Mekari Qontak
Sales

Tren dalam Dunia Teknologi Finansial yang Siap Mengubah Industri

FinTech Solution

Model bisnis tradisional mau tidak mau sekarang telah mengalami perubahan dan terobosan yang hanya semakin maju dan lusa. Dalam industri keuangan atau finansial, gelagat perubahan drastis ini juga sudah mulai menggeliat. Customer dari pemberi jasa keuangan semakin pintar dan semakin beragam sehingga para pelaku bisnis finansial harus segera menyesuaikan diri.

Saat ini merupakan era FinTech atau financial technology mengingat banyaknya layanan finansial inovatif yang terus bermunculan. Layanan jasa keuangan menjadi semakin produktif, pintar, solutif dan bernilai lebih. Setiap customer dari pemberi jasa keuangan ini juga menjadi terbuka aksesnya untuk melaksanakan transaksi secara personal dan antar individual kapanpun, di manapun dan dari titik manapun. Agar tidak ketinggalan, berikut ini berbagai tren solusi keuangan yang bermunculan dan akan terus berkembang.

1. Transformasi digital

Sama seperti dalam setiap sektor yang tersedia, dunia digital telah memasuki dunia konvensional dan selamanya mengubah wajah industri finansial. Startup dengan teknologi terdepan mengambil alih industri finansial dan solusi baru terus bermunculan. Coba analisa kembali bagaimana layanan keuangan yang disediakan oleh bisnis Anda dan ukur efektivitasnya, karena di zaman serba digital seperti ini, jika bisnis Anda tidak menyediakan solusi kasat mata yang dapat diterima oleh masyarakat dan mudah, Anda akan kalah bersaing.

FinTech Solution

Sumber Gambar: economist.com

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2. Tren open banking

Strategi open banking menjadi tren dalam industri Financial Technology, di mana penyedia jasa keuangan dan berbagai bank saling menerapkan kolaborasi antara satu dengan yang lain, serta dengan berbagai perusahaan dan brand konsumer. Solusi FinTech dengan sendirinya pun semakin mendukung dan memotivasi kreasi produk baru dan jasa jasa serta layanan-layanan yang sebelumnya tidak ada.

3. Aplikasi dan sistem API

Ke depannya, akan makin bermunculan berbagai solusi inovatif klien yang secara cepat bertumbuh dan meluas, disosialisasikan kepada para pengguna jasa keuangan digital. Kesempatan untuk membangun API sendiri masih sangat dini dan lebih cepat dimulai lebih baik untuk mempersiapkan “panen besar” saat masyarakat sudah mulai paham betul mudah dan cepatnya penggunaan solusi keuangan dalam bentuk aplikasi ini.

FinTech Solution

Sumber Gambar: entrepreneur.com

 

4. Adanya “Fintegration”

Fintegration merupakan istilah yang menjelaskan mengenai integrasi antara perusahaan-perusahaan Financial Technology dengan berbagai bank yang dalam kehidupan sehari-hari digunakan oleh masyarakat. Fintegration akan menjadi cara terbaik dalam memanfaatkan praktek penggunaan web dan mengetes apakah desainnya sudah sesuai dengan kebutuhan konsumer dan pengguna. Fintegration juga akan menjadi landasan infrastruktur dari warisan institusi keuangan dalam praktek sehari-hari. Ke depannya, Fintegration akan menjadi lahan bertemu customer dan berbisnis yang paling subur.

Bagaimana pendapat Anda tentang perkembangan FinTech dan solusi keuangan digital di Indonesia?

Related Articles

WhatsApp WhatsApp Sales