Mekari Qontak
Other Business

Partner Bisnis: 7 Cara Memilih Mitra yang Baik

Bisnis Partner-Skill

7 Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Memilih Partner Bisnis yang Baik!

Dalam dunia bisnis yang ketat dan strategi sales yang harus terus mengalami penyesuaian, salah satu hal yang paling fundamental bagi sebuah bisnis adalah memilih mitra bisnis yang sesuai dan saling melengkapi. Jika Anda ingin mengembangkan usaha jauh lebih baik, maka Anda harus segera memilih partner bisnis yang paling baik sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Untuk dapat membantu Anda menilai apakah orang yang ingin Anda jadikan mitra bisnis sudah tepat?

Cobalah 7 tips berikut ini untuk memilih partner bisnis yang baik:

  1. Cobalah bekerja bersama-sama
  2. Mengajak orang dari keluarga Anda sendiri
  3. Berpartner dengan orang yang memiliki visi dan tujuan yang sama
  4. Temukan orang yang kemampuannya melengkapi kemampuan Anda
  5. Pilih Orang yang dapat dipercaya
  6. Lakukan investigasi terhadap kondisi keuangan calon partner bisnis Anda
  7. Pilih yang menenangkan, memotivasi, dan Terbuka Terhadap Kritik

Apa yang Dimaksud dengan Partner Bisnis?

Partner bisnis adalah hubungan kerjasama antar dua orang atau lebih dalam suatu bisnis untuk menghasilkan keuntungan. Mitra bisnis yang baik akan aktif berpartisipasi dalam menjalankan usaha dan bertanggung jawab secara bersama-sama.

Hubungan mitra bisnis yang baik akan mendatangkan banyak keuntungan bagi pihak yang terlibat. Salah satunya adalah meningkatkan penjualan dan branding. Meskipun memiliki banyak keuntungan, mitra bisnis juga memiliki kelemahan. Bahkan data statistik menunjukkan bahwa hingga 70% kemitraan bisnis pada akhirnya gagal.

Saya Mau Coba Gratis Qontak.com Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak.com Sekarang!


Mengapa sebuah Bisnis Memerlukan Partner Business?

Partner bisnis dibutuhkan untuk menjaga bisnis terus berjalan dengan menciptakan peluang-peluang baru. Selain itu mitra bisnis juga mampu menciptakan efisiensi biaya yang harus dikeluarkan dan juga meningkatkan awareness brand pihak yang berkolaborasi di mata pihak-pihak luar lainnya. Hal yang perlu diingat adalah menjalin hubungan bisnis tidak sekedar memiliki banyak relasi secara personal. Tapi juga penting untuk memiliki visi misi bisnis sejalan sehingga dapat memaksimalkan mitra bisnis yang terjalin.

Saya Mau Coba Gratis Qontak.com Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak.com Sekarang!


Bagaimana Cara Menemukan Partner Bisnis yang Baik?

Memilih mitra bisnis sama halnya Anda memilih seorang teman. Dimana Anda harus selektif agar teman tersebut memberikan dorongan positif untuk Anda, begitu juga untuk memilih partner bisnis yang baik.

7 tips memilih partner bisnis yang baik untuk Anda adalah sebagai berikut:

1. Cobalah bekerja bersama-sama

Partner bisnis bekerjasama

Jika memungkinkan, cobalah bekerja bersama orang yang ingin Anda jadikan mitra bisnis. Semakin lama semakin baik, karena Anda berkesempatan untuk lebih mengenal orang tersebut dan memahami cara kerjanya. Anda sudah pernah mengalami situasi pekerjaan yang membuat Anda stres, sehingga saat Anda memulai bisnis baru bersama, Anda sudah terbiasa dengan kehadiran dan sifat-sifat mitra bisnis Anda tersebut.

2. Mengajak orang dari keluarga Anda sendiri

Entah itu sepupu Anda, atau saudara kandung sendiri, Anda dapat mencoba berpartner dengan keluarga sendiri. Keuntungan dari hal ini adalah adanya relasi yang sudah terlebih dahulu berada dalam lingkungan personal dan dengan nilai-nilai mendasar yang dibagi dalam satu keluarga yang sama. Dengan nilai yang sama, Anda dapat saling berbagi motivasi untuk melakukan hal-hal besar, mengambil risiko bersama, berkorban dan sama-sama bekerja keras.

