Mekari Qontak
Other Business Product

Catat! Inilah Harga (Pricing) WhatsApp Business API!

Harga (Pricing) WhatsApp Business API

Apakah WhatsApp Business Berbayar? Berapa Harga WhatsApp API?

Harga WhatsApp Business API mengalamai perubahan sesuai kebijakan yang baru dikeluarkan oleh Meta pada Febuari 2022 lalu. Pada kebijakan tersebut, Meta mengatur harga atau pricing WhatsApp Business API ditentukan berdasarkan inisiasi bisnis (outbound) dan inisisi pengguna (Inbound).

Inisiasi pengguna atau User Initiated Convertion dikenakan tarif Rp271 per satu pesan dalam 24 jam sesi chat untuk nomor Indonesia. Sementara percakapan yang diinisiasi bisnis atau Business Initiated convertion akan dikenakan Rp465 per satu pesan chat dalam 24 jam sesi chat untuk nomor Indonesia.

Tarif tersebut dinilai setara dengan kemampuan fitur-fitur yang ditawarkan oleh WhatsApp Business API. Salah satunya fitur WA blast yang membantu bisnis menjangkau pelanggan lebih luas dan meningkatkan layanan lebih cepat. Maka tidak heran, pengguna WhatsApp Business API semakin bertambah seiring berjalannya waktu. Apakah Anda salah satunya?

Pelajari selengkapnya mengenai WhatsApp Business pricing dengan membaca artikel dibawah ini.

Ingin Coba API WhatsApp


Contoh Penentuan Biaya WhatsApp Business API

Pada penjelasan sebelumnya diketahui bahwa besarnya harga WhatsApp Business ditentukan berdasarkan iniasi bisnis (Business Initiated conversation) atau inisasi pelanggan (User Initiated Conversation). Masing-masing iniasi teresebut dikenakan tarif sesuai dengan negara asal mengirimkan pesan.

Selanjutnya, Meta akan mengirimkan invoice ke email Anda selama minggu pertama di setiap bulannya untuk semua akun WhatsApp Business. Pembayaran bisa dilakukan melalui transfer bank ke rekening bank Facebook yang tercantum di setiap invoice. Semua biaya jatuh tempo dalam 30 hari setelah tanggal invoice dikirimkan dan pembayaran yang terlambat akan dikenai biaya layanan.

Berikut contoh penetuan harga WhatsApp Business API berdasarkan insiasinya adalah

1. User Initiated Conversation

User Initiated Conversation adalah percakapan yang dimulai oleh pengguna atau pelanggan. Dimana kapan saja bisnis membalas pesan tersebut selama masih dalam waktu 24 jam pesan dikirimkan, maka percakapan tersebut termasuk User Initiated Conversation.

Pelanggan dapat menjangkau bisnis Anda di WhatsApp yang memulai sesi percakapan 24 jam. Sementara bisnis dapat mengirim balasan pesan non-template (teks biasa, teks kaya, atau media) selama periode 24 jam ini.

Contoh kasus penggunaan User Initiated Conversation umumnya untuk percakapan yang dimulai pelanggan adalah dukungan pelanggan, pertanyaan pembaruan status, atau chat banking.

Misalnya seorang pelanggan mengirimkan pesan pertama kali pada 1 April 2022 pukul 10.00 untuk customer support. Pesan ini akan dikenakan biaya percakapan yang diinisiasi oleh pelanggan. Dimana sesi ini akan berakhir 24 jam ke depat atau pada tanggal 2 April 2022 pukul 10.00.

Apabila Anda membalas pesan tersebut dihari yang sama (1 April 2022) pukul 12.00, maka masih termasuk dalam sesi percakapan 24 jam. Artinya biaya yang dikenakan masih termasuk inisiasi oleh pelanggan.

Sementara, jika Anda membalas pesan tersebut keesokan harinya (2 April 2022) pukul 10.05, artinya sudah melebih batas 24 jam yang ditetapkan. Dalam hal ini Anda akan masuk sesi baru dengan tarif yang berdasarkan inisiasi bisnis. Dimana sesi ini akan berlangsung selama 24 jam yang akan berakhir pada tanggal 3 April 2022 pukul 10.05. Alur tersebut akan terus berulang.

2. Business Initiated Conversation

Business Initiated Conversation artinya pesan yang dikirimkan bisnis kepada pengguna di luar periode layanan pelanggan 24 jam. Pesan yang diinisiasi oleh pelaku bisnis memerlukan template pesan yang sudah ada pada sistem sebelumnya.

