Mekari Qontak
Marketing

Apa Itu Nostalgia Marketing? Pengertian, Strategi, dan Contohnya

Pelajari Semua Tentang Nostalgia Marketing!

Apakah Anda pernah mendengar nostalgia marketing? Seperti namanya, nostalgia marketing lekat hubungannya dengan nostalgia atau kenangan masa lalu.

Berbicara tentang kenangan, mengenang masa lalu sering kali menjadi hal yang menyenangkan untuk dilakukan. Ada banyak hal yang lekat dengan memori tertentu dan membuat kita nostalgia akan kenangan yang terjadi pada masa itu.

Kenangan tersebut kemudian mendorong kita untuk melakukan tindakan yang mampu mengembalikan kenangan masa lalu. Sehingga, tidak heran apabila akhirnya nostalgia dijadikan momentum untuk melakukan pemasaran yang efektif pada target audiens tertentu.

Lalu, seperti apa contoh nostalgia marketing? Dan seperti apa strateginya? Untuk mengetahuinya, yuk simak pembahasan lengkap tentang nostalgia marketing di bawah ini!

3 strategi nostalgia marketing yang efektif untuk meningkatkan pemasaran Anda:

  1. Identifikasi kenangan yang relevan dengan target audiens Anda
  2. Temukan kesempatan yang tepat untuk meningkatkan nostalgia
  3. Manfaatkan media sosial

Image CTA Omnichannel


Apa Itu Nostalgia Marketing?

Nostalgia marketing adalah strategi pemasaran yang dilakukan dengan memanfaatkan tema atau produk dari masa lalu untuk untuk menciptakan perasaan emosional yang unik pada pelanggan.

Sederhananya, nostalgia marketing adalah taktik untuk mengaitkan perusahaan Anda dengan sesuatu yang sudah disukai dan diingat oleh pelanggan. Sehingga, calon pelanggan atau pelanggan dapat terdorong untuk mencoba dan bahkan membeli produk atau layanan yang ditawarkan oleh bisnis Anda.

Baca Juga: Mengenal Apa Itu Storytelling Marketing dan Prosesnya


Mengapa Nostalgia Marketing Baik untuk Pemasaran Bisnis?

Menurut sebuah studi tentang memori otobiografi, ketika manusia diingatkan akan momen dari masa lalunya, maka ia akan mengalami kembali emosi yang terkait dengan momen aslinya.

Jadi, jika kenangan itu positif, maka kita akan memikirkan saat-saat yang menyenangkan, dan cenderung mengalami keceriaan yang sama.

Selain itu, beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa nostalgia dapat membantu melawan kebosanan, kesepian, dan kecemasan. Bahkan, dapat berfungsi sebagai cara yang efektif untuk mengatasi transisi kehidupan yang sulit dan saat-saat yang penuh tekanan.

Dengan demikian, nostalgia marketing dapat mengingatkan pelanggan tentang momen yang pernah membuat mereka senang. Dan di saat mereka menghidupkan kembali kenangan itu, maka mereka akan cenderung memperluas perasaan hangat itu ke merek Anda.


Seperti Apa Contoh Nostalgia Marketing yang Sukses?

– Nintendo

Nostalgia Marketing Nintendo

Jika Anda anak-anak yang tumbuh di tahun 80-an dan 90-an, mungkin Anda akan memiliki kenangan saat bermain video game Nintendo bersama dengan saudara Anda.

Kenangan tersebut kemudian dimanfaatkan oleh Nintendo untuk melakukan pemasaran nostalgia melalui sebuah iklan yang berjudul ‘Two Brothers’.

Iklan tersebut menceritakan kisah tentang dua saudara lelaki yang mencintai Nintendo yang tumbuh terpisah, berdebat sebagai remaja, dan kemudian dengan senang hati bersatu kembali sebagai orang dewasa untuk memainkan Nintendo Switch baru bersama.

Melalui iklan tersebut, pelanggan dapat mengingat bagaimana rasanya tumbuh bersama saudara dan kesenangan luar biasa saat Anda bermain video game sebagai seorang anak-anak.

– Spotify

Nostalgia Marketing Spotify

Pada tahun 2016 lalu, Spotify meluncurkan juru bicara baru, Spokes Dragon, dalam iklan 30 detik yang diproduksi oleh Wieden + Kennedy New York.

Iklan tersebut bercerita tentang dua karakter film fantasi tahun 1984 yang berjudul ‘The NeverEnding Story’, Falkor dan Atreyu. Bahkan, W+K meminta aktor asli, Noah Hathaway Dan Alan Oppenheimer, untuk mengulang peran mereka.

Dalam iklan tersebut, mereka meluncur menembus awan sementara lagu tema dramatis film diputar di latar belakang. “Aku tidak percaya orang masih mendengarkan lagu ini!” seru Atreyu. Naganya setuju, mereka tertawa bersama, dan keduanya melaju ke langit CG kualitas 80-an.

