Daftar isi
5 min read

Mengenal Key Partners: Peran, Perbedaan, dan Tips Memilihnya

Tayang 07 Februari 2024
Diperbarui 11 Juni 2024
Mengenal Key Partners
Mengenal Key Partners: Peran, Perbedaan, dan Tips Memilihnya

Sebagai pelaku bisnis, mungkin Anda tidak asing lagi dengan istilah key partners. Istilah ini sering digunakan untuk menggambarkan pihak-pihak yang bekerjasama dengan sebuah bisnis atau lebih dikenal sebagai mitra bisnis.

Kehadiran mitra bisnis memastikan operasional bisnis berjalan optimal dengan meminimalisir risiko serta ketidakpastian persaingan.

Yuk, pelajari selengkapnya mengenai key partners serta perannya pada bisnis pada artikel berikut.

Pengertian Key Partners

Key partners adalah kelompok individu atau perusahaan yang bekerjasama untuk mendukung bisnis Anda berkembang, mengurangi risiko kerugian, atau mendapatkan sumber daya tambahan.

Kerjasama yang terjalin biasanya melibatkan supplier, distributor, reseller dan pihak lainnya untuk memastikan rantai pasok lancar.

Namun sebelum memilih mitra yang tepat sebagai key partners, ada baiknya untuk mempertimbangkan hal berikut:

  • Apa saja key resources yang akan perusahaan Anda terima dari mitra-mitra Anda?
  • Apa saja key activities yang mitra Anda lakukan?
  • Apa motivasi perusahaan Anda bekerjasama dengan key partners? Apakah dapat menghemat anggaran, efisiensi waktu atau tawaran yang lebih spesifik lainnya?

Dengan mempertimbangkan pertanyaan-pertanyaan di atas, Anda bisa mengidentifikasi seberapa besar pengaruh dan dampak mitra yang akan Anda ajak bekerjasama.

Jika lebih banyak keuntungan yang akan Anda dapatkan melanjutkan kerjasama. Begitu juga sebaliknya sebaiknya dihentikan, agar Anda tidak mengalami kerugian.

Peran Key Partners dalam Bisnis

Key partners memiliki peran penting untuk memastikan operasional bisnis apakah berjalan efektif. Sebab dalam menjalankan bisnis, Anda tidak mengerjakan semuanya sendiri. Key partners membantu mengisi area-area yang tidak efektif.

Selain meningkatkan efektivitas, kerjasama dengan mitra bisnis juga mengurangi biaya, mengatasi risiko, dan mengakses sumber daya kritis yang mungkin tidak dimiliki perusahaan Anda.

Agar berjalan dengan lancar, penting untuk Anda menjaga komunikasi dengan para mitra bisnis. Komunikasi yang teratur, terbuka, dan jujur membantu dalam menyelaraskan tujuan, menyelesaikan konflik, dan memastikan kedua belah pihak berada pada halaman yang sama.

Melalui komunikasi yang terjalin baik, lambat laun akan terbangun kepercayaan yang kuat dengan para mitra.

Perbedaan Key Resources, Key Activities, dan Partners

Selain key partners, aktivitas bisnis tidak akan lepas dengan key resources dan key activities. Ketigannya merupakan elemen penting dalam Model Business Canvas. Namun, jika ditelisik dari pengertian, ketiga istilah tersebut memiliki perbedaan.

Key resources merupakan aset berwujud dan tidak yang mendukung operasional bisnis. Komponen inti dari key resources melibatkan aset fisik (tanah, bangunan, kendaraan dkk), kekayaan intelektual dan sumber daya manusia.

Sementara key partners merupakan entitas atau organisasi eksternal yang berkolaborasi untuk mendukung perkembangan bisnis. Dengan jenis kerjasama yang dijalin meliputi aliansi strategis, cooperation, joint ventures dan buyer-supplier relationships.

Sedangkan key activities adalah aktivitas yang bisnis lakukan untuk menciptakan, menyampaikan, dan mempertahankan proposisi nilainya. Beberapa aktivitas yang dimaksud meliputi produksi, problem solving hingga networking.

Perbedaan Key Resources, Key Activities, dan Partners

Keuntungan Mengidentifikasi Key Partners Bagi Bisnis

Identifikasi key partners sebelum menjalankan bisnis sangatlah penting. Sebab bisnis menjadi tahu, dengan siapa saja mereka harus menjalin kerjasama, termasuk mengoptimalkannya agar mendapatkan hasil maksimal.

