Mekari Qontak
Marketing

Pengertian SMS Marketing, Peran dan Strategi Menggunakannya

Pengertian SMS Marketing, Peran dan Strategi Menggunakannya

Ada berbagai metode pemasaran yang digunakan oleh bisnis untuk meningkatkan penjualan. Salah satu yang cukup banyak digunakan adalah melalui SMS (short message service). Metode ini disebut juga dengan SMS Marketing.

Kampanye melalui SMS marketing ini dipilih karena dapat menjangkau pelanggan lebih efektif, terutama yang tidak memiliki smartphone. Selain itu, kampenye ini juga lebih hemat biaya dibandingkan melalui iklan di televisi atau media konvensional lainnya. Oleh karena itu, pemasaran melalui SMS masih banyak digunakan oleh bisnis hingga sekarang.

Pada artikel ini, kami menjelaskan mengenai SMS marketing, startegi penerapannya hingga keuntunggan yang akan Anda dapatkan secara keseluruhan. Yuk, simak ulasan selengkapnya dibawah ini.

Image CTA aplikasi CRM


Apa itu SMS Marketing?

SMS marketing adalah metode pemasaran yang dilakukan dengan cara mengirimkan promosi melalui pesan teks singkat SMS. Metode ini cukup efektif karena bersifat langsung ke prospek, sehingga peluang untuk dibaca lebih tinggi.

Biasanya perusahaan menggunakan SMS untuk mengirimkan pesan berisi pembaruan produk, kupon, atau penawaran khusus. Diharapkan dengan begitu, pesan yang disampaikan mampu menarik prospek untuk membeli produk yang ditawarkan.


Apa Manfaat SMS Marketing?

Meski saat ini jarang perusahaan menggunakan SMS marketing, nyatanya cara ini masih banyak digunakan terutama untuk B2C (Business to Business). Hal ini tak lepas banyak keuntungan yang akan bisnis dapatkan bisnis menerapkan SMS marketing, diantaranya:

– Hemat waktu

Berbeda dengan metode pemasaran lainnya, SMS marketing hanya membutuhkan waktu singkat untuk menyebarkan promosi. Cukup kurang dari 3 menit, pesan promosi akan diterima oleh prospek. Tentu sebelum itu, Anda perlu merangkai kata-kata yang menarik.

– Menjangkau semua pengguna perangkat mobile

SMS bersifat langsung menjangkau pelanggan yang menggunakan semua jenis perangkat mobile. Anda juga tidak perlu khawatir apabila mereka tidak menginstall aplikasi tambahan seperti email atau WhatsApp. Sebab pesan tetap akan terkirim tanpa jaringan internet.

– Ramah lingkungan

Isu lingkungan menjadi perhatian publik akhir-akhir ini. Hal ini juga mempengaruhi perilaku mereka untuk lebih peduli terhadap lingkungan. Mau tidak mau, perusahaan juga harus mengikuti tren ini dengan melakukan kampanye peduli lingkungan. SMS marketing menjadi pilihan karena tidak memerlukan selebaran kertas atau papan iklan lainnya.

– Pemasaran bersifat personal

Melalui SMS, Anda bisa mengirimkan pesan promosi yang dipersonalisasi sesuai dengan pelanggan. Hal ini cukup efektif untuk menarik pelanggan untuk berinteraksi. Cara ini berbeda dengan metode pemasaran lainnya seperti pamflet atau iklan di media konvensional lainnya.

– Tidak Membutuhkan Biaya Besar

SMS marketing ini berbeda dengan teknik pemasaran lainnya yang membutuhkan biaya besar. Sebab metode marketing ini tidak perlu mengeluarkan biaya untuk pembuatan iklan di baliho atau televisi.


Apa Peran SMS Marketing?

Dari penjelasan diatas, Anda mengetahui bahwa strategi pemasaran ini mendatangkan banyak manfaat untuk bisnis. Selain itu, SMS marketing juga dinilai lebih efektif dibandingkan dengan email blast. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya pesan email blast yang akhirnya masuk kategori spam. Sementara SMS lebih besar peluang untuk dibaca pelanggan.

