Mekari Qontak
Other Business Sales

Sales Leader: Cara Menjadi Pemimpin yang Efektif

Sales Leadership

Cara Efektif Sales Leader Membangun tim Solid

Manajemen sales yang efektif akan tampak pada cara sebuah departemen penjualan terorganisir dan tim sales yang hanya berusaha untuk sekedar bertahan. Sebagai seorang sales leader, Anda memerlukan dasar-dasar yang kuat di bidang kepemimpinan membangun sebuah tim solid. Tapi bagaimana cara untuk membangun tim solid? Temukan jawabannya pada ulasan di bawah ini.


Apa yang Dimaksud dengan Sales Leader?

Sales leader adalah seorang yang memimpin dan bertanggung jawab pada sebuah tim atau sistem tertentu. Oleh karena itu, team leader harus memiliki jiwa kepemimpinan (leadership) yang mengacu pada kemampuan dan keterampilan tertentu.

Keterampilan sales leadership terutama harus dapat mempengaruhi orang lain untuk melaksanakan aktivitas tertentu untuk mencapai tujuan. Seorang leader juga harus bertanggung jawab untuk segala sesuatu yang dikerjakan anggotanya seperti mengatur pesanan, memberi layanan pelanggan dan masih banyak lainnya.


Apa saja Peran dan Tugas Sales Leader?

Seperti yang diketahui, seorang sales leader memiliki tanggung jawab atas tim atau anggota terhadap pekerjaan atau sistem tertentu. Selain itu, leader harus berperan sebagai pemandu, konsultasi, partisipasi dan kontrol. Dengan menjalankan peran itu semua, performa tim yang Anda pimpin akan bekerja lebih efektif.

Selain peran tersebut, tugas utama sales leader adalah mempertimbangkan dan menyusun kegiatan perbaikan bisnis seperti mengendalikan sales yang tidak sesuai dengan target KPI. Tugas sales leadership lainnya, meliputi:

  • Mengontrol biaya operasional
  • Memeriksa keamanan dan kemungkinan kecelakaan atau kendala di tempat kerja
  • Melaporkan hasil kualitas produksi harian, keselamatan, dan penghentian jalur produksi kepada manajer atau SPV.
  • Memantau pelayanan atau penjualan ke pelanggan berjalan semestinya
  • Periksa moral (absensi) dan aktivitas 5R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, dan Rajin).
  • Memeriksa produksi atau aktivitas kinerja anggota harian (meningkatkan produktivitas) dan pencapaian tujuan kualitas.

Bagaimana Cara Menjadi Sales Leader yang Bekerja Efektif?

Meski tampak sepele, namun sales leadership yang kurang baik dan menyeluruh dapat mengorbankan seluruh performa sales brand yang Anda dan tim wakili. Tidak cukup hanya memiliki karisma untuk menjadi pemimpin sebuah tim sales saja, Anda perlu memiliki kemampuan untuk memimpin seseorang agar mengambil sebuah keputusan atau mau terlibat karena keinginan mereka sendiri. Itulah ciri kepemimpinan dalam dunia sales yang dapat disebut berhasil, baik dalam internal sebuah tim sales maupun dalam melakukan follow up atau mempersuasi prospek Anda.

Berikut ini poin-poin agar menjadi seorang sales leader yang efektif:

1. Mengambil keputusan berdasarkan data akurat

data akurat-sales leader

Kesuksesan penjualan dapat diukur dari hasil yang diperoleh. Seberapa banyak prospek yang berubah menjadi customer, apakah lebih dari quarter yang lalu? Apakah terdapat peningkatan pendapatan secara keseluruhan? Jika jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut masih belum bernada positif, maka usaha leadership yang dilakukan selama ini masih belum mencukupi. Pemimpin sejati dalam bidang sales akan berpatokan pada data demi performa yang lebih efektif dan lebih kuat dengan keputusan bijak berdasarkan fakta analitik.

2. Memiliki visi yang jelas

Memiliki Visi Sales Leader

Jika menyangkut urusan manajemen, diperlukan kepemimpinan dengan visi yang jelas, terutama mengenai apa yang ingin dicapai, gambaran yang lebih besar dan arahan yang akan ditempuh. Kepemimpinan sales juga demikian, membutuhkan strategi dan visi yang sesuai dengan budaya dari sales sebuah perusahaan atau brand. Pemimpin sales-lah yang bertanggung jawab merencanakan, mendefinisikan dan mengkomunikasikan proses penjualan dan efektivitas strategi hingga mencapai target.