 

– Coca-Cola

Coca Cola

Coca-Cola menggunakan nostalgia dengan sangat baik sehingga sebotol Coke saja dapat mengingatkan sebagian besar orang akan perayaan keluarga saat Natal.

Perusahaan minuman tersebut kemudian menghubungkan Coke dengan Santa, dan memanfaatkan kenangan masa kecil dari sosok yang bahagia itu.


Bagaimana Strategi Nostalgia Marketing yang Efektif untuk Bisnis?

Setelah mengetahui pengertian nostalgia marketing dan contoh nyatanya, kini saatnya untuk Anda mengetahui bagaimana strategi pemasaran nostalgia yang efektif untuk pemasaran bisnis Anda.

Berikut adalah strategi nostalgia marketing yang dapat Anda coba:

1. Identifikasi kenangan yang relevan dengan target audiens Anda

Setiap generasi tentu memiliki kenangan yang spesialnya tersendiri. Kenangan tersebut dapat berupa film, musik, tren, dan masih banyak lagi. Biasanya ini akan terkait dengan masa muda generasi tertentu, khususnya produk yang ada di awal hingga pertengahan usia dua puluhan.

Oleh karena itu, Anda perlu mengunjungi kembali masa kanak-kanak dan masa muda pelanggan Anda dan identifikasi orang dan objek yang ingin mereka lihat lagi, atau acara dan tren yang dengan senang hati akan mereka hidupkan kembali.

Namun, Anda perlu memastikan untuk memilih tren yang selaras dengan nilai bisnis Anda, karena itu dapat dengan mudah menjadi bumerang jika dilakukan secara tidak benar. Misalnya, dengan menghindari kenangan yang dapat memicu kontroversi.

2. Temukan kesempatan yang tepat untuk meningkatkan nostalgia

Langkah kedua dalam strategi nostalgia marketing yang sukses adalah dengan mencari kesempatan yang tepat, di mana elemen nostalgia akan sesuai dengan merek bisnis Anda.

Lalu, kapan momen yang tepat untuk melakukan pemasaran nostalgia?

  • Rebranding
  • Perubahan dalam tujuan atau arah bisnis
  • Anniversary

Untuk melengkapi momen nostalgia, Anda dapat membuat produk edisi terbatas yang terkait dengan acara tersebut dan memberi penghargaan kepada pelanggan yang membeli produk selama waktu tersebut atas kesetiaan mereka.

Ini akan membantu pelanggan secara lebih lanjut mengasosiasikan nostalgia mereka dengan hadiah yang menyenangkan, sehingga mereka dapat menantikan kesempatan mendatang.

3. Manfaatkan media sosial

Untuk memperluas kampanye nostalgia Anda, manfaatkan media sosial dengan sebaik mungkin. Publikasikan nostalgia marketing Anda di seluruh platform media sosial yang Anda miliki.

Hal ini akan membantu pelanggan atau target audiens untuk memperoleh perasaan senang di  balik “Oh, saya ingat ini!”, dan mendorong mereka untuk berbagi postingan nostalgia dengan keluarga dan teman yang menjadi bagian dari kenangan tersebut.

Baca Juga: Cross Channel Marketing: Pengertian, Manfaat, Strategi, dan Tipsnya


Gunakan Strategi Nostalgia Marketing pada Pemasaran Bisnis Anda Sekarang!

Omnichannel CRM Qontak by Mekari

Dari pembahasan di atas dapat kita simpulkan bahwa nostalgia marketing merupakan strategi pemasaran yang mampu memunculkan kembali perasaan senang dari momentum tertentu, dan berbagi kenangan indah dengan merek Anda.

Dengan melakukan nostalgia marketing, Anda dapat menjangkau target audiens tertentu secara efektif dan meningkatkan penjualan produk serta pendapatan bisnis Anda. Tidak hanya itu saja, kenangan hangat yang Anda berikan melakukan nostalgia juga dapat meningkatkan loyalitas pelanggan Anda.

Adapun salah satu cara untuk meningkatkan nostalgia marketing adalah dengan memanfaatkan media sosial untuk penyebaran kampanye dengan sebaik mungkin. Dalam hal ini, Anda dapat menggunakan Omnichannel untuk memaksimalkan pemasaran Anda secara mudah.

Mekari Qontak menyediakan Omnichannel terbaik yang memungkinkan Anda untuk menyelaraskan program dan layanan bisnis Anda di berbagai saluran berbeda dalam satu platform terpadu.

Anda juga dapat mengintegrasikan Omnichannel Qontak dengan aplikasi CRM untuk operasional bisnis yang lebih cepat dan hebat. Tak perlu ragu, Mekari Qontak telah dipercaya lebih dari 3000+ perusahaan untuk membantu bisnis mereka secara efektif. Jadi tunggu apa lagi?

Hubungi Mekari Qontak sekarang!

 

Related Articles

WhatsApp WhatsApp Sales