Daftar isi
6 min read

Mengenal Midjourney, AI Cerdas untuk Menghasilkan Karya Seni Berkualitas

Tayang 06 Februari 2024
Diperbarui 10 Mei 2024
Mengenal Teknologi Midjourney AI
Mengenal Midjourney, AI Cerdas untuk Menghasilkan Karya Seni Berkualitas

Perkembangan teknologi artificial intelligence (AI) selalu memberikan kejutan. Salah satu yang mencuri perhatian saat ini adalah Midjourney AI.

Berbeda dengan ChatGPT, Midjourney AI fokus mengembangkan program kecerdasan buatan untuk menghasilkan visual estetik dari teks. Tertarik mencobanya?

Yuk, kenali fitur dan cara menggunakannya pada artikel berikut.

Apa itu Midjourney AI?

Midjourney adalah program kecerdasan buatan yang mampu menghasilkan karya seni berupa gambar dan lukisan dari perintah teks. Kemampuan tersebut juga dikenal dengan istilah AI Art Generator.

Berbeda dengan AI art generator lainnya, karya seni yang Midjourney hasilkan telah diakui keindahannya. Salah satu lukisan yang dihasilkan Midjourney AI bertajuk “Théâtre D’opéra Spatial”, berhasil memenangkan penghargaan di kompetisi seni rupa Colorado State Fair seperti dilansir dari VICE.

Keterangan di situs pameran tersebut menyebutkan lukisan “Théâtre D’opéra Spatial” sekilas terlihat seperti lukisan asli. Gambarnya memberi kesan seolah-olah objek di dalamnya tengah menikmati opera luar angkasa. Sosok klasik di aula bergaya Barok menatap ke arah lingkaran besar yang bermandikan sinar matahari.

Kini lukisan serupa dengan “Théâtre D’opéra Spatial” bisa dengan mudah Anda hasilkan. Caranya dengan memasukkan perintah teks pada promt Midjourney AI. Kemudian program AI akan menggabungkan gambar-gambar di internet sesuai perintah. Kurang dari satu menit, Midjourney AI akan menghasilkan karya seni luar biasa.

Sebagai contoh, Anda ingin membuat sentra bisnis yang berisi gedung-gedung tinggi. Maka Anda cukup memasukan teks tersebut, biarkan Midjourney membuatkan gambar atau lukisan sesuai dengan perintah tersebut.

Contoh image hasil midjourney AI

Fitur Midjourney AI yang Wajib Dicoba

Dalam menghasilkan karya seni, Midjourney AI memiliki fitur-fitur yang mendukungnya. Fitur-fitur tersebut mempermudah pengguna untuk menghasilkan atau mengedit gambar atau lukisan yang estetik.

Berikut fitur yang Midjourney AI miliki adalah

  • Zoom Out

Fitur pertama memungkinkan pengguna untuk memperbesar ukuran kanvas gambar tanpa mengubah konten asli. Caranya cukup dengan memilih salah satu dari empat pilihan gambar yang dihasilkan, kemudian terapkan pembesaran. Hasilnya, akan terlihat berbagai opsi zoom-out yang bisa dipilih.

  • Make Square

Selanjutnya, fitur Square berfungsi untuk mengubah gambar dengan rasio berbentuk persegi yang sempurna. Misalnya saat pengguna memiliki gambar horizontal, fitur ini bisa memperluas bidang secara potret untuk menghasilkan gambar dengan presisi persegi sempurna.

  • Variation Mode

Fitur berikutnya memungkinkan pengguna untuk menghasilkan gambar dalam dalam dua versi yaitu tinggi dan rendah. Model variasi tinggi memungkinkan Anda menjelajahi berbagai kemungkinan, sedangkan mode variasi rendah menciptakan hasil yang lebih terfokus.

  • Shorten Command

Fitur terakhir adalah Shorten Command yang mampu memahami perintah yang singkat dan padat. Jadi pengguna tidak perlu lagi memberikan informasi panjang lebar untuk menghasilkan sebuah karya lewat Midjourney AI.

Sebagai contoh, daripada mengatakan, “Wanita dengan gaun hitam di luar restoran, berjiwa muda, bahagia, dan berani,” cukup ketik “Wanita berpakaian hitam, di luar restoran.”

Sayangnya untuk menggunakan fitur-fitur Midjourney AI diatas pengguna harus membayar. Padahal sebelumnya Midjourney menawarkan uji coba gratis yang memungkinkan Anda membuat hingga 25 gambar. Namun, sejak 28 Maret 2023, mereka menghentikan uji coba gratis tersebut.

Sebagai gantinya, pengguna harus membayar biaya langganan bulanan atau tahunan. Paket biaya langganan termurah (Basic) senilai $10 per bulan atau setara Rp150 ribu (kurs dolar Rp15 ribu) untuk penggunaan hingga 3,3 jam per bulan.

Jika durasi waktu tersebut kurang, pengguna bisa memilih paket standard dengan membayar $30 atau Rp 450 ribu per bulan tanpa batas untuk menggunakan mode “relaxed”. Sementara penggunaan mode “fast GPU” untuk membuat gambar lebih cepat dibatasi hingga 15 jam per bulan.

