Mekari Qontak
Marketing

Panduan Optimasi SEO On Page untuk Website Anda!

Cara Optimasi SEO on page

Search engine optimization (SEO) adalah hal penting yang perlu dilakukan oleh semua pemilik situs web, tidak terkecuali pemilik situs toko online. Namun, tidak sedikit pebisnis yang masih bingung tentang bagaimana cara optimasi SEO on page yang tepat.

Padahal, optimasi SEO tidak hanya dapat membantu meningkatkan performa dan ranking halaman web, tetapi juga meningkatkan pengalaman pelanggan dan penjualan bisnis. Lalu, bagaimana cara optimasi SEO on-page yang tepat?

Untuk lebih jelasnya, yuk simak di bawah ini!

Berikut adalah 9 faktor penting yang perlu diperhatikan dalam melakukan optimasi SEO on-page:

  1. Keyword
  2. Title Tag
  3. Header tags dan hierarki nya
  4. Konten berkualitas tinggi
  5. Meta description
  6. Internal links
  7. Image optimization
  8. URL
  9. Schema markup

Aplikasi CRM Mekari Qontak


Apa Itu SEO on Page?

SEO on-page adalah kegiatan yang dilakukan untuk mengoptimalkan halaman web, sehingga dapat meningkatkan peringkat mesin pencari situs web dan mendapatkan lalu lintas organik.

Ini dapat mencakup keyword research, pengoptimalan gambar, waktu buka halaman yang lebih cepat, tag judul yang ditingkatkan, alt text yang lebih baik, dan masih banyak lagi.

Di mana semakin baik skor SEO di halaman Anda, maka semakin tinggi visibilitas halaman Anda di halaman hasil mesin pencari (SERP).

Baca Juga: Pengertian Search Engine Marketing, Cara Kerja, dan Contohnya


9 Cara optimasi SEO on Page

Berikut adalah beberapa cara optimasi SEO on page yang perlu wajib diperhatikan untuk memperbaiki performa website Anda!

1. Keyword

Optimasi SEO on-page umumnya dilakukan dengan mengoptimasi atau membuat konten yang berkualitas. Namun sebelum mulai membuat konten, Anda perlu melakukan keyword research.

Keyword research di sini mencakup  search engine keywords dan long-tail keywords. Tujuannya adalah untuk memberi mesin pencari pemahaman yang lebih baik tentang halaman web Anda.

Misalnya, Anda mencari kata kunci “sepatu olahraga”, maka mesin pencari akan menampilkan situs-situs yang membahas dan menggunakan kata kunci sepatu olahraga di situs mereka.

2. Title Tag

Title tag merupakan tag HTML yang ditampilkan di bagian atas setiap halaman web. Ini akan membantu pengguna untuk mengetahui gambaran umum tentang halaman tertentu.

Selain itu, title tag juga ditampilkan dengan jelas di hasil mesin pencari. Sehingga dapat memudahkan pembaca untuk mengetahui konteks atau isi dari situs yang ditampilkan.

Misalnya seperti title tag halaman ini, “9 Cara optimasi SEO on Page untuk Memperbaiki Performa Sales”.

3. Header tags dan hierarki nya

Dalam penerapannya, header tag juga mencakup title tag atau judul halaman.

Namun tidak hanya itu saja, ini juga meliputi subjudul yang dapat membantu Anda untuk memecah konten menjadi beberapa bagian.

Dengan demikian, audiens dan mesin pencari dapat langsung memahami logika dan struktur halaman Anda secara keseluruhan. Di mana terdapat hierarki yang menjelaskan isi konten.

Berikut adalah hierarki pada header tag:

  • H1 mencakup topik utama halaman
  • H2 menutupi poin utama halaman, mendukung H1
  • H3s memberi Anda lebih banyak informasi tentang H2s
  • H4s memberi Anda lebih banyak informasi tentang H3s

Namun perlu diketahui bahwasanya tidak semua halaman memiliki H3 dan H4. Itu bisa disesuaikan dengan kebutuhan halaman.

4. Konten berkualitas tinggi

Melakukan SEO memang sangat penting. Tetapi itu tidak berarti Anda boleh melupakan konten yang berkualitas, di mana pembaca menjadi prioritas utama Anda.

Lalu, seperti apa konten yang berkualitas?

Konten berkualitas tinggi adalah konten yang dapat diakses, diteliti, ringkas, dan memiliki nilai untuk pembaca.

