Mekari Qontak
Featured Articles Other Business

WA API: Cara Mudah Membuat WhatsApp API

Hal Penting yang Perlu Anda Ketahui dari WA API

WhatsApp merupakan media komunikasi paling ampuh saat ini untuk berkomunikasi dengan pelanggan. WhatsApp bahkan memiliki 2 versi untuk bisnis, yaitu WhatsApp Business dan WhatsApp Business API, atau sering disingkat WA API. Dalam artikel ini akan dibahas pertanyaan-pertanyaan tentang WA API: apa bedanya dengan WhatsApp Business biasa, bagaimana cara kerjanya, dan apa saja keuntungannya.

5 Cara mudah membuat WA API sebagai berikut:

  1. Mendaftar WhatsApp Official Partner (Qontak.com)
  2. Ajukan Verifikasi akun Facebook Business Manager
  3. Aktifkan Nomor dan Isi Profil
  4. Coba Kirim Pesan WhatsApp API

Apa itu WA API?

WhatsApp Business API (WA API) adalah fitur baru dari WhatsApp Business yang dikhususkan untuk pelaku bisnis berinteraksi dengan pelanggan. Fitur baru ini memiliki banyak kelebihan dimana dapat terintegrasi dengan sistem atau aplikasi yang telah digunakan bisnis. Hal ini memudahkan bisnis dalam mengelola permintaan pelanggan dari WA tanpa perlu perangkat tambahan.

WhatsApp API juga didukung robot virtual AI (Artificial Intelligence) yang mampu mengotomatiskan sistem seperti auto reply, broadcast message/ blast WhatsApp dan masih banyak lagi. Perbedaan paling mencolok adalah centang hijau pada akun API WhatsApp yang menandakan terverifikasi oleh Facebook.


Apa Perbedaan WA Business vs WA Business API?

WhatsApp Business merupakan aplikasi gratis yang didesain untuk pemilik bisnis kecil. Aplikasi ini dilengkapi fitur untuk memudahkan komunikasi dengan pelanggan, seperti auto reply dan pembuatan katalog untuk menunjukkan produk yang ditawarkan.

API WhatsApp Business didesain untuk perusahaan menengah hingga besar. Untuk dapat memiliki WA API, perusahaan harus bekerja sama dengan official partner WhatsApp Business seperti Qontak.com. WhatsApp API memiliki fitur-fitur yang lebih canggih dibandingkan WhatsApp Business biasa. Salah satu kelebihan utamanya adalah fleksibilitas API yang memungkinkan pengguna untuk mengintegrasi WhatsApp dengan aplikasi lain, atau sering disebut WhatsApp Integration. Biasanya, integrasi ini dilakukan dengan sistem CRM untuk memudahkan bisnis dalam mengelola sales dan customer service.

Berikut adalah perbedaan utama fitur WhatsApp Business biasa dengan WhatsApp API:

WhatsApp Business

WhatsApp Business API

Profil Bisnis Ya Ya
Template Pesan Ya Ya
Jumlah Agen hingga 2 agen CS / 1 nomor multiple agen (lebih dari 2) dalam 1 nomor
Manajemen Basis Data Pelanggan dan Obrolan Ya
Pesan Keluar Massal Ya
Laporan Kinerja Ya
Tanda Centang Hijau Resmi Ya
Integrasi CRM Ya

Apa saja keuntungan Menggunakan WA API?

Keuntungan menggunakan WA API adalah bisnis memiliki kredibilitas dengan adanya verified badge. Tugas admin juga dipermudah dengan adanya asisten virtual yang mampu menjawab pertanyaan pelanggan otomatis.

Beberapa keuntungan penggunaan WhatsApp API diantaranya adalah:

  • Menggunakan satu nomor WhatsApp untuk banyak agen di berbagai lokasi
  • Integrasi dengan sistem lain seperti CRM (customer relationship management) atau sering disebut WhatsApp CRM. Integrasi ini mempermudah mengelola proses bisnis untuk sales sales dan customer service
  • Mendeteksi nama dari calon pelanggan baru atau pelanggan dari WhatsApp secara otomatis dan langsung tersimpan ke dalam database CRM tanpa harus bertanya ke pelanggan atau mengetiknya secara manual
  • Memperoleh analisis percakapan yang canggih untuk melacak beberapa percakapan yang masuk, seberapa cepat tim merespon percakapan tersebut, dan kinerja masing-masing agen dan bisnis secara keseluruhan
  • Dilengkapi dengan fitur pembayaran seperti Go-Pay, OVO, transfer bank, dan lainnya sehingga pembayaran dapat langsung terjadi dalam sistem WhatsApp

Bagaimana Membuat terhadap WA API?

Berikut ini adalah langkah-langkah cara membuat WhatsApp API:

Step 1. Mendaftar WhatsApp Official Partner (Qontak.com)

penyedia-wa-api-qontak

Syarat utama WA API adalah bergabung dengan official partner Facebook di Indonesia. Pilihlah official partner terbaik yang memiliki banyak pengalaman seperti Qontak.com. Qontak.com menyediakan WhatsApp API Indonesia yang telah terintegrasi dengan sales dan customer service untuk membantu mengotomatisasi percakapan dan menumbuhkan bisnis Anda.