Semua percakapan diukur dalam durasi 24 jam sejak pesan bisnis dikirimkan, baik yang diinisiasi oleh pelaku bisnis atau sebagai balasan pesan pengguna. Bisnis dan pengguna dapat bertukar sejumlah pesan, termasuk pesan template, dalam sesi percakapan 24 jam tanpa dikenakan biaya tambahan.

Pelajari selengkapnya terkait WhatsApp Business Pricing dengan menonton video dibawah ini:

Thumbnail Video WhatsApp Business Pricing

Untuk harga WhatsApp berbasis percakapan lengkapnya dapat dicek disini: Harga Berbasis Percakapan


Berapa Harga Business Solution Provider?

Sebelum menggunakan WhatsApp Business API, tentu Anda tahu bahwa untuk menggunakannya perlu bermitra dengan Business Solution Provider (BSP). Dimana BSP ini juga yang akan membantu Anda untuk membayarkan penggunaan API WhatsApp ke Facebook. Artinya, Anda juga perlu mengetahui harga dari BSP yang akan Anda gunakan.

Klik di Sini untuk Melihat Paket Harga WhatsApp API melalui Mekari Qontak

Berikut adalah contoh yang menunjukkan biaya keseluruhan untuk memiliki solusi bisnis WhatsApp seperti Mekari Qontak. Mekari Qontak menawarkan beberapa paket Monthly Conversation Credit dan Monthly Unique Visitors. Dimana setiap paket yang ditawarkan memiliki batasan credit yang bisa digunakan oleh bisnis.

Sementara itu, Mekari Qontak juga menawarkan fitur tambahan yang bisa Anda pilih. Fitur tambahan ini bisa Anda gunakan untuk mendukung kegiatan bisnis Anda menghasilkan lebih banyak penjualan dan meningkatkan kepuasan pelanggan. Untuk lebih jelasnya, simak gambar dibawah ini:

Pilihan paket tambahan dalam WhatsApp API Qontak


Apa Kegunaan dan Manfaat Menggunakan WhatsApp Business API ?

Mungkin Anda merasa harga WhatsApp Business API relatif lebih mahal dibandingkan WhatsApp Business Biasa yang dapat diperoleh gratis. Namun jangan ragu untuk beralih ke WhatsApp API. Pasalnya banyak manfaat yang hanya bisa Anda dapatkan dengan menggunakan WhatsApp Business API dibandingkan WhatsApp Bisnis biasa seperti berikut:

1. Centang hijau WhatsApp untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan

whatsapp-verified-badge-whatsapp-business-pricing

Tanda centang hijau pada WhatsApp merupakan tanda bahwa nomor dan akun bisnis WhatsApp Anda telah terverifikasi sebagai bisnis yang resmi dan lengkap legalitasnya. Hal ini dapat meningkatkan kredibilitas bisnis dan kepercayaan pelanggan.

Sementara itu, kepercayaan pelanggan sangat penting untuk kemajuan bisnis di masa mendatang. Dimana kepercayaan pelanggan juga dapat meningkatkan loyalitas mereka terhadap bisnis. Terlebih pelanggann loyal tidak akan ragu untuk merekomendasikan produk Anda ke kolega mereka.

2. Lebih aman dan nyaman dalam berkomunikasi

Adanya enkripsi end-to-end dan two-factor authentication (2FA) menjamin keamanan percakapan, baik bagi bisnis maupun pelanggan. Sistem ini dapat mengurangi adanya kemungkinan kebocoran data pelanggan untuk menghindari kasus penipuan. Hal ini memungkinkan Anda untuk bertukar informasi dengan pelanggan dengan nyaman.

WhatsApp-Auto-Reply-End-to-End-Encryption

3. Menciptakan komunikasi yang interaktif dengan pelanggan

Tidak hanya bisa berkirim pesan teks, gambar, suara maupun video; namun WhatsApp juga menyediakan fitur untuk mengunggah cerita atau story yang dapat dilihat oleh setiap orang. Hal ini merupakan salah satu bentuk komunikasi yang interaktif dengan pelanggan. Selain itu, juga terdapat foto profil, status, serta share live location yang sangat berguna bagi pelanggan yang ingin mengetahui lokasi bisnis Anda.

