Daftar isi
5 min read

Flipside: Cara Baru Mengekspresikan Diri di Instagram, Begini Penggunaannya

Tayang 12 Februari 2024
Diperbarui 18 Februari 2024
Memperkenalkan Fitur Terbaru Instagram Flipside
Flipside: Cara Baru Mengekspresikan Diri di Instagram, Begini Penggunaannya

Beberapa waktu lalu, Instagram melakukan uji coba fitur terbaru “Flipside”. Fitur ini memungkinkan pengguna Instagram memegang kendali orang yang bisa melihat postingan mereka dengan mengatur followers mereka.

Meskipun sekilas Flipside serupa dengan “Close Friend” di Instagram, tapi fitur terbaru IG ini memiliki jangkauan yang lebih luas. Pengguna bisa mengunggah foto profil, foto dan video di “Feeds”, ataupun “Stories” hanya untuk dikonsumsi audiens pilihan mereka. Dengan begitu, mereka bisa lebih bebas dalam berekspresi dan menjadi diri sendiri tanpa perlu membuat secound account.

Yuk, cari tahu lebih banyak mengenai IG Flipside, apa saja kegunaannya dan bagaimana cara memgaktifkannya pada artikel berikut.

Apa itu Flipside Instagram?

Flipside merupakan fitur terbaru di Instagram yang memungkinkan pengguna memposting foto pada grid yang terpisah dari profil utama. Dengan begitu, pengguna bisa menciptakan sisi yang personal mereka dengan memposting foto-foto yang lebih jujur dan bersifat pribadi untuk sekelompok kecil teman mereka.

Fitur IG Flipside terinspirasi dari tren “Finsta” (Fake Instagram) yang viral beberapa tahun terakhir. Finsta merupakan istilah slang untuk akun kedua atau palsu tempat pengguna IG membagikan postingan ke followers yang lebih sedikit. Tujuannya untuk menghindari pandangan publik dari akun utama mereka.

Tren tersebut mencuri perhatian Senator AS, Richard Blumenthal, yang kemudian meminta Instagram bisa mengakhiri penggunaan Finsta yang populer digunakan oleh remaja untuk menghindari pengawasan orang tua mereka.

Kemudian Instagram menjawab kekhawatiran Richard Blumenthal dengan meluncurkan fitur Flipside yang tengah memasuki masa uji coba. Jika respon pengguna Instagram dinilai positif, perusahaan akan mempertimnangkan untuk meluncurkannya secara masal.

“Ini (Flipside) adalah cara lain untuk menjangkau audiens yang lebih kecil, selain second account dan close friend. Kami akan melihat bagaimana respons orang-orang dalam pengujian ini, dan melanjutkannya,” ujar Head of Instagram Adam Mosseri, seperti dikutip dari TechCrunch.

Apa saja Fitur yang IG Flipside Miliki?

Dalam menjalankan fungsinya, IG Flipside memiliki fitur pendukung. Fitur-fitur tersebut juga yang membedakan Flipside dengan fitur “Close Friend” atau second account. Fitur yang dimaksud antara lain:

1. Ruang Pribadi untuk Berbagi Postingan

Fitur IG Flipside pertama memungkinkan pengguna untuk menciptakan ruang pribadi yang unik dalam profil Instagram mereka. Ruangan ini berfungsi sebagai tempat perlindungan untuk berbagi konten yang lebih personal dan jujur kepada audiens yang lebih dekat dan intim.

2. Kemudahan Akses

Fitur selanjutnya, memastikan bahwa Flipside dapat diakses dengan mudah oleh semua pengguna Instagram. Pengguna dapat dengan mudah beralih dari persona publik (profil utama) dan pribadi (ruang Flipside) hanya dengan mengeser ikon kunci hitam di bagian bawah profil IG.

3. Opsi Kustomisasi

Flipside memungkinkan pengguna berekspresi dengan menghiasi ruang pribadi mereka dengan mengkostomisasi foto profil, nama, dan bio yang unik, berbeda dari profil publik mereka. Fitur kustomisasi ini memungkinkan pengguna untuk membentuk identitas yang cocok dengan kepribadian mereka.