Berikut peran SMS pada pemasaran perusahaan adalah

1. Menjembatani kesenjangan

Di era digital saat ini, hampir semua orang menggunakan smartphone. Namun tidak sedikit pula diantaranya mereka hanya menggunakan HP biasa. Ini kesempatan Anda untuk menjangkau mereka yang tidak menggunakan smartphone.

2. Meningkatkan kepuasan pelanggan

SMS memberikan Anda kesempatan untuk berinteraksi langsung dengan pelanggan. Hal ini lebih efektif dibandingkan dengan email marketing yang sering diabaikan oleh pelanggan. Secara tidak langsung, Anda bisa memberikan respon cepat ke pelanggan sehingga meningkatkan kepuasan mereka.

3. Mendorong respon pelanggan

Menurut penelitian Text Marketer mengatakan pelanggan akan 6-8 kali lebih mungkin menanggapi pesan promosi yang dikirimkan melalui SMS Anda dengan tindakan, ketimbang yang Anda kirimkan melalui email. Selain itu, jika berbicara mengenai tautan (links), 19% orang akan mengklik tautan yang dikirim via SMS ketimbang tautan yang dikirim via email (4.2%).


Komponen yang perlu Diperhatikan dari Kampanye SMS Marketing

Berikut ini adalah komponen penting agar kampanye pemasaran SMS sukses adalah:

– Penawaran dan promosi

Bagian terpenting dalam kampanye SMS adalah melakukan penawaran atau promosi dalam isi pesannya. Penawaran ini dapat berupa acara promosi, kupon musiman, atau penawaran lainnya untuk menarik pelanggan untuk melakukan pembelian.

– Eksklusivitas dan tanggal kedaluwarsa

Buatlah penawaran dengan batasan waktu atau tanggal kadaluarsa. Tujuannya untuk menciptakan rasa eksklusivitas serta urgensi, yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian banyak pelanggan. Dengan begitu, penjualan Anda juga turut meningkat.

– Call to action (CTA)

Call to action adalah bagian tak boleh dilupakan dalam strategi pemasaran. CTA berperan penting untuk mengajak pelanggan untuk melakukan tindakan yang menguntungkan bisnis Anda. Oleh karena itu, Anda perlu menyisipkan CTA semenarik mungkin dengan disertai tautan ke tim sales Anda.

Baca juga: 60+ Contoh Call to Action untuk Tarik Banyak Pelanggan!

– Jadwal pengiriman pesan

Pesan promosi yang telah Anda buat tidak perlu Anda kirimkan langsung melalui SMS. Sebagai gantinya, Anda dapat mengatur jadwal pengiriman selama jam kerja ketika pelanggan cenderung membawa ponsel mereka. Hindari pengiriman SMS pada pada malam hari atau larut malam ketika pelanggan sedang tidur atau sibuk dengan keluarga.

– Identitas brand

Hal yang tidak boleh tertinggal dalam kampanye SMS adalah identitas brand. Jangan lupa sertakan identitas brand seperti logo, tanda tangan, atau pengenal merek lainnya pada kampanye pemasaran SMS. Dengan begitu, akan mengembangkan kepercayaan dan keakraban dengan pelanggan.


Bagaimana Strategi Membuat SMS Marketing yang Efektif?

Setelah mengetahui manfaat SMS marketing, mungkin Anda tertarik untuk menerapkannya. Untuk membantu, berikut strategi membuat SMS Marketing yang efektif adalah

1. Tentukan Tujuan SMS Marketing

Langkah pertama untuk membuat SMS campaign adalah dengan menentukan tujuan kampanye Anda. Oleh karena itu, Anda perlu melakukan peninjauan komprehensif terlebih dahulu. Anda bisa menerapkan prinsip SMART (Specific, Measurable, Achievable, Relevant, and Time Specific). Tujuan agar metode pemasaran Anda tepat sasaran dan berhasil.

2. Mengelola SMS Marketing Bersama

Tahapan kedua jangan ragu untuk melibatkan tim lain untuk menyukseskan kampanye SMS. Anda bisa berdiskusi bersama mereka untuk mendapatkan tujuan spesifik yang disepakati bersama, misalnya dengan departemen marketing atau public relation.

