Mekari Qontak
Marketing Other Business

8 Tips Inbound Marketing untuk Bisnis!

Inbound Marketing

Pelajari Tips Inbound Marketing dalam Bisnis untuk Meningkatkan Penjualan Anda!

Inbound marketing merupakan usaha Anda untuk membuat bisnis yang Anda pasarkan ditemukan di dunia internet yang kompetitif. Jika sekarang ini Anda belum mulai merambah pasar online, maka dapat dipastikan Anda sedang kehilangan momentum marketing dan sales. Anda juga bisa melewatkan jutaan prospek yang sedang mencari solusi masalahnya dalam produk Anda. Lantas bagaimana tips inbound marketing agar Anda dapat meningkatkan penjualan? pelajari selengkapnya di sini!

Berikut 8 Tips Inbound Marketing untuk Meningkatkan Penjualan Anda!

1. Pahami Target Anda

tips inbound marketing

Kunci dari inbound marketing adalah mengenal audiens Anda. Sangat penting untuk memahami tantangan yang mereka hadapi, tujuan yang ingin mereka capai, dan cara terbaik untuk berkomunikasi dengan mereka. Dengan demikian, Anda dapat mengantisipasi pertanyaan yang mungkin mereka punya lalu memberikan jawaban atau solusi sebelum mereka sempat bertanya.

Untuk mendapatkan pemahaman yang kuat tentang basis pelanggan Anda, langkah pertama melibatkan mendefinisikan profil pelanggan ideal Anda atau target persona. Target persona menggambarkan karakteristik prospek yang paling mungkin mendapat manfaat dari solusi yang ditawarkan produk atau layanan Anda seperti:

  • Usia
  • Gender
  • Pekerjaan
  • Jabatan
  • Pendidikan
  • Pain point serta tantangan (B2B)
  • Objektif (B2B)
  • Level pengalaman dan skill (B2B)

Dengan memahami calon pelanggan Anda, maka dapat meningkatkan traffic ke website dan bahkan membangun hubungan jangka panjang.

2. Buat Website yang dapat Menarik Penjualan

tips inbound marketing

Dalam inbound marketing, Bisnis Anda tidak akan melangkah lebih jauh tanpa website yang jalan secara efektif. Anda mungkin telah menemukan segudang ide yang Anda percaya akan membuat disrupt industri Anda. Tetapi jika calon pembeli yang mengunjungi website Anda tidak nyaman atau bingung atas navigasi website, kemungkinan besar mereka akan keluar dari halaman dalam beberapa detik pertama. Anda dapat kehilangan kesempatan mendapat pelanggan loyal, dan mungkin kalah dari kompetitor Anda.

Website Anda harus ramping, menarik, dan dirancang dengan mempertimbangkan user. Setiap halaman harus jelas dan kohesif dengan pesan brand Anda. Dan jangan lupa untuk mengembangkan website yang mobile-friendly.

3. Ciptakan Konten yang Unik dan Relevan

Content Marketing Trend 2018

Sumber Gambar: adweek.com

Konten adalah kunci di balik setiap strategi inbound marketing. Seperti yang telah disebutkan di atas, langkah pertama adalah mengenal audiens Anda sehingga Anda dapat mengantisipasi pertanyaan mereka dan memberikan jawabannya. Nah, cara menjawab pertanyaan tersebut adalah dengan mengembangkan konten yang informatif dan terstruktur, seperti:

  • Blog
  • Konten video
  • E-Book
  • Infografis
  • Media sosial
  • Iklan berbayar
  • Landing page dan CTA

Saat calon pelanggan berselancar ke internet untuk mencari solusi atas tantangan mereka, bisa saja mereka akan ke website Anda. Semakin banyak jawaban yang Anda berikan (atau konten yang Anda buat), semakin banyak authority yang Anda bangun. Semakin tinggi authority Anda, semakin tinggi kepercayaan yang akan Anda peroleh dari audiens Anda, yang selanjutnya dapat menjadi pelanggan loyal.

4. Bangun Arsip Konten Anda

Setelah membuat konten yang solutif, perlu Anda ketahui bahwa konten memiliki sifat yang abadi setelah dimasukkan ke dalam situs aktif dan terlacak oleh search engine. Dibanding dengan banner iklan, konten dapat menjadi jembatan yang evergreen atau tidak akan pernah mati dalam mencapai prospek Anda sampai kapan pun. Dengan terus menambah dan bereksperimen dengan berbagai tipe konten, Anda menciptakan arsip yang bisa ditemukan kapan saja oleh calon customer. Dengan begitu juga akan berujung pada penemuan produk atau jasa yang Anda tawarkan.

