatsApp Sales