Daftar isi
4 min read

Manfaat Database Bagi Perusahaan dan Bisnis yang Jarang Diketahui

Tayang 27 Maret 2023
Diperbarui 13 Desember 2023
Manfaat Database Bagi Perusahaan dan Bisnis yang Jarang Diketahui

Manfaat database bagi perusahaan dan bisnis sangat sayang dilewatkan. Pasalnya database berperan penting dalam pengambilan keputusan bisnis yang tepat.

Database memberikan insight bagi perusahaan terutama perihal perilaku, trend hingga kebutuhan pelanggan. Wawasan tersebutlah yang menjadi landasan pengambilan keputusan dalam bisnis.

Simak ulasan lainnya terkait manfaat database bagi perusahaan dan bisnis pada artikel berikut.

Pengertian Database

Database adalah kumpulan informasi dan data sistematis yang tersimpan rapi dalam suatu sistem komputer. Data tersebut dikelola dan diatur sedemikian rupa sehingga mudah untuk diakses.

Umumnya, database disajikan dalam bentuk tertentu yang memudahkan dalam penggunaannya. Misalnya diorganisasi dalam bentuk file atau tabel dengan kolom, baris, dan indeks untuk memudahkan menemukan database.

Pentingnya Database Bagi Perusahaan dan Bisnis

Informasi pelanggan sangatlah penting untuk keberlangsungan bisnis. Oleh karena itu, mengumpulkan dan mengelola database pelanggan sama pentingnya dengan menjalankan bisnis.

Customer database platform memberikan bisnis wawasan terkait perilaku dan kebutuhan pelanggan. Maka dari itu, database sangat penting dalam pengambilan keputusan saat menentukan strategi penjualan.

Misalnya database tersebut memberikan informasi terkait produk populer di kalangan usia 20-35 tahun. Selain itu, bisnis juga bisa mengetahui metode promosi seperti apa yang diminati di target pasar tersebut.

Metode pemanfaat database tersebut memudahkan dalam menyusun rencana pemasaran yang lebih jelas. Dengan demikian, diharapkan hasil yang diperoleh akan lebih maksimal.

Baca juga: 12 Cara Terbaik Mendapatkan dan Menggunakan Database Pelanggan

Jenis-Jenis Database Bisnis atau Perusahaan

Jenis-jenis database

Pada umumnya ada 3 jenis database pada bisnis dan perusahaan seperti berikut:

1. Operational Database

Operational database atau Online Transaction Processing (OLTP) berperan dalam mengelola data dinamis secara real time. Jenis database ini memungkinkan penggunanya menambah, mengubah hingga menghapus data secara langsung.

2. Distributed Database

Distributed database menyimpan data di beberapa perangkat komputer yang saling terintegrasi. Jenis database ini memiliki admin yang bertugas mendistribusikan data ke beberapa perangkat, sehingga kinerjanya tetap optimal meski banyak komputer yang digunakan.

3. Relational Database

Jenis database terakhir ini berfungsi mengelola data berdasarkan model relasi. Kemampuan ini banyak diadopsi oleh data management platform yang bisnis gunakan. Semua software tersebut menggunakan SQL sebagai bahasa pemrograman untuk memelihara basis data dan melakukan query.

Manfaat Database Bagi Bisnis dan Perusahaan

6 Manfaat databse bagi bisnis dan perusahaan

Manfaat utama database bagi bisnis dan perusahaan adalah menyimpan semua data dalam satu sistem. Kemampuan ini memudahkan dalam mengorganisir serta mengakses data tersebut.

Manfaat lainnya database bagi bisnis dan perusahaan adalah sebagai berikut:

– Memusatkan Data

Perusahaan umumnya mengumpulkan database dalam satu sistem terpusat. Hal ini memudahkan dalam monitoring dan penggunaan data dalam waktu yang sama.

Misalnya untuk data penjualan, tim pemasaran tidak perlu mengunjungi divisi atau kantor untuk mendapatkan laporan. Mereka cukup mengaksesnya melalui satu server yang telah ditentukan.

– Mengelola Data Lebih Mudah

Adanya database terpusat memudahkan bisnis untuk mengelola serta mengakses data saat diperlukan. Bisnis lebih mudah dalam mengorganisir sejumlah data dalam satu kelompok untuk mendapatkan informasi yang mereka butuhkan.

– Hemat Biaya

Dengan sistem database terpusat, artinya perusahaan tidak memerlukan banyak perangkat untuk penyimpanan data. Hal ini tentu menguntungkan karena bisa menekan biaya operasional.

Meski begitu, semua yang memerlukan data tetap bisa mengaksesnya melalui server yang terhubung jaringan internet. Bahkan mereka bisa mengaksesnya dalam waktu bersamaan.

– Meminimalisir Inkonsistensi Data

Database menyimpan dan mengelola data secara sistematis dalam satu platform. Maka dari itu, memudahkan Anda untuk mengurangi mengurangi data duplikat. Hal ini mengurangi redudansi dan inkonsistensi data yang akan dikelola.

– Menjaga Privasi Perusahaan

Database memberikan bisnis kekuasaan untuk mengatur siapa saja yang bisa mengakses dan monitoringnya secara real time. Hal ini untuk menjaga privasi perusahaan serta keamanan data dari tindakan penyelewengan.

– Mengoptimalkan Performa dan Keuntungan

Seperti penjelasan sebelumnya, adanya database memudahkan kinerja karyawan terutama yang berhubungan dengan data. Artinya kerja mereka menjadi lebih cepat yang berpengaruh pada peningkatan performa.

Selain itu, wawasan yang database berikan juga memudahkan bisnis untuk mengambil strategi yang tepat. Artinya keuntungan yang diperoleh juga menjadi lebih maksimal.

Baca juga: 12 Pilihan Customer Database Software Terbaik di Indonesia

Memaksimalkan Manfaat Implementasi Database Pada Perusahaan Anda

Penjelasan sebelumnya menjabarkan manfaat database bagi bisnis dan perusahaan. Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan oleh bisnis setelah menggunakan database dengan tepat.

Namun, manfaat tersebut tidak akan maksimal apabila Anda salah dalam memilih tools untuk mengelola database.

Mekari Qontak menawarkan software database berbasis cloud yang mengelola seluruh database pelanggan. Aplikasi Qontak juga bisa diintegrasikan ke berbagai aplikasi populer untuk mendapatkan data pelanggan lebih baik.

Fitur-fitur aplikasi Qontak memberikan bisnis kekuasaan untuk mengakses database dari mana saja melalui jaringan internet. Keamanan database Anda juga terlindungi karena Mekari Qontak memiliki sertifikat ISO 20007.

Kategori : BisnisCustomer
WhatsApp WhatsApp Sales