Mekari Qontak
Marketing Other Business

Strategi Marketing Viral Menggunakan Hashtag

hashtag

Hashtag atau Tagar, Apa Itu?

Apakah Anda familiar dengan hashtag? Hashtag yang dalam bahasa Indonesia dikenal sebagai tanda pagar atau tagar merupakan tren yang dulunya dimulai di Twitter, dan kini sudah merambah hingga ke media sosial lainnya seperti Facebook dan Instagram.

Sebenarnya, seberapa efektifkah penggunaan hashtag dalam keperluan promosi? Berikut ini beberapa alasan untuk membantu Anda sebagai marketer mulai memikirkan hashtag apa yang catchy dan mudah diingat. Anda pun dapat memotivasi orang untuk ikut mempostingkannya sehingga kesempatan viral semakin besar.

Image CTA Omnichannel


5 Alasan Menggunakan Hashtag untuk Strategi Marketing:

  • Hashtag membantu meningkatkan interaksi.

Dalam sebuah hasil penelitian, terbukti bahwa postingan di Twitter yang menggunakan hashtag terbukti memiliki interaksi sebesar 12% lebih banyak daripada posting tanpa tagar. Saat tagar hadir bersama link, interaksi yang terjadi juga semakin besar.

  • Menjadi ciri khas brand Anda dan terus-menerus digunakan, memberikan efek domino yang terus berkelanjutan.

Karenanya, jangan ragu untuk melakukan tes pada hashtag yang paling banyak direspon oleh followers Anda, bahkan diadopsi oleh mereka untuk digunakan dalam postingan mereka sendiri. Sebagai inspirasi, pemerintahan Amerika Serikat memiliki akun Twitternya sendiri dan telah sekitar 26 kali lebih menggunakan hashtag yang berbeda-beda hingga menemukan satu yang paling banyak digunakan dan paling mudah diingat, yaitu singkatan dari State of the Union atau #SOTU.

Gambaran hashtag

  • Membantu menciptakan keterkaitan antara platform media sosial yang satu dengan yang lainnya.

Karena hashtag kini juga adalah bagian dari Facebook dan Instagram, postingan di Twitter dapat juga muncul di Facebook dan Instagram dengan tagar yang sama-sama bisa terlacak. Tagar pun sudah bergeser fungsinya menjadi identitas dari suatu brand. Sudahkah brand Anda memiliki tagar yang mudah diingat dan rela digunakan oleh pengikut akun Anda?

  • Hashtag dapat membantu menciptakan kisah.

Semua orang menyukai kisah yang dituturkan, terutama saat hal tersebut menyangkut dengan brand yang Anda promosikan. Kisah selalu membuat suatu brand lebih menarik. Hashtag yang mengikuti kisah tersebut membuat orang yang mempostingkannya merasa menjadi bagian dari suatu kegerakan untuk menyebarkan kisah tersebut. Bangun kisah tertentu menyangkut brand Anda. Bisa dari pengalaman konsumen atau kisah yang menyentuh buatan sendiri, yang menjawab kebutuhan para followers dan sekaligus media. Dengan begitu, Anda pun mengangkat kisah brand dan membuat promosi Anda makin viral.

Cara ini juga dapat langsung membantu brand Anda terkoneksi dengan nama-nama orang nyata yang ada di media sosial, menciptakan tambahan database yang kaya dan berharga untuk menjadi calon customer di kampanye selanjutnya. Selain itu, kampanye hashtag yang viral adalah cara yang baik untuk menambah followers secara organik.

Gambaran hashtag

  • Hashtag diperlukan untuk melacak dan menjadi penanda dari hitungan data.

Dengan mengikutsertakan hashtag dalam suatu postingan, data yang terkumpul serta interaksi yang terjadi dapat dengan mudah dilacak, dihitung dan dikumpulkan. Tagar dapat digunakan untuk melacak peserta kontes, voting dan hal lain yang tujuannya untuk meningkatkan interaksi di seputaran brand Anda.

Sudahkah Anda mengikutsertakan tagar dalam kampanye dan promosi Anda?

Otomatisasi Strategi Marketing Anda!

Terlepas dari teknik atau strategi penggunaan hashtag yang Anda lakukan, lebih baik jika Anda bisa mengotomasi setiap strategi marketing Anda dengan bantuan sebuah aplikasi atau software yang tepat. Marketing automation telah berkembang dan menjadi sangat populer dengan berbagai manfaatnya. Dengan mengotomasi kegiatan marketing, Anda dapat menghasilkan calon pelanggan, melakukan kampanye untuk menjaga pelanggan, dan juga melakukan marketing berbasis akun.

Penggunaan aplikasi marketing berfokus untuk meningkatkan penjualan pada bisnis Anda. Pastikan aplikasi marketing yang dipilih mudah digunakan, sesuai dengan kebutuhan bisnis, dan sesuai dengan budget. Anda dapat memulai dengan metode CRM marketing. Aplikasi CRM Qontak.com dapat membantu Anda melakukan marketing automation melalui email campaigns. Kampanye email ini dapat difilter berdasarkan jabatan, departemen, industri, ukuran perusahaan, dan lainnya.

Konsultasikan strategi marketing Anda kepada tim Qontak.com atau coba GRATIS aplikasi CRM Marketing sekarang juga!

Related Articles

WhatsApp WhatsApp Sales