Cara Membuat WhatsApp Bisnis_Mulai Chat WhatsApp Bisnis Anda

3. Integrasi dengan aplikasi lain

API merupakan singkatan dari Application Programming Interface, yang artinya memiliki kemampuan untuk mengintegrasikan aplikasi yang berbeda secara bersamaan. Dengan demikian, WhatsApp Business API dapat terintegrasi dengan alur kerja pada sistem lain dalam bisnis yang sudah ada, seperti Omnichannel, aplikasi CRM (Customer Relationship Management), dan aplikasi customer service lainnya.

Omnichannel CRM merupakan sistem CRM yang terhubung dengan saluran bisnis penting lainnya, termasuk sosial media. Anda dapat menggunakan sosial media Anda sebagai sarana untuk membagikan WhatsApp API link yang Anda punya. Aplikasi CRM ini sangatlah penting bagi sebuah bisnis, karena sistem yang dijalankannya mempunyai tujuan khusus yaitu dalam hal manajemen hubungan pelanggan.

Pengalaman-Menyenangkan-Omnichannel

Baca Juga: 15 Aplikasi CRM Terbaik 2022 untuk Bisnis

4. Mengumpulkan saran dan penilaian langsung dari pelanggan

Anda bisa secara langsung meminta saran atau penilaian   kepada para pelanggan Anda. Saran dan penilaian tersebut akan sangat bermanfaat untuk evaluasi kerja rutin pada bisnis Anda.

WhatsApp-Auto-Reply-Feedback

5. Multi device untuk menambahkan banyak agen customer service di berbagai perangkat

Pelanggan Anda bisa saja merasa bingung dan kerepotan jika harus menyimpan nomor bisnis yang berbeda untuk agen CS yang berbeda. Akan lebih praktis jika terdapat hanya satu nomor bisnis yang dapat digunakan oleh semua agen CS Anda walaupun mereka berada di lokasi yang berbeda.

Selain itu, Anda juga bisa mengatur sistem routing tingkat lanjut. Artinya setiap pesan pelanggan yang masuk akan diteruskan secara otomatis ke agen yang tersedia. Hal ini menghindari penumpukan pesan yang memperlambat waktu respon.

whatsapp-business-api-pricing-agent-routing

6. Menyimpan dan mengunduh semua data penting secara otomatis

Anda dapat mengunduh semua file atau dokumen penting pada bisnis Anda, seperti: kontak, riwayat transaksi, percakapan, dan sebagainya. Penyimpanan dokumen tersebut dijalankan secara otomatis sehingga Anda dapat menghindari human error yang sering terjadi.

whatsapp-business-api-pricing-otomatis-menyimpan-data

7. Akses laporan sales, customer service, dan agen CS Anda

Tak hanya penyimpanan data, namun pelaporan data atau informasi bisnis penting lainnya sangat dibutuhkan untuk mengembangkan bisnis. Laporan itu juga berisi analisa data yang dapat membantu Anda untuk lebih memahami kondisi yang sedang berlangsung pada bisnis Anda.

feature-report-and-analytic-fow-whatsapp-multi-device

Dengan tersebut, tak heran jika kita wajib mempertimbangkan WhatsApp Business API yang telah ditetapkan. Jika harga WhatsApp Business tersebut masih dapat kita jangkau, lalu mengapa tidak?!

Baca Juga:  Manfaat WhatsApp API untuk Bisnis Retail


Dapatkan WhatsApp Business Pricing Terbaik!

Mekari Qontak

Berbeda dengan WhatsApp Business biasa yang dapat diperoleh gratis, WhatsApp Business API berbayar. WhatsApp Business Pricing ditentukan berdasarkan kode negara baik pelaku bisnis atau pelanggan yang memulai percakapan. Biaya WhatsApp Business ini akan ditagih oleh Facebook setiap bulannya.

Anda dapat memperoleh harga WhatsApp Business atau WhatsApp Business pricing terbaik hanya di Mekari Qontak. Hubungi tim kami jika Anda mengalami kesulitan dan ingin berkonsultasi mengenai aplikasi WhatsApp Business dengan tim kami, misalnya untuk mempelajari cara menggunakan WhatsApp Business API atau pertanyaan lainnya.

Tak hanya itu saja, Qontak juga telah dipercaya lebih dari 3000 perusahaan dan Qontak tersertifikasi ISO 27001 untuk memastikan keamanan informasi data pelanggan. Jadi tunggu apa lagi?

Hubungi Qontak sekarang atau COBA GRATIS DI SINI:

 

Related Articles

WhatsApp WhatsApp Sales