3. Dorong Tindakan Customer

Seperti yang dibahas sebelumnya, CTA sangat penting dalam aktivitas pemasaran. Tujuan CTA ini adalah untuk mendorong pelanggan untuk melakukan transaksi, entah membeli produk atau menyewa jasa. Namun sebelum itu, pesan SMS yang Anda sampaikan harus jelas dan menggugah pembaca untuk memikirkan apa yang Anda sampaikan.

4. Ajukan persetujuan pada Customer

Ada baiknya, Anda untuk mendapatkan persetujuan dari customer untuk mengirimkan SMS campaign. Hal ini bisa didiskusikan dengan provider jaringan telepon yang mengirimkan pesan otomatis ke para pelanggannya. Lalu provider dapat memberi shortcode yang dapat dipakai pelanggan untuk memanfaatkan promo yang ditawarkan contohnya “Ketik Yes/ No kirim ke 888”.

5. Mematuhi Peraturan dan Ketentuan SMS Marketing

Di Indonesia tata cara menjalankan SMS marketing telah diatur oleh hukum. Dasar hukum tersebut terdiri dari dua bagian yaitu bagi pelaksana dan bagi customer sebagai hak-haknya. Untuk lebih memahaminya, Anda bisa berkonsultasi dengan jasa konsultan dari lembaga telekomunikasi atau mencari referensi terpercaya dari badan regulasi resmi seperti Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia .

6. Mempertahankan Konsistensi

Sama seperti metode pemasaran lainnya dibutuhkan konsistensi. Cobalah untuk mengirimkan pesan bernilai dalam setiap SMS secara konsisten misalnya mingguan atau bulanan. Misalnya yang dilakukan oleh Starbucks. Brand coffee ini mengirim setidaknya satu pesan dalam seminggu untuk tetap berhubungan dengan pelanggan.

7. Melakukan Integrasi Saluran Media

Hubungkan SMS Anda dengan berbagai saluran media yang perusahaan Anda miliki seperti email, media sosial, atau website. Dalam hal ini, Anda perlu menyamakan kampanye di semua saluran bisnis. Misalnya dalam hal gaya bahasa, sebutan customer, atau inti nilai pesan yang ingin disampaikan pada customer.


Terapkan SMS Marketing Anda secara Efektif Sekarang!

Omnichannel CRM Qontak by Mekari

Meski terkesan kuno, kampanye SMS ternyata masih banyak digunkan oleh bisnis. Hal ini lantaran banyak keuntungan yang akan didapatkan oleh bisnis setelah menerapkan teknik marketing ini. Misalnya menjangkau pelanggan yang tidak memiliki smartphone dan berbiaya rendah.

Selain menggunakan SMS, ada baiknya Anda juga menggunakan aplikasi chatting populer seperti WhatsApp. Di mana Anda dapat mengirimkan pesan pemasaran ke banyak kontak sekaligus secara mudah menggunakan fitur WhatsApp blast.

Di sisi lain, anda juga dapat mengintegrasikan dengan saluran bisnis lainnya. Hal ini membuka kesempatan Anda untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan. Salah satu teknologi yang banyak digunakan untuk menghubungkan berbagai saluran bisnis adalah Omnichannel CRM dari Mekari Qontak.

Mekari Qontak menyediakan solusi end-to-end, sehingga Anda mendapatkan integrasi aplikasi Omnichannel chat dan CRM secara mudah dalam satu platform terpadu. Penggunaan Omnichannel akan membantu memudahkan dan mempercepat bisnis Anda. Hal ini dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dan meningkatkan penjualan.

Sementara itu, Mekari Qontak telah dipercaya lebih 3000+ perusahaan untuk membantu mereka meningkatkan tahapan bisnis secara keseluruhan. Tidak hanya itu saja, Mekari Qontak juga telah tersertifikasi ISO 27001 untuk memastikan keamanan informasi data pelanggan.

Hubungi Mekari Qontak sekarang!

 

Related Articles

WhatsApp WhatsApp Sales