3. Pemimpin sales dapat memberikan motivasi yang diperlukan

Memberikan Motivasi Sales Leader

Seperti layaknya seorang pemimpin, pemimpin sales juga harus mampu memotivasi manajer dan salesperson yang ada di dalam timnya untuk meraih kesuksesan. Sebagai pemimpin, seorang salesperson bukan harus mengambil alih peran manajer, namun harus lebih banyak terlibat dalam eksekusi dari hari ke hari dan menyediakan pelatihan dan evaluasi bagi tim agar dapat melakukan penjualan secara lebih efektif.

Seorang pemimpin di bidang sales harus mengantongi kepercayaan serta komitmen dari anggota timnya, sampai pada titik di mana anggota tim cukup terinspirasi untuk mengikuti jejak pemimpinnya dan percaya penuh pada visi dan arahan strategi penjualan sang pemimpin. Sudahkah Anda ada di titik ini?


Apakah Aplikasi CRM dapat Membantu Pekerjaan Sales Leader?

Sebagai sales leader, tentunya Anda memiliki banyak tanggung jawab atau tugas yang harus diselesaikan setiap harinya. Dimana tugas tersebut harus dikerjakan secara optimal sehingga mendapatkan hasil yang memuaskan.

Namun, Anda tidak perlu khawatir lagi tidak bisa menyelesaikan tanggung jawab secara maksimal. Sebab, teknologi berupa aplikasi CRM Qontak.com didesain khusus untuk mempermudah pekerjaan Anda. Dimana salah satunya adalah mampu mengotomatiskan pekerjaan berulang seperti membuat laporan kinerja harian. Selain itu juga memudahkan dalam memantau aktivitas bisnis yang menjadi tanggung jawab Anda. Hal ini tidak lepas dari dukungan fitur aplikasi CRM Qontak.com canggih seperti:

  • Customization: Tampilan CRM dapat diubah secara instan agar cocok dengan perspektif bisnis Anda serta para pelanggan.
  • 360 View and Analytical Reporting: Menyajikan data lengkap hasil dari monitoring dan manajemen aktivitas sales, visualisasi sales pipeline untuk melacak proses bisnis dan deals yang sedang berlangsung, serta pelaporan dan analisis untuk memberikan insight dan pengambilan keputusan yang lebih baik.
  • Live GPS and Mobile: Memiliki fitur Live GPS yaitu pelacakan lokasi yang dapat dilakukan secara offline dan pada waktu yang sebenarnya walaupun tanpa koneksi internet sekalipun.
  • KPI Tracking and Task Management: Memiliki fitur pelacakan KPI dan task management yang dapat dikostumisasi untuk menciptakan KPI tertentu yang ingin mereka pantau sesuai dengan kebutuhan mereka.
  • Omnichannel Integration: Terintegrasi dengan WhatsApp dan saluran bisnis lainnya seperti media sosial, e-commerce dan VOIP call center pada customer service.
  • Document Automatisation: Memberikan otomatisasi dokumen serta dukungan/layanan penuh terhadap penggunanya.
  • Marketing Initiation: Terhubung dengan aplikasi marketing sehingga dapat melakukan otomatisasi dengan CRM untuk kampanye marketing.
  • Dedicated Support: Mendapatkan support khusus untuk setiap pengguna serta harga yang tidak begitu mahal.

Saya Mau Coba Gratis Qontak.com Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak.com Sekarang!


Jadilah Sales Leader yang Baik Sekarang!

Setelah membaca ulasan di atas, sekarang waktunya Anda untuk menjadi sales leader. Untuk memudahkan Anda dalam bekerja dan membangung sales leadership, jangan ragu untuk menggunakan aplikasi CRM.

Qontak.com menyediakan aplikasi CRM terbaik di Indonesia. Aplikasi CRM dari Qontak.com akan membantu Anda dalam mengelola penjualan, marketing dan customer service. Terlebih Qontak.com telah diperjaya lebih dari + 1000 perusahaan dari segala bidang untuk mengembangkan bisnisnya bersama.

Hubungi Qontak.com sekarang atau dengan mengisi form COBA GRATIS di bawah ini:

[ninja_form id=2]

Related Articles

WhatsApp WhatsApp Sales