5. Buat Media Sosial Anda lebih Aktif

social crm

Memiliki perencanaan media sosial yang baik lebih dari sekadar mendistribusikan konten Anda sendiri. Ini tentang bagaimana Anda engage dengan pelanggan Anda.

Media sosial memberi peluang emas bagi bisnis untuk tidak hanya mempelajari bagaimana pelanggan mereka dalam mengonsumsi konten, tetapi juga bagaimana mereka ingin mengomunikasikan apa yang mereka rasakan terhadap brand

Dengan media sosial, Anda membuka jalur komunikasi dua arah untuk memungkinkan pengguna Anda memberikan feedback secara langsung, mengajukan pertanyaan, atau memberikan ulasan yang menarik. Anda dapat membaca tips social media marketing selengkapnya di sini.

6. Manfaatkan Chatbot

WA-Bot

Cara lain untuk membangun dan memelihara hubungan dengan calon pelanggan Anda adalah melalui chatbot.

Dengan menambahkan chatbot ke website, Anda dapat menanggapi pertanyaan pelanggan lebih baik. Selain itu, chatbot juga dapat memandu mereka ke konten yang diinginkan. Selain itu, setelah Anda mengetahui pertanyaan atau masalah apa yang biasanya dimiliki pelanggan, Anda dapat mulai mengotomatiskan chatbot agar lebih efisien dalam memecahkan masalah.

Tujuan inbound marketing melalui chatbot ini adalah untuk membuat percakapan yang lebih dipersonalisasi dalam customer journey pelanggan, sehingga Anda dapat membantu mereka dan memberikan customer experience positif.

7. Jangan lupa Call to Action!

Call to action

Sumber: infodigimarket.com

Kuasai Call to Action. Anda sudah bekerja keras untuk mendapatkan semua traffic ke website Anda. Sangat disayangkan apabila prospek sudah sampai di website Anda kemudian tidak tahu apa yang harus dilakukan selanjutnya – sangat sia sia. Pastikan Anda memasukkan call to action yang baik untuk memandu pengunjung website Anda ke langkah berikutnya. Tidak cukup hanya mengoptimalkan website Anda untuk mesin pencarian. Namun Anda juga harus mengoptimalkan situs Anda untuk menstimuli tindakan pengunjung.

8. Evaluasi dan Teruslah Uji Coba

Salah satu faktor kunci yang mengarah pada kesuksesan inbound marketing adalah pengujian. Melalui software otomatisasi seperti aplikasi CRM dan CMS, pengujian menjadi lebih mudah dan efisien.

Dengan melakukan A/B testing secara rutin, Anda dapat mengevaluasi taktik dan kampanye tertentu untuk lebih memahami bagaimana keduanya memiliki rasio konversi dan ROI Anda secara langsung. Anda bisa mendapatkan wawasan penting tentang apa yang berhasil dan apa yang tidak, sehingga Anda dapat terus mengoptimalkan upaya Anda dan berhenti membuang-buang uang untuk strategi yang tidak mendorong hasil.

Saya Mau Coba Gratis Qontak Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak Sekarang!

Tingkatkan Penjualan Anda melalui Strategi Inbound Marketing Anda!

Setelah Anda memahami tips inbound marketing, Anda perlu menaikkan level marketing bisnis Anda ke tahap yang lebih tinggi. Anda dapat melakukan cara marketing automation dengan metode CRM Marketing. Penggunaan aplikasi CRM marketing berfokus untuk meningkatkan penjualan pada bisnis Anda. Pastikan aplikasi marketing yang dipilih mudah digunakan, sesuai dengan kebutuhan bisnis, dan yang pasti sesuai dengan budget.

Aplikasi CRM Qontak.com dapat membantu Anda melakukan marketing automation dengan baik dan mudah melalui email campaigns. Kampanye email ini dapat difilter berdasarkan jabatan, departemen, industri, ukuran perusahaan, dan lainnya.

Konsultasikan strategi inbound marketing Anda kepada tim Qontak.com atau coba GRATIS aplikasi CRM Marketing sekarang juga!

Hubungi Qontak.com sekarang atau dengan mengisi form COBA GRATIS di bawah ini!

[ninja_form id=2]

Related Articles

WhatsApp WhatsApp Sales