Daftar isi
6 min read

13 Manfaat CRM (Customer Relationship Management) Bagi Perusahaan

Tayang 20 April 2023
Diperbarui 30 April 2024
Manfaat CRM Bagi Perusahaan
13 Manfaat CRM (Customer Relationship Management) Bagi Perusahaan

Bagi bisnis menjalin hubungan baik dengan pelanggan sangatlah penting. Oleh karena itu, banyak bisnis menerapkan CRM (Customer Relationship Management).

Adapun manfaat CRM adalah membantu bisnis memantau seluruh interaksi pelanggan dan memberikan informasi terkait pelanggan, termasuk penjualan.

Sementara itu, Forbes mencatat ada 6 manfaat CRM bagi perusahaan seperti memusatkan data pelanggan, mengidentifikasi prospek, meningkatkan rasio retensi pelanggan, memudahkan dalam mengambil keputusan, mengotomatiskan tugas berulang dan menambah pendapatan.

Namun, manfaat CRM tidak hanya berhenti sampai di situ saja. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan tentang manfaat CRM berikut ini!

Sebelum lebih jauh membahas manfaat CRM, sebaiknya Anda mengetahui pengertian CRM.

Kepanjangan CRM (Customer Relationship Management) adalah sistem yang dirancang untuk mengelola interaksi – interaksi yang terjadi terhadap pelanggan dan calon pelanggan Anda.


13 Manfaat Utama CRM Bagi Perusahaan

Manfaat CRM adakah mengelola hubungan pelanggan lebih baik. Jalinan hubungan pelanggan dengan perusahaan dapat meningkatkan loyalitas pelanggan dan pendapatan perusahaan.

Selain itu, masih banyak manfaat CRM yang bermanfaat untuk perusahaan yaitu:

1. Memusatkan Informasi

CRM memustakan seluruh semua informasi tentang pelanggan Anda dalam satu database. Hal ini memubat informasi tersebut mudah diakses oleh siapa saja di perusahaan Anda yang membutuhkannya.

Jadi ketika tim sales memutuhkannya untuk melihat produk apa yang paling diminati pelanggan. Mereka bisa melihat riwayat berinteraksi pelanggan dengan perusahaan sebelumnya.

CRM juga menyertakan catatan interaksi yang berguna untuk menyusun strategi pemasaran dan promosi penjualan di masa mendatang. Hal ini menghemat waktu karyawan Anda untuk menggali file dan catatan lama, dan ini memberikan pengalaman yang lebih baik dan lebih produktif bagi pelanggan.

2. Peningkatan Produktivitas dan Efisiensi

Dengan melacak kegiatan tim penjualan dan tim bisnis, manajer dapat mengukur kinerja tiap-tiap individu secara akurat yang mana akan membuat mereka bertanggung jawab untuk memenuhi target.

3. Menjalin Hubungan Pelanggan lebih baik

whatsapp-business-api-pricing-otomatis-menyimpan-data

Semakin banyak Anda tahu dan ingat mengenai klien (atau pelanggan) , maka semakin klien Anda tahu bahwa Anda peduli tentang mereka. Ini memungkinkan Anda untuk menjalin koneksi yang lebih kuat. Hal tersebut berakibat meningkatkan hubungan yang lebih dalam dengan klien Anda.

4. Mempermudah Kolaborasi Tim

Membangun-Strategi-CRM-Kolaborasi-TIm

Banyak perusahaan yang gagal meminta eksekutif mereka untuk menggunakan sistem CRM kemudian gagal mendapatkan manfaat dari CRM. Manajer yang menggunakan sistem CRM dapat dengan mudah menginstruksikan staf dan memantau kinerja mereka sehingga terjadi banyak kolaborasi diantaranya.

5. Meningkatan Pendapatan

Call-Center-Peningkatan-Penjualan

Dengan melacak semua prospek, perusahaan dapat meningkatkan pendapatan.

Setelah semua orang belajar dan menggunakan sistem CRM, produktivitas akan meningkat, siklus penjualan menjadi lebih singkat, dan Anda memiliki kemampuan untuk menyediakan produk dan layanan tambahan kepada klien sehingga membuat kepuasan klien meningkat.

6. Efisiensi Layanan Pelanggan

qontak-software-ticketing-omnichannel

Sekali lagi, semakin Anda tahu tentang klien, semakin baik kemampuan Anda untuk melayani mereka.

Jika semua orang menggunakan sistem CRM untuk merekam interaksi dengan pelanggan mereka – SETIAP interaksi pelanggan, maka orang lain dalam perusahaan dapat melayani pelanggan dengan pengetahuan yang sama dengan apa yang telah dibahas sebelumnya.

Baca juga: Panduan Lengkap Seputar CRM

7. Kepuasan Karyawan Lebih Tinggi

Call-Center-Pelanggan-Puas

Semakin banyak pengetahuan yang dimiliki karyawan Anda, maka mereka akan semakin mereka diberdayakan dan terlibat.

Memiliki sistem CRM yang akurat dan terkini yang digunakan setiap orang maka terdapat akses yang dapat membantu karyawan memecahkan masalah klien.

