Mekari Qontak
Marketing Other Business

5 Peran Digital Marketing untuk Kesuksesan Bisnis

Digital Marketing Benefit

Inilah Pentingnya Digital Marketing untuk Meningkatkan Penjualan dan Pendapatan Bisnis Anda

Bagi Anda yang baru pertama kali terjun ke dunia digital marketing, pertanyaan dan keraguan mungkin ada dalam benak Anda. Salah satunya apa pentingnya digital marketing untuk perkembangan bisnis Anda? Padahal di era digital saat ini, bisnis dapat membangun brand awareness dan juga menjangkau lebih banyak leads melalui pemasaran online (digital marketing).

Meski begitu, mungkin Anda masih ragu pentingnya digital marketing. Terutama keamanan data bisnis apabila Anda merambah pemasaran di internet. Oleh karena itu, kami merangkum 5 pentingnya digital marketing untuk meyakinkan Anda agar dapat terjun ke pemasaran online.

5 pentingnya digital marketing untuk mendukung keberhasilan bisnis Anda, sebagai berikut:

  1. Menghemat Biaya
  2. Digital marketing dapat diukur dan dilihat performanya
  3. Jangkauan yang jelas dan lebih luas
  4. Digital marketing tidak mengganggu seperti mass marketing
  5. Marketing digital selalu mendatangi tempat dimana audiensnya banyak berkumpul

Apa Pengertian Digital Marketing?

Digital marketing atau pemasaran digital adalah aktivitas pemasaran yang dilakukan melalui media internet. Strategi pemasaran ini biasanya memadukan berbagai platform media digital (media sosial, email, blog, dan lainnya) yang mudah dijangkau oleh pelanggan.

Saat ini semakin banyaknya platform digital yang memfasilitasi bisnis untuk memasarkan produknya. Hal ini, tentu memudahkan bisnis untuk menjaring lebih banyak leads tanpa batasan geografis. Cara ini dinilai efektif dibandingkan metode marketing lainnya

Bahkan, mengingat pentingnya digital marketing, riset Mondo menunjukan bahwa sekitar lebih dari 50% bisnis tertarik untuk meningkatkan budget digital marketing mereka. Tujuannya untuk menjangkau leads pelanggan lebih lebih cepat, tepat dan luas.


Apa Pentingnya Digital Marketing untuk Bisnis Anda?

Alasan utama pentingnya digital marketing adalah meningkatkan peluang bisnis untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan dengan cara efektif dan efisien. Berikut ini hal-hal yang dapat memperkuat keyakinan Anda pentingnya digital marketing, meliputi:

1. Menghemat Biaya

Pentingnya digital marketing untuk menghemat biaya

Digital marketing bisa dilakukan mulai dari tanpa biaya (postingan di media sosial) hingga budget yang terencana (Misalnya melalui Facebook Ads dan Google Ads). Meski mengeluarkan biaya, digital marketing hanya akan memakan biaya yang jauh lebih sedikit. Dibandingkan dengan cara promosi konvensional seperti memasang iklan di media cetak atau memasang iklan di billboard di jalanan, cara ini akan sangat lebih nyaman dan hemat bagi para pemilik bisnis kecil.

2. Digital marketing dapat diukur dan dilihat performanya

Dapat diukur- Pentingnya digital marketing

Setiap harinya, Anda dapat mengakses data analitik pada setiap promosi yang sudah Anda lakukan dimanapun itu, mulai dari di web bisnis Anda hingga di akun-akun media sosial bisnis Anda tersebut. Anda bahkan dapat pula mengukur email marketing, SEO, Pay-per-click, sponsor dan apapun itu selama semuanya terjadi di dunia digital. Bagi marketing profesional, lakukan sales funnel yang terukur di setiap fasenya bagi target market yang berbeda-beda, dan hal ini akan membantu Anda mengetahui fase seperti apa yang harus Anda perbaiki performanya.

3. Jangkauan yang jelas dan lebih luas

Jangkauan yang jelas dan lebih luas

Jika selama ini Anda hanya dapat melempar promosi ke tempat yang terbuka tanpa tahu efek dan seberapa jauh iklan tersebut menjangkau target market tanpa ukuran yang pasti. Melalui digital marketing, Anda dapat menjangkau market yang benar-benar tertarget, serta membayar hanya ketika klik terjadi. Hingga klik terjadi, jangkauannya dapat semakin meluas.

4. Digital marketing tidak mengganggu seperti mass marketing

Pentingnya digital marketing tidak mengganggu seperti media mass

Mass marketing merupakan cara promosi konvensional yang selama ini bisa dibilang hampir menyerupai spamming dan sedikit mengganggu orang yang ingin menikmati konten tanpa ada hambatan dari iklan. Marketing yang menginterupsi ini merupakan marketing konvensional yang harus dihindari karena para pengguna internet dan penikmat brand yang sudah melek digital. Pastikan Anda tidak melakukan spamming di media sosial dan pastikan konten yang Anda tampilkan sudah dipasangi SEO.