Untuk itu, Anda perlu membuat  tulisan yang mudah dimengerti, memiliki sumber kredibel, jelas dan ringkas, dan paling penting, mencakup informasi berharga yang dapat menjawab pertanyaan pembaca.

Jangan lupa untuk membaca ulang dan mengoreksi pekerjaan Anda untuk mengetahui apakah ada kesalahan tata bahasa, memastikan nada yang konsisten, dan lainnya.

5. Meta description

Cara optimasi SEO on page dengan memperhatikan penulisan meta description.

Cara optimasi SEO on page berikutnya adalah dengan membuat meta description atau meta tag yang tepat. Meta tag sendiri adalah tulisan yang ditampilkan di SERP, tepatnya di bawah judul halaman.

Artinya, ini memberikan ringkasan singkat tentang halaman Anda dan dapat menarik minat para pembaca.

Oleh sebab itu, ini harus menunjukkan kepada pengunjung apa yang dapat mereka harapkan dari halaman tertentu.

Baca Juga: 5 Program Marketing untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis

6. Internal links

Jika pembaca atau calon pelanggan sudah membaca konten Anda, mengapa tidak mengarahkan mereka ke informasi yang lebih berguna?

Mengingat, konten Anda merujuk pada informasi atau produk relevan yang dihosting di bagian lain situs web Anda.

Anda dapat menautkan internal link yang relevan untuk membantu audiens Anda menambah pengetahuan atau bahkan langsung membeli produk Anda!

Namun perlu diingat, jangan sembarangan memasang tautan internal link di tempat yang tidak relevan. Hal ini dapat membuat Anda kehilangan peringkat halaman dan membuat pembaca merasa kesal.

7. Image optimization

Memasukkan gambar ke dalam konten dapat membuat konten Anda menjadi lebih menarik dan lebih mudah dipahami oleh pengguna.

Tetapi, memasukkan gambar saja tidaklah cukup, Anda juga perlu melakukan image optimization untuk memaksimalkan upaya SEO Anda.

Oleh karena itu, Anda perlu memasukan alt text gambar untuk membantu mesin telusur memahami relevansi gambar Anda dengan konten Anda.

Pastikan Anda menyertakan detail spesifik tentang apa yang ada di gambar dan kata kunci utama Anda untuk meningkatkan SEO di halaman Anda.

Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan ukuran gambar dan format gambar. Pilihlah ukuran gambar yang lebih dan gunakan format WEBP untuk meningkatkan page speed Anda.

8. URL

Cara optimasi SEO on page selanjutnya adalah memastikan URL Anda mengandung keyword dan buat mereka tetap pendek.

Ini karena struktur URL dapat memainkan peran penting dalam SEO. Oleh sebab itu, Anda perlu memperhatikan URL halaman Anda.

9. Schema markup

Cara optimasi SEO on page yang terakhir adalah dengan melakukan schema markup. Dalam hal ini, schema markup akan membantu mengkategorikan konten Anda secara lebih lanjut.

Schema markup sendiri merupakan alat lain yang membantu mesin pencari memahami dan memberi peringkat pada konten Anda.

Contohnya situs web tentang resep. Jika Anda mencari resep di Google, maka schema markup akan memberi Anda waktu memasak untuk resep tersebut, bahkan sebelum Anda mengklik hasilnya.

Data terstruktur seperti schema markup dapat membantu Anda untuk meningkatkan lalu lintas ke situs web Anda.

Baca Juga: 13 Program Sales untuk Meningkatkan Penjualan secara Efektif


Pelajari Cara Optimasi SEO on Page dan Tingkatkan Penjualan Bisnis Anda Sekarang!

Logo Mekari Qontak

Itu dia 9 cara optimasi SEO on-page yang perlu Anda ketahui. Selain mengoptimasi halaman web, Anda juga perlu menyederhanakan dan mempercepat alur penjualan Anda di website.

Salah satunya dengan menggunakan bantuan sistem pendukung seperti aplikasi CRM terbaik dari Mekari Qontak.

Aplikasi CRM Mekari Qontak dilengkapi dengan berbagai fitur canggih yang dapat mempercepat penjualan dan layanan pelanggan Anda.

Dengan demikian, pelanggan akan memiliki pengalaman yang lebih baik dan akhirnya lebih nyaman untuk melakukan proses pembelian di situs web bisnis Anda.

Bagaimana, Anda tertarik untuk mencobanya?

Hubungi Mekari Qontak sekarang!

Related Articles

WhatsApp WhatsApp Sales