4. Manajemen Audiens

Fitur Flipside selanjutnya, memungkikan pengguna untuk mengontrol audiens mereka, seperti memutuskan siapa yang boleh melihat konten pribadi pengguna.

Pengguna dapat dengan cermat menyusun daftar teman yang memiliki akses ke Flipside mereka, sehingga menciptakan lingkungan terkendali di mana mereka dapat berbagi dengan lebih bebas.

5. Kepatuhan dengan Pedoman Komunitas

Meskipun bersifat pribadi, Flipside tidak beroperasi tanpa aturan. Konten yang dibagikan tetap mematuhi pedoman komunitas Instagram. Kepatuhan ini memastikan bahwa platform ini mempertahankan lingkungan yang aman dan menghormati untuk semua pengguna.

Apa Kegunaan Flipside pada Instagram?

Fitur-fitur yang dihadirkan Flipside memberikan manfaat untuk pengguna Instagram. Adapun kegunaan yang dimaksud adalah

  • Meningkatkan Pengalaman Pengguna

Keuntungan pertama mengubah cara pengguna berinteraksi dengan Instagram. Flipside menyediakan ruang untuk berbagi konten yang lebih otentik dan intim, sehingga dapat meningkatkan hubungan pengguna dengan teman dekat dan keluarga.

  • Menyajikan Lanskap Media Sosial Berbeda

Flipside juga bisa menjawab kebutuhan pengguna Instagram akan opsi berbagi postingan yang lebih pribadi dan terkendali. Hal ini tidak ditemukan pada platform media sosial lain.

  • Implikasi Budaya dan Privasi

Saat pengguna semakin sadar akan kehadiran online dan privasi mereka, Flipside memahami kekhawatiran ini. Fitur terbaru Instagram ini menawarkan solusi yang seimbang antara berbagi secara publik dengan interaksi pribadi.

Baca juga: Cara Kerja Algoritma Instagram

Bagaimana Cara Menggunakan Flipside Instagram?

Bagi pengguna yang tertarik, fitur Flipside cukup mudah untuk digunakan. Berikut cara penggunaanya:

  • Buka aplikasi Instagram
  • Pilih menu Profil Instagram Anda
  • Klik ikon kunci berwarna hitam yang berada di bagian pojok kanan bawah
  • Kemudian akun Flipside aktif yang ditandai dengan animasi layar berbalik
  • Klik tombol “Hanya Anda yang dapat melihat Flipside Anda”
  • Pilih pengguna yang ingin ditambahkan ke fitur Flipside dan Klik “Selesai”
  • Klik ikon “+” untuk unggah konten
  • Klik “Bagikan” untuk memposting konten
  • Konten yang dibagikan di fitur Flipside adalah munculnya tag pada pojok kanan atas unggahan bergambar kunci

Baca juga: Cara Menambah Followers di Instagram

Coba Fitur Flipside di Instagram Sekarang

Demikian penjelasan mengenai fitur Flipside di Instagram. Fitur ini memungkinkan pengguna IG memegang kendali penuh siapa saja yang bisa melihat postingan mereka. Dengan begitu, pengguna IG bisa lebih bebas dalam mengekspresikan diri tanpa perlu membuat second account.

Meski begitu, Anda tidak membagi kebutuhan pribadi Anda dengan bisnis menggunakan Flipside. Sebaiknya, Anda menggunakan akun Instagram Profesional yang memang dirancang untuk kebutuhan bisnis.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan Instagram API untuk mendukung operasional akun IG bisnis Anda. Instagram API memiliki fitur yang memungkinkan Anda membalas pesan pelanggan dengan cepat dengan chatbot.

Mekari Qontak merupakan mitra resmi Meta yang menyediakan Instagram API terpercaya. Dengan Mekari Qontak, Anda bisa menghubungkan Instagram bisnis dengan aplikasi populer lainnya. Hal ini memungkinkan Anda untuk merespon pelanggan dari berbagai platform tanpa berpindah aplikasi.

Konsultasikan Kebutuhan Bisnis Anda secara Gratis dengan tim Ahli Mekari Qontak melalui link berikut.

Referensi

Kategori : Instagram
WhatsApp WhatsApp Sales