Mekari Qontak
Other Business

Cara Menciptakan Mindset Positif di Lingkungan Kerja

Mind Positivity

Menurut riset yang dilakukan di berbagai industri, dengan peserta dari berbagai kelompok usia dan berbagai budaya, kebahagiaan merupakan kontributor utama bagi kesuksesan dan produktivitas dalam bekerja. Pikiran yang positif dan bahagia menjadi motivasi yang kuat untuk mampu menghadapi krisis dan rasa sakit, mengubah kebiasaan buruk serta menjangkau bahkan melampaui target. Kesuksesan yang sebenarnya adalah ketika Anda merasa bahagia dengan apa yang Anda kerjakan, bukan dengan jabatan semata. Kebahagiaan-lah yang membakar Anda untuk mencapai kesuksesan, bukan kesuksesan yang menentukan kebahagiaan Anda.

Produktivitas seseorang meningkat sebanyak 31% ketika otak berpikir positif dibandingkan dengan ketika otak berpikir negatif atau dalam keadaan netral. Otak yang berada dalam keadaan positif akan lebih fokus, kreatif, energik serta tahan banting. Dengan pola pikir seperti ini, otomatis ketahanan menghadapi tantangan juga bertambah.

Saat ada kebahagiaan dari orang-orang yang ada di dalamnya, keuntungan lainnya bagi sebuah bisnis adalah adanya tekad yang sejati untuk sukses dan tidak hanya untuk bertahan, sehingga dampaknya pun positif. Untuk memastikan adanya kebahagiaan ini, berikut beberapa tips yang dapat dilakukan.

1. Latih diri untuk merasa bersyukur

Kebiasaan yang sangat sederhana dan dapat dipelajari ini akan membuat Anda lebih bahagia dan bahkan berdampak positif bagi kesehatan tubuh Anda, mengurangi stres dan menambah kiat imun tubuh. Siklus pemenuhan diri pun mungkin terjadi dengan adanya rasa bersyukur, sehingga membuat kita tidak lupa daratan.

2. Belajar dari efek tetris

Tahu game tetris? Game tetris melatih pikiran Anda untuk melihat balok tetris di mana saja, namun melatih otak untuk memisahkan hal positif dan menghindari yang negatif, sehingga menyalurkan stres menjadi kesempatan. 75% kesuksesan pekerjaan pada dasarnya dapat dipresdiksi oleh level optimisme seseorang, dukungan sosial dan kemampuan untuk melihat stres sebagai tantangan belaka dan bukan halangan.

Mind Positivity

Sumber Gambar: pgi.com

 

3. Jadilah makhluk sosial

Dukungan secara sosial yang Anda terima merupakan salah satu penentu kesuksesan pekerjaan yang signifikan dan merupakan satu-satunya aset terbaik dalam kehidupan. Semua manusia memiliki kebutuhan serupa untuk didukung secara sosial, dan hal ini hanya akan tercipta jika terdapat interaksi secara fisik dan psikologis. Jika Anda mengambil waktu untuk benar-benar memiliki kehidupan sosial yang sehat sehingga Anda memiliki dukungan moral yang dibutuhkan, Anda sudah cukup tahan banting terhadap situasi tersulit baik di pekerjaan maupun di rumah.

4. Lakukan meditasi

Kebiasaan kecil dan bisa dilakukan sehari-hari ini dapat memiliki efek permanen yang positif bagi otak. Praktek meditasi merupakan hacking kebahagiaan yang paling berpengaruh yang bisa dipelajari. Lakukan meditasi menggunakan aplikasi yang tersedia di smartphone masing-masing atau bacalah buku mengenai hal ini untuk dapat dipraktekkan langsung.

Mind Positivity

Sumber Gambar: irishtimes.com

5. Mendekorasi

Apa hubungan dekorasi ruangan dengan kebahagiaan? Dekorasi yang Anda sesuaikan dengan karakter dan motivasi serta apa yang menginspirasi Anda dapat menjadi pengingat untuk tetap rileks srta mengedepankan mental yang positif. Tidak hanya itu, mendekorasi ruangan kantor juga menunjukkan komitmen Anda untuk menjadikan pekerhaan sebagai tempat berbahagia Anda, tempat Anda menyambut hal-hal yang berbahagia.

Selain semua tips di atas, ingatlah untuk mengambil liburan setelah beberapa lama bekerja demi menyegarkan kembali pikiran Anda. Selamat memulai kembali!

Related Articles

WhatsApp WhatsApp Sales