Mekari Qontak
Marketing

Tren Sosial Media 2022 yang Perlu Anda Ketahui

Tren Sosial Media

Kenali Platform dan Tren Sosial Media Pada Tahun 2022 yang Dapat Dimanfaatkan untuk Pemasaran

Sosial media berubah dari waktu ke waktu, dengan adanya era pandemi yang mendorong kegiatan secara online membuat perkembangan media sosial menjadi lebih cepat. Tren media sosial juga berubah seiring perkembangan zaman, Mulai dari populernya Tiktok, kegiatan jual beli di sosial media hingga sharing infografis atau hobi sudah menjadi hiburan sehari-hari.

Untuk mengantisipasi strategi pemasaran sosial media pada tahun 2022, Ada baiknya Anda tahu tren sosial media yang akan populer dan platform yang dapat digunakan.

Baca Juga: 12 Tren Digital Marketing 2022

Saya Mau Coba Gratis Qontak.com Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak.com Sekarang!

Platform yang Menjadi Tren Sosial Media Pada Tahun 2022

1. Facebook/Meta

Bagi yang melakukan kegiatan pemasaran lewat Facebook ads mungkin menyadari keefektifannya. Facebook melakukan perubahan pada sistem yang memudahkan pengguna dalam melakukan ads.

Facebook ads juga memiliki engagement yang tinggi dan biaya yang lebih rendah. Dengan Facebook berubah menjadi Meta, akan banyak lagi potensi yang bisa didapatkan untuk pemasaran, khususnya Metaverse yang fokus pada Augmented Reality (AR)

2. Instagram

Instagram juga telah terbukti memiliki engagement yang besar. Pemasaran melalui Instagram memiliki potensi yang besar untuk meningkatkan brand awareness. Selain itu, Instagram telah mendukung penuh para pelaku usaha dengan menyediakan fitur Instagram Store yang memudahkan proses pemasaran dan jual beli.

Pelayanan pelanggan melalui Instagram juga lebih mudah dan bersifat langsung lewat fitur direct message. Munculnya Instagram API akan lebih memudahkan proses layanan pelanggan dan dapat meningkatkan penjualan dengan lebih efisien.

3. Tiktok

Platform media sosial satu ini sedang populer selama masa pandemi. Tiktok memungkinkan kebebasan bagi penggunanya untuk membuat konten yang unik. Saat ini, Tiktok juga dijadikan media pemasaran dan memiliki potensi yang besar untuk engagement dan awareness.

Tren Sosial Media 2022 untuk Pemasaran

1. Stories Marketing

Fitur stories akan semakin populer dalam kegiatan pemasaran sosial media. Fitur ini menampilkan konten secara real time dan singkat. Sebagai contoh Instagram stories yang semakin interaktif dan menarik, bahkan kita bisa menempatkan link yang menuju ke website atau produk yang ingin dipasarkan. Stories dapat meningkatkan brand awareness produk yang dipasarkan melalui konten.

2. Social Media Shopping

Dengan munculnya fitur seperti Instagram Store, membuat kegiatan jual beli lebih mudah dilakukan di media sosial dan terbukti dapat bersaing dengan platform e-commerce. Media sosial dapat digunakan sebagai media pemasaran tanpa ruang dan waktu yang mengakibatkan reach yang besar.

3. Konten Video

Dibandingkan poster biasa, konten video lebih diminati karena dapat membawa keberagaman dan rasa interaktif. Dengan adanya platform seperti Tiktok, konten video lebih mudah dibuat dan menarik untuk dilakukan. Dengan konten video, Anda dapat menyajikan lebih banyak detail pemasaran dengan cara yang lebih unik dan interaktif dengan pelanggan.

4. Influencer Marketing akan Terus Populer

Menggunakan jasa influencer akan semakin populer di tahun 2022 karena alasan biaya yang bisa lebih murah dan negotiable dengan KOL (Key Opinion leader) dibandingkan dengan kampanye iklan.

5. Live Stream

Metode ini bisa dibilang cukup baru untuk media sosial. Biasanya sarana pemasaran live streaming ini dilakukan lewat televisi dan membutuhkan biaya yang tinggi. Dengan kedahiran media sosial, live streaming dapat dilakukan secara gratis di akun sendiri.

6. Virtual Reality (VR) & Augmented Reality (AR)

CEO Facebook, Mark Zuckerberg telah melakukan rebranding Facebook menjadi Meta dan memperkenalkan Metaverse. Teknologi ini akan membawa kenyataan pada dunia maya dan juga membawa dunia maya ke dunia nyata.

Contoh yang dapat kita kenali untuk AR adalah filter di media sosial. Filter akan membawa program dunia maya ke dunia nyata layaknya pemasaran PS5. Pernahkah Anda melihat filter seolah teman Anda mempunyai PS5? atau aplikasi desain interior dimana Anda dapat menaruh furnitur digital di rumah Anda melalui gadget? itulah pemasaran augmented reality (AR).

Sebaliknya dengan menggunakan virtual reality. Kita akan dibawa kedalam dunia maya dan berinteraksi dengannya. Penggunaan VR populer dikalangan gamers dan mendukung penung untuk gaming. Namun kegiatan pemasaran juga dapat dilakukan disini. Perusahaan skateboard dapat menyediakan track virtual untuk menyediakan pelayanan baru bagi pelanggan.

Ikuti Tren Sosial Media dengan Qontak

Saya Mau Coba Gratis Qontak Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak Sekarang!

Fitur omnichannel Qontak dapat membantu Anda melihat tren sosial media yang populer di masyarakat. Data akan tersimpan dan teranalisis lalu disajikan dalam bentuk report yang membantu Anda menentukan strategi pemasaran. Dengan begitu Anda tidak akan ketinggalan tren yang mendekatkan bisnis dengan konsumen.

Untuk menjawab kebutuhan dan tantangan atas tren sosial media, Qontak.com dapat memberikan solusi untuk meningkatkan penjualan dan otomatisasi layanan pelanggan melalui Instagram API, Omnichannel Facebook Messenger, dan WhatsApp Business API. Semua layanan pelanggan pada media sosial Anda dapat dijalankan dalam 1 platform. Terlebih, Qontak.com telah dipercaya lebih dari 1000 bisnis untuk meningkatkan usahanya. Coba gratis penawaran kami hari ini. Atau dengan mengisi form di bawah ini:
[ninja_form id=2]

Related Articles

WhatsApp WhatsApp Sales