Dengan demikian, perusahaan dapat membuat produktivitas karyawan meningkat dan klien senang.

8. Penghematan biaya

hemat-biaya

Pada saat memulai penggunaan, CRM akan terasa mahal dan memakan waktu, seiring berjalannya waktu keuntungan dari CRM akan jauh lebih besar daripada biaya.

Anggota tim penjualan dapat menjadwalkan pertemuan dengan prospek yang lebih baik di wilayah geografis yang sama. Tim pelayanan pelanggan lebih mampu menyelesaikan masalah klien.

Baca Juga: Ini Dia Cara Menghemat Biaya Operasional Perusahaan

9. Berkurangnya Gesekan dengan Pelanggan

penjualan-lebih-akibat-manfaat-crm

Ketika klien terlibat dengan hanya satu anggota perusahaan, risiko gesekan adalah 40%. Ketika terdapat 5 atau lebih orang terlibat dalam hubungan dengan klien, risiko gesekan turun menjadi kurang dari 5%.

Lalu, bagaimana jika manfaat dari CRM tidak dapat dirasakan atau implementasi CRM perusahaan mengalami kegagalan? Pelajari di artikel  Penyebab Kegagalan CRM Project.

10. Segmentasi Pelanggan yang lebih baik

CRM akan secara otomatis mengelompokkan daftar kontak Anda berdasarkan kriteria tertentu. Hal ini memudahkan Anda untuk menemukan kontak yang ingin Anda hubungi pada waktu tertentu. Anda juga dapat mengurutkan kontak berdasarkan lokasi, jenis kelamin, usia, tahap pembeli, dan lainnya.

11. Prediksi Penjualan Lebih Akurat

Dengan operasi bisnis apa pun, Anda harus dapat meninjau kinerja masa lalu dan merencanakan secara strategis bisnis masa depan. Dari keuntungan CRM tentunya membantu untuk memperkirakan hasil penjualan yang akan Anda dapatkan.

Dengan menggunakan fitur laporan penjualan otomatis pada aplikasi CRM, Anda dapat mengidentifikasi tren utama dan mendapatkan gambaran tentang apa yang diharapkan dari kinerja siklus penjualan Anda di masa mendatang, sekaligus menyesuaikan tujuan dan metrik Anda agar sesuai dengan proyeksi tersebut

12. Sales Forecast yang Lebih Akurat

Keuntungan perusahaan menggunakan CRM selanjutnya adalah memungkinkan sales forecast yang lebih akurat.

Fitur laporan penjualan otomatis pada aplikasi CRM dapat membantu Anda untuk mengidentifikasi tren utama dan mendapatkan gambaran tentang apa yang diharapkan dari siklus penjualan Anda di masa mendatang.

Selain itu, Anda juga dapat menyesuaikannya dengan sasaran dan metrik agar sesuai dengan proyeksi penjualan Anda.

13. Memberikan Analisis dan Laporan Terperinci

Banyaknya data pelanggan yang perlu dikelola bisa menjadi hal yang merepotkan, karena Anda akan membutuhkan waktu yang lama untuk menganalisis seluruh data tersebut. Lalu, apakah ada solusinya?

Tentu saja ada, yaitu menggunakan aplikasi CRM yang dilengkapi dengan kemampuan analitik bawaan untuk mengontekstualisasikan data, memecahnya menjadi item yang dapat ditindaklanjuti, dan menjadikannya metrik yang mudah dipahami.

Dengan menggunakan CRM, Anda tidak hanya dapat mengetahui analisis dan laporan tentang pelanggan, tetapi juga pencapaian anggota dan tim Anda secara keseluruhan.

Baca juga: Rekomendasi Tools CRM Terbaik 2023

Salah satu Keuntungan CRM adalah memberikan laporan analsis otomatis


Dapatkan Manfaat CRM untuk Perusahaan Anda Sekarang!

Bagaimana, ada banyak keuntungan CRM yang dapat diperoleh perusahaan bukan? Semua manfaat itu bisa Anda dapatkan apabila Anda menggunakan CRM terbaik seperti aplikasi CRM Mekari Qontak.

Mekari Qontak menyediakan aplikasi CRM terbaik di Indonesia yang dapat Anda gunakan untuk berbagai kebutuhan bisnis Anda, mulai dari pemasaran, penjualan, hingga layanan pelanggan. Selain itu, aplikasi CRM Mekari Qontak juga dilengkapi dengan berbagai fitur canggih yang dapat merampingkan tahapan bisnis Anda.

Sementara itu, Mekari Qontak telah dipercaya lebih dari 3000+ perusahaan untuk membantu meningkatkan bisnis mereka. Tidak hanya itu, Mekari Qontak telah tersertifikasi ISO 27001 untuk memastikan keamanan informasi data pelanggan.

Jadi tunggu apa lagi? Yuk, coba demo gratis aplikasi CRM Mekari Qontak dan dapatkan FREE TRIAL selama 14 hari!

Kategori : BisnisCRM
WhatsApp WhatsApp Sales