Mekari Qontak
Customer Service

7 Peran Artificial Intelligence untuk Customer Experience

Artificial Intelligence

Berikut Peran Artificial Intelligence untuk meningkatkan customer experience

Era customer service yang mengalami penyesuaian menjadi customer experience mulai mendominasi dan membuka pintu bagi makin banyaknya inovasi teknologi, salah satunya teknologi artificial intelligence atau kecerdasan buatan. Artificial intelligence yang sering disingkat AI sendiri merupakan salah satu jenis teknologi terkini yang membantu memudahkan pekerjaan yang tadinya dikerjakan dan diproses sepenuhnya oleh otak manusia. Lalu, bagaimana peran Artificial Intelligence membantu memudahkan segala hal yang berhubungan dengan customer experience?

Saya Mau Coba Gratis Qontak.com Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak.com Sekarang!

7 Peran Artificial Intelligence dalam Customer Experience:

1. AI memungkinkan Anda bereksperimen dengan data menggunakan cara-cara yang tidak terpikirkan sebelumnya

Artificial intelligence dalam bentuk robot memungkinkan Anda mendapatkan asistensi dalam mengakses informasi dan mengaplikasikannya.  AI membuat data menjadi lebih dari sekedar data yang dapat dibaca dan membuatnya menjadi interaktif.

2. AI memungkinkan adanya penyederhanaan proses dalam bentuk apapun

Entah itu interaksi dengan customer atau proses sales, AI dapat membantu menyediakan akses informasi dengan sangat mudah dan bebas dari kerumitan. AI memungkinkan informasi tersedia sesuai dengan preferensi orang yang mengaksesnya, dan hasilnya informasi yang tersedia tersebut menjadi lebih tertarget.

3. AI memanfaatkan data yang tadinya tidak dipergunakan dan dibuang begitu saja

Data yang kini tersedia dalam jumlah yang melimpah dari mana saja dan dari aplikasi apapun terkadang dapat menyulitkan mereka yang membutuhkannya dan membingungkan mereka mengenai cara mereka mengolahnya. AI memungkinkan adanya pengolahan data secara lebih maksimal dan efisien.

4. AI memperbaiki pilihan-pilihan customer experience ke depannya

Membuat data yang tersedia dipahami bukan perkara mudah, namun dengan AI hal ini memungkinkan. Anda dapat mengecek bagaimana orang-orang mengakses bisnis Anda dan hal tersebut sudah menjadi data tersendiri bagi Anda. Data yang Anda presentasikan pun otomatis menjadi lebih terjamin.

5. AI dapat melakukan penyesuaian saat tersedia begitu banyak pilihan

Hampir semua orang memiliki pilihannya masing-masing dalam soal mengakses informasi dan melakukan transaksi. Akibatnya, informasi menjadi sangat sulit diperoleh karena terlalu banyak pilihan dan Anda akan kehilangan jejak rekam mengenai aplikasi apa yang digunakan untuk mengakses atau melakukan apa. Keberadaan AI dapat membantu meredakan kebingungan ini dan langsung menuju ke intinya; aplikasi yang memang benar berguna.

6. Pada prakteknya, AI akan membantu memperbaiki sistem seiring dengan semakin banyaknya data yang dibawanya

Sistem yang baik akan memiliki analisa pola yang baik, yang memungkinkan terjadinya pengukuran serta analisa pola hingga ke proses transaksi. Artificial intelligence dapat memberikan informasi mengenai interaksi pertama yang terjadi dengan customer hingga terjadinya closing dan transaksi.

7. Artificial intelligence berfokus kepada pengguna

AI dan machine learning sendiri merupakan inti dari berbagai aplikasi pintar yang tertarget. Aplikasi ini biasanya akan berfokus pada solusi yang berguna bagi penggunanya, dan tidak hanya fokus pada sistemnya saja. User experience merupakan bagian yang terpenting dengan adanya keterlibatan AI.

Selain dari ketujuh manfaat penggunaan dan integrase AI dalam customer experience, AI juga membantu menyederhanakan sistem dan AI berevolusi di area user experience. Selamat datang bagi era Artificial Intelligence!

CRM sebagai Artificial Intelligence untuk customer experience yang lebih baik

artificial intelligence

Saya Mau Coba Gratis Qontak Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak Sekarang!

Meningkatkan customer experience merupakan salah satu kunci bisnis agar bisa menonjol dari kompetitor. Sistem CRM dapat menjadi artificial intelligence untuk membantu bisnis Anda dalam pengembangan customer experience. Sistem CRM yang ditawarkan Qontak.com memiliki chatbot yang telah dilengkapi dengan artificial intelligence untuk memberikan respon instan kepada pelanggan secara otomatis.

Dengan CRM, Anda dapat memberikan layanan yang lebih baik kepada pelanggan dan membangun customer experience management yang baik pula. Selain itu, berbagai fitur dalam CRM dan modul CRM Qontak.com dapat mengotomatisasi bisnis Anda untuk meningkatkan penjualan dan pendapatan.

Qontak.com menawarkan implementasi gratis, pengaturan gratis, dan uji coba gratis selama 14 hari tanpa risiko apa pun. Klik disini untuk mencoba penawaran kami hari ini. Atau dengan mengisi form di bawah ini:

[ninja_form id=2]

Related Articles

WhatsApp WhatsApp Sales