3. Berpartner dengan orang yang memiliki visi dan tujuan yang sama

Partner Bisnis-Visi dan Misi

Memiliki dan melihat ujung yang sama merupakan hal yang sangat penting. Apa yang menjadi tujuan dari bisnis Anda? Tentukan hal ini terlebih dahulu sebelum mencari partner yang tepat untuk Anda, yang juga memiliki visi yang serupa dan kemampuan yang melengkapi kemampuan Anda. Pada akhirnya, tujuan akhir harus sama, agar terdapat konsistensi yang sama untuk mencapainya meski akan diperlukan banyak kompromi dengan mitra bisnis Anda.

4. Temukan orang yang kemampuannya melengkapi kemampuan Anda

Bisnis Partner-Skill

Bisnis Anda haruslah memiliki orang-orang dengan skill set yang dibutuhkan untuk memajukan bisnis dan mempraktekkan berbagai strategi sales dan marketing dalam ritme yang serupa. Memiliki kekuatan dan kelemahan masing-masing yang berbeda-beda dapat menjadi pelengkap satu sama lain dan membuat bisnis Anda merasakan berbagai pengalaman bekerja sama yang berbeda-beda. Temukan mitra yang kemampuan dan kepribadiannya melengkapi Anda meskipun berbeda, dan bisa berjalan dengan selaras seiring dengan perkembangan bisnis.

5. Pilih Orang yang dapat dipercaya

Aplikasi Sales Lapangan

Dalam menjalin hubungan, hal yang paling penting adalah kepercayaan. Jangan sampai hubungan terjalin diselimuti kecurigaan yang akan mengganggu bisnis Anda ke depan. Cara untuk membangun kepercayaan adalah dengan menghabiskan banyak waktu bersama. Dari interaksi tersebut, Anda bisa menilai mitra bisnis dapat dipercaya atau tidak.

6. Lakukan investigasi terhadap kondisi keuangan calon partner bisnis Anda

Mencari mitra bisnis berarti mencari teman berbagi modal bisnis. Pastikan partner Anda ini benar-benar memiliki stabilitas keuangan untuk mensupport bisnis Anda bersama. Jangan sembarangan memilih partner, dan pertimbangkan partner bisnis Anda seolah-olah Anda akan menikah dengan partner Anda tersebut. Diskusikan kondisi keuangan masing-masing dan bagaimana porsi kontribusi masing-masing pihak.

7. Pilih yang menenangkan, memotivasi, dan Terbuka Terhadap Kritik

Partner bisnis juga mitra untuk mencapai tujuan bersama. Maka dari itu, carilah mitra bisnis yang bisa menenangkan dan memotivasi Anda. Hal ini penting karena menjalankan bisnis penuh dengan tekanan dan resiko gagal. Jangan sampai Anda harus berjuang seorang diri lantaran salah memilih mitra bisnis. Penting juga untuk memilih partner bisnis yang bisa terbuka terhadap kritik yang jujur dan membangun. Tujuannya agar Anda dan rekan bisnis bisa memperbaiki celah-celah yang ada dan meningkatkan performa bisnis Anda dari waktu ke waktu.


Perkuat Hubungan Baik dengan Partner Bisnis Anda Sekarang!

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, partner bisnis sangat penting bagi Anda yang ingin meningkatkan bisnis Anda. Untuk menjaga hubungan bisnis tetap terjalin baik, Anda membutuhkan aplikasi CRM dari Qontak.com.

Dimana melalui aplikasi CRM Qontak.com, semua aktivitas bisnis dikelola secara baik dalam satu platform. Dengan begitu, baik Anda maupun mitra bisnis bisa memantau secara bersamaan kapan saja dan dimana saja. Hal ini dapat meningkatkan kepercayaan antar pihak terlibat.

Hubungi Qontak.com sekarang atau dengan mengisi form COBA GRATIS di bawah ini:

[ninja_form id=2]

Related Articles

WhatsApp WhatsApp Sales