5. Marketing digital selalu mendatangi tempat dimana audiensnya banyak berkumpul

Marketing digital selalu mendatangi tempat dimana audiensnya banyak berkumpul

Di dalam medium marketing konvensional, praktek ini sebenarnya sudah dilakukan dengan adanya pemasangan iklan di media cetak atau di daerah yang demografis penduduknya banyak sesuai dengan target market bisnis Anda. Namun, hal ini belum tentu berhasil dengan performa yang sama sekali tidak dapat diukur. Lain halnya dengan marketing digital, Anda dapat memilih ke mana dan di mana Anda akan melakukan promosi, dan hal ini dapat disesuaikan dengan di mana target market Anda banyak berada, seperti di forum dan platform media sosial tertentu.

Baca juga: 10 Tools Digital Marketing Automation Terbaik, No 1 Wajib!


Bagaimana Strategi Digital Marketing yang Efektif?

Saat ini, banyak bisnis sadar pentingnya digital marketing untuk memasarkan produk melalui internet. Meski tidak selamanya pemasaran digital menghasilkan sesuai dengan yang diharapkan. Lalu strategi digital marketing seperti apa yang cocok untuk bisnis Anda?

Berikut strategi digital marketing yang bisa diterapkan untuk meningkatkan penjualan bisnis Anda adalah

– Buatlah Konten Marketing Menarik

Tahapan terpenting dalam digital marketing adalah membuat konten marketing yang harus bisa menarik penasaran leads. Meski tidak mudah, namun bukan hal yang mustahil. Dengan konten marketing yang berkualitas, leads akan penasaran dengan produk yang Anda tawarkan dan mulai mencari-cari informasi terkait produk Anda, bahkan mungkin ada yang langsung tertarik untuk membeli. Beberapa media yang bisa Anda gunakan untuk mendukung kegiatan pemasaran konten B2B di antaranya media sosial, artikel pada blog, video, infografik, dan newsletter.

– Menerapkan SEO

Search Engine Optimization (SEO) menjadi rahasia penting kesuksesan digital marketing. Konsep SEO sangat penting diterapkan oleh bisnis yang melakukan pemasaran melalui website atau blog. Penerapan SEO yang baik akan membantu produk Anda muncul pada halaman pertama search engine. Anda harus terus mengupdate konten tersebut. Sebab, di setiap waktunya SEO selalu mengalami perubahan dalam menentukan tingkat ranking pada mesin pencari.

– Kirimkan Email Marketing

Sebagian bisnis mungkin menilai email marketing cukup ketinggalan jaman. Padahal opini tersebut tidaklah tepat. Sebab, Email marketing masih dianggap sebagai senjata ampuh dalam digital marketing sebab konten langsung dapat tertuju ke target market.

– Pantau dan Evaluasi Berkala

Terakhir dalam menjalankan strategi digital marketing adalah memantau apakah kampanye yang Anda jalankan dapat mencapai KPI yang Anda tentukan. Apabila ditemukan kendala, sebaiknya segera lakukan perbaikan sehingga Anda tidak akan menimbulkan kerugian. Evaluasi seperti ini sangat penting dilakukan secara berkala untuk mendapatkan hasil maksimal.

Proses pemantauan dan evaluasi akan lebih mudah, apabila Anda menggunakan aplikasi marketing dari Qontak.com. Dimana aplikasi ini akan melaporkan semua aktivitas pemasaran dalam satu dashboard terpadu. Aplikasi marketing Qontak.com terintegrasi dengan sistem Omnichannel yang menghubungkan berbagai saluran seperti WhatsApp, Email, Instagram, Facebook, Twitter dan banyak lainnya. Hal ini membuat Anda tidak perlu berpindah aplikasi mengecek perkembangan kampanye dijalankan di platform tersebut.

Rekomendasi:8 Aplikasi Pendukung Sales dan Marketing Bisnis dan 10 Aplikasi Pemasaran Produk Gratis Terbaik, No. 1 Wajib!


Sukseskan Digital Marketing Anda dengan Qontak.com Sekarang!

Aplikasi CRM Qontak.com by Mekari

Mengingat pentingnya digital marketing seperti dijelaskan di atas, sangat sayang kalau Anda masih ragu untuk mulai menyusun strategi digital marketing. Tapi tentu saja, Anda tidak ingin aktivitas digital marketing Anda sia-sia. Oleh karena itu, Anda membutuhkan aplikasi marketing yang akan menyederhanakan dan mengelola aktivitas digital marketing Anda lebih efektif dan efisien.

Qontak.com menyediakan aplikasi CRM terbaik di Indonesia yang mampu mengotomatiskan aktivitas marketing Anda. Aplikasi Qontak.com dapat dikustomisasi sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Qontak.com telah dipercaya lebih dari 1000+ perusahaan untuk mengelola marketing, sales dan customer service.

Saya Mau Coba Gratis Qontak.com Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak.com Sekarang!

atau isi form dibawah ini:

[ninja_form id=]

Related Articles

WhatsApp WhatsApp Sales