Selain itu, ada beberapa keuntungan lainnya dengan mengidentifikasi key partners seperti berikut:

  • Optimasi Alokasi Keuangan

Keuntungan pertama adalah bisnis bisa mengalokasikan keuangan dengan tepat guna. Bisnis bisa mengestimasi untuk bekerjasama dengan mitra-mitra bisa menguntungkan dari segi ekonomi. Jadi bisnis tidak perlu bekerjasama dengan mitra yang menawarkan anggaran tidak logis.

  • Meminimalisir Risiko dan Ketidakpastian dalam Bisnis

Meski dalam berbisnis tidak bisa lepas dari risiko, bukan berarti tidak bisa diminimalisir. Keuntungan key partners selanjutnya bisa menganalisis strategis aliansi yang tepat bersama mitra agar tetap bisa bersaing di pasar. Di dalamnya, termasuk mengidentifikasi risiko dan bagaimana strategi menjalankan bisnis kedepannya.

  • Memaksimalkan Pengadaan Sumber Daya

Terakhir, keuntungan dari key partners adalah bisnis bisa memanfaatkan sumber daya yang mitra miliki untuk menjalankan aktivitas tertentu. Hal ini dapat menghemat anggaran sekaligus waktu pengerjaaan.

Misalnya pabrik yang memproduksi baju. Dalam hal ini, pabrik tersebut bisa bekerjasama dengan pembuat kancing dan aksesoris lainnya untuk melengkapi baju. Dengan begitu, mereka tidak perlu memproduksi semuanya secara mandiri.

Baca juga: Panduan Lengkap Patnership Marketing

Kriteria Memilih Key Partners yang Tepat

Mengutip Digital Leadership bahwa tidak ada aturan yang pasti dalam memilih key partners. Hal tersebut dikembalikan pada proposisi nilai bisnis dan mitra miliki.

Meski begitu, ada beberapa faktor yang bisa dipertimbangkan saat memilih mitra bisnis yang tepat. Faktor atau kriteria yang dimaksud antara lain adalah:

1. Misi

Pertama sangat penting untuk memastikan adanya kesamaan misi antara bisnis dengan mitra. Tujuannya untuk memudahkan dalam menjalankan kerjasama di masa mendatang.

2. Letak Geografi

Meski jarak tidak lagi menjadi hambatan saat ini, tapi dalam key partners masih perlu dipertimbangkan. Pasalnya geografi atau lokasi yang sulit dijangkau dapat mempengaruhi rantai pasok.

Sebagai contoh, sebuah produsen mobil membutuhkan onderdil berupa baut atau knalpot pada waktu tertentu. Jika rantai pasokan terlalu jauh, perusahaan tidak akan dapat memenuhi kewajiban produksinya.

3. Kebutuhan yang Saling Melengkapi

Selanjutnya, sebelum mulai menjalin kerjasama, sebaiknya ada unsur saling membutuhkan antara dua belah pihak. Dengan begitu, keduanya merasa kerjasama yang menguntungkan.

Misalnya produsen botol yang membutuhkan pabrik minuman kemasan untuk menjual produknya. Sebaliknya pabrik minuman kemasan membutuhkan botol sebagai salah satu bahan baku produk mereka.

4. Kesesuaian dengan Model Bisnis

Terakhir, pastikan bahwa mitra yang akan diajak kerjasama sesuai dengan model bisnis Anda. Pasalnya kedepan, mitra tersebut akan menjadi bagian bisnis Anda yang akan mempengaruhi operasional secara keseluruhan.

Baca juga: Cara Memilih Partner Bisnis yang Baik

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa key partners memiliki peran penting untuk operasional bisnis. Oleh karena itu, bsinis harus berhati-hati dalam memilih partner serta menjaga komunikasi baik dengan mereka. Dengan begitu, tidak akan menggangu keberlangsungan bisnis.

Mekari Qontak menawarkan aplikasi CRM terbaik yang berfungsi untuk menjalin hubungan dengan mitra bisnis Anda. Aplikasi CRM memiliki fitur-fitur canggih untuk menjaga komunikasi dengan partners terus berjalan lancar. Dengan begitu, tidak ada lagi misskomunikasi yang dapat merugikan.

Konsultasikan kebutuhan bisnis Anda dengan tim ahli Mekari Qontak secara gratis di sini.

Referensi

Kategori : Bisnis
WhatsApp WhatsApp Sales