Selain itu, ada juga paket Pro dengan biaya $60 atau Rp900 ribu per bulan dengan ketentuan durasi penggunaan 30 jam.

Terakhir paket paling mahal yaitu Mega seharga $120 atau Rp1,8 juta per bulan yang memungkinkan penggunaan mode “fast GPU” selama 60 jam per bulan. Dan ini memungkinkan lebih banyak gambar dibuat secara bersamaan.

*Daftar harga tersebut dapat berubah-ubah sesuai dengan pembaruan yang Midjourney tentukan. Agar lebih jelasnya, Anda bisa memeriksanya langsung di situs resmi Midjourney.

Baca juga: Rekomendasi Aplikasi AI Art Generator, si Pembuat Gambar Estetik 

Bagaimana Cara Menggunakan Midjourney AI?

Setelah menentukan ingin mengambil paket berlangganan, maka Anda perlu mengetahui cara menggunakan Midjourney yang tepat untuk menghasilkan gambar estetik. Ikuti langkah-langkah berikut:

1. Buat Akun di Discord

Langkah pertama, Anda perlu mendaftar di Discord yang merupakan aplikasi pesan singkat seperti Slack. Discord sangat populer di kalangan pecinta karya seni, gamer dan hobi lainnya. Tak perlu khawatir, sebab untuk bergabung di Discord tidak dipungut biaya alias gratis.

2. Pilih Paket Berlangganan Midjourney

Setelah memiliki akun Discord, Anda perlu memilih paket berlanggan yang Midjourney sediakan sebelum menggunakan. Caranya dengan mengikuti langkah berikut:

  • Kunjungi laman Midjourney.com/account
  • Masuk menggunakan akun Discord yang telah terverifikasi
  • Pilih paket langganan yang sesuai dengan kebutuhan Anda
  • Buka deskripsi paket langganan untuk informasi tentang harga dan fitur yang tersedia di setiap tingkatan

3. Hubungkan Discord Anda dengan Server Midjourney

Sementara untuk mulai berkarya, hubungkan akun Discord Anda dengan Server Midjourney dengan cara berikut:

  • Buka Discord dan temukan daftar server di sidebar sebelah kiri
  • Tekan tombol “+” di bagian bawah daftar server
  • Pada jendela pop-up, klik tombol “Bergabung dengan Server”
  • Masukkan URL http://discord.gg/midjourney dan tekan “Bergabung”
  • Untuk informasi tambahan, “Pelajari lebih lanjut tentang server Discord”

4. Bergabung dengan Saluran #General atau #Newbie

Langkah selanjutnya, Anda akan melihat beberapa pilihan untuk bergabung dengan saluran #general atayu #newbie. Kedua saluran tersebut khusus dirancang untuk pengguna pemula Midjourney AI.

5. Tuliskan Perintah untuk Menggambar

Tahapan berikutnya, Anda bisa membuat gambar dengan memasukan perintah berupa teks singkat pada prompt yang disediakan. Kemudian kiriim pesan Anda. Bot akan menginterpretasikan prompt teks Anda dan mulai menghasilkan gambar.

Sebelum menghasilkan gambar, AI Midjourney akan meminta Anda untuk menerima “Syarat Layanan”. Dalam hal ini, Anda harus setuju dengan syarat-syarat ini untuk melanjutkan pembuatan gambar.

6. Perbaiki atau Modifikasi Gambar Anda

Proses pembuatan gambar akan memakan waktu kurang lebih satu menit. Kemudian AI Midjourney akan menampilkan empat pilihan gambar yang bisa pilih. Kemudian Anda bisa mengedit atau memodifikasi gambar menggunakan fitur-fitur yang disediakan.

7. Simpan Gambar

Terakhir, Anda bisa menyimpan gambar dengan mengkliknya untuk melihat dalam ukuran penuh. Kemudian klik kanan dan pilih “Simpan”.

Sementara di perangkat seluler, Anda bisa menekan gambar dengan lama. Kemudian klik ikon unduh di sudut kanan atas.

Jika belum mau menyimpan saat itu juga, jangan khawatir karena semua gambar yang telah dibuat bisa dilihat di midjourney.com/imagine.

Baca juga: Tools AI Prompt Generator Terbaik untuk Tingkatkan Kreativitas

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan terkait Midjourney. Program kecerdasan buatan ini merupakan solusi cerdas untuk menghasilkan karya seni bernilai tinggi.

Hal tersebut berkat teknologi deep learning, sehingga bisa memahami perintah teks dan mengkonversikannya menjadi visual yang relevan.

Selain deep learning, teknologi yang juga bisa memahami perintah teks dengan baik adalah Natural Language Processing (NLP). Selain itu, teknologi NLP juga bisa dimanfaatkan untuk personalisasi percakapan.

Mekari Qontak menawarkan Chatbot yang terintegrasi dengan NLP. Integrasi ini memungkinkan pebisnis untuk memberikan dukungan pelanggan dengan interaksi percakapan yang lebih personal dan alami.

Konsultasikan kebutuhan bisnis Anda dengan tim ahli dari Mekari Qontak Gratis di sini.

Referensi

WhatsApp WhatsApp Sales