Saya Mau Coba Gratis Qontak.com Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak.com Sekarang!

 Step 2. Ajukan Verifikasi akun Facebook Business Manager

WA-API-Facebook-Business-Manager

Ajukan verifikasi akun Facebook Business Manager ke pihak Facebook. Sebelumnya Anda perlu menyediakan identitas bisnis seperti:

  • Nama bisnis,
  • URL website,
  • Email resmi
  • SIUP/NIB/NPWP.

Proses tersebut cukup sulit dan membutuhkan waktu lama karena harus mendapatkan persetujuan dari Facebook. Qontak.com akan mengerjakan proses tersebut untuk bisnis Anda dan membuatnya menjadi lebih cepat.

Step 3. Aktifkan Nomor dan Isi Profil

WhatsApp Robot Marketing Profil WhatsApp

Selanjutnya Anda harus mengaktifkan nomor yang akan digunakan akun WhatsApp API. Nomor ini akan digunakan untuk selamanya. Kemudian isi profil bisnis selengkap mungkin seperti alamat kantor, website, jam operasional dan lainnya.

Step 4. Coba Kirim Pesan WhatsApp API

WA-API-Chat-Testing

Setelah semua langkah di atas dilakukan, WhatsApp API Anda siap digunakan. Lakukanlah uji coba pesan terlebih dahulu agar Anda mengetahui apa yang perlu diperbaiki atau dilengkapi dari akun WhatsApp API Anda.


Bagaimana memperoleh tanda centang hijau atau verifikasi pada WhatsApp?

Tanda centang hijau dapat diperoleh ketika Anda memiliki WhatsApp API. Seperti dapat dilihat pada tabel sebelumnya, salah satu kelebihan WhatsApp API dibandingkan WhatsApp Business biasa adalah pengguna memperoleh tanda centang hijau atau verifikasi dari WhatsApp. Hal ini dapat menunjukkan kredibilitasnya untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan.

Setelah berhasil terverifikasi atau menjadi WA API, akun WhatsApp verified Anda akan terlihat centang hijau dan nama bisnis akan otomatis terlihat di layar pelanggan meski mereka tidak menyimpan kontak Anda. Artinya WhatsApp Masking siap digunakan untuk mengirim pesan WhatsApp seperti biasanya.

Seluruh proses ini dapat dibantu oleh Business Solution Provider resmi dari WhatsApp, yaitu Qontak.com!

Saya Mau Coba Gratis Qontak.com Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak.com Sekarang!


Apakah bisa membuat chatbot pada WA API?

Ya! Anda bisa mendapatkan WhatsApp Chatbot melalui API WhatsApp. Seringkali pelanggan menanyakan hal yang sama kepada tim customer service. Dengan menggunakan Chatbot WhatsApp untuk customer service, perusahaan dapat memberikan jawaban dengan lebih efektif dan efisien.

chatbot-wa-api-contoh

Beberapa keuntungan menggunakan Bot WhatsApp:

  • Memberikan pelayanan kepada pelanggan yang tersedia selama 24/7
  • Meningkatkan efisiensi dan produktivitas dalam melayani pelanggan
  • Memberikan customer experience yang lebih baik
  • Meningkatkan lead conversion

Bagaimana Cara Menggunakan WA API yang Tepat?

Secara umum, terdapat 2 penggunaan WhatsApp API:

  • Customer Care: dimana pelanggan yang memulai percakapan. Biasanya ini dilakukan ketika pelanggan memiliki pertanyaan tentang produk yang ditawarkan, atau ketika memerlukan after sales service. Pelanggan dapat memperoleh nomor WA perusahaan dari media sosial, website, atau melalui API WhatsApp Link.
  • Notifikasi, di mana bisnis yang memulai percakapan. Notifikasi ini dapat berupa OTP, pengiriman faktur, reminder, dan konfirmasi pemesanan. Pihak WhatsApp melarang pesan yang bersifat promosi/kampanye. Kelebihan lainnya adalah pesan ini dapat dibuat dalam bentuk template sehingga bisnis tidak perlu mengetiknya secara berulang kepada pelanggan.

Dapatkan WA API Anda Sekarang Juga!

WhatsApp API merupakan solusi bisnis yang menawarkan berbagai macam fitur yang dapat digunakan perusahaan untuk berkomunikasi dan meningkatkan pelayanan kepada pelanggan. Beberapa partner terpilih yang telah terverifikasi dapat mengakses API WhatsApp.

Sebagai official business partner WhatsApp API di Indonesia, Qontak.com mampu memberikan berbagai keuntungan yang dimiliki WhatsApp API untuk mengoptimalkan komunikasi perusahaan kepada pelanggan.

Hubungi Qontak.com sekarang atau dengan mengisi form COBA GRATIS di bawah ini:

[ninja_form id=2]

Related Articles

WhatsApp WhatsApp Sales